8 Tempat Thrifting di Bandung yang Recommended

8 Tempat Thrifting di Bandung yang Recommended
Tempat Thrifting di Bandung, photo by Pexels

Kalau kamu pencinta thrifting, ada 8 tempat thrifting yang recommended buat kamu kunjungi, nih. Bandung memang nggak hanya menjadi pusat kreativitas, tapi juga destinasi belanja yang nggak terlupakan bagi kamu yang mencari uniknya barang bekas dengan harga yang terjangkau. Sambangi tempat-tempat berikut dan dapatkan barang thrift incaranmu, yuk!

1. Garasi Thrift Shop

Garasi Thrift Shop, photo by Instagram/@garasi.thriftshop

Garasi Thrift Shop menawarkan berbagai barang preloved dengan kualitas yang baik dan harga yang bersaing. Dengan koleksi yang terus diperbarui, Garasi Thrift Shop menjadi tempat yang cocok untuk menemukan barang unik dan fashion statement tanpa harus menguras kantong, lho. Ada banyak sweater dan hoodie yang bisa kamu pilih. Selain itu, suasana toko yang ramah dan jam buka 24 jam memberikan pelanggan fleksibilitas untuk menjelajahi dan menemukan penawaran terbaik.

Alamat: Jl. H. Sumarni Dalam II, Babakan Sari, Kiaracondong, Bandung
Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000
Jam Buka: 24 jam

2. Pasar Lilin Astana Anyar

Pasar Lilin Astana Anyar, photo by Instagram/@bandungselatanontohold

Pasar Lilin Astana Anyar di Bandung menawarkan pengalaman thrifting yang unik dan berwarna. Dengan suasana pasar tradisional yang khas, kamu bisa menjelajahi deretan lapak yang dipenuhi dengan barang-barang preloved, antik, dan vintage. Pilihan barang yang beragam, mulai dari pakaian, sepatu, kamera, hingga perabotan rumah tangga, menambah daya tarik pasar ini. Kamu bisa keliling ke setiap sudut pasar untuk menemukan barang yang diinginkan.

Alamat: Jl. Astana Anyar No.299, Nyengseret, Astanaanyar, Bandung
Kisaran Harga: Mulai dari Rp80.000 - Rp250.000
Jam Buka: Minggu - Jumat, pukul 08.00 - 22.00 WIB, Sabtu, pukul 06.00 - 23.30 WIB

3. Streetsecond Store

Streetsecond Store, photo by Instagram/@street.bdg

Siap-siap kalap kalau kamu belanja di Streetsecond Store. Tempat thrifting di Bandung ini menawarkan beragam barang thrift mulai dari pakaian hingga aksesori yang bisa melengkapi gaya dari kepala hingga ujung kaki. Serunya lagi, Streetsecond Store punya toko online dan sering melakukan sesi Live di Instagram-nya, lho. Datang langsung pastinya lebih seru karena kamu bisa lebih puas explore barang-barangnya, plus mendapatkan berbagai promo menariknya.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No.315, Maleer, Batununggal, Bandung
Kisaran Harga: Mulai dari Rp10.000 (promo 10 pcs 100k)
Jam Buka: Setiap hari, pukul 10.00 - 22.00 WIB

4. Pasar Cihapit

Pasar Cihapit, photo by Marjaya Trans

Pasar Cihapit menawarkan pengalaman belanja barang bekas yang unik dan beragam, selalu ramai dengan ratusan pengunjung setiap pagi. Harganya yang terjangkau dan barang-barang beraneka ragam, mulai dari perabotan, elektronik, hingga pakaian, menjadikan Pasar Cihapit tempat thrifting di Bandung yang recommended. Barang bekas seperti handphone, kompor, dan radio bisa didapatkan dengan harga sangat terjangkau.

Alamat: Jl. Cihapit No.32, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung
Kisaran Harga: Mulai dari Rp70.000
Jam Buka: Setiap hari, pukul 03.00 - 16.00 WIB
https://maps.app.goo.gl/Ub8ZT39SyweC6HVB9

5. Pasar Antik Cikapundung

Pasar Antik Cikapundung, photo by Pemkot Bandung

Bagi pencinta barang antik dan vintage, coba mampir ke Pasar Antik Cikapundung. Lorong-lorong pasar ini dipenuhi dengan kamera, sound system antik, ornamen, dan aksesoris jadul yang tertata rapi, menciptakan atmosfer yang penuh karakter. Kamu bisa menemukan barang-barang unik, seperti kaset, vinyl, buku bekas, bahkan kopi, di SubStore khusus untuk kawula muda. Harga barang bekas dan antik di pasar ini bervariasi, memberikanmu pilihan yang luas sesuai dengan anggaran.

