15 Rekomendasi Cafe di Kemang yang Unik dan Wajib Dicoba

15 Rekomendasi Cafe di Kemang yang Unik dan Wajib Dicoba
Cafe di Kemang, photo by Muliadi Utomo/Manual Jakarta

Tak ada yang bisa menyangkal bila Kemang dinobatkan sebagai salah satu surganya tempat hangout bagi para pecinta kuliner di Jakarta. Pasalnya, deretan kafeteria populer dengan desain yang instagramable seolah bertumpah-ruah di kawasan strategis ini. Tanpa harus bersusah-payah, kamu bisa dengan mudah menemukan ragam hidangan unik dengan cita rasa istimewa di setiap sudutnya, mulai dari olahan pastry, kue, hingga ragam teh dan kopi. Sebagian besar cafe di Kemang juga menjamin kepuasan setiap pelanggan setia melalui menu andalan mereka.

Umumnya, cafe lebih dikenal sebagai menyajikan makanan dan minuman ringan yang bisa menemani pelanggan untuk berbagi cerita. Namun, seiring berjalannya waktu, banyaknya permintaan membuat sebagian besar dari restoran kecil ini akhirnya menghadirkan sejumlah makanan berat sebagai pelengkap. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba eksplor cafe di area Kemang, yuk, intip kelima belas rekomendasi berikut ini!

15 Cafe di Kemang

ECAPS

ECAPS, photo by Instagram/@ecaps.jkt

Bila bisnis kuliner selalu identik sebagai salah satu penyumbang sampah terbesar, maka lain halnya dengan coffee shop yang satu ini. Ecaps merupakan salah satu cafe terbaru di area Kemang yang mengusung konsep eco-friendly. Hampir seluruh interior, furniture, dan produk yang terdapat di cafe ini adalah hasil dari proses daur ulang sampah, lho! Jika di area indoor begitu kental dengan nuansa artsy, maka pada area outdoor, kamu akan disuguhi oleh lebih dari 20 jenis tanaman herbal yang tersebar di setiap sudut cafe. Segar dan menenangkan.

Uniknya, kebun tersebut juga diolah menjadi bahan dasar utama untuk pengolahan makanan pada menu cafe ini. Ragam signature coffee andalan yang bisa kamu coba, antara lain piccolo, latte, cold brew, hingga affogato. Namun, jika kamu tidak terlalu menyukai kopi, ice lemon tea dengan campuran cengkeh adalah yang paling direkomendasikan di sini.

Selain dapat menghabiskan waktu dengan mencicipi hidangan yang sehat, kamu juga bisa dengan bebas membeli aneka tumbuhan dan kerajinan tangan yang tersedia untuk dibawa pulang, lho! Menarik sekali, ya?

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 17, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 20:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Bukan Ruang

Bukan Ruang, photo by Instagram/@bukanruang

Sering merasa bosan saat bekerja dari rumah? Tak ada salahnya untuk mencari suasana baru dengan sistem work from anywhere. Kamu bisa mulai membawa serta seluruh perangkat kerja yang ada, dan pergilah ke tempat-tempat menyenangkan yang dapat mendorong segala produktivitas kinerjamu.

Nah, salah satu kedai minuman yang kami rekomendasikan adalah Bukan Ruang. Saat menginjakkan kaki di sini, kamu akan langsung disambut oleh interior bergaya modern kontemporer yang memikat. Meski tidak terlalu luas, cafe yang satu ini mampu menampung sekitar 50 customer, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Selain itu, Buka Ruang juga menjamin para pelanggan setianya akan mendapatkan ambience yang nyaman dan menenangkan. Karena dilengkapi oleh berbagai fasilitas mumpuni, mulai dari parkiran, toilet bersih, mushola, free WiFi, hingga stop kontak. So, cocok banget, kan, untuk menemani kamu bekerja?

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 29, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 21:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Rumanami

Rumanami, photo by Instagram/@rumanami 

Rumanami pada dasarnya adalah sebuah hotel bertingkat tiga yang mengusung konsep bangunan ala victorian homes. Tak hanya berfungsi sebagai penginapan, tempat yang satu ini juga memiliki sebuah kafeteria pada area lobi yang begitu lekat dengan unsur industrial. Dan, tentu saja cafe bernuansa industrial ini dibuka untuk umum, jadi semua orang dapat dengan bebas berkunjung tanpa harus menginap di hotel.

Setiap sudut dari Rumanami seakan didesain khusus untuk kamu yang memang gemar berfoto ria. Selain didukung oleh tempat yang estetik, kamu juga akan dimanjakan dengan variasi menu terbaik, mulai dari Indonesia maupun internasional.

