10 Makanan Hits di Jakarta, Mana Saja yang Sudah Kamu Coba?

Kehadiran sosial media menjadikan kuliner di Jakarta terkenal berkat kelezatannya, contohnya beberapa makanan hits Jakarta berikut ini, nih!

10 Makanan Hits di Jakarta, Mana Saja yang Sudah Kamu Coba?

Selalu ada saja yang baru di Jakarta. Nah, kalau kamu belum tahu dan belum pernah coba makanan hits di Jakarta yang lagi viral ini, Cove akan merekomendasikan beberapa daftarnya, nih. Jangan lupa simpan ke go to list kuliner Jakarta yang harus kamu cobain, ya!

10 Rekomendasi Makanan Hits di Jakarta

1. Winglok Hongkong Dimsum

wing lok dimsum jakarta halal
Winglok Dimsum, photo by Rukita

Dimsum adalah salah satu comfort food yang banyak diminati oleh masyarakat di beberapa negara. Dimsum sendiri merupakan kuliner asal Tiongkok.

Untungnya, kamu bisa menemukan dimsum di beberapa restoran dimsum Jakarta, mulai dari yang halal hingga non halal. Nah, untuk kamu yang mencari makanan hits di Jakarta ini, Winglok bisa kamu kunjungi nih, apalagi menu-menunya no pork no lard, jadi halal ya untuk teman-teman beragama muslim.

Review Winglok Hongkong Dimsum

Winglok Hongkong Dimsum menjadi restoran dimsum hits yang buka 24 jam. Tapi, untuk dine in memang hanya dibuka dari jam 06.00 sampai 22.00 WIB saja ya. Tenang saja, kalau kamu masih ingin mencoba dimsum di atas jam tersebut, kamu masih bisa take away kok.

Nah, beberapa menu wajib yang bisa kamu order di sini adalah dimsum kukus, siewmai, hakau, dan lumpia steam ayam-nya yang sangat juicy. Ini karena bahan baku yang digunakan, seperti udang dan ayam, sangat fresh, lho. Kamu juga harus cobain bapao telur asin dan mantau goreng ya!

Alamat:
- Jl. Pangeran Antasari No.88, RT.7/RW.7, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Jakarta Selatan
- Jl. Tebet Dalam No.mor 49, RT.6/RW.4, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (24 jam)
Kisaran harga: Rp 20.000 – Rp 50.000

2. Pudding Karamel, Senior Coffee Stall, Pasar Santa

Puding Karamel Kakek 75 Tahun, Hidden Gem di Pasar Santa Jakarta yang Viral!
Senior Coffee Stall, photo by Palpres - Disway

Jarang banget lho, ada coffee shop yang menjual pudding karamel. Tapi, kamu bisa temuin makanan hits di Jakarta ini di Senior Coffee Stall. Pudding karamel yang dibuat oleh Pak Solihin merupakan salah satu menu yang ada di kedai kopi yang berlokasi di Pasar Santa ini, nih.

Meski kedai kopi tersebut baru dibuka tahun 2020, tapi menu-menu yang disajikan Pak Solihin berhasil menarik perhatian netizen dan viral di sosial media.

Review Senior Coffee Stall

Kedai kopi Senior Coffee Stall, atau yang dikenal dengan kedai kopi Pak Solihin, terkenal dengan masakan sang kakek yang unik dan lezat. Nah, yang bikin tempat jadi makanan viral di Jakarta adalah bagaimana Pak Solihin melayani para pengunjung dengan ramah. Sayangnya, karena Pak Solihin bekerja sendiri, stock menu-menu yang ditawarkan pun jadi terbatas dan cepat habis.

Salah satu kudapan Senior Coffee Stall yang ramai di sosial media adalah pudding karamel-nya. Menu ini berhasil membuat mengantre panjang di area basement demi kebagian pudding karamel Pak Solihin.

