14 Cara Produktif di Rumah, Tetap Aktif Meskipun WFH!

Cara Produktif di Rumah
Cara produktif di rumah

Dalam dua tahun ini, cara bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH) telah menjadi budaya yang normal. Baik anak kuliah ataupun orang kantoran sudah terbiasa melakukan percakapan dan pekerjaan mereka melalui channel online, dalam kenyamanan rumah masing-masing.

Meskipun cara bekerja ini memiliki keuntungan-keuntungannya sendiri, WFH seringkali membuat orang merasa perlu mencari cara produktif di rumah secara lebih lagi. Apakah kamu salah satu orang yang mencari cara itu?

Memang, ketika kamu beraktivitas dari rumah, kamu cenderung menghadapi lebih banyak godaan ketimbang datang ke kantor atau ke kampus. Namun, apabila kamu menerapkan tips-tips cara produktif di rumah ini, kamu pasti dapat lebih mengoptimalkan pekerjaan kamu. Yuk, simak tips-tipsnya di sini!

14 Tips Cara Produktif di Rumah

1. Pertahankan jam aktivitas biasa

Pertahankan aktivitas kamu via usatoday.com

Ketika bekerja di rumah, sebaiknya kamu tetap menerapkan jam aktivitasmu seperti biasa. Dengan tetap menerapkan jam aktivitasmu di rumah, kamu membuat dirimu lebih mudah dihubungi rekan kamu.

Dengan tidak mengubah jam aktivitasmu, kamu juga dapat membuat diri kamu menyelesaikan pekerjaan sesuai dalam waktu yang ditentukan. Jadi, kamu tetap akan produktif meskipun bekerja dari rumah.

2. Pisahkan waktu aktivitas dan pribadi

Pisahkan waktu bekerja dan waktu pribadi via Freepik.com

Cara produktif di rumah lainnya yang dapat kamu terapkan adalah dengan memiliki jadwal aktivitas yang konsisten. Misalnya, seperti menetapkan kapan kamu akan mulai beristirahat dan kapan jam aktivitas kamu selesai. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Dengan memiliki jam kerja dan istirahat yang seimbang, badan kamu tidak akan mudah lelah. Kamu bisa mengatakan kepada rekan kamu di jam-jam istirahat kalau kamu tidak akan mengecek email dan mengerjakan tugas di luar jam kerja. Memiliki jam istirahat yang cukup akan menjauhkan dirimu dari rasa stress berlebih.

3. Rencanakan agenda harian

Rencanakan agenda harian via Freepik.com

Sebelum tidur di malam hari, luangkan sedikit waktu untuk merinci apa saja kegiatan yang akan kamu lakukan besok pagi. Dengan melakukan tips cara produktif di rumah yang satu ini, kamu bisa mengenali prioritas utama kamu, serta batas-batas waktu dalam pengerjaannya.

Keesokan harinya, kamu tinggal melaksanakan apa yang sudah direncanakan dan usahakan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan sesuai waktu yang sudah ditentukan. Kamu dapat memulai mengerjakan tugas yang paling berat saat kamu memiliki energi yang besar. Dengan merencanakan waktu, kamu dapat lebih efisien saat mengerjakan banyak pekerjaan.

4. Ambil jam istirahat di sela-sela pekerjaan

Beristirahat cukup di tengah pekerjaan via Freepik.com

Saat kamu sedang beraktivitas di luar rumah, kamu pastinya akan mendapatkan jam kosong untuk beristirahat. Lakukan hal yang sama saat kamu sedang beraktivitas di rumah. Gunakan waktu jeda ini untuk makan siang, minum-minuman segar, ataupun untuk berjalan ke halaman mencari udara segar.

Dengan menggunakan sedikit waktu jeda ini, kamu dapat merelaksasikan sejenak tubuh kamu. Nah, supaya kamu tidak terlena untuk mengambil terlalu banyak waktu jeda, pastikan kamu menggunakan alarm sebagai pengingat.

5. Tetap berpakaian rapi meskipun di rumah

Tetap berpakaian rapih di rumah via Freepik.com

Beraktivitas dari rumah seringkali membuat sebagian orang enggan untuk menggunakan pakaian kantor. Namun, meskipun kamu tidak akan berinteraksi langsung dengan siapa-siapa secara tatap muka, sebaiknya kamu tetap mandi, menyikat gigi, dan berpakaian dengan rapi.

Dengan tetap mandi dan berpakaian rapi, godaan untuk kembali tidur di kasur pastinya akan berkurang. Tips cara produktif di rumah yang satu ini sangat berguna untuk memotivasi kamu dan mengurangi rasa kantuk saat beraktivitas.

6. Mendekorasi ruangan

Cove Hillcrest

Kebanyakkan orang merasa termotivasi saat beraktivitas di kampus atau di kantor karena suasananya yang mendukung untuk produktif. Nah, kamu juga bisa mendapatkan suasana yang mendukung produktivitas kamu dengan cara mendekorasi ruangan kamu, lho.

Kalau kamu ingin tinggal di kamar dengan dekorasi ruangan yang cantik, kamu bisa coba intip unit-unit Cove, lho. Cove memiliki banyak sekali hunian dengan dekorasi estetik yang dapat meningkatkan mood kamu setiap hari, termasuk membuat kamu semakin semangat untuk menjadi produktif.