Berencana ingin singgah untuk sekedar menyeruput kopi? Rumanami juga menyediakan beragam kopi dengan cita rasa yang khas, lho, seperti mocha kahlua, baileys coffee cream, hingga ginger latte. Jangan lupa untuk memesan pilihan dessert mereka sebagai pendamping minumanmu, ya!

Alamat: Rumanami Residence, Jl. H. Sainin No. 39 (Jl. Benda), Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (07:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Kemang - Sewa kost eksklusif | Cove
Kawasan modern terpadu yang ideal untuk hunian para profesional muda dan ekspatriat.

Feel Matcha

Feel Matcha, photo by Instagram/@feelmatcha

Jangan mengaku matcha lover kalau kamu belum mengunjungi kedai mungil yang satu ini, nih! Feel Matcha adalah sebuah cafe berlantai dua yang menyajikan beragam menu makanan dan minuman dengan bahan baku matcha, lho. Didominasi oleh rona kehijauan, setiap sudut dari cafe ini seakan ingin merepresentasikan karakteristik dari produk unggulan yang mereka tawarkan.

Feel Matcha telah menggunakan 1st Grande Ceremonial Matcha yang di-import langsung dari Kyoto, Jepang. Jadi, seluruh hidangan yang ada di cafe ini dijamin berada dalam kualitas premium! Selain signature matcha latte, kamu juga wajib mencoba rangkaian variasi dessert mereka, seperti croissant, cake, choux, hingga panna cotta. Bagaimana? Berani coba?

Alamat: Jl. Kemang Timur No.47, Bangka, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (09:00 - 21:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang

Enatura Salad Bar & Store

Enatura, photo by Instagram/@enatura.jkt

Mau coba makan-makanan sehat dengan cita rasa berbeda, tapi masih bingung mana yang paling recommended? Kamu bisa coba pergi ke area Bangka Raya untuk menemukan cafe yang satu ini. Enatura merupakan sebuah cafe di Kemang yang mengadopsi konsep healthy food - no MSG dalam setiap rangkaian hidangannya.

Dengan dominasi sayuran dan buah-buahan, jaminan segar akan kamu dapatkan di sini, mengingat setiap bahan baku yang digunakan adalah hasil panen dari kebun milik pribadi. Menariknya, Enatura juga menyediakan paket meal plan menu yang dapat dipilih selama tiga atau lima hari. Cocok untuk kamu yang berencana melakukan program diet!

Alamat: Promenade 20 Jl. Bangka Raya No. 20, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 17:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Nomi Coffee

Nomi Coffee, photo by Instagram/@ivanmarchius

Minimalis sekaligus estetis. Itulah dua kata yang sanggup menggambarkan bagaimana gaya arsitektur dari Nomi Coffee. Bagaimana tidak? Setiap sudut dari kedai kopi ini seolah benar-benar menggemakan konsep clean nan modern yang identik dengan kafe ala Negeri Ginseng. Dominasi serba putih dengan bukaan jendelanya yang lebar pun membuat pancaran sinar matahari dapat langsung masuk ke area cafe secara maksimal.

Jika kamu berencana datang ke sini, jangan lupa untuk memesan minuman andalan mereka, ya! Nomi menyajikan aneka ragam minuman kopi dan non-kopi untuk menyasar target pelanggan yang lebih luas, mulai dari ice black, blue lemonade, caramel macchiato, strawberry latte, hingga einspanner coffee, semuanya bisa kamu pesan di sini.

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 44A, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Jumat (11:00 - 20:00), Sabtu - Minggu (10:00 - 20:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp50.000 per orang

Acaraki Table

Acaraki Table, photo by Instagram/@acaraki.jamu

The Art of Jamu. Yup, sesuai tagline-nya, Acaraki adalah sebuah kedai minuman yang menyajikan beragam jenis jamu-jamuan khas Indonesia dengan cita rasa istimewa. Dengan mengadaptasi teh, kopi, dan matcha, Acaraki berusaha menghadirkan hidangan jamu dari perspektif yang berbeda.

Ini dapat terlihat dari proses pembuatan jamu yang diracik dengan menggunakan mesin penyeduh kopi. Unik sekali, ya? Walaupun hampir semua menu yang tersaji di sini adalah minum-minuman herbal, tapi ambience yang dihadirkan benar-benar penuh dengan nuansa modern dan artistik.

Tidak hanya minuman, kamu juga dapat memesan sejumlah main course, seperti gulai salmon, nasi bakar, rawon, hingga pisang goreng. Selain itu, cafe yang satu ini juga menyediakan aneka ragam jamu bubuk yang bisa kamu bawa pulang.

