15 Rekomendasi Tempat Makan di Benhil Paling Legendaris!

15 Rekomendasi Tempat Makan di Benhil Paling Legendaris!
Lupis Padang, photo by DetikFood

Bendungan Hilir atau lebih dikenal dengan Benhil merupakan salah satu kawasan di Jakarta Pusat yang sering jadi pilihan destinasi kuliner. Kawasan ini juga terkenal dengan makanan legendarisnya. Kalau lagi berada di kawasan Benhil, kamu wajib banget untuk cobain kuliner legendaris Benhil yang sudah terkenal selama puluhan tahun dan rasanya sudah pasti teruji lezat.

Kamu bisa pergi ke Benhil bareng teman, keluarga, atau pacar untuk nikmatin kuliner bersama. Tenang aja karena Cove bakal kasih kamu 9 rekomendasi tempat makan di Benhil yang paling legendaris!

9 Tempat Makan di Benhil

1. Mie Aceh Seulawah

Mie Aceh Daging, photo by Mie Aceh Seulawah

Tempat makan di Benhil paling legendaris salah satunya ada Mie Aceh Seulawah. Resto yang berdiri sejak 1996 ini kerap dijadikan destinasi wisata kuliner bareng keluarga. Cocok banget buat kamu yang senang dengan menu khas Aceh.

Utamanya, Mie Aceh Seulawah ini menyajikan hidangan dengan resep warisan keluarga dan terkenal dengan cita rasanya yang kaya akan rempah. Bahkan, hingga dapat penghargaan Juara Nasional Masakan Aceh.

Di resto ini, menu andalannya adalah Mie Aceh Spesial dan cara masaknya bisa pilih antara kering, tumis, atau kuah. Rasanya yang meresap sempurna pasti bikin kamu ngiler. Selain itu, kamu bisa coba Ayam Tangkap khas Aceh ataupun Martabak Aceh.

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.8, RT.5/RW.3, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)
Harga Makanan: Rp35.000 - Rp50.000 per orang

2. Rumah Makan Surya

Tampak Depan RM Surya, photo by Zomato

Banyak rumah makan padang tersebar hampir di seluruh Indonesia, tetapi buat di daerah Benhil Rumah Makan Surya jadi juaranya! Rumah makan padang yang berdiri sejak 1960 merupakan tempat makan legendaris di Benhil. Meski terlihat sederhana, RM Surya ini sudah jadi langganan orang-orang ternama, lho! Sampai-sampai chef dari Amerika yakni Anthony Bourdain pernah makan di RM Surya.

RM Surya ini memiliki menu dengan rempah yang kuat dan resepnya dibuat secara turun-temurun. Makanya, kamu enggak perlu ragu lagi, deh untuk coba makan di RM Surya ini. Kalau kamu pergi makan di RM Surya, jangan lupa untuk coba beberapa menu andalan seperti ayam pop, rendang, gulai tunjang atau dendeng batokok. Buat kamu yang senang makanan berkuah, bisa coba soto padangnya ya!

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.5, RT.10/RW.6, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
Jam Operasional: Senin - Minggu (07.00 - 21.00)
Harga Makanan: <Rp50.000 per orang
Baca Juga: 10 Tempat Makanan Enak di Tanjung Duren, Dijamin Ketagihan!

3. Bopet Mini

Bubur Kampiun, photo by iNews

Kamu sedang cari sajian khas Sumatera Barat tapi beda dari yang lain? Bisa banget kunjungi Bopet Mini di kawasan Benhil! Di Bopet Mini kamu akan temukan makanan Minang selain nasi padang.

Nah, menu andalan Bopet Mini yang wajib dicoba yaitu Bubur Kampiun yang legendaris. Bubur Kampiun adalah sajian bubur sumsum dengan tambahan candil, pacar cina, kolak pisang, bubur ketan hitam, dan bubur kacang hijau.

Selain Bubur Kampiun, kalau makan di Bopet Mini kamu juga akan temukan hidangan lupis padang, ketupat sayur, hingga serabi. Untuk makan di Bopet Mini, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, kok. Rasanya pun dijamin lezat. Mau coba?

Alamat: Jalan Bendungan Hilir No.Kav. 1A, RT.12, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
Jam Operasional: Minggu - Senin (07.00 - 21.30), Sabtu (07.00 - 19.00)
Harga Makanan: <Rp50.000 per orang

4. Sambel Setan Bu Mut

Menu Sambel Setan Bu Mut, photo by Zomato

Pecinta makanan pedas wajib banget datangi ke Sambel Setan Bu Mut di Benhill. Rasa sambalnya yang sangat gurih dan pedas bisa bikin kamu ketagihan! Ada sensasi segar dari tomat ketika kamu menyantap sambal setan punya Bu Mut ini. Cocok jadi hidangan penutup hari karena Sambel Setan Bu Mut mulai buka pukul 6 sore.

