20 Tempat Wisata di Lembang Terbaru, Melepas Penat Akhir Pekan!

20 Tempat Wisata di Lembang Terbaru, Melepas Penat Akhir Pekan!
Wisata di Lembang, photo by Hotelier.id

Daerah Bandung yang terkenal dengan kesejukan serta tempat wisata yang beragam adalah Lembang. Di daerah ini terdapat banyak kawasan wisata ternama incaran wisatawan dalam kota maupun luar kota. Kamu bisa menemukan tempat wisata kekinian, wisata alam, wisata estetik dengan spot instagramable, hingga cafe-cafe ternama di Lembang. Rekomendasi tempat wisata di Lembang yang berikut ini bisa kamu datangi bareng teman atau keluarga, cocok untuk melepas penat di akhir pekan. Cek informasi selengkapnya di bawah ini!

20 Tempat Wisata di Lembang

1. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole, photo by Aneka Tempat Wisata

Stress menghadapi kerjaan? Buat kamu yang suka dengan suasana alam Orchid Forest Cikole patut dicatat sebagai destinasi ketika ingin pergi wisata di Lembang. Sedang populer dan hits di Bandung, Orchid Forest Cikole punya suasana menenangkan dengan pemandangan hutan pinus tinggi yang memanjakan mata.

Keunikan tempat ini terdapat pada jembatan panjang yang membentang diantara pohon-pohon pinus. Pada malam hari, akan ada lampu yang dinyalakan sehingga lokasi ini kerap menjadi spot foto instagramable di Orchid Forest Cikole. Tak sampai di situ, kamu juga bisa melihat-lihat budidaya anggrek di Orchid Forest Cikole dan akan diproyeksikan menjadi hutan anggrek terbesar nantinya. Untuk berkunjung ke tempat wisata di Lembang yang satu ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp30 ribu per orang, terjangkau kan?

Alamat: Jl. Tangkuban Perahu Raya km 8 Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Jumat (09.00 - 18.00), Sabtu - Minggu (08.00 - 19.00)
Harga Tiket: Rp30.000 per orang

2. Pine Forest Camp

Pine Forest Camp, photo by Wisata Lembang

Menghabiskan waktu semalam untuk berkemah yang menambah pengalaman seru kamu selama liburan tak ada salahnya. Apalagi, tempat camping satu ini sudah kekinian serta punya fasilitas memadai bak hotel. Yap, Pine Forest Camp merupakan wisata di Lembang yang menyajikan pengalaman berkemah seru buat para wisatawan.

Dengan kemah di Pine Forest Camp, kamu bisa merasakan kenyamanan beraktivitas di alam bebas. Tersedia standard camp hingga exclusive camp yang dibanderol mulai dari Rp300.000/3 pax - Rp1.000.000/4 pax untuk durasi menginap 2 hari 1 malam. Biaya tersebut sudah termasuk sarapan keesokan harinya dan tenda.

Di Pine Forest Camp, kamu bisa juga mengikuti aktivitas seru yang sudah disediakan, seperti outbound, off road adventure, sampai dengan flying fox. Di malam hari, tentunya akan ada acara seru seperti api unggun. Cocok banget deh dijadikan destinasi wisata bareng sahabat dan keluarga. Kamu bisa kunjungi website Pine Forest Camp untuk informasi lebih lengkapnya ya!

Alamat: Jl. Pasirjaya XII No. 10 Bandung, Kp Cipanengah Ds Cibodas Maribaya Lembang
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 11.00)
Harga: Mulai dari Rp300.000/3 pax

3. Wisata Grafika Cikole

Wisata Grafika Cikole, photo by Kompas

Hampir mirip dengan tempat wisata di Lembang sebelumnya, Wisata Grafika Cikole dapat dikategorikan sebagai camping ground di kawasan Lembang. Berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, tentu Wisata Grafika Cikole menghadirkan suasana sejuk dengan pemandangan hutan pinus yang sering dijadikan tempat untuk healing sejenak dari hiruk-pikuk. Di dalam kawasan Wisata Grafika Cikole kamu dapat menginap, bermain outbound, atau wisata kuliner di area yang sama.