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 122, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Mood - Wellness Studio and Kitchen

Mood - Wellness Kitchen and Cafe, photo by Instagram/@moodkitchenjkt

Berlokasi strategis di tepi jalan raya Brenda, Mood Studio and Kitchen adalah sebuah cafe yang juga berfungsi sebagai tempat yoga sekaligus. Memasuki lantai satu, kamu akan langsung menemukan sebuah cafe dengan ambience hangat yang diwarnai oleh furniture rotan. Kemudian, di lantai dua terdapat studio yoga yang terbuka untuk umum. Sementara pada bagian rooftop, kamu bisa menikmati hidangan yang tersedia sambil ditemani oleh interior bergaya tropical.

Saat berkunjung ke sini, pastikan untuk memesan minuman unggulan mereka, ya. Di antaranya ada spanish latte, piccolo, spiced chocolate, dan juga flat white. Selain itu, aneka bagel sebagai pengganjal perut juga memiliki kelezatan yang unik dan pastinya patut dicoba!

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 122, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (10:00 - 22:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Amy and Cake

Amy and Cake, photo by Instagram/@amyandcake

Pernahkah membayangkan bagaimana rasanya duduk di sebuah cafe cantik ala Eropa sambil menyesap teh dan sepotong kue? Kamu bisa langsung mengunjungi Amy and Cake untuk merasakan atmosfer yang menawan ini. Bagian interiornya dikelilingi oleh kumpulan bunga berwarna merah muda serta rangkaian furnitur modern minimalis.

Meski memiliki ukuran yang kecil, kamu tetap bisa memanfaatkan berbagai sudutnya untuk berswafoto. Sesuai namanya, Amy and Cake tentu saja menyajikan berbagai macam dessert cantik yang dapat menemani kamu untuk bersantai sejenak di tengah hiruk-pikuk kota Jakarta, mulai dari rangkaian pastry, snacks, hingga deretan slice cake dengan desain yang estetis. Dijamin, kamu akan merasa ketagihan dan tidak sabar untuk datang ke sini lagi di lain kesempatan!

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 14B, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 20:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

Seed Cafe

Seed Cafe, photo by Instagram/@bubumaika

Rekomendasi cafe di Kemang yang terakhir datang dari sebuah kedai makanan bernuansa monokrom, yaitu Seed Cafe. Mengadopsi konsep desain kontomporer yang bersih dan cozy membuat banyak pengunjung betah untuk berlama-lama singgah di cafe ini.

Sebagian besar menu yang terdapat di Seed Cafe adalah tipikal hidangan ala western dengan presentasi yang menarik. Cocok untuk kamu yang hobi bereksplorasi untuk mendapatkan menu brunch yang tak terlupakan!

Alamat: Plaza Kemang 88 Jl. Kemang Raya No. 86 - 88, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Jumat (08:00 - 18:00), Sabtu - Minggu (08:00 - 20:00)
Kisaran harga: Di atas Rp200.000 per orang

Wangsa

Wangsa, photo by Instagram @/yourcafejournal

Ada cafe di Kemang yang baru saja dibuka bulan Desember 2022, nih, namanya Wangsa. Dengan dominasi aksen warna kelabu dan bebatuan alam, tempat nongkrong yang satu ini punya gaya interior modern klasik dan super cozy. Salah satu focal point yang paling menarik adalah keberadaan kolam renang berukuran sedang yang berada di area dalam cafe. Terasa seperti sedang nongkrong di sebuah vila, deh!

Wangsa menawarkan berbagai makanan dan minuman dengan presentasi yang cantik dan cocok untuk menemani waktu bersantaimu, mulai dari aneka main course, noodle & pasta, dessert, mocktail, healthy juices, hingga kopi signature. Salah satu menu yang wajib kamu coba adalah Spaghetti Carbonara dengan sentuhan otentik Mozarella, Smoked Beef, dan Champignon Mushroom.

Alamat: Jl. Kemang Utara No.15, RT.013/001, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (11:00 - 23:00)
Kisaran harga: Di bawah Rp100.000 per orang
Menu andalan: Spaghetti Carbonara

274 Street

274-Street, photo by Instagram @/Kellynenggala

Satu lagi pilihan cafe baru di Kemang yang punya konsep menarik dan wajib dikunjungi, yaitu 274 Street. Secara keseluruhan, tempat makan ini mengambil konsep yang terinspirasi dari estetika kota Melbourne, di mana saat siang hari mereka akan menjadi tempat brunch, namun di malam hari semuanya berubah menjadi cocktail bar. Unik sekali, ya? Pilihan furniture dan hiasan ornamen di cafe ini juga terasa aesthetically pleasing.

Selain tersedia menu hidangan khas Melbourne, 274 Street juga menyajikan aneka masakan Asia & Australia fusion. Sementara untuk menu minumannya, kamu bisa menemukan kreasi kopi dan non kopi, baik itu berupa mocktail, matcha, hingga tea selection. Jangan lupa pesan Japanese Matcha Roll yang sudah jadi best seller di sini.

