12 Tempat Wisata di Pangalengan yang Hits dan Menarik

12 Tempat Wisata di Pangalengan yang Hits dan Menarik
Wisata di Pangalengan, photo by diadona.id

Bandung memang memiliki sejuta pesona alam yang memikat. Tidak heran jika di kota kembang ini ada banyak tempat wisata alam yang wajib dikunjungi. Salah satu daerah Bandung yang terkenal adalah Pangalengan. Meski letaknya ada di pinggiran kota Bandung, Pangalengan memiliki banyak sekali tempat wisata, apalagi wisata alam. Akhir-akhir ini juga ada banyak tempat wisata di Pangalengan yang hits dan viral.

Mau tahu ada apa saja di Pangalengan? Ini dia 12 tempat wisata di Pangalengan yang hits dan menarik untuk kamu kunjungi!

Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong, photo by pegipegi.com

Pangalengan identik dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan menakjubkan. Salah satu tempat wisata alam yang bisa kamu temui di sini adalah Hutan Pinus Rahong. Tempat ini menarik perhatian wisatawan karena pesona pemandangannya yang syahdu.

Di sini ada banyak wahana yang bisa kamu coba, mulai dari fun game, flying fox, paintball, hingga area camping ground. Kamu bisa main bersama anak dan keluarga sambil menikmati sejuknya udara Pangalengan.

Alamat: Pulosari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: Rp5.000

Taman Langit Pangalengan

Taman Langit Pangalengan, photo by travel.kompas.com

Tempat ini sempat viral beberapa waktu lalu, ketika pertama kali dibuka pada akhir tahun 2020. Di sini, kamu bisa melihat hamparan kebun teh yang membentang luas. Tempat ini juga cocok untuk para pencari sunrise atau sunset. Tempat yang romantis untuk didatangi bersama pasangan atau keluarga.

Di sini, kamu bisa camping bareng teman-teman atau keluarga tersayang. Sambil menunggu matahari terbit, kamu bisa mendirikan api unggun yang semakin membuat suasana romantis. Cahaya bintang di langit akan sangat indah di malam hari. Menjelang pagi, kabut akan muncul menyelimuti perkebunan teh di sekitarnya. Seru sekali camping di sini.

Alamat: Kp. Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Rp5.000 – Rp35.000

Pines Tilu Riverside Camping

Pines Tilu Riverside Camping, photo by travelspromo.com

Selanjutnya ada spot camping yang berbeda dari biasanya. di Pines Tilu Riverside Camping, kamu akan merasakan sensasi camping di tepian sungai. Lokasi ini berada di tengah hutan, jadi kamu akan merasa seperti berkemah di alam bebas. Inilah yang membuat Pines Tilu ramai didatangi pengunjung.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari memancing, rafting sungai, barbeque, atau sekadar bersantai. Kamu tidak perlu khawatir debit air akan naik ketika hujan turun, karena air sungai di sini bisa diatur dengan baik dan relatif stabil.

Alamat: Desa Pulosari, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Tiket Masuk: Rp650.000–Rp2.000.000

Situ Cileunca

Situ Cileunca, photo by genjosholiday.com

Selanjutnya, ada danau di ketinggian 1.550 mdpl dan memiliki luas 180 hektar. Danau ini dikelilingi oleh kebun teh Malabar. Lokasinya sering dijadikan untuk aktivitas rafting yang menantang. Arus air di sini memang cukup kencang, cocok untuk olahraga arung jeram. Kalau kamu mau menginap di sini, ada banyak hotel dan villa di sekitar lokasi.

Jika dilihat dari sejarahnya, pada zaman Belanda, Situ Cileunca ini dipakai untuk sumber listrik warga Bandung dan sumber air bersih. Masyarakat di sekitar Situ Cileunca biasanya memakai perahu kayu dengan motor tempel untuk sarana transportasinya.

Alamat: Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Bandung
Jam Buka: 07.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp3.000-Rp5.000

Wayang Windu Panenjoan

Wayang Windu Panenjoan, photo by travel.kompas.com

Selanjutnya, ada tempat wisata yang dikelola langsung oleh masyarakat asli daerah Pangalengan, tepatnya di Kertamanah. Tempat ini memiliki hamparan kebun teh seluas 13 hektar di ketinggian 1800 mdpl. Ada banyak spot foto menarik dan instagramable dengan latar kebun teh dan kabut.

Pemandangan alam yang indah di sekitar Wayang Windu Panenjoan bisa menjadi obat pelepas penat dan penjernih pikiran. Jauh dari hiruk pikuk kesibukan kota dengan hamparan perkebunan teh sejauh mata memandang.

Alamat: Banjarsari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: Rp10.000

Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang, photo by travelspromo.com

Di Pangalengan juga ada pemandian air panas alami, tepatnya di Cibolang. Pemandian air panas ini berasal dari gunung Windu yang mata airnya mengandung mineral dan belerang. Dua kandungan itu dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan menyehatkan tubuh.

