10 Bakmi di Bandung yang Rasanya Melegenda, Wajib Coba!

Rekomendasi bakmi di Bandung dengan harga terjangkau dan rasa yang lezat ini wajib kamu coba nih.

10 Bakmi di Bandung yang Rasanya Melegenda, Wajib Coba!
Bakmi di Bandung, photo by Tribun Travel

Jalan-jalan ke Bandung rasanya seperti ada yang kurang kan kalau belum mencoba kulinernya? Nah, Bandung memiliki ragam kuliner enak yang wajib kamu coba, salah satunya adalah bakmi.

Bakmi di Bandung selalu menjadi buruan wisatawan karena masing-masing tempat memiliki ciri khas dan sudah terjamin kelezatannya. Dirangkum oleh Cove dari berbagai sumber, berikut ini adalah sepuluh bakmi enak di Bandung yang harus dicoba!

Bakmi di Bandung yang Wajib Dicoba

1. Mie Baso Linggarjati

5 Bakmie Yang Bikin Kalap Pas Lagi Kulineran ke Bandung
Mie Linggarjati, photo by Qraved

Terkenal sebagai bakmi di Bandung yang legendaris, Bakmi Linggarjati sudah hadir sejak tahun 1950 dan terus beroperasi hingga sekarang. Bakmi di Bandung ini memiliki berbagai olahan mie yamin dan baso, bahkan Bakmi Linggarjati juga terkenal dengan es alpukat-nya yang menjadi favorit para pengunjung. Tidak heran kalau tempat ini selalu ramai, apalagi kalau weekend.

Review Mie Baso Linggarjati

Nah, bicara soal hidangannya, Bakmi Linggarjati memiliki beberapa menu mie ayam, mulai dari yang polos, menggunakan baso, hingga babat. Selain mie, Bakmi Linggarjati juga menyuguhkan tahu kuah, siomay kuah, dan pangsit kuah yang cocok dimakan saat cuaca dingin.

Menurut Cove, kalau kamu ingin mampir ke sini, wajib banget untuk memesan mie yamin mereka yang bisa dibuat asin atau manis. Rasanya cukup gurih dan enak dengan tekstur mie yang kenyal dan lembut. Ukuran porsinya lumayan besar, jadi dengan tekstur mie dan ukuran semangkoknya saja sudah mengenyangkan perut.

Alamat: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Bandung
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 18.30)
Kisaran harga: Rp 35.000 – Rp 80.000

2. Mie Bakso Akung

Mie Baso Akung, photo by Instagram @miebasoakung123

Selain Bakmi Linggarjati, Bandung juga memiliki salah satu tempat makan mie baso lainnya yang juga sudah berdiri sejak 1996. Bernama Mie Bakso Akung, bakmi di Bandung yang satu ini selalu ramai dikunjungi berkat mie yamin-nya yang terkenal enak dengan tambahan topping ayam yang disuwir lembut. Saking terkenalnya, Mie Bakso Akung hadir dalam salah satu scene di film Dilan 1990 lho!

Review Mie Bakso Akung

Mie Baso Akung, photo by Nibble.id

Mie Bakso Akung menjual mie dan bihun yang bisa dibuat versi kuah atau yamin. Tidak selalu manis, kamu juga bisa request mie yamin yang dibuat asin lho.

Mie Bakso Akung juga menawarkan aneka topping sebagai pelengkap mie dan bihun mereka, seperti bakso, pangsit, siomay, tahu, dan ceker. Atau, kalau ingin memesan topping-nya tanpa mie atau bihun juga bisa. Mereka menawarkan menu BPTSC, yaitu bakso pangsit tahu siomay ceker.

Tentunya Mie Bakso Akung ini punya alasan dong kenapa bakmi di Bandung yang ini sangat ramai dan tetap berjaya dari tahun 1996. Kuah yang disajikan dalam segala menu mereka terasa sangat gurih dan memanjakan lidah.

