10 Aplikasi Belanja Online Terpopuler yang Banyak Kasih Promo!

10 Aplikasi Belanja Online Terpopuler yang Banyak Kasih Promo!
Aplikasi Belanja Online, photo by Sirclo

Dalam sebulan, kira-kira berapa kali total kamu belanja online lewat aplikasi marketplace? Aktivitas belanja online semakin familiar sekarang ini sampai ke segala usia. Semenjak adanya aplikasi belanja online, orang jadi lebih mudah memenuhi kebutuhannya hanya dengan mengakses aplikasi. Hanya bermodalkan hp, akses internet, dan aplikasi belanja online orang bisa langsung membeli apa yang diinginkan.

Berbeda dengan dahulu, masih banyak orang yang skeptis saat ingin berbelanja online karena takut ditipu, diberikan barang palsu, hingga barang yang datang tidak sesuai keinginanya. Akses belanja online sebelum adanya marketplace pun lebih memanfaatkan forum seperti Kaskus ataupun media sosial seperti Instagram dan Twitter.

Tak hanya digandrungi karena kemudahannya, online shopping juga banyak memberikan promo diskon dan gratis ongkir. Nah, promo-promo ini bisa menghemat pengeluaran pengguna dibandingkan harus berbelanja langsung ke pasar, supermarket, atau mall. Kali ini, Cove bakal membahas soal aplikasi belanja online paling populer di Indonesia yang sering banget kasih banyak promo ke penggunanya. Apakah ada aplikasi belanja online favoritmu? Langsung aja, deh, cek daftarnya di bawah ini!

10 Aplikasi Belanja Online

1. Tokopedia

Tokopedia, photo by Tek.id

Nomor urut satu di aplikasi belanja online terpopuler ada Tokopedia. Tokopedia termasuk ke dalam platform e-commerce terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2009. Sampai sekarang, Tokopedia juga termasuk ke dalam marketplace dengan pengunjung terbanyak. Setidaknya data di Kuartal II 2022 menyatakan ada 158,3 pengunjung website Tokopedia per bulannya.

Ada berbagai macam kategori di Tokopedia dari elektronik, fashion, rumah tangga, pembayaran tagihan, dan lain-lain. Namun, kebanyakan orang mencari kebutuhan elektronik dan rumah tangga di e-commerce hijau ini.

Tak hanya itu, kamu yang mengincar promo pun pasti akan lari ke Tokopedia karena adanya promo Waktu Indonesia Belanja dengan diskon hingga 90%, gratis ongkir mingguan, dan cashback dengan nominal belanja tertentu. Sistem pembayaran di aplikasi Tokopedia pun cukup banyak, kamu dapat menggunakan metode transfer, virtual account, atau menggunakan e-wallet Gojek dan OVO.

2. Shopee

Shopee, photo by Gramedia

Sebelumnya ada Si Hijau, aplikasi populer berikutnya adalah Si Orange alias Shopee. Bagi para wanita pasti tidak asing dong dengan marketplace yang satu ini. Marketplace yang selalu mengeluarkan promo besar-besaran pada tanggal kembar, akhir tahun, dan Ramadhan ini memiliki pengguna yang sangat banyak.

Shopee menyediakan berbagai barang kebutuhan konsumen dari berbagai brand. Kamu dapat membeli di toko resmi seperti Shopee Mall ataupun reseller. Saat belanja menggunakan Shopee,metode pembayaran yang tersedia ialah ShopeePay, Paylater, Transfer Virtual Account, hingga COD, loh!

3. Zalora

Zalora, photo by Techasia.com

Zalora terkenal sebagai platform e-commerce produk fashion dengan jaminan barang 100% original. Buat kamu yang masih ragu belanja baju, sepatu, dan fashion item lain secara online karena takut palsu, Zalora adalah jawabannya. Tak hanya itu, Zalora pun kerap menyediakan sale setiap bulannya. Aplikasi Zalora menjual produk-produk dari dalam dan luar negeri. Bahkan, kamu bisa mendapatkan luxury products dengan harga reasonable dan tentunya original.

4. Lazada

Lazada, photo by Alibaba News

“Pengiriman cepat, gratis ongkir” begitulah jingle dari Lazada yang pasti sangat familiar di telingamu. Lazada juga termasuk ke dalam e-commerce palugada terbesar seperti Tokopedia dan Shopee. Segala jenis barang kebutuhanmu dari brand apapun dapat ditemukan di Lazada. Jangkauan Lazada pun tak hanya ada di Indonesia, tetapi juga beberapa negara Asia seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina.