Rasanya sendiri memang enak karena maple syrup dan tambahan gula cair di atas puddingnya, membuat hidangan ini menggiurkan. Apalagi, harga yang ditawarkan hanya Rp 9.500 saja, lho! Nah, selain pudding karamel, Pak Solihin juga menjual The Perfect Ice Coffee, Cold Sandwich, Cream Soup dengan Garlic Bread, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Cipaku I No.5, RT.5/RW.4, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (15.00 - 19.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 20.000 – Rp 50.000

3. Jonkira Ramen

Jonkira Ramen, photo by instagram @ramenbuff

Sedang mencari ramen halal di Tebet? Yuk, langsung mampir ke Jonkira Ramen! Menu ramen di sini sudah mendapat banyak review positif di sosial media, jadi kamu ngga perlu meragukan kelezatannya lagi. Bahkan, katanya mereka berani kasih garansi uang kembali 100% lho kalau ramen-nya tidak enak. Makin penasaran, dong?

Review Jonkira Ramen

@megastyn Ramen ara ara nih kalo gaenak garansi uang kembali. #jonkira #jonkiraramen #jonkiraramenhalal #ramenhalal #ramenhalaljakarta #kulinertebet #kulinerjakartaselatan #serunyakuliner ♬ Simple, light and bright song - Kohrogi

Jonkira Ramen adalah restoran ramen Jepang yang viral karena menu-menunya berhasil mendapat review enak dan recommended dari salah satu food vlogger yang terkenal banget di TikTok, yaitu Codeblue. Karena itu, banyak netizen pun akhirnya berkunjung ke Jonkira Ramen dan membuktikan sendiri kelezatannya.

Nah, salah satu menu yang paling di-highlight dari makanan hits di Jakarta ini adalah Spicy Beef Curry, yaitu ramen dengan kuah kari yang kental dengan tambahan topping sliced beef yang super juicy.  Selain itu, Tori Tori Ramen juga jadi menu andalan karena rasanya gurih, creamy, dan kaldu ayamnya sangat meresap.

Alamat: Tebet Timur Dalam Raya No.123, RT.5/RW.6, Tebet Tim., Kec. Tebet, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari (10.00 – 22.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 29.000 – Rp 60.000

4. Claypot Popo

Claypot Popo ; Kalo Popo Senang, Cucu Tenang | kumparan.com
Claypot Popo, photo by Kumparan

Nah, salah satu makanan hits di Jakarta yang tak lekang oleh waktu adalah Claypot Popo. Tempat makan ini sudah tidak asing karena cukup terkenal di kawasan Blok M. Ini karena Claypot Popo menawarkan harga yang bersahabat, porsi mengenyangkan, dan rasa makanannya bikin nyaman di perut. Menunya juga sangat variatif, lho.

Review Claypot Popo

Claypot Siram Sapi adalah menu juara dan paling banyak diminati oleh pengunjung. Bagaimana tidak? Semangkok Claypot Siram Sapi ini berisi nasi, tofu, daging, wortel, dan jagung yang disiram dengan kuah panas dan kental yang bikin nyaman di perut. Kamu juga bisa request tambahan telur mentah atau telur matang ya. Jangan lupa tambahin chili oil biar makin nikmat!

Nah, kalau kamu lagi ngga mood makan nasi, kamu juga bisa memesan beberapa menu alternatif seperti Claypot Misua Tahu Telur Asin. Porsinya misua-nya banyak, topping tahunya sangat crispy, dan cukup unik karena rasanya asin manis berkat bumbu telur asin.

Kalau kamu mau coba, kamu bisa mendatangi cabangnya yang di Blok M. Tapi, Claypot Popo juga sudah tersebar di beberapa tempat kok, seperti di Jalan Sabang dan Kelapa Gading.

