10 Tempat Nongkrong di Gianyar dengan Pemandangan Menakjubkan

10 Tempat Nongkrong di Gianyar dengan Pemandangan Menakjubkan
Tempat Nongkrong di Gianyar, photo by booking.com

Gianyar merupakan salah satu daerah Bali yang terkenal lantaran panorama alamnya yang asri dan dilimpahi oleh area persawahan terasering. Wilayah ini juga disebut sebagai pusat kerajinan tangan Pulau Dewata karena setiap wisatawan bisa dengan mudah menemukan berbagai museum, pasar seni, pura, hingga mahakarya para seniman. Itulah mengapa Gianyar kerap dijuluki sebagai ‘Kota Seni’. Ragam destinasi wisata di Gianyar pun tak luput dari bucket list para pelancong, baik di dalam maupun luar negeri. Bagi kamu yang ingin berpelesir di daerah Gianyar sambil mencicipi wisata kuliner yang tersebar di sekitarnya, berikut rekomendasi tempat nongkrong di Gianyar yang bisa kamu sambangi!

10 Tempat Nongkrong di Gianyar

1. Warung D’Kumba

Warung D’Kumba, photo by Instagram @/warung_dkumba

Kalau kamu ingin mencari tempat nongkrong di Gianyar yang letaknya cukup tersembunyi dan jauh dari hingar-bingar perkotaan, maka Warung D’Kumba adalah pilihan yang tepat untuk sekedar healing di akhir pekan sambil bersantap sejenak. Berlokasi di tengah area persawahan dengan sirkulasi udara yang sejuk membuat tempat makan yang satu ini layak untuk disambangi bersama keluarga.

Kamu bisa duduk-duduk di gazebo ataupun bean bag yang mengarah langsung ke area kolam renang dan pepohonan hijau. Warung D’Kumba juga punya promo weekend seharga Rp85.000 yang sudah termasuk pizza berukuran besar, french fries, es teh, dan akses berenang untuk 4 pax. Menggiurkan sekali, bukan?

Alamat: Jl. Raya Uma, Tampaksiring, bali, Kabupaten Gianyar, Bali 80552 Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 21.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

2. Taroo Ubud

Taroo Ubud, photo by Instagram @/tarooubud

Taroo adalah destinasi kuliner berkonsep ‘paddy pool lounge’ yang baru saja dibuka pada bulan Mei 2023. Berbeda dengan tempat nongkrong di Gianyar lainnya, Taroo bukanlah sebuah tempat yang hanya menyediakan restoran saja, tetapi seluruh pengunjung yang datang ke sini juga bisa bersantai ria sambil ditemani ambience berupa kolam air hangat yang cozy dan sapuan lanskap bentang alam nan memikat mata.

Apalagi, di sini juga banyak sekali spot Instagramable yang dijamin bisa membuat feeds Instagram kamu semakin cantik. Ada juga sajian live music yang diadakan setiap malam hari. Areanya yang sangat luas dan banyak pilihan tempat duduk berupa sofa dan bean bag memungkinkan kamu untuk membawa keluarga dalam jumlah besar.

Taroo menawarkan aneka masakan Nusantara dengan bumbu aromatik dan rempah-rempah dari resep legendaris, seperti Ayam Rica-Rica, Nasi Lemak, sampai Pecak Lele. Sementara hidangan internasionalnya ada Tenderloin Steak, Pork Ribs, dan Chicken Burger.

Alamat: Jl. Rapuan, MAS, Ubud, Gianyar, Bali 80571  
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 23.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

3. Standing Stones

Standing Stones, photo by Standing Stones

Bagi warga asli Gianyar, Bali, mungkin sudah tidak asing lagi dengan restoran yang satu ini. Standing Stones adalah tempat nongkrong di Gianyar yang menghadirkan atmosfer tepi pantai nan romantis ala Stonehenge, Inggris. Bagaimana tidak? Saat berhasil menginjakkan kaki di sini saja, kamu akan disuguhkan dengan panorama bebatuan berukuran besar yang menjulang tinggi dan tampak berdiri dengan megah di bibir pantai.

