8 Restoran Fine Dining Jakarta untuk Jamuan Formal

8 Restoran Fine Dining Jakarta untuk Jamuan Formal
Fine Dining Jakarta, photo by rba.co.id

Ada begitu banyak restoran di Jakarta yang cocok untuk dijadikan tempat dinner romantis lantaran mampu menyajikan pengalaman bersantap yang istimewa dan eksklusif. Tipe restoran seperti ini sering disebut dengan istilah fine dining untuk menggambarkan konsep tempat makan yang lebih formal. Selain menyajikan hidangan dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, setiap pengunjung juga akan merasakan pelayanan premium dengan atmosfer yang elegan. Nah, apa saja restoran fine dining Jakarta yang wajib kamu coba? Gulir ke bawah untuk lihat rekomendasinya.

8 Restoran Fine Dining Jakarta

1. OSCAR

OSCAR, photo by Exquisite Taste Magazine

Salah satu restoran fine dining Jakarta yang selalu dijadikan primadona untuk bersantap formal adalah Oscar. Berlokasi di Altitude The Plaza lantai 46, restoran yang satu ini memang menyuguhkan lanskap gedung pencakar langit ibu kota yang spektakuler. Desain interior Oscar bahkan mengadaptasi estetika klasik ala Eropa dengan bubuhan chandelier yang menghiasi bagian langit-langit.

Berbicara tentang pilihan hidangan yang ditawarkan, ada banyak sekali cita rasa khas Eropa dengan sedikit sentuhan Asia yang disajikan melalui hidangan otentik Oscar. Beberapa menu yang paling direkomendasikan di sini antara lain Premium Meet Pizza, Mushroom Ravioli, dan Dry Aged Rib Eye. Jangan lupa untuk kenakan pakaian terbaikmu saat berkunjung ke restoran ini.

Alamat: The Plaza 46th Floor Jl. MH. Thamrin No. 28-30 Jakarta 10350, Indonesia
Jam buka: Senin - Minggu (12:00 - 21:00)  
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

2. SU MA

SU MA, photo by Manual Jakarta

Rasakan pengalaman bersantap eksklusif dengan makanan fusion Asia Timur persembahan dari Su Ma. Restoran fine dining Jakarta yang baru saja resmi dibuka pada Agustus 2023 lalu ini langsung berhasil menyita perhatian banyak orang. Pasalnya, Su Ma memiliki nilai keunikan tersendiri dari segi desain arsitekturnya yang minimalis dengan padu padan pencahayaan lembut besutan arsitek terkemuka Andra Matin.

Daya pikat lainnya terletak pada cita rasa santapan mewah dengan experience terbaru yang hanya akan kamu temukan di Su Ma. Restoran ini menyajikan set menu berestetika East Asia dengan dua pilihan, yaitu 7 course experience menu dan 10 course seasonal menu, sehingga kamu akan dijamu mulai dari appetizer, main course, hingga dessert yang diolah dari bahan-bahan berkualitas. Contohnya seperti Kaluga Caviar, Foie Gras, dan Dryaged Wagyu Ribeye.

Alamat: Jl. Sultan Hasanudin No.74, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Jam buka: Rabu - Minggu (17.30 - 22.30)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

3. Tom's by Tom Aiken

Tom’s by Tom Aikens, photo by langhamhotels

Berlokasi di lantai 62 The Langham, Jakarta, Tom’s by Tom Aikens merupakan sebuah restoran fine dining yang digagas oleh salah satu koki paling terkenal asal Inggris, Tom Aikens, dengan menghadirkan pengalaman bersantap klasik ala Eropa. Interior bangunannya dilimpahi dengan elemen dekoratif berupa lantai mosaik Italia, lampu gantung kuno, kursi berlapis kulit, hingga jendela lebar berpemandangan langsung kota Jakarta yang menakjubkan.

Bagian dapurnya juga mengusung konsep open kitchen di mana kamu bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan makanan. Pilihan menu di sini terdiri dari aneka daging berkualitas tertinggi yang diimpor dan dikeringkan secara sempurna, ada juga beragam poultry dan seasonal seafood dengan cita rasa otentik Inggris. Beberapa menu yang wajib kamu coba meliputi Bresaola Pizza, Mushroom Soup, hingga Wet Aged Sirloin dengan teksturnya yang tender dan juicy di dalam.

Alamat: Hotel The Langham Jakarta, Lantai 62 Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (06:30 - 10:30, 12:00 - 23:30)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

4. Pierre

Pierre, photo by Instagram @/pierre.jkt

Ambience rumah antik dengan penataan furnitur kuno ala pedesaan, lengkap dengan syahdunya alunan lagu ala Perancis, akan setia menyelimuti kamu selama menyantap hidangan istimewa di Pierre. Pencahayaan yang ada di dalam ruangan juga dibuat lebih hangat dan cenderung temaram sehingga cocok untuk dijadikan tempat fine dining Jakarta yang intim bersama pasangan.

Untuk menu hidangan utama, kamu bisa memesan Filet De Saumon, yaitu sajian berupa salmon panggang bertekstur lembut dengan paduan saus beurre blanch khas Perancis yang disertai potongan asparagus. Sementara untuk makanan penutupnya terdapat Burnt Cheesecake yang kaya akan rasa gurih dan begitu lumer di mulut.

