Stasiun Tebet: Info Rute Kereta, Harga & Tempat Menarik di Sekitarnya!

Stasiun Tebet: Info Rute Kereta, Harga & Tempat Menarik di Sekitarnya!
Stasiun Tebet, photo by Detik

Moda transportasi umum di Jakarta kini semakin terintegrasi dan nyaman digunakan, salah satunya adalah Stasiun Tebet.

Stasiun Tebet merupakan stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) berlokasi di Jl. Lapangan Ros Raya, terletak pada perbatasan kelurahan Tebet Timur dan Kebon Baru, Jakarta Selatan. Letaknya juga sangat strategis untuk para pekerja kantoran atau mahasiswa di Casablanca, Kampung Melayu, Kuningan, dan sekitarnya.

Untuk mengetahui serba-serbi mulai dari rute, harga, tampak bangunan dari Stasiun Tebet, kamu bisa membaca artikel ini hingga habis, ya!

Rute dan Harga

Peta Rute KRL, photo by Commuterline Indonesia

Banyak yang bilang, Stasiun Tebet merupakan stasiun awal yang tepat jika kamu ingin berkeliling kota Jabodetabek menggunakan KRL. Hal ini bukan tanpa alasan, selain lokasinya yang strategis dan terletak satu stasiun setelah stasiun transit Manggarai, Stasiun Tebet juga tidak terlalu ramai seperti Stasiun Tanah Abang atau Manggarai.

Jika kamu ingin berpergian ke daerah Jakarta Kota, Depok, Sentul, atau Bogor, kamu hanya perlu naik kereta tujuan Bogor tanpa perlu transit sama sekali dari Stasiun Tebet. Namun jika kamu ingin berpergian ke daerah Tangerang, Serpong, Bekasi, Tanjung Priok, atau Jatinegara, kamu bisa berpindah kereta di Stasiun Manggarai sebagai pusat transit dari rute KRL Jabodetabek. Jika kamu masih pemula atau awam dalam naik KRL, kamu bisa memperhatikan rute sesuai jalur warna yang ada di peta KRL, ya!

Untuk tarifnya sendiri, KRL juga bisa dibilang sebagai moda transportasi yang ekonomis. Pasalnya, biaya untuk naik KRL hanyalah sebesar Rp3.000 untuk 25 km pertama dan tambahan Rp1.000 untuk 25 km berikutnya. Terjangkau sekali, kan?

Oh ya, kamu juga bisa mengunduh jadwal berangkat KRL melalui laman resmi KAI Commuter untuk memudahkan perjalanan kamu ketika berkeliling kota!

Baca juga: 10 Cafe Instagramable di Tebet untuk Nongkrong Sambil Selfie

Penataan Stasiun Tebet

Wajah Baru Stasiun Tebet, photo by Detik

Untuk menambah pengalaman serta mempermudah akses, penataan ulang pada area Stasiun Tebet dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, lho. Penataaan Stasiun Tebet ini dimulai pada tahun 2021, tergabung dalam penataan stasiun tahap kedua bersamaan dengan Stasiun Manggarai, Stasiun Gondangdia, Stasiun Palmerah, dan Stasiun Jakarta Kota.

Tujuan dilakukan penataan kawasan Stasiun Tebet adalah untuk meningkatkan aksesibilitas para pengguna KRL yang akan menuju atau tiba di stasiun. Kini, Stasiun Tebet sudah tertata lebih rapi dan teratur, dilengkapi dengan integrasi antarmoda yang baik. Jadi, kamu bisa dengan mudah melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum lainnya seperti bus Transjakarta, mikrotrans, bajaj, hingga ojek online. Fasilitas penunjang seperti wayfinding yang baik juga bisa kamu temukan di Stasiun Tebet ini.

Oh ya, selain lokasinya yang strategis, biaya yang cukup terjangkau, serta penataan ulang yang telah dilakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta, kamu  juga bisa mengunjungi beberapa restoran dengan hidangan lezat yang berada di sekitar Stasiun Tebet. Apa saja itu?

Restoran Sekitar Stasiun Tebet

Sate Taichan Goreng Tebet, photo by Pergi Kuliner

Lokasi Stasiun Tebet yang cukup strategis membuat munculnya banyak tempat makan lezat yang bisa kamu cicipi. Nah, ini dia beberapa rekomendasi Cove yang bisa kamu coba jika kamu sedang berada di sekitar Stasiun Tebet.

Sate Taichan Goreng

Jika kamu ingin merasakan sensasi memanggang sendiri sate taichan yang kamu pesan, kamu bisa mencobanya di Sate Taichan Goreng Tebet, nih! Selain taichan, ada juga menu lain seperti taichan mozarella dan sate pisang nugget.

Warunk Upnormal

Di Warunk Upnormal, kamu bisa mencoba berbagai makanan mulai dari semangkuk indomie dengan berbagai topping, hingga roti dan pisang bakar yang membuat perut kenyang.

Sambal Khas Karmila

Sebelum berangkat keliling kota atau sesampai kamu di Stasiun Tebet, sempatkan mencoba Sambal Khas Karmila, restoran sunda yang memiliki 12 jenis sambal pilihan.

Bakso Gondrong

Bakso legendaris di daerah Tebet, nih! Meskipun hanya ada dua pilihan bakso yaitu bakso urat dan telur, namun rasanya juara, lho.

Fish Bomber Seafood Cafe

Terletak sekitar 50 m dari Stasiun Tebet, Fish Bomber Seafood Cafe punya menu platter seafood yang bisa dicoba bersama teman-teman.

Baca juga: 13 Tempat Makan di Tebet yang Paling Lezat dan Wajib Dicoba!

Yuk, Cari Kos Dekat Stasiun Tebet!

Cove The Home

Tidak hanya strategis dan dekat dengan area perkantoran, Tebet juga memiliki berbagai fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, termasuk Stasiun Tebet yang kini semakin nyaman. Nggak salah, kalau Tebet menjadi salah satu area incaran tempat tinggal oleh banyak orang.

Jika kamu sedang mencari tempat tinggal atau kos di daerah Tebet, maka Cove The Home bisa menjadi pilihan kamu. Hunian coliving dari Cove ini menawarkan hunian nyaman dengan fasilitas lengkap seperti pusat kebugaran, dapur bersama, tempat parkir, longue, lobby, hingga patio dan laundry gratis yang bisa diakses oleh seluruh penghuni.

Cove The Home berlokasi di Jl. D1 No. 30, Kec. Tebet dan memiliki banyak pilihan kamar mulai dari Superior Room, Deluxe Room, serta Executive Room dengan rentang harga Rp3,7 juta - Rp 4,5 juta. Tenang saja, meskipun tipe kamarnya berbeda-beda, setiap kamar yang ditawarkan sudah full furnished dengan queen bed, kamar mandi dalam, lemari, meja belajar, AC, serta TV layar datar yang bisa kamu gunakan ketika sedang bersantai. Suasananya yang nyaman dan seperti di rumah sendiri juga bisa membuat kamu tambah betah berlama-lama di dalam kamar.

Jika kamu tertarik untuk tinggal di Cove The Home, segera follow Instagram Cove Indonesia untuk melihat lebih banyak info serta update dari setiap unit Cove, dan jangan lupa book viewing untuk melihat kamar idamanmu secara langsung!


Temukan kost eksklusif di Jakarta Selatan lainnya hanya di Cove!