8 Cafe di Cipayung yang Kekinian untuk Nongkrong Santai

8 Cafe di Cipayung yang Kekinian untuk Nongkrong Santai
Cafe di Cipayung, photo by topntp26/freepik

Berbicara tentang cafe di Jakarta Timur, belum lengkap rasanya kalau tidak mengulik apa saja tempat makan populer yang ada di daerah Cipayung. Sebuah kecamatan dengan cakupan wilayah yang cukup luas di bagian Timur kota Jakarta ini ternyata juga menyimpan cafe-cafe kekinian dengan harga murah meriah andalan anak muda, lho. Selain karena suguhan menunya yang beraneka ragam, desain arsitektur dan tata letak ruangan dari deretan cafe di Cipayung umumnya dibuat sangat nyaman untuk nongkrong atau sekedar WFC. Kalau tidak percaya, cek langsung rekomendasinya di bawah ini, yuk!

8 Cafe di Cipayung

1. Druma

Druma, photo by Instagram @/elfqinkopi

Druma menjadi salah satu cafe di Cipayung yang baru saja resmi dibuka pada bulan Juli 2023 lalu. Tempat makan ini terbilang sangat luas dengan area yang terbagi menjadi dua, yaitu indoor dan outdoor. Mengadaptasi desain arsitektur industrial, bangunan Druma didominasi oleh palet monokromatik hitam, cokelat, dan kelabu, dengan dikelilingi pepohonan rindang. Kamu bisa mengambil tempat duduk di dalam ruangan berdinding kaca ataupun di halaman depan dengan deretan meja berpayung hitam.

Ada juga area playground yang bisa dimanfaatkan untuk wahana bermain anak tanpa harus membayar biaya tambahan. Druma menyajikan aneka hidangan Asia dan Barat dengan harga yang masih sangat terjangkau, yaitu antara Rp25 ribu - Rp69 ribuan saja. Contohnya seperti Sop Iga Sapi, Truffle Fettucine, sampai Carbonara Chicken Rice. Sementara untuk minumannya ada kreasi kopi, teh, dan mocktail.

Alamat: Jl. Bina Marga No. 21, Cipayung, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 22:00)  
Kisaran harga:Rp50.000 - Rp100.000 per orang  

2. Rene Cafe

@adigunahirzi Cafe Hidden Gem dengan tema outdoor garden yang syahdu banget. Auto betah banget kalau nongkrong disini #cafe #reviewcafe #cafeaesthetic #cafejakartatimur #fyp #aestheticcafe #placetogojkt #placetogojaktim #rekomendasicoffeeshop #rekomendasikopi ♬ original sound - ADIGUNA HIRZI

Ada rekomendasi cafe di Cipayung yang menyuguhkan suasana asri dengan banyak tumbuhan hijau dan pepohonan rimbun di setiap sudutnya, yaitu Rene Cafe. Bagian outdoor dari cafe ini benar-benar dikhususkan untuk kamu yang ingin melepas penat dari padatnya pekerjaan sambil menghirup udara segar. Lokasinya yang berada di tengah-tengah kebun Villa Basofi semakin membuat cafe ini terasa adem, tenang, dan punya atmosfer seperti layaknya di kota Bandung.

Bangunan Rene Cafe didominasi batu bata merah dengan bukaan jendela lebar. Ada juga fasilitas tambahan seperti musholla, toilet bersih, internet, sampai stop kontak yang cukup memadai bagi kamu yang hobi nongkrong sambil WFC. Speciality dari cafe ini adalah kopi, tetapi kamu juga bisa mencicipi main course seperti Lidah Penyet, Nasi Bebek Keranjang, Nasi Goreng Sosis, hingga Cwie Mie dengan harga sekitar Rp30 ribu - Rp40 ribuan saja.

Alamat: Villa Basofi Jl. Raya Pondok Rangon No. 11, Cipayung, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Jumat (10:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50 ribu per orang

3. Seatap Tea and Sky

Seatap Tea and Sky, photo by Instagram @/seatap.tamanmini

Pilihan cafe di Cipayung selanjutnya datang dari Seatap Tea and Sky, yaitu sebuah tempat makan berkonsep cafe ala Paris di mana bagian dalamnya penuh dengan elemen dekoratif klasik berupa chandelier. Setiap pengunjung yang datang ke sini juga akan dibuat terpukau dengan berbagai aneka tanaman hias dan vertical garden yang menyelimuti bagian dinding dari cafe ini.