Makan di Sambel Setan Bu Mut bukan berarti kamu hanya makan sambal, ya! Sambalnya sangat cocok jika digabungkan dengan lauk pauk seperti ayam, ikan, tahu, serta lalapan. Dengan porsi yang cukup mengenyangkan, Sambal Setan Bu Mut cocok disantap bareng teman atau keluarga.

Alamat: Jl. Penjernihan 1 No.50, RW.8, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
Jam Operasional: Senin - Minggu (18.00 - 02.00)
Harga Makanan: <Rp50.000 per orang

5. Gudeg Pejompongan

Gudeg, photo by Kuliner Kota

Cari gudeg enak di Benhil? Eits, kamu bisa coba nih Gudeg Pejompongan yang sudah terkenal dimana-mana karena rasanya yang lezat dan porsinya jumbo. Salah satu menu andalan dari Gudeg Pejompongan yaitu Nasi Gudeg Ayam. Keistimewaan menu Nasi Gudeg Ayam dari Gudeg Pejompongan itu memiliki tekstur daging yang sangat empuk dan bumbunya meresap sempurna. Enggak perlu heran lagi kalau banyak orang sangat menikmati menu ini.

Cita rasa gudeg dari Gudeg Pejompongan sangat otentik seperti sedang berada di Yogyakarta. Buka dari pukul 7.30 pagi, Gudeg Pejompongan bisa jadi pilihan kamu untuk sarapan. Uniknya, di Gudeg Pejompongan menunya masih dimasak menggunakan arang, lho! Pantas aja makanan legendaris sejak 1964 ini sangat terkenal.

Alamat: Jl. Bendungan Hilir Blok G2 No.15, RT.14/RW.3, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Jam Operasional: Senin - Minggu (07.30 - 19.30)
Harga Makanan: <Rp50.000 per orang

6. Mie Keriting Mas Pujo

Tampak Depan Mie Keriting Mas Pujo, photo by Zomato

Kurang sah rasanya pergi wisata kuliner ke Benhil tanpa makan mie atau bakmie. Cove punya rekomendasi mie enak buat kamu yaitu Mie Keriting Mas Pujo. Tempat Makan yang letaknya di Jalan Bendungan Hilir ini sangat ternama.

Dengan harga affordable, kamu bisa menikmati semangkuk mie bertekstur kenyal yang lezat. Cita rasa dari ayam dan kuah kaldunya pun sangat gurih. Kamu enggak akan merasa rugi kalau coba makan di Mie Keriting Mas Pujo.

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.58 G, RT.7/RW.1, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
Jam Operasional: Senin - Minggu (07.00 - 20.00)
Harga Makanan: <Rp50.000 per orang

7. Soto Mie Sarodja

Soto Mie Bakso, photo by Pergi Kuliner

Tempat makan di Benhil satu ini telah berdiri kurang lebih setengah abad. Pantas saja kalau Soto Mie Sarodja disebut sebagai legendaris Benhil. Sudah ada sejak 1970-an, Soto Mie Sarodja tetap jadi favorit banyak orang karena kualitas makanan yang terjaga.

Di resto ini kamu dapat memesan berbagai varian soto mie. Menu andalannya yakni Soto Mie Daging. Selain itu, terdapat varian lain seperti Soto Mie Bakso, Sup Daging Bakso, dan Bakso. Jadi, kalau sedang jalan-jalan ke Benhil jangan lupa untuk coba kenikmatan dari Soto Mie Sarodja, ya!

Alamat: Jl. D. Tondano No.27, RT.20/RW.4, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
Jam Operasional: Senin - Minggu (07.00 - 17.00)
Harga Makanan: Rp60.000 per orang
Baca Juga: 9 Tempat Makan di Neo Soho Mall yang Wajib Banget Dicoba!

8. Nanami Ramen

Nanami Ramen, photo by GoFood

Buat kamu yang cari makanan Jepang di daerah Benhil, ada Nanami Ramen sang legendaris. Restoran Jepang berlokasi di Teras Benhil ini memang cukup terkenal. Jangan khawatir karena menu ramen di Nanami Ramen sudah dipastikan halal karena hanya menyediakan kuah kaldu ayam. Selain hidangan ramen, Nanami Ramen juga menyediakan curry rice sebagai pilihan alternatif.

Kalau kamu pergi ke sini, wajib untuk coba menu best seller yaitu Abura Soba. Tekstur sobanya tebal dan disajikan kering, rasanya sudah pasti lezat, serta tidak menyengat. Sementara itu, apabila kamu senang dengan rasa ramen yang lebih rich dan strong Spicy Miso Ramen bisa jadi pilihan kamu. Rasa pedasnya sangat menggugah dengan kuah miso yang rasanya dominan.