Alamat:
- Jl. Melawai 9 No. 38, Melawai, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan (cabang blok M)
- Jl. H. Agus Salim No. 2 23B, RT.1/RW.1, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat (cabang Sabang)
- Jl. Sumagung 3 No. 1 Blok S1, Klp. Gading Timur., Jakarta Utara (cabang Kelapa Gading)
Jam buka: Setiap hari (11.30 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 28.000 – Rp 42.000

5. Gamchi

Gamchi : Lumer Lembut Korean Potato Cheese Bread Pertama di Jakarta
Gamchi, photo by detikfood

Selain makanan berat, kamu juga wajib mencoba jajanan viral yang satu ini nih. Terutama, kalau kamu penggemar jajanan Korea, pasti sudah tahu dengan makanan hits di Jakarta yang namanya Gamchi.

Gamchi merupakan singkatan dari gamja (kentang) dan chijeu (keju) yang menjual korean potato cheese bread atau roti kentang dengan isian keju mozzarella.

Jajanan ini berasal dari Korea Selatan dan dipopulerkan di Indonesia oleh Raditya Bagaskara Wibowo, seorang pemuda Yogyakarta yang menjadi pendiri Gamchi. Ia membuka bisnis makanan ini di Jakarta dan kini sudah memperluas outlet-nya di beberapa mall area Jabodetabek.

Review Gamchi

Gamchi cocok banget untuk kamu yang mencari snack atau camilan sore. Roti kentang keju ala Gamchi dibuat dengan menggunakan kentang tumbuk dan taburan keju mozzarella di dalam adonan roti, lalu dipanggang. Maka itu, rasanya gurih, dan yang paling unik teksturnya lembut dan lumer.

Menu Gamchi tersedia terbagi menjadi 2 bagian yaitu Korean Savory (asin), seperti Gamchi Korean Savory, Gamchi Duoble Mozza, dan Gamchi Korean Chicken. Sementara untuk varian Korean Sweet (manis), kamu bisa memesan Gamchi Korean Sweet, Gamchi Snowy Oreo, atau Gamchi Sweet Almond yang disajikan dengan maple sauce dan irisan kacang almond.

Alamat: Emporium Pluit Mall, Kokas, Mall Ciputra Grogol, Mall of Indonesia, Pondok Indah Mall 3, dan masih banyak lagi
Jam buka: tergantung jam operasional mall dan outlet
Kisaran harga: Rp 34.000 – Rp 48.000

6. Gandarichi

Gandarichi, photo by Instagram @bubueataway

Lagi tanggal tua tapi kamu ngidam banget dengan kuliner Jepang? Tenang saja! Gandarichi hadir sebagai makanan hits di Jakarta yang menjual Japanese food versi low budget. Makanan Jepang tendaan ini memang menawarkan harga yang murah, tapi jangan khawatir ya, karena rasanya ngga murahan.

Review Gandarichi

Warung tendaan ini memiliki cita rasa seenak Japanese food yg ada di restaurant. Selain harganya yang affordable, porsinya juga terbilang banyak lho. Bahkan, ada berbagai macam menu yang bisa dipesan untuk sharing.

Kalau berkunjung ke sini, jangan sampai kamu ngga mencoba Chicken Katsu Curry-nya ya. Rasanya enak banget dengan tepung yang ngga terlalu tebal. Yang paling juara adalah ayamnya pakai paha boneless, sehingga katsunya juicy banget. Satu porsinya juga besar dengan nasi pulen dan kuah curry kental yang melimpah dan ngga terlalu pekat. Enak banget!s

Selain itu, mereka juga menjual Beef Curry Rice, Chicken Teriyaki, Chicken Karage, hingga dessert yang menyegarkan seperti Matcha dan Vanilla Ice Cream.