Seatap Tea and Sky memiliki bangunan luas yang terdiri dari dua lantai, serta terbagi menjadi area indoor dan outdoor. Menariknya lagi, bagian atapnya mengadaptasi konsep skylight dengan panel kaca yang membuat cahaya matahari bisa masuk dengan maksimal ke dalam ruangan, jadi cocok banget untuk berswafoto.

Seatap Tea and Sky menyajikan menu masakan modern ala barat dengan presentasi yang sangat menarik, mulai dari Chicken Tortila, Sirloin Black Pepper, Honey Toast, sampai hidangan Indonesia seperti Ayam Goreng Cilangkap dan Nasi Lemak. Ada juga pilihan gelato dan aneka pastries yang menggugah selera, lho!

Nah, berjarak sekitar 400 meter atau 1 menit berkendara dari Seatap Tea and Sky, kamu akan menemukan sebuah kost eksklusif persembahan dari Cove yang letaknya super strategis dan berfasilitas lengkap, yaitu Cove Veranda. Hunian yang dibanderol mulai dari Rp2,2 juta per bulan ini juga berseberangan langsung dengan Universitas Paramadina dan hanya beberapa menit dari gerbang tol.

Alamat: Jl. Raya Mabes Hankam No. 36, Cipayung, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Jumat (08:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (09:00 - 22:00) Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang 

4. Teras Mpok

Teras Mpok, photo by Instagram @/teras_mpok

Nongkrong di cafe mungil berkonsep tropical semi-outdoor seperti Teras Mpok bisa jadi opsi yang menarik untuk disambangi saat senggang. Pasalnya, selain berfungsi sebagai toko tanaman yang menjual aneka jenis tanaman hias, Teras Mpok juga merangkap sebagai coffee shop berukuran minimalis dengan desain bangunan dan tata letak furnitur yang dibuat senyaman mungkin.

Atmosfernya yang adem dengan penerapan berbagai jenis tanaman hias dijamin membuat kamu ingin kembali lagi ke sini untuk sekedar menyesap Kopi Hitam ataupun Aren Latte di bawah suasana yang tentram. Makanan berat yang jadi andalan Teras Mpok adalah Soto Betawi dan Gabus Pucung. Ada juga camilan tradisional seperti Keju Aroma, Pisang Goreng Kampung, dan Roti Goreng Cokelat Keju dengan harga di bawah Rp20 ribuan saja.

Alamat: Jl. Assyafi'iyah, Cipayung, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 21:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

5. Kataloji

Kataloji, photo via pergikuliner

Kalau kamu sedang berada di sekitar Jalan Setu Cipayung, jangan lupa untuk mampir ke Cafe di Cipayung yang satu ini. Meski mengambil tempat di jajaran ruko, namun interior dari Kataloji benar-benar dibuat semenarik mungkin dengan aksentuasi pola dan warna yang colorful. Tempatnya pun terbagi menjadi tiga lantai, yaitu lantai 1 untuk indoor dan bar, lantai 2 untuk indoor area bersantap, dan lantai 3 untuk rooftop area yang jadi spot favorit buat liat sunset.

Kapasitas Kataloji mampu menampung setidaknya 50 customer, terdapat juga stop kontak, toilet bersih, dan internet berkecepatan tinggi untuk kamu yang ingin WFC. Seluruh barista yang ada di sini juga dikenal ramah, jadi jangan sungkan untuk bertanya lebih lanjut soal menu yang disajikan ya.

Untuk makanan berat, kamu akan menemukan Iga Bakar, Sop Buntut, Kwetiaw Goreng, sampai Crispy Duck Nusantara, kemudian ditutup dengan pilihan pastries berupa Ovomaltine Crunchy dan Banana Nutella.