Alamat: JL. Senopati No. 39 Jakarta, 12190
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 00:00)  
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

5. August

August, photo by Bitte Design Studio

Berbeda dari restoran fine dining Jakarta lainnya yang terkesan kaku, August nyatanya mampu membawa esensi kasual yang nyata sehingga terasa lebih santai, baik itu dari segi keseluruhan ambience ruangan hingga ke presentasi makanan yang disajikan. Setiap pengunjung bahkan diperkenankan untuk mengenakan busana apa pun yang dirasa nyaman, tetapi sandal jepit atau slippers tidak diperbolehkan.

Interior August didominasi padu padan warna gelap dengan pencahayaan yang temaram. Kamu juga bisa merasakan pengalaman bersantap dengan area dapur terbuka yang ditata dengan apik. Restoran ini menawarkan pilihan menu omakase hingga ala carte. Untuk menu pembuka, kamu bisa pesan Evoo Bread dengan topping tumis jamur dan keju parmesannya yang terasa balance, dilanjutkan dengan Pan Roasted Cobia yang merupakan sajian ikan dengan saus kecombang butter bertekstur creamy. Wajib dicoba!

Alamat: Sequis Tower, Lantai Ground Jl. Jenderal Sudirman Kav. 71, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Selasa - Minggu (17:30 - 22:30), Senin Tutup
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

6. Privy

Privy, photo by Manual Jakarta

Privy merupakan restoran steak premium Amerika-Italia yang terletak di dalam pusat perbelanjaan The Dharmawangsa Square. Jika kamu sedang mencari restoran fine dining Jakarta dengan dukungan tata ruang yang elegan, maka Privy bisa menjadi jawaban yang tepat. Hal ini dapat terlihat dari unsur dark wood yang diterapkan pada area lantai hingga langit-langit, serta pengaturan meja dan kursi berwarna bold yang berkesan subtle dengan twist modern.

Salah satu menu steak yang telah menjadi andalan di Privy adalah Stockyard Rib Eye dengan kualitas dagingnya yang fresh dan berpadu bersama seasoning sederhana. Kemudian ada Risotto al Nero di Frutti di Mare yang merupakan makanan laut segar berupa kerang dengan cita rasa asin dari siraman tinta cumi. Selesai menyantap main course, jangan lupa memesan Creme Brulee sebagai hidangan penutup yang pas!

Alamat: The Darmawangsa Square, Jl. Darmawangsa VI Lantai 2 unit 232, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (11.00 - 22.00)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

7. Sofia at The Gunawarman

Sofia at The Gunawarman, photo by Manual Jakarta

Restoran fine dining Jakarta lainnya yang masih menjadi lokasi favorit untuk sekedar ‘makan cantik’ bersama orang terkasih adalah Sofia at The Gunawarman. Tempat makan ini menyuguhkan ambience klasik khas Eropa, lengkap dengan kemegahan arsitektur bergaya kolonial. Suasana di sini juga cenderung tenang meskipun sedang diramaikan oleh pengunjung, sehingga sangat memungkinkan untuk menjadi tempat pertemuan formal yang nyaman.

Rangkaian menu breakfast tersedia untuk kamu yang ingin singgah di pagi hari demi memulai sarapan pagi, di antaranya ada French Toast, Cheese Sandwich, Orange Beet Salad, hingga aneka masakan Indonesia seperti Nasi Goreng Kampung dan Laksa Ayam. Sementara untuk jamuan spesial di malam hari, kamu bisa memesan hidangan berbahan dasar daging, seperti Rib Eye, Sirloin, T-Bone, hingga Short Ribs dengan teksturnya yang juicy dan flavorful.

Alamat: Jl. Gunawarman No. 3, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (07:00 - 23:00)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

8. Amuz Gourmet

Amuz Gourmet, photo by Amuz Gourmet

Satu lagi restoran fine dining Jakarta yang menawarkan suguhan spesial dengan sentuhan kontemporer Perancis, yaitu Amuz Gourmet. Bertempat di The Energy Building lantai 2, Amuz Gourmet menerapkan konsep jamuan yang sangat privat di mana setiap sudut ruangan dirancang dengan konsepsi formal. Tempatnya pun tidak terlalu besar sehingga terasa begitu intim dan eksklusif.

Amuz Gourmet menawarkan dua pilihan jenis makanan yang bisa kamu pilih, yaitu berupa ala carte dan set menu. Pilihan hidangan yang paling direkomendasikan di sini jatuh kepada Pan Seared Duck Liver Foie Gras, yaitu hati bebek yang disajikan bersama strawberry pepper sorbet dan roasted pistachio. Kemudian ada Grilled Double Cut Wagyu Beef Sirloin yang disuguhkan dengan lentils caviar dan sejumlah sayuran.

Karena tempatnya yang terbatas, sangat disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu, terutama bagi kamu yang memang berencana melangsungkan momentum spesial bersama orang tercinta.

Alamat: Energy Building, Lantai 2 Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52 - 53, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Sabtu (11:30 - 14:30, 17:30 - 22:00), Minggu Tutup
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

Itu dia rekomendasi restoran fine dining Jakarta dengan pelayanan istimewa, yang tidak hanya menyajikan cita rasa kompleks dari segi hidangannya saja, namun juga menawarkan suasana eksklusif yang menyenangkan.