15 Ide Parcel Lebaran Unik dan Menarik untuk Orang Terdekat

15 Ide Parcel Lebaran Unik dan Menarik untuk Orang Terdekat
Ide Parcel Lebaran, photo by Fimela

Hari Raya Lebaran sebentar lagi tiba. Selain menyiapkan ketupat dan opor ayam. Budaya bagi-bagi parcel atau hampers lebaran juga gak boleh kelewatan, dong! Momen berbagi ini sekaligus menjadi tradisi yang menambah erat tali silaturahmu kamu ke keluarga, kerabat, teman, sampai dengan kolega kerja. Semakin dekat momen lebaran tetapi masih bingung mau memberikan parcel apa? Simak ide parcel Lebaran berikut ini yuk, siapa tahu bisa jadi inspirasi kamu dalam memberikan parcel atau hampers ke orang-orang terdekat. Check this out!

15 Ide Parcel Lebaran

1. Piring Cantik dan Alat Makan

Piring Cantik dan Alat Makan, photo by Blibli

Saat Hari Raya Idul Fitri identik dengan open house, dari tradisi tersebut bisa loh jadi ide parcel Lebaran kekinian. Kamu bisa memberikan piring cantik dan alat makan ala Japanese Plate and Bowl set. Di peralatan makan ini terdapat desain cantik, dijamin membuat para tamu terkesima saat datang bersilaturahmi di Hari Raya. Selain digunakan, set alat makan ini bisa jadi pajangan saat sedang tidak dipakai. Multifungsi, deh!

2. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan Ibadah, photo by Lifestyle Bisnis

Dikenal sebagai Hari Kemenangan, gak ada salahnya kalau kamu memberikan perlengkapan ibadah baru kepada keluarga dan kerabat sebagai ide parcel Lebaran. Apalagi sekarang sedang tren perlengkapan ibadah dengan ukuran mini (travel size) sehingga mudah dibawa kemanapun. Ide parcel ini tak hanya menarik, tetapi juga bermanfaat jangka panjang.

3. Artisan Tea

Artisan Tea, photo by Specialitea

Teh biasa mungkin kurang pas jika dijadikan parcel lebaran. Namun, bagaimana dengan artisan tea? Artisan tea adalah racikan teh yang menggunakan kombinasi rempah dan bunga yang berguna untuk penambah rasa, manfaat, hingga estetika dari teh itu sendiri.

Semakin populer artisan tea justru mulai bermunculan ide menjadikan jenis teh ini sebagai hadiah. Kemasannya yang dibuat unik dan cantik membuat artisan tea kerap menjadi ide parcel kekinian dengan harga terjangkau. Menarik kan?

4. Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng, photo by Tokopedia

Memberikan ide parcel nasi tumpeng memang sedikit tricky karena harus dimakan hari itu juga supaya menghindari makanan jadi basi. Namun, memberikan nasi tumpeng sebagai ide hampers Lebaran menandakan kamu merayakan hari tersebut dengan sangat besar dan meriah, bukan? Jadi, tak ada salahnya kamu memberikan nasi tumpeng kepada keluarga dan kerabat saat sedang kumpul bersama.

5. Tanaman Hias atau Bibit Tanaman

Tanaman Hias, photo by CNN Indonesia

Ide parcel Lebaran selanjutnya yang dapat kamu pertimbangkan ialah tanaman. Semenjak bermunculan tanaman hias berukuran mini seperti sukulen, bercocok tanam bukanlah hal sulit. Malah, bercocok tanam jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan perawatan minim. Karena prosesnya sangat mudah, sukulen bisa menjadi ide parcel unik nan kekinian untuk diberikan kepada orang terdekat kamu. Tanaman ini sekaligus dapat digunakan sebagai penamis ruangan.

6. Scented Candle dan Reed Diffuser

Scented Candle, photo by Shopee

Kenyamanan jadi modal utama seseorang bisa betah di dalam ruangan. Popularitas scented candle atau lilin aroma terapi serta reed diffuser kerap kali menghiasi ruangan. Ide parcel berupa scented candle atau jenis pengharum ruangan lainnya tentu akan berguna bagi penerima hadiah karena menambah kenyamanan. Selain itu, penggunaan scented candle yang ditata dengan baik dapat menambah estetika ruangan.

7. Kue Kering

Kue Kering, photo by DetikFood

Kue kering sebagai stok hari raya memang gak pernah salah jika dijadikan hadiah kepada orang terdekat. Memberikan nastar, putri salju, kastangel, lidah kucing, kue kacang, hingga kue sagu kepada keluarga dan kerabat pasti tak akan mubazir karena selalu dihidangkan sepanjang momen Hari Raya untuk menjamu tamu. Buat kamu yang sudah kebingungan memilih ide hampers, cukup cari atau buat kue keringmu sendiri untuk dibagikan ya!