Berlokasi di dalam hotel The Royal Purnama, Standing Stones Restaurant & Beach Lounge menyajikan santapan otentik dan kasual yang memadukan elemen Barat klasik dengan sentuhan Asia, di antaranya ada Calamari, Tuna Steak, Crusted Mahi Mahi, sampai Mie Goreng Seafood, dan Ayam Betutu.

Berencana untuk melakukan piknik dengan sahabat dekat? Standing Stones juga menawarkan paket spesial bernama Picnic Lunch Menu dengan harga Rp525 ribu /orang. Paket tersebut sudah termasuk inklusif berupa set menu tradisional dan western serta table setting cantik berkonsep bohemian tropis. Menarik sekali, ya?

Alamat:  Jl. Pantai Purnama, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 23.00)
Kisaran harga: Rp100.000 - Rp200.000 per orang

4. Dome Garden Cafe

Dome Garden Cafe, photo by Instagram @/domegardencafe

Satu lagi pilihan tempat makan di Gianyar yang penuh dengan limpahan tumbuhan hijau di sekitarnya, yaitu Dome Garden Cafe. Tempat ini menawarkan pengalaman bersantap al fresco yang menakjubkan dengan dikelilingi oleh pepohonan palem dan sawah Ubud yang terkenal. Tidak hanya itu saja, Dome Garden juga dilengkapi dengan area jacuzzi, playground, hingga live music setiap sabtu dan minggu.

Sebagai first Ubud outdoor festive cafe, kamu yang ingin mengadakan acara spesial seperti pesta ulang tahun, reuni, atau gathering komunitas juga bisa mengambil lokasi di sini. Karena pihak Dome Garden akan menyediakan sound system gratis, microphone, hingga pengaturan lighting yang memadai.

Berbicara tentang menu makanan, Nasi Goreng Urutan, Fish & Chips, dan Margarita Pizza menjadi sejumlah hidangan terfavorit di cafe ini. Sementara makanan pencuci mulutnya ada Mile Crepes, Banana Fritter, hingga Chocolate Lava Cake.

Alamat: Singakerta, Ubud, Gianyar Regency, Bali
Jam operasional: Setiap hari (08.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

5. Sanggraloka Farm

Sanggraloka Farm, photo by Instagram @/sanggraloka_farm

Bagaimana dengan tempat nongkrong di Gianyar yang menyajikan sebuah restoran antik lengkap dengan pilihan wisata alam yang menyenangkan? Pastikan untuk mengajak keluargamu healing santai dan datang langsung ke Sanggraloka Farm, ya! Tempat makan ini dikelilingi oleh hamparan perkebunan asri dan gemericik aliran sungai yang menenangkan.

Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 - Rp35.000 saja untuk bisa mengakses restoran, spot foto, mini zoo, playground, sungai, hingga natural pool yang ada di sini. Ragam menu masakan yang tersedia meliputi Mujair Nyat-Nyat, Sanggraloka Pizza, sampai Gado-Gado.

Sembari menyantap kreasi hidangan dengan cita rasa terbaik, kamu pun bisa melakukan banyak kegiatan seru di tengah alam bebas milik Sanggraloka Farm, mulai dari mengikuti kelas memasak, bersepeda, mandi kembang, bermain ayunan di atas tebing, hingga menyesap teh di atas gubukan.

Alamat: Jl. Raya Bresela, Bresela, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80361, Indonesia
Jam operasional: Setiap hari (10.00 - 19.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

6. NAD Coffee & Eatery

NAD Coffee & Eatery, photo by Instagram @/nad_coffeeatery

NAD Coffee & Eatery adalah tempat nongkrong di Gianyar yang bisa kamu andalkan kalau ingin work from cafe. Ambience-nya yang tenang dan jauh dari keramaian membuat siapa saja yang datang ke sini bisa leluasa duduk berlama-lama. Cafe ini terbagi menjadi area indoor dan outdoor, di mana kamu bisa mengambil tempat di bagian belakang cafe sambil menikmati pepohonan hijau yang tumbuh dengan lebat.

Menu andalan dari NAD Coffee & Eatery yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu Beef Burgers dengan padanan topping-nya yang menggugah selera. Pilihan kopinya sendiri meliputi Macchiato, Cafe Latte, Frappuccino, dan Nadpresso.