Penasaran kan, dengan Cove? Yuk, langsung aja intip unit-unit Cove!

Baca Juga: 11 Cara Bikin Dekorasi Kamar Aesthetic dengan Kesan Minimalis

7. Ciptakan ruang aktivitas di rumah

Buatlah satu bagian dari ruangan kamu untuk menyerupai tempat kamu biasa beraktivitas. Lengkapi area ini dengan meja, kursi, dan koneksi internet yang baik. Bekerja dari tempat tidur atau dari sofa mungkin terasa cukup menggoda, tapi, hal tersebut dapat mengurangi produktivitas kamu.

Tempat kamu beraktivitas dapat mempengaruhi cara kerja dan energi kamu saat berpikir. Makanya, memiliki area khusus untuk beraktivitas dapat membuat kamu lebih produktif dalam mengerjakan setiap tugas yang kamu dapatkan.

8. Buatlah batasan dengan orang rumah saat beraktivitas

Saat bekerja di rumah, batasi diri kamu dengan teman sekamar atau anggota keluarga di jam-jam kamu beraktivitas. Cara produktif di rumah yang satu ini sangat krusial dalam mempengaruhi tingkat produktivitas kamu di rumah.

Pastikan kamu memberikan pengertian kepada mereka bahwa kamu memiliki pekerjaan yang harus kamu selesaikan agar kamu dapat menghabiskan waktu istirahat bersama mereka di akhir hari.

Dengan menerapkan batasan terhadap orang rumah, kamu dapat berfokus pada pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

9. Jagalah kebersihan rumah dan ruang aktivitas

Kondisi tempat kamu beraktivitas berpengaruh besar terhadap produktivitas kamu. Apabila kamu beraktivitas dari ruangan yang bersih, hal ini pasti akan lebih meningkatkan rasa semangat serta motivasi kamu.

Dengan kamar yang bersih, kamu menjadi lebih fokus dan nyaman selama menyelesaikan tugas kamu dari rumah.

10. Matikan notifikasi media sosial saat beraktivitas

Notifikasi yang datang dari media sosial kamu pasti akan terus berdatangan, dan apabila kamu menghabiskan setiap menit kamu untuk mengeceknya, kamu akan kehilangan banyak waktu.

Maka dari itu, ketika kamu beraktivitas dari rumah, cobalah untuk mematikan notifikasi media sosial kamu. Kamu tidak perlu tahu setiap saat mengenai segala sesuatu yang terjadi dengan teman kamu, karena kamu harus menggunakan waktu dengan berharga.

11. Putar musik

Supaya kamu semakin bersemangat dan nyaman saat beraktivitas, kamu bisa memutar musik yang kamu sukai. Atau, kalau kamu merasa fokusmu terganggu dengan musik, kamu dapat memutar lagu lo-fi atau soundtrack musik dari film favorit kamu.

Kalau kamu merasa bingung dalam menentukan musik untuk menemani kamu, ada banyak sekali channel YouTube yang menyediakan pilihan playlist untuk bekerja.

12. Interaksi dengan teman-teman kamu

Meski beraktivitas dari rumah, kamu tetap harus mengetahui kabar terkini yang terjadi di kantor atau kampus, atau di tempat lainnya. Tetap jaga komunikasi kamu dengan teman kantor atau kuliah untuk sekedar mengobrol mengenai permasalahan yang sedang dihadapi ataupun hal lain.

Kamu juga bisa rutin berhubungan setiap seminggu atau dua minggu sekali melalui platform digital seperti Zoom atau Google Meet sekedar untuk saling update mengenai kondisi satu sama lain.

13. Jangan ragu untuk meminta tolong

Meskipun kamu beraktivitas dari rumah, kamu tidak perlu ragu untuk meminta bantuan dari rekan kerja atau teman kuliah saat kamu mengalami kesulitan. Tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan seorang diri, dan kalau bisa, kamu pasti akan menghabiskan waktu yang sangat lama.

Dengan meminta tolong kepada teman, kamu dapat lebih diarahkan ke cara yang lebih baik untuk menyelesaikan pekerjaan kamu. Dengan begitu, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan kamu dengan lebih cepat dan efektif.

14. Pahami tubuh kamu

Tips cara produktif di rumah yang paling penting adalah mengenali kebutuhan tubuh kamu. Apabila tubuh kamu sedang tidak sehat dan kamu merasa kurang fit, kamu akan sulit untuk melakukan suatu pekerjaan dengan optimal.

Ditambah lagi, banyak orang yang mencari solusi instan atas masalah tersebut, misalnya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat seperti kopi atau minuman berenergi.

Padahal, solusi paling tepat dari masalah di atas adalah dengan menjaga kesehatan tubuh kamu dengan makanan dan minuman yang sehat. Kamu juga harus menjaga pola makan yang sehat, serta memastikan dirimu mendapatkan jumlah istirahat yang cukup.


Itulah beberapa tips cara produktif di rumah yang dapat kamu terapkan. Dengan menerapkan tips-tips ini, kamu tetap dapat produktif dan beraktivitas secara optimal meskipun kamu tidak hadir secara fisik ke kantor atau ke kampus.