Kawasan pemandian ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan ada pada ketinggian 1.450 mdpl. Udara disini terasa sejuk, namun ditandingi dengan hangatnya ketika berendam di kolam air panas. Lokasinya sangat dekat dengan perkebunan teh Malabar.

Alamat: Desa Wanasuka, Pangalengan, Wanasuka, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: Rp2.000-Rp24.000

Nimo Highland Pangalengan

Nimo Highland Pangalengan, photo by pegipegi.com

Selanjutnya, ada kawasan yang sedang sangat hits di kalangan anak muda, yaitu Nimo Highland atau singkatan dari Nini Mountain. Daya tarik dari tempat ini adalah bangunan khas santorini yang unik dan berpadu dengan interior India. Di sini, ada juga jembatan kaca estetik yang panjangnya sekitar 150 meter. Ini adalah jembatan kaca terpanjang di Bandung yang bisa menampung beban sampai 400 orang. Dari jembatan itu, kamu bisa melihat keindahan alam 360 derajat, mulai dari pegunungan, hutan, danau, dan tentu saja hamparan kebun teh.

Alamat: Banjarsari, Kec. Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 09.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp35.000 (Dewasa), Rp25.000 (Anak)

Nuansa Riung Gunung Pangalengan

Nuansa Riung Gunung, photo by pegipegi.com

Pangalengan memang dikenal dengan perkebunan tehnya yang luas dan indah. Satu lagi tempat wisata alam di sini yang menyajikan perkebunan teh adalah Nuansa Riung Gunung. Tempat ini sering menjadi pilihan para pengendara motor ketika road trip keliling pulau Jawa, karena suasananya yang indah. Tidak heran kalau Riung Gunung disebut pula Swiss versi Bandung.

Di sini, ada jembatan kayu estetik untuk kamu menikmati pemandangan sambil berjalan santai. Tempatnya juga cocok untuk foto-foto. Di sekitar jembatan ini, pengunjung bisa berkemah. Ada pula sungai yang airnya dingin dan segar.

Alamat: Kampung Riung Gunung, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 07.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp10.000

Curug Panganten Kembar

Curug Pangenten Kembar, photo by jejakpiknik.com

Selain perkebunan teh, di Pangalengan juga ada air terjun bernama Curug Panganten Kembar yang terkenal di kalangan anak muda pecinta alam. Di sini ada dua air terjun yang berdampingan seperti sepasang pengantin. Letaknya berada di balik hutan tropis hijau. Airnya jernih dan bersih, dan udara di sekitarnya segar sekali.

Alamat: Margamulya, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: Rp5.000

Penangkaran Rusa Kertamanah

Penangkaran Rusa Kertamanah, photo by blog.eigeradventure.com

Kalau kamu ingin berwisata ke tempat yang bisa berinteraksi dengan binatang, kamu bisa datang ke Penangkaran Rusa Kertamanah di Pangalengan. Di sini menjadi salah satu habitat untuk sekumpulan rusa. Di sini kamu bisa berfoto dan memberi makan rusa-rusa di penangkaran.

Alamat: Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung , Provinsi Jawa Barat
Jam Buka: 07.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp10.000

Sunrise Point Cukul Pangalengan

Sunrise Point Cukul Pangalengan, photo by tokopedia.com

Selanjutnya, tidak afdal rasanya ke Pangalengan, tapi tidak menikmati pemandangan matahari terbit dengan suasana kabut yang sejuk. Kamu bisa datang ke Sunrise Point Cukul yang ada di ketinggian 1.600 mdpl. Sebutan lain untuk tempat ini adalah negeri di atas awan.

Di sini, pemandangan alam yang bisa kamu lihat seperti lukisan, saking indahnya. Ini juga jadi salah satu spot melihat matahari terbit terbaik di Pangalengan.

Alamat: Jalan Cukul, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung
Jam Buka: 05.00–18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp10.000

Kampung Singkur

Kampung Singkur, photo by travelspromo.com

Masih dengan tempat wisata alam yang tidak kalah seru, kamu bisa datang ke Kampung Singkur. Di sini, kamu bisa mencoba tubing trip, paintball, flying fox, sampai arung jeram.

Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan kawan-kawan yang senang dengan wahana-wahana alam. Pemandangannya juga tidak kalah indah dari tempat lainnya. Ada banyak spot foto yang menarik.

Alamat: Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: Rp10.000

Nah, itulah 12 rekomendasi tempat wisata di Pangalengan yang hits dan terkenal akan keindahan pemandangan alamnya. Meskipun letaknya yang jauh dari pusat kota, Pangalengan tetap menjadi tujuan banyak orang untuk liburan. Yuk, wisata ke Pangalengan!