Menawarkan konsep glamping (Glamour Camping) dengan fasilitas lengkap mirip hotel, termasuk di dalamnya TV, kamar mandi dalam, serta air panas. Menginap dengan konsep glamping memberikan pengalaman baru. Nah, untuk kamu yang ingin menginap ala glamping di Wisata Grafika Cikole, harga sewanya mulai dari Rp1,4 juta per malam untuk kapasitas 4 orang. Pas untuk menghabiskan waktu bersama sahabat terdekat!

Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.Km.8, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Jumat (08.00 - 16.00), Sabtu - Minggu (08.00 - 18.00)
Harga: Mulai dari Rp1,4 juta per malam

4. The Great Asia Afrika

The Great Asia, photo by Tiket.com

Mencari-cari wisata dengan spot instagramable terbaru di Lembang? Coba mampir ke The Great Asia Afrika untuk melihat versi mini dari 7 negara ternama di benua Asia-Afrika, yakni ada Indonesia, Jepang, Korea, Thailand, India, Timur Tengah, dan Afrika. Di masing-masing bagian negara, tentunya ada miniatur rumah tradisional ataupun bangunan ternama di negara tersebut. Eits, buat kamu yang mau lebih merasakan sensasi seperti berada di negara tersebut, terdapat sewa kostum baju tradisional, loh!

Alamat: Jl. Raya Lembang - Bandung No.71, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 18.00)
Harga Tiket: Rp44.000 per orang

5. Sarae Hills

Sarae Hills, photo by Kompas

Jalan-jalan sambil hunting kuliner di Lembang bisa banget kamu lakukan di Sarae Hills. Tempat wisata di Lembang yang satu ini punya ikon-ikon ternama di dunia, sebut saja ada Arc de Triumph, Menara Eiffel, Patung Liberty, Santorini, Sphinx, hingga Golden Gate. Ikon-ikon tersebut bisa kamu jadikan spot foto instagramable.

Salah satu yang jadi favorit ketika datang ke Sarae Hills adalah Zona Santorini. Kamu akan melihat secara langsung bangunan yang dibuat mirip gedung di area Santorini, Yunani dengan warna dominan putih dan biru.

Alamat: Jl. Pagermaneuh, RT.05/RW./07, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 21.00)
Harga Tiket: Rp50.000 per orang

6. Floating Market Lembang

Rainbow Slide Floating Market, photo by Tempat Wisata di Bandung

Tempat wisata yang sudah populer sejak lama ini gak boleh sampai kelewatan, deh! Floating Market Lembang yang menawarkan sensasi berbelanja seperti di pasar terapung, bedanya yang dijual di tempat ini biasanya merupakan kuliner.

Ada aktivitas seru, nih yang bisa kamu lakukan di Floating Market Lembang selain kulineran. Mencoba permainan Rainbow Slide yang sedang viral, tak ada salahnya, loh! Seluncuran sepanjang 120 meter lumayan menguji adrenaline kamu. Gak cuma itu, ada permainan Human Claw yang mana kamu akan dibuat seperti mesin capit dan boleh mengambil makanan sepuasnya. Harga mainnya mulai dari Rp30.000 aja per sekali main.

Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Jumat (09.00 - 18.00), Sabtu Minggu (08.00 - 19.00)
Harga Tiket: Rp35.000 per orang

7. Farm House Lembang

Farm House Lembang, photo by Graha Nurdian

Wisata berikut ini pasti sudah familiar dong di telinga kamu? Tempat wisata yang tiket masuknya bisa ditukarkan dengan segelas susu murni gratis dimana lagi kalau bukan di Farm House Lembang.