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.34, RT.8/RW.1, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 21.00)
Harga Makanan: Rp65.000 per orang

9. Goedkoop

Goedkoop, photo by Zomato

Mau santai di coffeeshop waktu weekend? Goedkoop bisa jadi pilihan kamu berakhir pekan. Cafe kekinian di kawasan Benhil ini ramai banget dikunjungi. Daya tarik dari Goedkoop ini terletak pada sajian menu khas Belanda.

Bagi pencinta kopi, kamu wajib coba menu andalan Kopi BonBon dari Goedkoop. Beda dari yang lain, Kopi BonBon ini terbuat dari dua shot espresso dan susu kental manis sehingga cita rasa dari kopi ini manis serta sedikit asam. Untuk pendampingnya, kamu bisa pilih Bitterballen atau Poffertjes. Penasaran? Langsung aja datang ke Goedkoop.

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.62, RT.5/RW.1, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
Jam Operasional: Minggu - Kamis (10.00 - 20.30), Jumat - Sabtu (10.00 - 22.00)
Harga Makanan: Rp65.000 per orang

10. Kanabu

Kanabu, photo by Instagram @/bleuhauss

Kalau kamu adalah penggemar makan-makanan khas Aceh, menyantap aneka hidangan yang ada di Kanabu bisa menjadi pilihan tepat. Tempat makan di Benhil yang satu ini memiliki suasana yang sangat nyaman untuk bersantap bersama keluarga. Uniknya lagi, Kanabu beroperasi mulai dari jam 10 pagi hingga pukul 3 dini hari, cocok banget untuk jadi tempat nongkrong bagi kamu yang sering merasa lapar saat tengah malam.

Makanan andalan Kanabu terletak pada menu Kari Kambing dan Ayam Tangkap. Satu porsi Kari Kambing sudah mencakup potongan daging yang cukup melimpah, ditambah kuah yang medok dan berasa rempahnya, cocok bila dipadukan dengan nasi hangat. Begitu pula dengan kelembutan tekstur Ayam Tangkapnya yang juicy di mulut dan beraroma harum khas pandan, tambah sedap bila dicocol dengan sambal ganja khas Aceh dengan cita rasa manis dan segar.

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.44A, RT.8/RW.1, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 03.00)
Harga Makanan: Di bawah Rp50.000 per orang

11. Chuck’s Cattle

Chuck’s Cattle, photo by Chuck’s Cattle

Cari tempat makan yang buka 24 jam penuh di daerah Benhil? Kamu bisa mampir ke restoran steak house bernama Chuck’s Cattle yang menyajikan aneka menu steak dengan harga murah meriah, yaitu mulai dari Rp45 ribu - Rp100 ribuan saja per porsinya. Bangunan Chuck’s Cattle terdiri dari dua lantai full AC yang terbagi menjadi area indoor dan outdoor, cocok untuk jadi tempat nongkrong bareng teman-teman maupun keluarga.

Salah satu menu favorit pelanggan Chuck’s Cattle adalah Special Rib Eye Steak, tekstur dagingnya yang empuk dan juicy berpadu sempurna dengan potongan french fries dan saus shoyou butter-nya yang gurih. Kamu bisa mengatur sendiri tingkat kematangan daging sesuai preferensi. Bagi kamu yang suka salmon, restoran ini juga menyuguhkan menu Salmon Lavva dengan potongan daging salmonnya yang tebal dan super lembut, juga ada rasa sedikit gurih karena dibalur dengan saus mentai yang di-torch. Sudah terbayang bagaimana sedapnya, bukan?

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.5, Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Jam Operasional: Senin - Minggu (24 jam)
Harga Makanan: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

12. Parkku

Parkku, photo by Instagram @/parkku.id

Parkku merupakan restoran ramen yang kental dengan nuansa modern-kasual ala Negeri Sakura. Tempatnya cukup tersembunyi di area taman perkantoran yang dikelilingi pepohonan, sehingga terasa sangat teduh dan bisa dijadikan tempat untuk brunch sambil WFC. Tidak hanya menyajikan hidangan berupa ramen, tetapi Parkku juga menyuguhkan masakan otentik khas Jepang lainnya, seperti Gyoza, Tempura, Donburi, hingga Sashimi dan Chicken Katsu.

Sebagai pembuka, kamu bisa memesan Gyoza dengan isian dagingnya yang padat, serta memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Kemudian untuk main course, Hokkaido Shrimp Bisque Ramen menjadi menu best seller yang wajib kamu coba, tambah segar dengan paduan dumpling udang dan dua buah telur.

