Menelusuri Kelezatan 10 Cafe Dekat Stasiun Tebet Terbaik

Menelusuri Kelezatan 10 Cafe Dekat Stasiun Tebet Terbaik
Cafe Dekat Stasiun Tebet, photo by wirestock

Sebagai salah satu titik penting dalam jaringan transportasi Jakarta, Stasiun Tebet tidak hanya menjadi pusat aktivitas komuter harian, tetapi juga merupakan pintu gerbang ke berbagai destinasi kuliner yang menarik di sekitarnya. Bagi kamu yang sehari-harinya melewati stasiun ini untuk beraktivitas, daerah sekeliling Stasiun Tebet menawarkan sejumlah pilihan cafe yang menarik. Dari suasananya yang cozy hingga pilihan menu eksploratif, berikut adalah beberapa rekomendasi cafe dekat Stasiun Tebet yang bisa kamu singgahi.

10 Cafe Dekat Stasiun Tebet

1. Brown Bottle Coffee

Brown Bottle Cafe, photo by Instagram @/ourcoffeediary

Ada coffee shop baru yang baru saja dibuka pada Februari 2024 lalu dan berjarak hanya 700 meter dari Stasiun Tebet, yaitu Brown Bottle Coffee. Kedai kopi ini menjadi menarik lantaran mengadaptasi konsep glass house di mana banyak bukaan lebar yang dipadukan dengan area outdoor super luas dan dilimpahi pepohonan tinggi. Untuk kamu yang ingin WFC, di sini juga tersedia banyak colokan dan dukungan jaringan internet.

Konsep pada area outdoor terbilang unik karena terdapat area melingkar seperti jembatan, yang jalurnya memutar dan terhubung langsung ke lantai 2. Datang ke sini saat sore atau malam hari adalah saat yang paling tepat kalau kamu ingin duduk santai tanpa merasa kepanasan di bagian luar sambil ditemani semilir angin yang berhembus dari segala arah.

Rekomendasi Menu di Brown Bottle Coffee:

  • Beef Teriyaki Fried Rice: Sajian nasi goreng dengan daging teriyaki dan telur ceplok yang punya cita rasa rempah layaknya nasi kebuli, ditambah kondimen berupa potongan timun, tomat, daun selada, dan kerupuk.
  • Pan Seared Salmon Sambal Matah: Satu potong salmon yang punya tekstur lembut di dalam dan crispy di bagian luar, kemudian ditaburi sambal matah dan nasi hangat. Rasanya begitu pedas dan segar.
Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam II No. 20, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (09:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

2. Itutuh

Itutuh, photo by pergikuliner

Cafe dekat Stasiun Tebet yang satu ini bisa ditempuh hanya dengan 5 menit berjalan kaki. Itutuh adalah sebuah tempat makan yang menyajikan hidangan khas Vietnam. Meski berada di deretan ruko yang tidak terlalu besar, namun kamu akan dibuat terpukau begitu memasuki bagian dalam. Desain interiornya mengadaptasi elemen kontemporer dengan padu padan warna monokromatik. Mulai dari bagian langit-langit hingga setiap sudut cafe ini dihiasi oleh tanaman tropis yang membuat ambience di sekitarnya terasa semakin hangat meskipun didominasi rona gelap. Dijamin cozy, intimate, dan cocok buat WFC.

Rekomendasi Menu di Itutuh:

  • Pho Dac Biet: Salah satu menu signature yang juga menjadi kuliner khas Vietnam. Rasa kuahnya memiliki aroma khas Pho yang kuat, segar, dan gurih di saat yang bersamaan. Sementara tekstur noodle-nya pas dan tidak terlalu lembek, dipadukan dengan irisan daging dan urat sapi yang tender semakin menambah kelezatan dari menu masakan ini. Dijamin bikin nagih!
  • Egg Coffee: Merupakan minuman kopi dengan campuran foam atau busa dari kuning telur di bagian atasnya. Rasa kopi yang kental dan kuat berpadu sempurna dengan tekstur creamy dari telurnya yang manis dan sedikit gurih. Salah satu yang paling recommended.
  • Herbs Fried Chicken: Sajian ayam berbumbu dengan aroma herbal yang cukup kuat. Dagingnya super juicy dan empuk di dalam, sementara bagian kulitnya cenderung pedas dan renyah. Nikmat dimakan bersama nasi hangat.
Alamat: Jl. Tebet Raya No. 76C, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Jumat (10:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (10:00 - 23:30)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