Nah, dibuat ala peternakan modern, Farm House Lembang menyediakan berbagai aktivitas memberi makan hewan mulai seperti kelinci, sapi, domba, burung, dan kura-kura. Bangunan di Farm House Lembang mengusung tema ala Eropa sehingga cantik untuk dijadikan spot foto instagramable.

Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 18.00)
Harga Tiket: Rp25.000 per orang

8. Noah’s Park Lembang

Lug’s Gravity Noah’s Park Lembang, photo by Facebook

Kalau tempat wisata berikut ini sedang viral-viralnya karena permainan Lug’s Gravity yang mungkin kerap berseliweran di media sosial milikmu. Yap, Noah’s Park Lembang merupakan tempat wisata baru di Lembang yang populer karena permainan Lug’s yang sedang hits di negara seperti Korea dan Singapura. Wahana ini memiliki lintasan sepanjang 1 km, spesialnya di helm Lug’s Gravity telah dilengkapi dengan phone holder, sehingga banyak orang yang mengabadikan keseruan momen bermainnya.

Tak hanya Lug’s, Noah’s Park Lembang pun punya permainan lainnya seperti ATV, Drift Kart, hingga archery. Untuk tiket masuk ke area Noah’s Park Lembang itu gratis, kamu hanya perlu membayar tiket masuk ketika ingin bermain wahana. Harga main per-wahana berkisar antara Rp30.000 - Rp50.000 ya!

Alamat: Jl. Sukanagara No.20, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)
Harga: Mulai dari Rp30.000 - Rp50.000 per orang

9. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata, photo by Tiket.com

Merasakan suasana Bali tanpa harus pergi ke Bali dengan datang ke Taman Lembah Dewata. Tempatnya luas dengan berbagai spot foto instagramable yang membawa ciri khas Bali. Di area Taman Lembah Dewata terdapat danau buatan dengan ukuran cukup luas, di mana terdapat miniatur pura dan berbagai tanaman di sekitarnya.

Di danau ini pun terdapat permainan air yang bisa kamu mainkan. Buat kamu yang hanya ingin menikmati pemandangan, bisa banget untuk duduk di area sekitar danau Taman Lembah Dewata. Eits, kamu pun boleh banget berkeliling menggunakan shuttle bus yang telah disediakan.

Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu No.KM.3,7, Cibogo, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.00)
Harga Tiket: Weekdays (Rp20.000), Weekend (Rp25.000)

10. Dusun Bambu Lembang

Water Coaster, photo by Tribun Travel

Dusun Bambu Lembang tak pernah kehabisan ide untuk menarik pengunjung. Kenapa kamu wajib ke sini? Di Dusun Bambu Lembang terdapat wahana water coaster yang bisa kamu naiki tanpa basah. Setiap naik wahana ini, kamu akan diberikan jas hujan tanpa lubang, jadi dari ujung kepala sampai ujung kaki terlindungi, deh! Wahana ini sepanjang 400 meter dengan pemandangan pepohonan yang bisa memanjakan mata ketika kamu menaikinya.

Selain mencoba wahana water coaster yang sedang populer, kamu bisa mencoba menaiki sampan sangkuriang mengelilingi danau. Kemudian, ada permainan Rainbow Slide serta Drift Kart yang menguji adrenaline.

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 20.00)
Harga Tiket: Weekday (Gratis), Weekend (Rp25.000)

11. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya, photo by Tagar

Sangat terkenal, siapa sih yang tidak mengetahui tempat wisata ini? Yap, The Lodge Maribaya Lembang yang punya banyak spot instagramable untuk dikunjungi. Tak sampai di situ, daya tarik dari tempat ini juga terletak pada areanya yang bisa dijadikan tempat trekking menyusuri hutan pinus.

Mirip dengan tempat wisata lain di Lembang, The Lodge Maribaya pun memiliki berbagai wahana permainan seru hingga wahana selfie, seperti balon udara, gantole, zip bike, hingga ayunan sky swing yang bakal menguji adrenalinmu.

