8 Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Pusat untuk Melepas Penat

Masjid Istiqlal Jakarta, Monumen Nasional, dan masih banyak lagi!

8 Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Pusat untuk Melepas Penat
Wisata Sejarah Jakarta Pusat

Jakarta Pusat adalah kota yang padat dengan penduduk dan gedung-gedung pencakar langit serta perumahan yang padat dan bertebaran. Makanya, kondisi Jakarta Pusat yang selalu ramai ini membuat minat wisatawan tinggi untuk mengunjungi berbagai tempat wisata sejarah di Jakarta Pusat yang menarik untuk dikunjungi.

Apabila kamu sedang mengunjungi area Jakarta Pusat dan tertarik untuk berwisata ke berbagai tempat wisata sejarah di Jakarta Pusat, kamu tidak perlu khawatir. Berikut ini kamu dapat melihat daftar berbagai pilihan tempat wisata di Jakarta Pusat yang bisa kamu kunjungi.

Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Pusat

1. Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia via kebudayaan.kemdikbud.go.id

Museum ini dikenal sebagai museum terbesar di Asia Tenggara. Selain disebut sebagai Museum Nasional Indonesia, museum ini juga seringkali disebut Museum Gajah Indonesia, karena di halaman depannya terdapat patung gajah dari perunggu sebagai hadiah dari Raja Thailand Chulalongkorn pada tahun 1871.

Ketika kamu memasuki museum ini, kamu dapat melihat sekitar 140 koleksi benda bersejarah setiap hari. Di antara banyak koleksi benda bersejarah ini, kamu dapat melihat secara langsung benda-benda kuno seperti arca, artefak, benda-benda cagar budaya hingga benda-benda di zaman purbakala.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Selasa - Minggu, 09.00 - 15.00
Harga tiket masuk: Rp 5.000 (dewasa), Rp 2.000 (anak-anak), Rp. 10.000 (turis luar negeri)

2. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia via marketeers.com

Apabila kamu ingin berwisata sejarah sambil berburu spot foto Instagramable, maka kamu bisa saja datang ke Galeri Nasional Indonesia.

Galeri ini adalah bangunan milik pemerintah yang memajang berbagai macam karya seni rupa, mulai dari lukisan, pahatan, seni instalasi dan patung bisa kamu temukan di sini. Sambil berkeliling di sekitar bangunan galeri, kamu dapat menikmati karya seniman lokal hingga mancanegara.  

Alamat: Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Senin - Minggu, 09.00 - 15.25
Harga tiket masuk: Gratis

3. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti via mitramuseumjakarta.org

Tempat wisata sejarah di Jakarta Pusat yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Bangunan ini sendiri didirikan di bekas pemakaman kuno yang telah beroperasi sejak 1795. Maka dari itu, bangunannya yang vintage dan sangat khas Belanda ini memiliki koleksi yang cocok untuk dijadikan latar belakang foto.

Koleksi yang dapat kamu temukan di museum ini beragam, mulai dari nisan, miniatur makam, prasasti, hingga kereta jenazah yang menjadi karya seni kuno.

Alamat: Jl. Tanah Abang I No. 1, Petojo Selatan, Gambir, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Selasa - Minggu, 09.00 - 15.00
Harga tiket masuk: Rp 5.000 (dewasa), Rp 3.000 (mahasiswa), Rp 2.000 (pelajar/anak-anak)

4. Monumen Nasional

Monumen Nasional via kcic.co.id

Berkunjung ke Jakarta rasanya kurang lengkap kalau kamu tidak mampir ke Monas. Monumen bersejarah ini dibangun pada tahun 1961 dan memiliki tinggi 132 meter, dengan Ir. Soekarno sebagai pelopornya.

Letak Monas juga berseberangan dengan Istana Negara, sehingga lokasinya sangat mudah untuk dijangkau. Monas sendiri terbagi menjadi beberapa area, diantaranya adalah halaman depan, area di dalam monumen, serta puncak monumen.