Alamat: Estudio Uno, Lantai 2 Jl. Kemang Raya No. 36, Kemang, Jakarta Selatan Jam buka: Senin - Minggu (08:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.0000 per orang
Menu andalan: Japanese Matcha Roll 

Bajawa Flores

Bajawa Flores, photo by Instagram @/ourcoffeediary

Bajawa Flores akhirnya membuka cabang kelimanya di Kemang. Dibangun di atas lahan yang cukup luas nan nyaman membuat coffee shop ini cocok banget untuk jadi tempat nongkrong seru bareng teman. Tersedia live music yang bisa kamu nikmati mulai dari sore sampai malam hari. Menariknya lagi, Bajawa Flores ternyata juga menyuguhkan beragam dessert berupa slice cake dan pastry nikmat yang murah meriah, lho, mulai dari Rp20 ribuan saja.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan ragam sajian signature khas cafe dengan sentuhan Nusa Tenggara Timur ini, mulai dari Bajawa Rice, Bajawa Toast, hingga Bajawa Burger. Nggak lengkap rasanya kalau makanan yang kamu pesan belum dilengkapi dengan special crafted berupa Maumere Double Shake atau Bajofogato.

Alamat: Jl. Taman Kemang No. 19, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Minggu (09:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.0000 per orang
Menu andalan: Spaghetti Carbonara 

Matang di Pohon

Matang di Pohon, photo by Matang di Pohon

Pecinta duren wajib ke sini! Saatnya untuk ajak teman-temanmu makan duren AYCE sepuasnya sambil ditemani atmosfer yang super estetik dari cafe berikut ini. Matang di Pohon adalah sebuah ‘rumah’ bagi para penggemar duren yang ingin merasakan pengalaman berbeda saat menyantap hidangan favoritnya. Tempat ini juga berukuran sangat luas dan punya banyak spot foto seru, lho. Mau ngadain piknik outdoor ala-ala? Bisa banget kamu coba di sini!

Sebagian besar menu yang dihidangkan di sini memang didominasi dengan olahan buah durian, namun bukan berarti kamu yang kurang suka duren nggak bisa makan hidangan lainnya selain buah yang satu ini. Karena, mereka juga punya berbagai santapan lainnya yang nggak kalah nikmat, yaitu mulai dari Nasi Goreng Kecombrang, Oxtail Soup, Spaghetti Bolognese, hingga kreasi martabak dengan berbagai rasa.

Alamat: Jl. Kemang Selatan No. 111, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Jumat (10:00 - 22:00), Sabtu - Minggu (09:00 - 23:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Menu andalan: Durian Monthong Palu 

Ecology Bistro

Ecology Bistro, photo by Qraved

Kalau cafe di Kemang yang satu ini biasanya memang sudah jadi tempat berkumpul favorit untuk makan-makan cantik bagi kaum hawa, nih. Karena, Ecology Bistro punya interior yang oke banget untuk bisa bikin Instagram feeds kamu semakin menarik. Apalagi banyaknya cahaya alami yang masuk melalui jendela-jendela lebar di sekelilingnya membuat ambience di sini terasa semakin elegan.

Ecology Bistro juga mempunyai lahan parkir yang sangat luas sehingga cocok untuk kamu yang berencana membawa kendaraan pribadi ke sini. Salah satu menu yang direkomendasikan adalah Hainan Chicken Rice dengan rantang tiga susun yang berisi nasi shirataki, kuah kaldu, dan setengah ekor ayam rebus Hainan yang juicy dan super lembut. Berani coba?

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 6, Kemang, Jakarta Selatan
Jam buka: Senin - Kamis (11:00 - 24:00), Jumat - Sabtu (11:00 - 01:00), Minggu (11:00 - 24:00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang
Menu andalan: Hainan Chicken Rice 

Nah, deretan cafe di Kemang yang baru saja kita bahas menjadi sebuah bukti bahwa area ini memang telah diakui sebagai salah satu lokasi yang paling strategis di Jakarta. Kalau kamu berencana tinggal sementara di daerah Kemang, pastinya kamu tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan tujuan bepergian saat sedang suntuk ataupun hanya sekedar ingin mengisi perut.

Kost Minimalis untuk Profesional Muda

Cove 2510 Urban Living adalah sebuah kost eksklusif yang terletak di daerah strategis Kemang, Jakarta Selatan. Mengadaptasi desain modern minimalis, pilihan kost yang satu ini sangat cocok untuk para profesional muda yang mendambakan hunian aman, nyaman, dan didukung fasilitas premium. Jangkau pusat perbelanjaan Lippo Mall Kemang hanya dengan 3 menit berkendara dari area kost!

Mulai dari Rp6 juta/bulan

Selengkapnya tentang Cove 2510 Urban Living