3. Coffee and Couple

Coffee and Couple menjadi cafe dekat Stasiun Tebet selanjutnya yang wajib kamu sambangi. Kamu hanya tinggal keluar dari Pintu Timur lalu belok kanan ke arah Jl. Asembaris. Selain letaknya yang strategis dan berada tepat di seberang Stasiun, suasana di cafe ini juga cenderung asri dan tenang lantaran berada di area pekarangan Graha Liza, sebuah sanggar rias pengantin.

Banyak yang berasumsi bahwa nama Coffee and Couple mungkin saja terinspirasi dari pasangan calon pengantin yang sering berkunjung ke Graha Liza, lalu setelahnya mampir untuk minum kopi berdua di cafe ini. Unik sekali, ya?

Coffee and Couple terbagi menjadi area indoor dan outdoor yang dikelilingi area hijau dengan penempatan kursi rotan. Meski cenderung kecil, namun cafe ini benar-benar nyaman untuk dibuat bersantai sejenak. Selain menyajikan variasi kopi, kebanyakan makanan di sini tradisional lokal dan Asia, seperti Nasi Goreng Bebek, Chicken Wings, Bakmi Kembang Telor, hingga Tom Yum. Tersedia juga suguhan live music setiap hari Jumat jam 6 - 9 malam.

Alamat: Jl. Asem Baris Raya No.11A, RT.4 RW.3, Kebon Baru, Tebet, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Jumat (10:00 - 18:00), Sabtu - Minggu (08:00 - 19:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 /orang

4. Merial

Merial, photo by Instagram @/caesarenodswr

Kalau kamu lagi mencari cafe dekat Stasiun Tebet yang oke buat jadi spot foto, maka Merial Coffee bisa menjadi jawaban tepat. Pasalnya, cafe yang berjarak sekitar 700 meter dari Stasiun Tebet ini punya desain arsitektur modern kontemporer yang menyatukan dua unsur material sebagai daya tarik utamanya, yaitu semen dan kekayuan. Permainan palet natural pada pemilihan furniture dan cahaya kekuningan pun membuat Merial cocok untuk dipakai ngobrol santai yang lebih intimate. Ada juga dekorasi berupa bebatuan asimetris yang senada dengan jalan setapak berkerikil.

Poin plusnya, jarak antar meja juga terbilang jauh sehingga kecil kemungkinan kamu akan terinterupsi dengan tamu lain. Rangkaian menu makanan di Merial meliputi aneka masakan khas Indonesia dan Barat dengan harga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp26 ribu - Rp64 ribu. Sebut saja Nasi Goreng Taliwang, Soto Tangkar, Truffle Rigatoni, hingga Chicken Nanban yang menggugah selera.

Rekomendasi Menu di Merial:

  • Roselatte: Merupakan salah satu signature coffee dari Merial. Kopi susu ini memadukan sirup rose dan vanilla yang segar sehingga memberikan dimensi rasa yang unik dan menyenangkan. Campuran sirupnya juga tidak mendominasi, jadi semuanya tetap terasa balance.
  • Picca Peach: Memiliki karakteristik yang mirip dengan mocktail, rasanya sangat menyegarkan bila diminum saat siang hari. Ada sedikit hint rasa asam dengan aroma peach yang menyertainya.
Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam II No. 15, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (11:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

5. ETERA

ETERA, photo by Opaper

Banyaknya tumbuhan hijau yang mengelilingi bangunan Etera membuat cafe dekat Stasiun Tebet ini seolah terasa teduh dan dilingkupi udara yang sejuk. Konsep bangunannya dibuat homey serba putih, di mana banyak bukaan lebar dengan ceiling yang meninggi serta mengarah langsung ke area pepohonan. Etera terbagi menjadi dua lantai yang cukup luas dan comfy.