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No. 12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Senin - Minggu, 08.00 - 22.00
Harga tiket masuk:
Museum - Cawan Monas: Rp 5.000 (dewasa), Rp 3.000 (mahasiswa), Rp 2.000 (pelajar/anak-anak)
Puncak Monas: Rp 15.000 (dewasa), Rp 8.000 (mahasiswa), Rp 4.000 (pelajar/anak-anak)

5. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid Istiqlal via Tirto.ID

Masjid Istiqlal adalah salah satu destinasi wisata religi yang sangat populer di Jakarta. Makanya, nggak heran kalau masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta maupun Indonesia.

Masjid yang berdiri sejak tahun 1951 ini menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Diketahui, masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno dan menggunakan jasa arsitek Frederich Silaban. Selain berfungsi sebagai masjid, bangunan ini juga menaungi Madrasah Istiqlal Jakarta.

Alamat: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Senin - Sabtu, 4.00 - 24.00
Harga tiket masuk: Gratis

6. Gereja Katedral

Gereja Katedral via Kompas.com

Gereja Katedral merupakan sebuah gereja yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Istiqlal. Nama asli gereja ini adalah Katedral Santa Maria Pelindung Yang Diangkat ke Surga, dan awalnya digunakan sebagai kantor Departemen Pertahanan Hindia Belanda pada tahun 1826.

Kini, Pemerintah Indonesia meresmikan katedral sebagai bangunan cagar budaya. Karena itu, bangunan dengan hiasan arsitektur neo-gotik Eropa Klasik ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata religi serta tempat wisata sejarah di Jakarta Pusat yang mengesankan.

Alamat: Jl. Katedral No. 7B, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Senin - Minggu, 6.00 - 12.00 & 15.20 - 21.00
Harga tiket masuk: Gratis

7. Gedung Kebangkitan Nasional

Gedung Kebangkitan Nasional via kcic.co.id

Tempat wisata di Jakarta Pusat yang satu ini memiliki kekayaan sejarah sekaligus menjadi saksi awal munculnya pergerakan modern para pemuda di Indonesia. Dengan adanya cerita sejarah yang pernah terjadi di gedung, maka gedung ini dinamakan Gedung Kebangkitan Nasional.

Setelah diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1974, Gedung Kebangkitan Nasional kini ini menyimpan berbagai koleksi foto, replika serta peralatan perang.

Alamat: Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No. 26, Senen, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Selasa - Minggu, 09.00 - 16.00
Harga tiket masuk: Rp 1.000 per orang

8. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi via tirto.id

Kalau kamu ingin berwisata ke Jakarta Pusat, jangan sampai ketinggalan untuk mampir di Tugu Proklamasi. Tugu ini dibangun sebagai bentuk memperingati Proklamasi kemerdekaan Indonesia, dan sekarang kamu bisa melihat area taman serta tempat duduk yang dipakai untuk bersantai.

Di lokasi ini, kamu dapat melihat tugu proklamasi yang berdiri kokoh dan dilengkapi patung Ir. Soekarno dan Moh. Hatta setinggi 17 meter. Puncak tugu ini menyerupai petir, sehingga tugu ini sering disebut sebagai tugu petir.

Alamat: Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No. 26, Senen, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Selasa - Minggu, 09.00 - 16.00
Harga tiket masuk: Rp 1.000 per orang

Tinggal di Jakarta Pusat

Nah, kalau kamu berminat untuk tinggal di area ini, kamu bisa banget intip unit-unit Cove yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tenang saja, unit-unit ini dilengkapi dengan kamar full furnished, area dapur yang multifungsi, serta WiFi dan layanan kebersihan dan laundry. Berikut beberapa diantaranya:

Cove Proklamasi

Cove Proklamasi

Berlokasi di Jl. Proklamasi, hunian yang satu ini berlokasi cukup dekat dengan Stasiun Cikini, sehingga memudahkan mobilitas kamu sehari-hari baik menuju Jakarta atau ke area sekitar Jakarta.

Yuk, booking Cove Proklamasi sekarang!

Cove Central

Cove Central

Ada satu lagi unit Cove yang berlokasi di Jakarta Pusat yang bisa kamu jadikan pilihan. Berlokasi di Jl. Salemba Tengah, Cove Tripuri juga berlokasi dekat dengan Stasiun Kramat. Hunian yang satu ini memiliki desain modern dengan banyak dekorasi hijau, sehingga kamu dapat merasakan suasana kamar yang nyaman dan tenang.

Tertarik? Ayo, langsung booking Cove Central sekarang juga!