Untuk baksonya, teksturnya sangat lembut. Sementara untuk mienya, terutama mie yamin, rasa manis terasa lebih dominan. Yang unik dari Mie Bakso Akung, semua hidangan di sini selalu disajikan dengan suwiran ayam gurih, bahkan untuk menu baksonya sekalipun.

Alamat: Jl. Lodaya No.123 - 125, Burangrang, Kec. Lengkong, Bandung
Jam buka: Setiap hari kecuali Jumat (09.30 – 19.30)
Kisaran harga: Rp 30.000 – Rp 60.000

3. Bakmie Tjo Kin

Bakmie Tjo Kin, photo by Instagram @bakmietjokin

Bandung tak pernah gagal menyuguhkan restoran bakmie halal yang enak dengan konsep tempat yang unik. Salah satunya adalah Bakmie Tjo Kin yang bergaya aesthetic vintage. Pilihan mie yang ditawarkan juga cukup variatif, mulai dari mie lebar, mie tipis, hingga mie shirataki.

Review Bakmie Tjo Kin

photo by Instagram @bakmietjokin

Kalau berkunjung ke sini, Cove merekomendasikan kamu untuk mencoba Yamien Asin Ayam. Rasanya gurih dan kuahnya light, sangat nyaman di perut. Selain itu, yang menambah keistimewaan Bakmie Tjo Kin adalah ayamnya yang super lembut dengan kecap dan ada hint daun salamnya.

Jadi saat dimakan kamu bisa menemukan wangi daun salam di ayamnya. Biar makin enak, kamu juga harus coba Chili Oil yang cocok banget dicampur ke bakmie-nya.

Alamat: Jl. Cihapit No.18, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Bandung
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 21.00)
Kisaran harga: Rp 24.000 – Rp 40.000

4. Mie Encek

Mie Encek, photo by Instagram @mieencekbdg

Mie Encek yang sudah berdiri sejak 1949 ini bisa menjadi pilihan bakmi di Bandung berikutnya yang harus kamu coba nih. Ini karena mie yang mereka sajikan memiliki tekstur tipis, lurus, dan lembut, sehingga sangat enak untuk diseruput bersamaan dengan kuah kaldu yang gurih dan lezat.

Ada banyak menu di kedai Mie Encek yang bisa dipilih sesuai selera kamu, di antaranya mi yamin polos, mi yamin bakso, dan bakso saja. Uniknya lagi, mereka juga menjual kopi baileys yang juga ngga kalah enak dan jadi favorit pembeli.

Review Mie Encek

Mie Encek disajikan dengan suwiran ayam yang halus. Untuk pengalaman makan Mie Encek yang makin enak, kamu bisa memesan Mie Yamien Asin Pangsit, nih karena kuahnya menggunakan kaldu. Untuk pangsitnya sangat recommended, deh!

Selain mie, mereka juga menjual Nasi Hainan, Nasi Begana, hingga Nasi Rames dengan porsi yang cukup mengenyangkan.

Alamat: Jl. Guntur No.24, Malabar, Kec. Lengkong, Bandung
Jam buka: Setiap hari (07.00 – 17.00)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 40.000

5. Bakmi Parahyangan

Mie Baso Parahyangan: Daftar Menu Terbaru dan Jam Buka - Wisata Diary
Mie Baso Parahyangan, photo by Wisata App

Bakmi Parahyangan didirikan sejak tahun 1975 dan masih jadi favorit pecinta kuliner hingga saat ini. Terkenal enak dan selalu ramai, akhirnya Bakmi Parahyangan membuka 3 cabang yakni di Jalan Sukajadi, Jalan Sunda, dan Dalem Kaum.

Review Bakmi Parahyangan

Sebagai pecinta bakmi di Bandung, Bakmi Parahyangan menyediakan mie dengan topping suiran ayam dan bakso kuah yang sangat lezat.

Nah, menu wajib yang harus dipesan kalau kamu mampir ke sini adalah Mie Yamin Manis Rica dan Mi Yamin Asin dengan tekstur yang lembut dengan topping ayam rica yang siap menggoyang lidah.

