10 Rekomendasi Tempat Wisata Cikole Lembang untuk Liburan

10 Rekomendasi Tempat Wisata Cikole Lembang untuk Liburan
Wisata Cikole Lembang, photo by salsawisata.com

Lembang menjadi salah satu wilayah di Bandung yang menawarkan banyak sekali tempat wisata alam. Tidak heran kalau tempat ini menjadi tujuan banyak wisatawan luar kota yang ingin liburan di Bandung. Salah satu tempat wisata di  Lembang yang terkenal adalah Cikole. Tempatnya yang dingin serta asri sangat disukai oleh para wisatawan yang ingin rehat dari penatnya pekerjaan.

Mau menghabiskan libur panjang di Lembang tapi bingung kemana? Inilah 10 rekomendasi tempat wisata Cikole Lembang yang bisa menjadi opsi libur panjang kamu dan keluarga. Baca artikelnya sampai selesai, ya!

Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole, photo by kabaralam.com

Bagi para pencinta anggrek, Orchid Forest adalah surga yang menawan. Sebuah kawasan budidaya anggrek yang menyimpan berbagai macam jenis anggrek, mulai dari lokal maupun luar negeri. Selain itu, di sini juga ada banyak area menarik untuk bermain dan berinteraksi dengan binatang seperti kelinci. Sangat cocok membawa anak-anak liburan ke Orchid Forest.

Kalau hari menjelang sore, pesona Orchid Forest belum juga redup. Di sini ada jembatan dengan cahaya lampu yang indah. Suasana romantis dan syahdu akan sangat terasa, ditambah dengan dinginnya udara di sana.

Alamat: Jalan Anyar No.49, Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang
Jam Buka: 08.00-19.00 WIB
Tiket Masuk: Rp50.000-Rp70.000

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang, photo by michellefranclee.com

Ingin merasakan sensasi belanja di pasar terapung? Kamu bisa datang ke Floating Market Lembang. Tempat wisata di Cikole ini memang punya konsep yang cukup unik, yaitu pasar terapung di atas danau. Kamu bisa membeli berbagai kuliner khas Bandung yang dijajakan, mulai dari lotek, batagor, karedok, dan masih banyak lagi. Selain itu, di pasar terapungnya juga ada yang menjual aneka macam sayuran. Sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 08.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp30.000

The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika, photo by traveloka.com

Tempat wisata di Cikole Lembang memang seperti tidak ada habisnya. Salah satu tempat wisata yang selalu ramai adalah The Great Asia Afrika. Ada banyak area yang dibangun menyerupai negara-negara tertentu, mulai dari bangunannya, hingga suasananya. Kamu bisa menjelajahi area negara Indonesia, India, Korea, Jepang, Afrika, dan ada pula Animal Park.

The Great Asia Afrika juga menyediakan penyewaan pakaian khas dari setiap negara, sehingga liburan kamu akan semakin terasa seperti di luar negeri. Kamu bisa berfoto memakai baju itu. Jangan lewatkan juga berbagai kuliner khas negara-negara tersebut yang punya keunikan masing-masing.

Alamat: Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 09.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp50.000

Pine Forest Camp Lembang

Pine Forest Camp Lembang, photo by radardepok.com

Kalau kamu senang mengisi liburan dengan camping, bisa datang ke Pine Forest Camp Lembang. suasana Lembang yang dingin ditambah hutan pinus yang asri memang sangat cocok untuk jadi tempat camping. Tidak perlu khawatir karena di Pine Forest Camp Lembang sudah ada tempat penyewaan peralatan camping. Jadi kamu tinggal datang saja.

Kamu bisa mencoba lima wahana menarik yang ada di Fine Forest Camp Lembang, mulai dari Offroad Adventure, Outbound Training Team Building, Adventure Kids Camp, Outbound Salam Percil, dan Flying Fox. Kalau mau yang lebih menguji adrenalin, kamu juga bisa mencoba High Rope dan Low Rope. Tertarik camping di sini?

Alamat: Suntenjaya, Lembang, Kab. Bandung Barat
Jam Buka: 08.00-16.00 WIB
Tiket Masuk: Rp25.000-Rp50.000

Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang, photo by grahanurdian.com

Selanjutnya, ada Farm House Susu Lembang yang tidak pernah sepi pada hari-hari biasa maupun musim liburan. Farm House Susu Lembang memang ada di lokasi yang cukup strategis, sehingga mudah diakses siapa pun yang mau liburan ke sana. Ada banyak area yang menarik di Farm House Susu Lembang, mulai dari spot-spot instagramable untuk berfoto, area berinteraksi dengan binatang ternak, area makan, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu berkunjung ke Farm House Susu Lembang, setiap satu tiket bisa ditukar dengan segelas susu murni yang segar. Kamu juga bisa menyewa pakaian khas negara Belanda serta berfoto di area bangunan bernuansa Eropa. Seru kan?

Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang
Jam Buka: 09.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp30.000

Cikole Jaya Giri Resort

Cikole Jaya Giri Resort, photo by spinachindonesia.com

Ingin staycation di Cikole Lembang tapi tetap menikmati berbagai wahana menantang? Kamu bisa datang ke Cikole Jaya Giri Resort. Bukan penginapan biasa, tetapi juga memiliki berbagai fasilitas wahana bermain yang seru. Tidak heran kalau Cikole Jaya Giri Resort justru banyak jadi destinasi wisata.

Terdapat bungalow kayu yang cantik. Kamu juga bisa bermain sepuasnya di berbagai wahana yang cukup menantang. Beberapa wahana yang bisa kamu coba antara lain berkuda, bermain ATV, bermain tali, hingga education jungle tracking. Seru sekali datang ke sini bersama keluarga besar.

Alamat: Jalan Tangkuban Perahu KM.28 No.147, Cikole, Lembang
Jam Buka: 24 jam
Tiket Masuk: -

Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo, photo by travel.indozone.com

Liburan ke kebun binatang selalu menjadi memori yang indah untuk anak-anak. Nah, ada kebun binatang yang bisa dikunjungi di Cikole, yaitu Lembang Pak and Zoo.  Kamu bisa melihat lucunya binatang-binatang seperti merak, rakun, beruang madu, lutung budeng, dan masih banyak lagi. Tingkah lucu mereka akan menghibur anak-anak yang datang.

Tidak hanya itu, Lembang Park and Zoo juga memiliki wahana bermain yang seru, mulai dari perahu, kano, hingga berkeliling kebun dengan kuda. Seharian main di sini akan membuat kamu puas.

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 09.00-17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp50.000-Rp70.000

Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole, photo by travel.kompas.com

Cikole memang banyak memiliki tempat wisata alam yang seru. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah Terminal Wisata Grafika Cikole. Tempat wisata ini sangat luas, yaitu mencapai 9 hektar. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu coba, mulai dari outbound, wisata alam, hingga menikmati kuliner.

Terminal Wisata Grafika Cikole memiliki konsep vintage yang bisa membuat kamu bernostalgia ke masa lalu. Suasanannya menenangkan. Cocok untuk menyegarkan kepala dari penatnya hiruk pikuk perkotaan.

Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.Km.8, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 08.00-16.00 WIB
Tiket Masuk: Rp15.000 (exclude penginapan, wisata, dan wahana bermain)

Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park, photo by labirutour.com

Ingin merasakan rekreasi alam yang menyenangkan? Kamu bisa datang ke Bandung Treetop Adventure Park. Salah satu tempat wisata outbound yang memiliki konsep FUN. Kamu bisa mencoba berbagai macam permainan yang seru dan menantang di sini.

Bandung Treetop Adventure Park memiliki 6 sirkuit permainan, yaitu Yellow, Blue, Orange, Discovery, Black, dan Red. Kamu bisa memasuki semua sirkuit kalau memenuhi kategori umur, ya. Misalnya anak di bawah umur 4 tahun hanya bisa memasuki sirkuit Yellow karena lintasannya kurang dari 2 meter. Tertarik ajak keluarga ke sini?

Alamat: Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka: 08.00-16.30 WIB
Tiket Masuk: Rp15.000

Zone 235

Zone 235, photo by atmospherejungle.blogspot.com

Terakhir, masih wisata alam di Cikole yang seru, kamu juga bisa datang ke Zone 235. Keunikan tempat wisata yang satu ini, kamu akan merasakan outbound training semi militer. Kalau menginap di Zone 235, kamu akan merasakan tidur di tenda mega dome seperti prajurit-prajurit.

Zone 235 juga menawarkan panorama alam yang sejuk dan indah. Akses ke tempat ini juga mudah, karena berada di area jalan raya menuju Tangkuban Perahu. Ingin coba liburan dengan konsep yang tidak biasa? Yuk datang ke Zone 235!

Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 08.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp50.000-Rp100.000

Nah, itulah 10 tempat wisata Cikole Lembang yang menarik untuk acara libur panjang kamu. Liburan di Bandung kurang lengkap rasanya bila tidak mencoba wisata alam dan wahana-wahana menariknya. Wisata Cikole Lembang selalu menjadi pilihan tempat liburan favorit bersama teman dan keluarga.