8. Kopi 1 Liter/Bubuk Kopi

Kopi 1 Liter, photo by Twitter

Tren kopi susu kekinian masih berlanjut dan jadi budaya sampai sekarang. Kopi juga bisa loh kamu jadikan parcel lebaran untuk diberikan ke teman-teman yang hobi ngopi. Apalagi, sudah banyak coffee shop yang menjual kopi botolan khusus untuk hampers, mulai dari ukuran 250 ml hingga 1 liter. Dijamin teman kamu yang suka ngopi pasti sangat senang diberikan kopi sebagai hampers lebaran tahun ini.

9. Hampers Bumbu Dapur

Hampers Bumbu Dapur, photo by Medina Catering

Bumbu dapur lengkap yang dikemas secara cantik dan unik saja bisa jadi ide parcel lebaran. Momen Hari Raya identik juga dengan kegiatan masak-memasak yang dilakukan oleh keluarga. Nah, hampers berupa bumbu dapur bisa banget kamu berikan kepada keluarga terdekat sebagai bahan untuk buat rendang juga opor ayam yang akan dinikmati pada Hari Raya Idul Fitri mendatang.

10. Perawatan Tubuh (Body Care)

Hampers Perawatan Tubuh, photo by Shopee

Menjelang Lebaran, tubuh perlu dirawat dengan baik agar terlihat sehat dan membuat penampilan lebih menarik. Kamu bisa jadikan perawatan tubuh sebagai parcel lebaran. Cukup beli satu set perawatan tubuh dan kemas di dalam packaging cantik ala hampers Hari Raya.

11. Brownies

Ide Parcel Lebaran Brownies, photo by Kompas

Sekarang ini, banyak sekali penjual brownies yang juga menyediakan seri hampers sebagai hadiah untuk diberikan kepada orang terdekat. Makanan berbasis coklat ini cukup diminati banyak orang, apalagi sudah memiliki berbagai varian rasa dalam satu loyangnya. Biasanya, hampers berisi brownies ini telah memiliki packaging cantik dengan kartu ucapan di dalamnya!

12. Frozen Food

Frozen Food, photo by Tandaseru

Pernahkah kamu membayangkan frozen food jadi parcel lebaran? Beda dari yang lain, memberikan parcel frozen food sangatlah unik. Siapkan packaging cantik ala besek kekinian supaya penerima lebih penasaran dengan isinya. Kemudian, jangan lupa beri kartu ucapan. Kamu juga bisa manfaatkan momen ini untuk memberikan pilihan frozen food berkualitas dengan rasa enak kepada orang-orang terdekatmu.

13. Vitamin dan Produk Kesehatan

Parcel Produk Kesehatan, photo by Lazada

Walaupun masa pandemi sudah lewat dan kehidupan mulai berangsur normal seperti sedia kala, tak ada salahnya tetap menjaga kesehatan, terutama menjelang hari raya. Ide parcel Lebaran berupa vitamin dan produk kesehatan sangat bagus, loh! Vitamin dan produk kesehatan juga dapat digunakan sebagai amunisi saat mudik agar badan tidak drop. Selain unik, tentunya parcel lebaran ini bermanfaat, dong!

14. Logam Mulia

Logam Mulia, photo by Bridestory

Memberikan parcel logam mulia akan membuat parcel terlihat lebih ‘wah’ tentunya. Namun, kalau kamu berpikir hadiah logam mulia ini mahal untuk dijadikan parcel, salah besar! Saat ini sudah banyak logam mulia dengan ukuran mini yang nominalnya masih terjangkau. Meski demikian, memberikan logam mulia dengan nominal kecil tidak menghilangkan kemewahan itu sendiri.

15. Peralatan Masak

Peralatan Masak, photo by Bukalapak

Kalau tadi ada peralatan makan, kamu bisa juga kok jadikan peralatan masak sebagai ide parcel Lebaran di tahun ini. Tentu saja memberikan peralatan masak akan bermanfaat karena dapat langsung digunakan menjelang Hari Raya untuk memasak opor, rendang, dan ketupat sayur supaya momen lebaran semakin festive!

Budaya memberikan parcel sangat melekat di kehidupan masyarakat Indonesia. Itulah beberapa ide parcel lebaran yang bisa kamu jadikan inspirasi sebagai parcel Lebaran di tahun ini. Apapun barang dan bentuknya, pastikan itu bermanfaat dan dapat digunakan dengan baik oleh penerima ya!