Alamat cabang Sukajadi: Jl. Sukajadi No.211, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Bandung
Jam buka: Setiap hari (10.00 – 22.00)
Kisaran harga: Rp 25.000 – Rp 40.000

6. Mie Naripan

Mie Naripan 127: Best Yamin Noodle in Bandung | HeyTheresia - Indonesian  Food & Travel Blogger
Mie Naripan, photo by HeyTheresia

Warga Bandung pasti tahu kedai bakmi di Bandung yang satu ini. Mie Naripan bisa dibilang termasuk juaranya mie legendaris yang sudah didirikan sejak 1965. Sejak dibuka, mie yang mereka jual memiliki rasa yang konsisten lho, sehingga banyak pelanggan setia yang ramai memenuhi kedai Mie Naripan.

Review di Mie Naripan

Seperti kedai-kedai bakmi lainnya, Mie Naripan juga punya menu favorit, yakni Mie Yamien dan Mie Kuah Naripan. Lalu, jangan kaget ya dengan porsinya yang besar banget, jadi usahakan kamu mengosongkan perut dulu nih untuk menampung Mie Naripan.

Apalagi, Mie Naripan memiliki tekstur mie yang tebal dengan toping ayam yang rich dan flavorful. Nah, menu favorit di sini adalah yamien manis, jadi kamu juga bisa mencoba yang satu ini. Uniknya, setiap makanan yang disajikan pasti disertai kuah dengan sayur selada. Jadi, rasa kuahnya gurih dan ada manisnya juga.

Alamat: Jl. Naripan No.108, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 20.30)
Kisaran harga: Rp 40.000 – Rp 70.000

7. Mie Ayam Cipaganti

Mie Ayam Cipaganti - Cipaganti
Mie Ayam Cipaganti, photo by Qraved

Sesuai namanya, Mie Ayam Cipaganti ini berlokasi di Jalan Cipaganti, tepatnya di depan Masjid Besar Cipaganti. Mie ayam ini dijual menggunakan gerobak, sehingga mudah kok ditemukan. Nah, kalau memesan mie ayam ini, kamu akan mendapat seporsi mie yang sudah dilengkapi satu bakso kecil, satu bakso besar, dan pangsit goreng.

Review Mie Ayam Cipaganti

Meski dijual di gerobakan dan sangat sederhana, rasa Mie Ayam Cipaganti tidak boleh diremehkan lho. Mie-nya cukup tebal dan keriting dengan tekstur yang kenyal. Kombinasi mie yang kenyal dengan topping ayam dan kuahnya yang gurih ini tentu akan membuat siapa saja yang mencoba, jadi ketagihan. Apalagi, makannya dicampur dengan pangsit goreng. Kebayang kan enaknya?

Alamat: Jl. Cipaganti No. 85 (depan Kantor Urusan Agama), Pasteur, Kec. Sukajadi
Jam buka: Setiap hari (10.00 – 17.00)
Kisaran harga: Rp 15.000 – Rp 20.000

8. Mie Rica Kejaksaan

Mie Rica Kejaksaan Yang Sudah Berdiri Lebih Dari 32 Tahun
Mie Rica Kejaksaan, photo by Bayoran Teknik

Nama Mie Rica Kejaksaan tentu tidak asing lagi di telinga warga Bandung. Bagaimana tidak? Tempat ini sudah berusia 32 tahun dan sudah mulai beroperasi sejak 1964.

Kata “rica” diambil dari salah satu menu andalannya, yaitu mie rica dengan daging B2. Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang tidak bisa makan B2, Mie Rica Kejaksaan juga menghadirkan mie ayam yang halal kok.

Review Mie Rica Kejaksaan

Bakmi di Bandung yang ini memiliki penyajian unik, di mana mie-nya berbentuk bulat cukup besar, dan mirip dengan mie goreng. Disini, kamu bisa memilih beragam menu mie, mulai dari mie ayam, mie rica b2, mie rica ayam, mie pedas udang goreng, mie pedas casao dan mie iga sapi.