Alamat: Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)
Harga Tiket: Mulai dari Rp65.000

12. Golden Pine Orchid Forest

Golden Pine Cikole, photo by JPNN

Seperti di negeri dongeng, wisata di Lembang yang satu ini harus banget dicoba. Golden Pine Orchid Forest merupakan cafe di tengah hutan pinus yang berbentuk rumah kaca sehingga kamu bisa langsung melihat pemandangan sekitar. Kamu bisa menyisip teh yang terbuat dari bunga. Karena tempatnya super estetik, jangan lupa untuk mengambil foto ya!

Alamat: Orchid forrest, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 18.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp29.000 - Rp60.000

13. Kilogram Cafe

Kilogram Cafe Lembang, photo by Madhang

Healing di cafe dengan pemandangan alam yang cantik? Mungkin kamu bisa menyambangi Kilogram cafe di Lembang, Bandung. Dengan suasana sejuk dan pemandangan alam, cafe ini bisa kamu temukan di area Orchid Forest Cikole sama seperti Golden Pine Orchid Forest.

Punya konsep semi outdoor, Kilogram Cafe memiliki space yang cukup luas untuk kamu hangout bersama teman-teman. Sedikit sentuhan industrial membuat cafe ini menyimpan banyak spot foto cantik yang bisa nampang di media sosial milikmu.

Alamat: Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 17.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp100.000 per orang

14. Warung Kopi Gunung Lembang

Warung Kopi Gunung Lembang, photo by Wisata Info

Menyeruput segelas kopi dengan udara sejuk khas Lembang menjadikan suasana nongkrong semakin syahdu. Nah, dimana lagi kamu bisa melakukan ini kalau bukan di Warung Kopi Gunung Lembang. Meskipun namanya warung, tempat ini justru punya konsep instagramable yang didominasi oleh warna putih.

Menawarkan sensasi ngopi di tengah hutan pinus sekaligus bakal menyegarkan pikiran dari kegiatan pasca kerja. Bikin kamu betah berlama-lama di tempat ini, Warung Kopi Gunung Lembang pun menyediakan berbagai fasilitas seperti stop kontak, spot foto, hingga live music.

Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu, RT.05/RW.07, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 21.00)
Kisaran Harga: Mulai dari Rp20.000

15. Jungle Milk

Jungle Milk Lembang, photo by Kompas

Kesejukan Lembang sangat cocok dijadikan tempat untuk camping. Lagi-lagi rekomendasi tempat glamping kekinian ada di Lembang, yakni Jungle Milk. Berlokasi di atas 1.600 mdpl, Jungle Milk menawarkan tempat piknik di tengah hutan pinus.

Tempat ini sangat cocok disambangi bersama keluarga. Pasalnya, keunikan dari Jungle Milk sebagai area camping memiliki beberapa hewan ternak yang dilepas secara bebas di alam, yakni sapi dan kuda. Pengunjung pun bisa berinteraksi atau memberi makan kedua hewan tersebut. Namun, jangan khawatir karena semua hewan yang dilepas di area Jungle Milk sudah jinak dan terlatih.

Alamat: Genteng, Jayagiri, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)
Harga Tiket: Mulai dari Rp80.000 per orang

16. Tangkal Pinus Jayagiri Lembang

https://goo.gl/maps/43m4PD23qywo6jrw7

Penasaran bagaimana rasanya bermain bareng hewan lucu alpaca? Semua bisa dilakukan di Tangkal Pinus Jayagiri Lembang. Hewan menggemaskan ini akan menemani kamu selama berada di area ini. Kamu bisa duduk-duduk di area sekitar Tangkal Pinus Jayagiri atau bahkan berkemah ala glamping. Selama menginap, akan ada cafe yang buka 24 jam penuh. Jadi, gak perlu takut kelaparan deh.