Jarak antar bangku juga tidak berdekatan dengan tersedianya colokan dan internet berkecepatan tunggu untuk kamu yang ingin bekerja dari cafe. Etera menyajikan aneka main course dengan sentuhan Asia dan Barat yang dihargai mulai dari Rp50 ribu - 70 ribuan saja per porsinya. Ada juga beragam kreasi kopi, milk based, teh, dan mocktails yang cocok untuk menemani waktu bersantai kamu.

Rekomendasi Menu di Etera:

  • Kopi Susu Gula Aren: Kopi Susu Gula Aren di sini memiliki rasa yang cukup nikmat dengan rasa kopi yang jauh lebih dominan. Kekentalannya pas dan tidak terlalu creamy, bahkan sentuhan manis dari gula arennya juga perfect.
  • Dori Colo Colo: Sajian nasi putih dengan ikan dori goreng yang diberi limpahan sambal colo-colo khas Maluku. Rasanya pedas gurih dengan sentuhan asam segar dari sambalnya. Ini jadi main course yang paling direkomendasikan!
Alamat: Jl. Tebet Raya No. 73, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

6. LEGE Coffee & Toastie

Lege Coffee & Toastie, photo by Instagram @/lege.id

Selain dikenal dengan pelayanannya yang ramah, Lege Coffee & Toastie juga menawarkan ambience yang tenang dengan lantunan musik instrumental yang mengalun di setiap sudut bangunan. Ada banyak tanaman hias yang terpajang di bagian dalam maupun luar dari cafe ini, sehingga menghadirkan atmosfer yang sejuk di tengah area perkotaan yang cenderung panas. Lege Coffee menawarkan variasi makanan dan minumannya beragam, mulai dari Nasi Goreng khas Indonesia, Laksa Singapura, hingga sajian Ayam Afrika yang benar-benar punya cita rasa unik. Selain kopi, mereka juga punya beberapa pilihan minuman beralkohol.

Rekomendasi Menu di Lege Coffee & Toastie:

  • Poffertjes: Hidangan kue tradisional khas Belanda ini juga tersedia di Lege Coffee. Plating-nya dibuat menarik yang terdiri dari lima buah poffertjes empuk berukuran sedang. Di dalamnya terdapat potongan keju yang mampu memberikan rasa gurih sekaligus menyatu dengan manisnya poffertjes. Kemudian di atasnya ditaburi dengan gula, saus karamel, almond panggang, serta potongan strawberry dan jeruk yang semakin menambah sentuhan menyegarkan di setiap gigitannya.
  • African Chicken: Menu makanan berupa ayam Afrika yang disajikan bersama pisang goreng dalam satu piring. Dagingnya empuk dan juicy, juga memiliki sentuhan rempah khas Afrika yang menyenangkan. Cocok untuk dijadikan menu makan siang.
Alamat: Jl. Tebet Utara I No. 8, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang 

7. 3 Point Cafe & Resto

3 Point Cafe & Resto, photo by 3 Point Cafe & Resto

Kamu hanya perlu berjalan kaki sejauh 200 meter atau sekitar 2 menit saja dari Stasiun Tebet untuk bisa menjangkau 3 Point Cafe & Resto. Meski tempat makan ini terletak di lantai dasar dari sebuah residence, namun sering kali suasananya tidak terlalu ramai sehingga nyaman buat nongkrong dalam jangka waktu lama.

Bagian interiornya didominasi oleh material kayu dengan pencahayaan yang hangat dan neon sign mencolok di bagian dinding. Sementara itu, area balkon di lantai dua menjadi salah satu spot favorit bagi para pengunjung yang ingin bersantap ria sembari menikmati pemandangan di luar ruangan disertai angin sepoi-sepoi.