Selain mie, kamu juga bisa mencoba menu lain yang tak kalah enak, seperti bihun, bakso udang goreng, pangsit goreng, pangsit kuah, bakso sapi, bakso ikan, dan babat kuah. Untuk rasanya sih tidak perlu diragukan lagi ya karena tempat ini selalu ramai pengunjung.

Alamat: Jl. Kejaksaan No.7, Braga, Kec. Sumur Bandung
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 18.00)
Kisaran harga: Rp 29.000 – Rp 45.000

9. Bakmi Apin

Daftar Harga Menu Delivery Bakmi Apin, Sukajadi, Bandung Terbaru 2023 -  MenuKuliner.net
Bakmi Apin, photo by Menu Kuliner Net

Kalau kamu berkunjung ke Bandung, jangan sampai kamu tidak mencicipi kelezatan bakmi di Bandung ini ya. Bakmi Apin Sukajadi adalah rumah makan halal yang memiliki space besar dan luas yang tidak hanya menyajikan mie, tapi juga menu lainnya, seperti nasi, siomay, batagor, aneka jus, dan minuman lainnya yang bisa kamu pilih.

Review Bakmi Apin

Bakmi Apin menawarkan berbagai menu mie yang bisa kamu pilih toppingnya, seperti bakso, pangsit, ceker crispy, atau polosan saja.

Nah, untuk menu yamien, mie-nya tipikal yang lurus dan dimasak dengan kecap manis. Rasanya pun sangat gurih dan tekstur mie-nya padat dan kenyal. Untuk kondimennya sudah dilengkapi dengan ayam cincang crispy, daun bawang, hingga pangsit berisi ayam dengan kuah bening yang disajikan terpisah. Sangat pas dimakan saat hujan, nih.

Alamat: Jl. Sukajadi No.170, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung
Jam buka: Setiap hari (08.30 – 20.00)
Kisaran harga: Rp 29.000 – Rp 70.000

10. Bakmi Pelita 2

Nikmatnya Bakmi Pelita 2 di Bandung yang Selalu Laris Manis - Bolu Susu  Lembang
Bakmi Pelita 2, photo by Bolu Susu Lembang

Di sebuah gang belakang kampus Universitas Widyatama, ada tempat makan bakmi halal yang tersembunyi, tapi usaha ini ramai didatangi karena rasanya enak. Namanya Bakmi Pelita 2.

Tempat ini cukup legendaris lho karena sudah ada di sini sejak 1998. Hal yang membedakan Bakmi Pelita 2 dengan bakmi di Bandung lainnya adalah mie-nya yang masih dibuat dengan cara tradisional sehingga teksturnya enak dan authentic.

Review Bakmi Pelita 2

Bakmi Pelita 2 memiliki cita rasa yang lezat, apalagi mie-nya dibuat sendiri alias home made. Di sini, kamu bisa memilih sajian mie sesuai selera, di antaranya bakmi manis, bakmi asin, bakmi rica manis dan bakmi rica asin dengan berbagai topping. Nah, toppingnya juga sangat beragam lho, mulai dari bakso, pangsit, ayam cincang bumbu, chicken katsu, hingga kulit ayam crispy.

Kalau kamu ingin mencoba Bakmi Pelita 2 tapi bingung memilih menunya, Cove merekomendasikan kamu untuk memilih menu favorit mereka nih, yaitu bakmi asin rica bakso pangsit.

Sesuai namanya, menu ini khas dengan bakminya yang asin, dengan tambahan topping ayam rica yang berhasil menjadi satu padu dengan bumbu-bumbu di dalamnya. Satu porsinya cukup banyak, jadi cukup mengenyangkan.

Alamat: Jl. Phh. Mustofa Gg. Pelita II No.3, Sukapada, Kec. Cibeunying Kidul
Jam buka: Setiap hari (10.00 – 20.00)
Kisaran harga: Rp 22.000 – Rp 32.000

Nah, itulah beberapa rekomendasi bakmi di Bandung yang legendaris dan sudah terjamin kenikmatannya. Kalau kamu lagi ada di sekitaran Bandung, yuk, langsung cobain!