Aktivitas menarik lain yang bisa kamu lakukan di tempat ini, seperti berkuda, ATV, ataupun tracking mengelilingi area hutan. Tangkal Pinus Jayagiri Lembang pun menyediakan paket piknik mulai dari Rp90.000 per orang.

Alamat: Genteng, jayagiri kec lembang, kabupaten bandung barat, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 18.00)
Harga Tiket: Mulai dari Rp80.000

17. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo, photo by Kompas

Kata siapa lembang tidak punya kebun binatang? Kalau kamu pecinta binatang, Lembang Park and Zoo adalah destinasi wisata di Lembang yang paling tepat untuk dikunjungi. Kamu bisa berinteraksi dengan hewan yang ada di Lembang Park and Zoo lebih dekat. Ada salah satu hewan unik yang digemari karena kegemasannya, yakni alpaca yang bisa kamu temukan di Lembang Park and Zoo.

Selain berinteraksi dengan hewan, tentunya ada cafe dan berbagai wahana permainan yang bisa dicoba di Lembang Park and Zoo. Bahkan, terdapat area permainan air buat kamu yang memang ingin berenang!

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 17.00)
Harga Tiket: Weekdays (Rp50.000), Weekend (Rp70.000)

18. Rumah Belanda

Rumah Belanda, photo by Traveling Yuk

Sajian unik berwisata di kawasan Eropa, tepatnya negeri Kincir Angin, Lembang bisa kamu temukan di Rumah Belanda. Terdapat spot instagramable dengan warna-warna vibrant serta bentuk bangunan unik yang menjadi daya tarik dari tempat ini.

Bukan hanya berfoto ria, kamu bisa menyewa kostum ala Belanda sebagai properti foto. Di area wisata ini pun terdapat restoran yang menyajikan makanan Belanda yang tak kalah menarik untuk dicoba.

Alamat: Jl. Raya Maribaya Sukamaju RW 03 / RT 04, Cibodas, Lembang, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 17.00)
Harga Tiket: Rp20.000 per orang

19. Bandung Treetop Adventure Park

Bandung Treetop Adventure Park, photo by Tempat Wisata

Tempat wisata terbaru di Bandung yang recommended untuk didatangi saat akhir pekan adalah Bandung Treetop Adventure Park. Berada di kawasan dataran tinggi Lembang, Bandung area bermain ini menyajikan berbagai varian wahana outbound yang menguji adrenalin. Di tambah, wahana sekitar outbound dikelilingi pohon pinus sehingga memberikan kesan berbeda. Untuk merasakan pengalaman berpetualang di Bandung Treetop Adventure Park, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp200.000 untuk orang dewasa. Harga tersebut di luar tiket masuk yang dikenakan, yakni Rp15.000 per orang.

Alamat: Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Minggu (08.00 - 16.30)
Harga Tiket: Rp15.000 per orang

20. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha, photo by Pinhome

Mau wisata di Lembang bertemakan edukasi? Tak kalah menarik dengan wisata alam di Lembang, Observatorium Bosscha patut masuk ke dalam wishlist kamu. Wisata edukasi sekaligus bersejarah ini sudah ada sejak 1923, di dalamnya terdapat teropong bintang tertua di Indonesia. Observatorium pada dasarnya merupakan tempat untuk mengamati benda-benda langit. Untuk berkunjung ke Observatorium Bosscha, kamu akan dikenakan biaya Rp15.000 untuk kunjungan siang dan Rp20.000 untuk kunjungan malam. Sangat terjangkau untuk wisata edukasi yang jarang ditemukan di tempat lainnya.

Alamat: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Jam Buka: Senin - Sabtu (09.30 - 20.00)
Harga Tiket: Rp15.000 - Rp20.000

Well, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Lembang yang bisa jadi pilihan untuk berakhir pekan nanti. Dengan mengandalkan pemandangan alam yang indah, berwisata di Lembang dijamin bisa merilekskan pikiran. Yuk liburan ke Bandung!