Alamat: Jl. Pd. Batu Alam No.26, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80237  
Jam operasional: Setiap hari (12.00 - 21.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

7. Warung Legong

Warung Legong, photo by Instagram @/warunglegong_bali

Meski berkonsep tempat makan sederhana, bukan berarti Warung Legong tidak memiliki sesuatu yang spesial. Terletak di daerah Pantai Keramas, Warung Legong benar-benar dikhususkan untuk para pengunjung yang ingin menikmati masakan asli khas Bali dan Indonesia yang otentik.

Interior bangunannya pun mengadaptasi konsep rumahan yang kental dengan estetika tradisional Bali. Kalau berkunjung ke sini, pastikan untuk memesan Ayam Betutu, Ikan Panggang, dan Iga Bakar mereka yang nikmat, ya. Kualitas layanannya pun dikenal ramah dengan harga menu makanan yang terjangkau.

Alamat: Jalan Professor Doktor Ida Bagus Mantra No. 300A Keramas, Medahan, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali  
Jam operasional: Setiap hari (12.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

8. Masa Masa

Masa Masa, photo by Instagram @/masamasabali

Masa Masa merupakan restoran di Bali bernuansa peternakan yang menyajikan atmosfer ala tempo dulu. Konsep arsitekturnya yang cantik dengan padu padan kursi rotan dan rona putih bersih benar-benar membuat restoran ini terasa calming.

Masa Masa menawarkan variasi hidangan peternakan yang berasal dari Cina, Eropa, Arab, dan Nusantara, di antaranya yaitu Nyonya Chap Chai, Beetroot Carpaccio, Asam Laksa, hingga Nasi Sela Tenderloin. Tempat nongkrong di Gianyar yang satu ini juga sering mengadakan ekshibisi kebudayaan yang menarik untuk diikuti. Kamu bisa cek Instagram masamasabali untuk informasi event terbaru.

Alamat: Jl. Subak Telaga I No.9, Ketewel, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 22.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

9. Green Puri Suling

Green Puri Suling, photo by Green Puri Suling

Masih termasuk ke dalam deretan tempat nongkrong di Gianyar yang punya pemandangan alam terbaik, restoran yang satu ini juga tak kalah mengagumkan dengan deretan destinasi lainnya. Green Puri Suling merupakan sebuah restoran legendaris yang sudah dikenal sejak tahun 1960-an. Arsitektur bangunannya yang begitu lekat dengan estetika Bali akan membawa setiap pengunjung menyelami kenangan masa lampau.

Sembari menunggu makanan datang, kamu bisa ber-swafoto ria di sekitar pahatan patung, area saung, dan pepohonan hijau yang tumbuh dengan rimbun. Menu-menu best seller dari Green Puri Suling meliputi Bebek Timbungan, Bebek Goreng, Chicken Parmigiana, dan Es Daluman.

Alamat: Jl. Raya Goa Gajah, Bedulu, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali 80581
Jam operasional: Setiap hari (11.00 - 21.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

10. d’Alas by The Pool

d’Alas by The Pool, photo by Instagram @/d.alas_warung

d'Alas by The Pool adalah sebuah restoran yang menyajikan masakan asli Bali dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Setiap menu yang disuguhkan begitu lekat dengan kekayaan bumbu dan rempah tradisional dari setiap sudut Pulau Dewata. d’Alas terletak di atas terasering yang bersentuhan langsung dengan nuansa pedesaan sehingga memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan ketenangan luar biasa saat bersantap di sini.

Semua pengunjung secara otomatis juga akan mendapat akses gratis ke fasilitas kolam renang yang tersedia. Kamu pun bisa mengajukan permintaan floating food service jika ingin menyantap hidangan sambil berenang. Menu masakan yang tersedia mulai dari Nasi Campur, Gurame Asam Manis, Bebek Betutu, sampai Sate Lilit.

Alamat: Jl. Raya Pujung Kelod, Sebatu, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561  
Jam operasional: Setiap hari (09.00 - 21.00)
Kisaran harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

Hampir semua tempat nongkrong di Gianyar menyuguhkan lanskap alam yang memikat mata. Cocok untuk kamu yang ingin melepas penat dengan menghindari lokasi keramaian di tengah kota.