Alamat: Jl. Setu Cipayung No. 9, Cipayung, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 23:00)  
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang 

6. Milimanis by Mil&Bay

@audreykareninaa Bisa ngafe + belanja barang2 aesthetic disini shaaayy! πŸ€©πŸ’―βœ¨ #fypgakni #jktgo #jktfooddestination #jktfoodies #spotfotojakarta #cafejakarta #jakartacafe #cafejakartatimur #cafejaktim #jktplacetogo #cafeaesthetic #cafeaestheticjakarta ♬ μ˜€λ¦¬μ§€λ„ μ‚¬μš΄λ“œ - 옐라이 Yella.E

Bagaimana dengan cafe di Cipayung yang punya ambience tropis ala tepi pantai Bali? Kamu bisa menemukannya di Milimanis by Mil&Bay. Cafe ini terlihat sangat cantik berkat elemen dekoratif bernuansa bohemian dan dominasi warna putihnya yang elegan. Ada banyak spot aesthetic dengan bukaan lebar yang bisa kamu pakai untuk berfoto ria.

Suasananya yang hangat dan homey sangat mendukung buat kamu yang ingin ngemil sambil bekerja dari cafe. Menu makanan yang tersedia di sini juga terbilang ramah kantong, yaitu antara Rp20 ribu - Rp40 ribu. Sebut saja Mie Goreng Rendang, Spaghetti Bolognese, sampai Rice Bowl Paru Balado. Sementara untuk dessert-nya ada kreasi eclair, croissant, dan brownies.

Bangunan cafe Milimanis menyatu bersama retail lokal Mil & Bay yang menjual beragam room decor dan aksesoris handmade dari pengrajin Indonesia. Seluruh barang yang dijual di sini terbuat dari material alam, seperti keramik, bambu, dan rotan, jadi kamu bisa makan-makan cantik di sini sembari berbelanja di satu tempat yang sama.

Alamat: Mil & Bay Jl. Mandor Hasan No. 79, Cipayung, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Minggu (09:00 - 22:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang

7. CROCO by Monsieur Spoon

@giillberto Croco By Monsieur Spoon at The Amboja #Croco #cofee #croissant #coffeeshopjakarta #fyp ♬ girls like me don't cry (sped up) - thuy

CROCO merupakan sub-brand dari restoran Monsieur Spoon yang telah memiliki banyak cabang di Indonesia. Disebut sebagai CROCO lantaran nama tersebut adalah singkatan dari Croissant & Coffee. Yup, cafe ini merupakan β€˜adik’ dari Monsieur Spoon yang khusus menyajikan paket Croissant & Coffee bagi kamu yang hanya ingin singgah sebentar sambil ngemil-ngemil cantik.

CROCO cabang Cipayung berada di kawasan shopping outlet semi outdoor The Amboja yang baru saja resmi dibuka pada Juni 2023 lalu. Tempatnya cukup luas dan cozy untuk dine in bersama teman-teman. Mengusung konsep bakery cafe, CROCO selalu menyajikan freshly baked croissant, pastry, dan viennoiseries setiap harinya.

Menu andalan CROCO adalah Maritozzo, yaitu sajian brioche bun yang diisi pastry cream ala pastry tradisional Eropa. Ada juga suguhan Banh Mi, yaitu baguette sandwich isi ala Vietnam dengan sentuhan Perancis. Tertarik untuk mencoba?

Alamat: The Amboja, Lantai Ground Jl. Raya Mabes Hankam, Cipayung, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)  
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

8. Relatives Coffee

Relatives Coffee, photo by viva.co.id

Satu lagi cafe di Cipayung yang bisa dipakai untuk nongkrong santai dan menawarkan atmosfer segar dari tanaman hijau di sekitarnya, yaitu Relatives Coffee. Kedai kopi ini berbentuk sebuah rumah antik yang dikelilingi elemen dekoratif berupa kerajinan tangan dari patung, guci, hingga lukisan klasik. Setiap tempat meja dan kursinya bisa ditempati antara empat orang atau lebih.

Relatives Coffee juga memberikan suguhan live music saat akhir pekan. Untuk pilihan minumannya, kamu bisa coba espresso based seperti Cappucino, Latte, Affogato, dan Mocha Latte, sementara minuman non-kopinya terdiri dari Dark Chocolate, Red Velvet, Taro, sampai Es Senandung.

Alamat: Jl. Cilangkap Raya No. 14, Cipayung, Jakarta Timur
Jam buka: Senin - Jumat (16:00 - 01:00), Sabtu - Minggu (16:00 - 02:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Sebagian besar dari tempat nongkrong ini punya deretan menu yang masih sangat ramah kantong. Jadi, manakah dari deretan cafe di Cipayung tadi yang berencana untuk kamu kunjungi?