Alamat:
- Pasar Taman Puring, Jl. Gandaria III RT.7, RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
- Jl. Klp. Puan Raya No.6 Blok FU1, Klp. Gading Tim., Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara
Jam buka: setiap hari (17.00 – 00.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 12.000 – Rp 37.000

7. Iga Bakar Gayatri

Iga Bakar Gayatri, photo by Instagram @bubueataway

Makanan viral di Jakarta yang berikutnya adalah Iga Bakar Gayatari. Makanan ini cukup viral di TikTok karena cita rasanya yang sangat sangat lezat dengan harga yang affordable. Makanya, kalau kamu berkunjung ke sini harus siap-siap mengantre, ya, karena banyak sekali orang yang penasaran dengan kenikmatan Iga Bakar Gayatri.

Review Iga Bakar Gayatri

@kitalaper happy banget nemu iga bakar enak!#fyp #igabakar #igabakarjakarta #CapCut ♬ Food - eas Ratta

Ngga perlu jauh-jauh ke Bandung nih untuk menyantap iga bakar! Iga Bakar Gayatri hadir di Jakarta. Tempat ini sangat terkenal dengan dagingnya yang lembut, jadi tidak heran kalau Iga Bakar Gayatri selalu saja ramai. Apalagi, yang bikin makin nikmat adalah iga yang dibakar dengan mentega dan berpadu dengan rasa manis, pedas, dan gurih.

Untuk menambah kelezatan, jangan lupa menyantapnya dengan sambal gayatri, ya! Rasa sambal gayatri ini segar sehingga bikin iga bakar makin enak dan maknyus. Selain iga bakar, mereka juga menjual soto susu yang ngga kalah enak. Yuk, langsung saja datang ke Iga Bakar Gayatri!

Alamat: Jl. Pelita No. 3 Cipete Utara (Johnny’s Car Wash Kemang), Jakarta Selatan
Jam buka: Selasa – Minggu (11.00 – 23.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 30.000 – Rp 70.000

8. Scarlett’s Café

@ketschoice TIRAMISU TERVIRAL DI PIK‼️ Hari biasa aja aku antri waiting list 1.5jam🤣 #scarlettcafe #kulinerpik #ketschoice #keketapproved ♬ Dream - Suzy & BAEKHYUN

Cafe aesthetic yang bernama Scarlett’s Café lagi banyak banget diperbancangkan di kalangan penggemar dessert dan yang sedang mencari tempat instagramable. Cafe mungil ini menawarkan ragam kudapan manis dengan tampilan yang cantik karena terinspiasi dari Korean cafe.

Review Scarlett’s Café

Berlokasi di Pantai Indah Kapuk, cafe ini awalnya hanyalah toko biasa dengan dapur untuk memproduksi fatcaron, karena penjualan utamanya dilakukan secara online. Tapi, karena peminatnya sangat banyak, Scarlett’s Café pun menyulap tokonya menjadi cafe cantik yang bisa menampung 15-20 pelanggan saja.

Scarlett’s Café menawarkan aneka pastry dan cake yang memiliki tampilan lucu dan cantik. Salah satunya Poured Tiramisu yang paling laku dan sering sold out. Tiramisu ala Scarlett’s Café disajikan di atas piring dan penyajiannya ditumpuk bersama dengan adonan krim. Agar makin tempting, atas kue ditaburi bubur kopi dan kakao yang melimpah.

Nah, yang ini menjadi makanan hits di Jakarta adalah cara makan Poured Tiramisu yang diguyur dengan krim cair. Krimnya disajikan terpisah supaya pelanggan bisa menyesuaikan dengan selera mereka. Tentu saja, masih banyak lagi ya menu lain yang harus kamu cobain langsung, misalnya Strawberry Pistachio Cake atau Grilled Cheese Toast.