Alamat: Cikapundung Electronic Center, Jl. ABC No.1, Braga, Sumur Bandung, Bandung
Kisaran Harga: Mulai dari Rp15.000 hingga Rp500.000
Jam Buka: Setiap hari, pukul 12.00 - 19.00 WIB

6. Sky Thrift Store

Sky Thrift Store, photo by Rio Permana

Sky Thrift Store punya banyak koleksi barang preloved, seperti berbagai barang import pria dan wanita, seperti hoodie, jaket, kemeja, celana, hingga kaus. Saat memasuki toko, kamu akan disambut dengan atmosfer yang hangat dan ramah. Dengan kombinasi antara atmosfer toko yang keren dan koleksi barang secondhand yang menarik, Sky Thrift Store di Bandung memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan penuh inspirasi bagi para pencinta thrift.

Alamat: Jl. Gn. Batu No.131, Sukaraja, Cicendo, Bandung
Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000
Jam Buka: Setiap hari, pukul 10.00 - 21.00 WIB
https://maps.app.goo.gl/Ywi1jUHKSeLDQFDv8

7. Pasar Jatayu

Pasar Jatayu, photo by Ridzyx

Pasar Jatayu punya ratusan lapak yang menjual barang-barang bekas, termasuk onderdil kendaraan bekas dan perlengkapan kamar mandi. Nggak hanya menawarkan pilihan barang yang beragam, tempat thrift di Bandung ini juga menyediakan layanan tambahan. Misal, jika kamu membutuhkan perbaikan mesin pompa air di rumah, kamu bisa membawanya langsung ke pasar ini untuk diperbaiki oleh pedagang yang menjual onderdilnya, sekaligus menerima jasa service barang-barang rusak.

Alamat: Jl. Komodor Udara Supadio, Husen Sastranegara, Cicendo, Bandung
Kisaran Harga: Mulai dari Rp25.000 - Rp500.000
Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 16.00 WIB

8. Pasar Cimol Gedebage

Pasar Cimol Gede Bage, photo by Republika News

Pasar Cimol Gede Bage cukup terkenal bagi para pencinta thrifting di Bandung dan dianggap sebagai surganya barang bekas, lho. Keistimewaan pasar ini terletak pada banyaknya thrift shop yang tersebar di seluruh area, memberikanmu banyak opsi untuk menemukan barang thrift yang sesuai dengan selera. Berbagai pilihan barang thrift, seperti kemeja, crewneck, sweater, jaket, celana, hingga tas, bikin pengalaman belanja semakin beragam dan menyenangkan.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Mekar Mulya, Panyileukan, Bandung
Kisaran Harga: Mulai dari Rp20.000
Jam Buka: 24 jam

Tips Thrifting

Tips Thrifting, photo by Pexels

Biar kegiatan thrifting di Bandung semakin lancar, coba, yuk, beberapa tips berikut:

1. Luangkan Waktu yang Cukup

Berbelanja di toko thrift membutuhkan waktu untuk menjelajahi barang-barang yang ada. Jangan terburu-buru, luangkan waktu untuk menemukan item yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

2. Tawar Harga dengan Bijak

Sebagian besar toko thrift memungkinkan tawar menawar. Jangan ragu untuk mencoba menawar harga, tapi lakukan dengan sopan dan bijak. Biasanya, penawaran yang masuk akal akan diterima dengan baik.

3. Periksa Kondisi Barang

Sebelum membeli, pastikan kamu memeriksa kondisi barang dengan teliti. Perhatikan apakah ada cacat atau kerusakan yang mungkin memengaruhi penggunaan barang tersebut.

4. Bawa Uang Tunai

Beberapa toko thrift mungkin nggak menerima kartu kredit, debit atau QRIS. Jadi, lebih baik membawa uang tunai dalam berbagai denominasi untuk memudahkan transaksi.

5. Jangan Ragu untuk Explore!

Serunya thrifting itu, kamu bisa berpetualang. Karenanya, jangan ragu untuk menjelajahi berbagai toko dan daerah. Barang yang unik dan berkualitas tinggi mungkin tersembunyi di tempat-tempat yang nggak terduga.

Jadi, kamu mau berkunjung ke tempat thrifting di Bandung yang mana?