Pada event-event tertentu seperti Harbolnas tentu ada diskon besar-besaran yang diberikan oleh Lazada. Pastinya, kalau kamu belanja di Lazada akan mendapatkan gratis ongkir sehingga lebih menguntungkan dibandingkan belanja secara offline.

5. Jakmall

Jakmall, photo by Tribune

Pernah dengar mengenai Jakmall? Ini juga menjadi salah satu online marketplace yang menyediakan lebih dari 10 juta produk dengan berbagai macam kategori. Mulai dari gadget, elektronik, perlengkapan rumah tangga, fashion, makanan, dan minuman.

Tak hanya jadi pusat belanja, Jakmall turut memberikan peluang bagi kamu yang ingin mulai berbisnis minim modal dengan menjadi seorang dropshipper. Selain dropshipper, ada juga peluang kamu menjadi affiliator dari produk-produk yang diperjual belikan di Jakmall.

6. Sayurbox

Sayurbox, photo by Review Tech

Kini, belanja keperluan dapur tak harus pergi ke pasar atau supermarket. Kamu bisa belanja segala jenis sayuran, daging, telur, bumbu dapur, buah, dan bahan masak lainnya di Sayurbox. Sayurbox merupakan platform grocery shopping online yang memudahkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan hariannya tanpa harus pergi langsung ke pasar.

Buat kamu yang punya sedikit waktu, Sayurbox menyediakan sistem pengiriman instant sehingga kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Tak hanya itu, banyak promo diskon dan gratis ongkir pada beberapa area yang mudah dijangkau Sayurbox yang pastinya bikin belanja kamu semakin untung!

7. OLX

OLX, photo by Tempo

OLX merupakan aplikasi belanja online yang menjual berbagai macam produk baru dan bekas. Berbeda dengan aplikasi belanja online lain, di OLX kamu akan menjumpai barang seperti Mobil dan Rumah yang dijual secara online, baik dalam kondisi baru maupun bekas. Tak jarang, kamu dengan mudah menemukan gadget dijual di OLX. Namun, jangan khawatir karena OLX cukup terpercaya untuk menjual barang-barang mewah seperti gadget, laptop, mobil, hingga rumah.

8. Sociolla

Sociolla, photo by Gizmologi

Kalau kamu bertanya apakah ada aplikasi belanja online khusus produk kecantikan? Jawabannya ada! Kamu bisa kunjungi website Sociolla atau mendownload aplikasi Sociolla. Aplikasi belanja online yang satu ini benar-benar hanya menjual perawatan kecantikan, seperti Skincare, Bodycare, dan Make Up drugstore hingga high-end products. Kamu para wanita pasti sangat senang belanja di Sociolla karena banyak sekali diskon yang ditawarkan setiap bulannya. Selain itu, ada juga produk gratis yang akan diberikan kalau kamu belanja dengan nominal tertentu.

9. Blibli.com

Blibli.com, photo by Blibli.com

Selanjutnya, ada platform belanja online Blibli.com yang resmi beroperasi di Indonesia sejak tahun 2015. Blibli.com banyak memiliki Official Store sehingga terjamin keaslian produknya. Selain produk resmi dari brand, Blibli.com turut menyediakan kesempatan bagi para UMKM untuk menjajakan produknya di platform tersebut.

Di samping menyediakan kebutuhan konsumen dari berbagai kategori, Blibli.com turut menyediakan jual-beli tiket untuk berbagai aktivitas dan atraksi, seperti tiket konser, voucher makan, hingga tiket travelling. Blibli.com sendiri dapat langsung terhubung ke online travel agent seperti Tiket.com.

10. Bukalapak

Bukalapak, photo by Bukalapak

Aplikasi Bukalapak memudahkan penjual bertemu para pembelinya. Aplikasi belanja online yang satu ini cukup lama dan populer dibandingkan dengan aplikasi lain. Di Bukalapak, kamu bisa berbelanja makanan, pakaian, ataupun alat olahraga. Tak jarang, Bukalapak jadi media para seller untuk menjual barang bekas (preloved) milik mereka. Buat kamu yang mau belanja kebutuhan harian, Bukalapak juga punya BukaMart layaknya berbelanja di minimarket, tetapi secara virtual.

Belanja online sangat mengubah kebiasaan orang dalam berbelanja di masa sekarang. Dengan belanja online, upaya memenuhi kebutuhan sehari-hari jadi lebih praktis dan mudah. Apalagi dengan sistem pengiriman instant yang memungkinkan barang yang dibeli sampai ke tanganmu di hari yang sama. Kalau kamu sendiri, mana aplikasi belanja online yang jadi favoritmu?