Alamat: Ruko Golf Island Boulevard No.31, PIK 2, Jakarta
Jam buka: Selasa – Jumat (11.00 – 20.00 WIB), Sabtu – Minggu (10.00 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 35.000 – Rp 70.000

9. Pisang Goreng Madu Bu Nanik

@cewekdoyanmakan Mampir ke Pisang Goreng Madu Bu Nanik yg baru buka di Batavia PIK Pantai Indah Kapuk.. Selain jual pisang goreng madu, disini juga ada berbaga macam jajanan kuliner lokal dari berbagai macam daerah.. Kalian juga bisa pesan melalui Gofood, cek di Icon Juara Lokal Jakarta dan bisa pesan dengan Mode Hemat di GoFood biar lebih irit ongkir (*s&k berlaku)..cuss langsung aja cobain #JuaraLokal #JuaraLokalJakarta #bataviapikjakarta #bataviapik2 #serunyakuliner #pisanggorengmadu #pisanggorengmadubunanik #pisanggorengviral #kulinerpantaiindahkapuk #kulinerpik2 #cewekdoyanmakan ♬ original sound - Cewekdoyanmakan

Warga Jakarta pasti sudah ngga asing dengan Pisang Goreng Bu Nanik, kan? Nanik Soelistiowati, sang pemilik Pisang Goreng Bu Nanik, mendirikan usahanya sejak tahun 2007.

Pisang gorengnya bisa dibilang beda dengan pisang goreng lainnya karena tampilan yang berwarna hitam ini sering dikira gosong. Padahal, ia menggunakan madu pada adonannya sehingga saat digoreng jadi cepat menghitam. Meski demikian, usaha pisang goreng Bu Nanik berjalan lancar dan menjadi incaran warga Jakarta.

Review Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Awal kemunculannya, Pisang Goreng Bu Nanik kerap memperoleh cibiran karena tampilannya dianggap tidak menarik. Maka itu, bagi Bu Nanik, tidak mudah melewati masa-masa awal usahanya ini. Tapi, tampilan pisang goreng ini tidak bisa mengalahkan kelezatan rasanya.

Pisang Goreng Bu Nanik sendiri menggunakan madu yang dituang ke adonan tepung, sehingga rasa pisangnya sangat khas dan gurih. Apalagi, berkat kehadiran platform ojek online di tahun 2014, penjualan pisang Bu Nanik makin meroket. Hingga saat ini, Pisang Goreng Bu Nanik masih menjadi makanan hits di Jakarta.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No.67, RT.2/RW.5, Tj. Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari (07.00 – 21.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 7.500 – Rp 187.500

10. Ayam Gohyong

@cecilliaays Bisa jadi alternatif kalo kalian bosen makan itu itu aja, kayanya enak nih pake nasi atau mie (?) hihihi #fyp #kulinertiktok #gohyongayam #cikini #cikinigondangdia ♬ Cooking BGM (Japanese style) - ArcTracks

Mampir ke Cikini jangan lupa datang ke jajanan kaki lima ini ya! Namanya Ayam Gohyong yang lokasinya tepat di depan Stasiun Cikini. Gohyong sendiri adalah makanan yang mirip dengan rolade yang diisi dengan daging ayam cincang dan bakso, kemudian dilapisi kulit lumpia homemade.

Setelah dipotong-potong, gulungan gohyong tadi digoreng, lalu disajikan di piring dan disiram dengan kuah saus mentega.

Review Ayam Gohyong

Makanan ini lagi viral banget, lho, di TikTok. Bahkan, penjualnya mengaku kalau seharinya ia bisa menjual 600 sampai 700 porsi. Nah, 1 porsi gohyong berisikan 6 potong gohyong yang besar. Kulit lumpia luarnya crispy dan padat.

Dalamnya isi daging ayam yang padat dan gurih, baso rica, dan daun bawang. Sementara untuk rasa kuahnya dominan asam, manis, dan sedikit pedas karena ditaburi cabai rawit hijau. Hmm, penasaran ngga?

Nah, kalau kamu tertarik, bisa banget langsung makan di sini. Tapi karena lagi viral, ngga heran kalau antreannya cukup banyak. Jadi, kamu harus sabar mengantre makanan hits di Jakarta yang satu ini, ya!

Alamat: Jl. Pegangsaan Timur, RT.9/RW.4, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam buka: Setiap hari (16.00 – 23.00 WIB)
Kisaran harga: Rp 25.000