Rekomendasi Menu di 3 Point Cafe & Resto:

  • 3Point Coffee: Kopi signature dai 3Point Cafe yang berkarakteristik soft dan creamy. Meskipun dasarnya adalah kopi susu gula aren yang terkesan manis, namun minuman ini masih memiliki cita rasa yang kuat dari biji kopinya.
  • Almond Croissant: Cocok buat jadi teman minum kopi. Padu padan tekstur croissant dan almond-nya begitu crunchy, juga menghasilkan rasa yang gurih walaupun tidak memiliki filling apa pun di dalamnya.
  • Penne Mushroom: Sepiring besar pasta bertekstur creamy dengan potongan jamur yang melimpah. Kemudian diberi taburan keju sebagai topping-nya. Rasanya begitu gurih dan lumer di mulut.
Alamat: Jl. Tebet Raya No. 90, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

8. Better World Cafe

Better World Cafe, photo by Better World

Silahkan singgah sejenak di Better World Cafe untuk menikmati satu potong New York Cheesecake bertekstur lembut yang menjadi andalan dari cafe dekat Stasiun Tebet yang satu ini. Rasanya tidak terlalu creamy seperti yang dibayangkan, serta memiliki keseimbangan yang baik antara rasa manis dari kue dan rasa gurih dari kejunya.

Ada juga Basque Burnt Cheesecake yang menjadi favorit bagi sebagian besar pengunjung. Bagian atas kue ini terpanggang sempurna sehingga menghasilkan warna cokelat gelap yang khas dan kaya akan rasa. Secara keseluruhan, Better World Cafe memiliki tempat yang cenderung kecil, namun terasa pas jika kamu hanya ingin sekedar ngemil untuk mengganjal perut.

Alamat: Jl. KH Abdullah Syafei No. 46, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (09:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

9. Muyen Coffee and Roastery

Muyen Coffee and Roastery, photo by Instagram @/secangkir.berdua

Salah satu cafe dekat Stasiun Tebet yang hits dan selalu diramaikan oleh pengunjung. Harga deretan main course Muyen Coffee berada di kisaran Rp40 ribu - Rp70 ribuan, ini meliputi Teriyaki Rice Bowl, Creamy Truffle, Pasta Kecombrang, hingga Rawon. Sementara untuk kreasi kopinya juga cukup bervariasi, mulai dari Panfan Coffee, Hazelnut Latte, Salted Caramel Macchiato, dan Butterscotch Regal.

Muyen Coffee and Roastery juga terasa nyaman karena menyediakan colokan listrik di setiap meja, yang membuatnya cocok untuk dipakai WFC. Untuk kamu yang ingin berkumpul dengan suasana lebih privat juga bisa menyewa ruangan VIP yang tersedia khusus di lantai dua dan tiga. Tersedia juga toilet bersih dan fasilitas musholla yang super nyaman.

Alamat: Jl. Tebet Raya No. 76, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)
Kisaran harga: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)

10. Black Champ Cafe & Resto

Black Champ Cafe & Resto, photo by Instagram @/blackchampofficial

Kalau kamu mencari cafe di sekitar Stasiun Tebet yang menyajikan hiburan musik berupa DJ, datang saja ke Black Champ Cafe & Resto setiap hari Kamis, Jumat, dan Sabtu malam. Tetapi jika ingin lebih santai, kamu bisa datang ke sini saat sore hari agar bisa ditemani musik akustik yang mengalun dengan tenang.

Cafe ini berada di lokasi yang strategis dan menyediakan fasilitas parkir yang memadai bagi para pengunjung, terutama untuk mereka yang membawa kendaraan bermobil. Desain interior, penataan tempat duduk, hingga pencahayaannya membuat suasana di sekitar semakin nyaman meskipun tidak terlalu besar.

Black Champ Cafe & Resto menyuguhkan ragam masakan Indonesia, seperti Lontong Sayur, Asinan Jakarta, Pecel Lele, dan Nasi Goreng Belacan. Ada juga pilihan menu dengan sentuhan Asia dan Barat yang bisa disesuaikan dengan selera. Pancake Ice Cream menjadi makanan pencuci mulut yang wajib kamu pesan di sini. Teksturnya cukup fluffy dengan bubuhan ice cream dan strawberry segar di bagian atasnya, kemudian disiram dengan sirup maple untuk memberikan cita rasa yang manis.

Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam II No. 28, Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Selasa - Minggu (11:00 - 02:00), Senin Tutup
Kisaran harga: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)

Dengan beragam pilihan cafe yang menarik dan unik di sekitar Stasiun Tebet, kamu dapat menemukan pengalaman kuliner yang memuaskan di setiap sudutnya. Entah itu hanya untuk nongkrong santai bersama teman ataupun bekerja dari cafe.