Pilihan dessert dari restoran ini juga menjadi highlight lantaran memiliki presentasi yang unik dengan cita rasa lezat, mulai dari Matcha Tiramisu, Chocolate Brownies, serta Berries Shibuya Toast yang disiram dengan manisnya madu.

Alamat: Area, Sentra BRI, Jl. Jenderal Sudirman Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 44-46, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Jam Operasional: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)
Harga Makanan: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

13. Yunagi

Yunagi, photo by pohon bumi

Restoran Jepang dengan interior menawan mungkin sudah biasa, lalu bagaimana jika ada tempat makan yang menyuguhkan kuliner khas Jepang, tetapi dalam bentuk warung tendaan di pinggir jalan? Kamu bisa menemukannya di Yunagi yang terletak di Jalan Penjernihan II. Tempat makan ini menawarkan aneka sate Yakitori ala Jepang dengan cita rasa manis dan gurih yang sangat ramah kantong, yaitu sekitar Rp7 ribu - 19 ribuan saja per tusuknya. Ada juga menu Niku Udon yang merupakan sajian berupa mie udon dengan irisan daging sapi dan lumuran kuah kaldunya yang pedas gurih. Jam operasional Yunagi dibuka sejak sore hingga tengah malam.

Alamat: Jl. Penjernihan II No. 4, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
Jam Operasional: Senin - Minggu (18:00 - 24:00)
Harga Makanan: Di bawah Rp50.000 per orang

14. Dapoer Seodjuta Rasa

Dapoer Seodjuta Rasa, photo by Instagram @/dapoer.seodjutarasa

Sejak resmi dibuka pada bulan Oktober 2023 lalu, Dapoer Seodjuta Rasa resmi menjadi restoran khas Jawa pertama yang ada di Benhil. Letaknya yang berada dekat dengan area perkantoran pun membuat sebagian besar karyawan selalu memanfaatkan jam makan siang mereka untuk mampir ke sini, termasuk anak kost di Bendungan Hilir. Meski tidak terlalu luas, namun tempatnya benar-benar bersih dan nyaman karena didukung pendingin ruangan.

Dapoer Seodjuta Rasa menyuguhkan aneka prasmanan khas Nusantara dengan harga terjangkau, mulai dari Rp18 ribuan saja per porsi. Pilihan lauknya pun beraneka ragam, sebut saja perkedel kentang, kikil, empal gepuk, oseng daging, hingga ayam goreng lengkuas yang menggugah selera. Terdapat pula lima macam sambal yang bebas kamu pilih sesuai keinginan. Berencana mengadakan acara spesial? Dapoer Seodjuta Rasa juga menerima pesanan tumpeng atau katering yang siap diantarkan menuju lokasi acara.

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.58N, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Jam Operasional: Senin - Minggu (08:00 - 20:00)
Harga Makanan: Di bawah Rp50.000 per orang

15. R.M Cut Nyak

R.M Cut Nyak, photo by detikcom

Rumah Makan Cut Nyak menjadi tempat makan di Benhil yang menyajikan lauk pauk khas Aceh, mulai dari Mie Aceh sampai Nasi Rames. Berlokasi tepat di depan SMPN 40 Jakarta, tempat makan berkonsep restoran sederhana ini selalu diramaikan oleh pengunjung lantaran pilihan menunya yang bervariasi, mulai dari Kari Kambing, Peyek Teri, Tongkol Tumis Aceh, sampai Ikan Kuwe Gulai. Satu piring Ayam Tangkap seharga Rp25 ribu dengan cocolan sambal ganja pun menjadi sajian yang paling terfavorit di Rumah Makan Cut Nyak. Potongan ayamnya yang legit dipadukan dengan timbunan daun kari dan daun pandan akan sangat nikmat bila dinikmati bersama nasi hangat.

Alamat: Jalan Danau Limboto Blok D2 No. 2, Bendunga Hilir Tanah Abang, RT.16/RW.4, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Jam Operasional: Senin - Minggu (10:00 - 21:00)
Harga Makanan: Di bawah Rp50.000 per orang

Kost Fasilitas Premium di Benhil

Kamar Cove Laguna, photo by Cove

Enggak cuma menyediakan makanan legendaris, kawasan Benhill juga punya kost eksklusif dengan fasilitas premium. Cove Laguna sebagai properti kost Bendungan Hilir dari Cove menyediakan tempat tinggal nyaman di tengah kota. Cocok untuk kamu para pekerja. Letaknya yang strategis di tengah kota pun memudahkan mobilitas kamu.

Dengan nuansa minimalis, Cove Laguna mampu memberikan kamu pengalaman tinggal di tempat nyaman dengan fasilitas lengkap seperti lobby, dapur bersama, wifi, keamanan, ruang makan, laundry,dan tempat parkir. Yuk, book viewing kamar kost kamu di Cove Laguna sekarang!