10 Tempat Makanan Enak di Tanjung Duren, Dijamin Ketagihan!

Bakmi, sei sapi, pisang ijo, semuanya ada!

10 Tempat Makanan Enak di Tanjung Duren, Dijamin Ketagihan!
Makanan Enak di Tanjung Duren

Berburu beragam kuliner lezat memang kini menjadi hobi banyak orang untuk memanjakan perut dan lidah. Nah, jika kamu sedang atau tinggal di wilayah Jakarta Barat, maka wajib banget berwisata kuliner di daerah Tanjung Duren, nih!

Terletak di kecamatan Grogol Utara, Tanjung Duren memiliki beragam tempat makan enak yang bisa kamu cobain. Mulai dari bakmi, chinese food, hingga sushi dan dessert manis, semua tersedia di Tanjung Duren. Berikut Cove rangkum 10 rekomendasi tempat makan di Tanjung Duren yang wajib kamu coba!

20 Tempat Makanan Enak di Tanjung Duren

Bakmi Effata

Bakmi Effata via Zomato

Mencari bakmi halal yang gurih dengan tekstur mie yang kenyal? Kamu bisa mencoba Bakmi Effata! Mungkin, bagi sebagian orang khususnya yang berkuliah di Binus University sudah tak asing dengan bakmi yang satu ini. Ya, awalnya, Bakmi Effata terletak di dalam kantin Kampus Anggrek Binus University. Namun semenjak pandemi, Bakmi Effata berpindah tempat di kawasan Tanjung Duren.

Bakmi Effata menyediakan menu bakmi dengan dua pilihan tekstur mi yaitu keriting dan lebar lengkap dengan berbagai topping seperti ayam, pangsit, dan bakso.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Dalam VIII No. 15A
Jam buka: Senin - Sabtu, 07.00 - 17.30
Harga makanan: Rp25.000 - Rp40.000/orang 

Ayam Blenger PSP

Ayam Blenger PSP via Instagram

Bisa bayangin nggak, betapa lezatnya nasi putih hangat dengan topping ayam tepung lengkap dengan sambal bawang yang pedas dan keju mozarella yang meleleh di mulut? Duh, jadi lapar ya bayanginnya. Tenang aja, kelezatan itu bisa kamu dapatkan di Ayam Blenger PSP!

Ayam Blenger PSP menawarkan ayam geprek gurih dengan sambal pedas yang bisa kamu pilih tingkat kepedasannya. Nggak cuma itu, kamu juga bisa pilih berbagai lauk dengan topping sambal yang berbeda, lho! Untuk lauk sendiri, kamu bisa memilih ayam geprek, cumi asin, atau kulit ayam krispi. Sambalnya sendiri juga tersedia sambal bawang, sambal matah, hingga saus mentai a la Jepang. Kalau penasaran gimana rasanya, langsung aja datangi alamatnya di bawah ini!

Alamat : Jl. Tj. Duren Utara 4 No.456, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam buka: Senin - Minggu, 10.00 - 21.00
Harga makanan: Rp25.000 - Rp40.000/orang

Superfood Bak Kut Teh

Superfood Bak Kut Teh via Zomato

Jika kamu bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja, itu tandanya kamu wajib banget cobaik Superfood Bak Kut Teh! Restoran ini menyediakan berbagai menu chinese food khas Malaysia yang jarang kamu temui di tempat lain. Perlu dicatat, berbagai menu di Superfood Bak Kut Teh ini kaya akan rempah dan bumbu, sehingga kaya akan rasa. Beberapa menu yang wajib kamu coba adalah Sup Rumput Laut, Bak Kut Teh, dan Mi Goreng Penang.

Oh ya, satu hal lagi yang perlu kamu tau, nih. Restoran ini juga menyediakan berbagai menu non-halal berbahan dasar babi. Jadi, jika kamu hanya mengonsumsi makanan halal, ada baiknya bertanya dulu pada pelayan di sana, ya.

Alamat: Apartemen Mediterania Garden Residences II Tower Edelweis Unit SH/E7, Jl. Tanjung Duren Raya No.5, RT.3/RW.5, South Tanjung Duren, Grogol petamburan, West Jakarta City, Jakarta 11470
Jam buka: Senin - Minggu, 10.00 - 21.00 (pukul 15.00 - 17.00 tutup)
Harga makanan: Rp100.000 - Rp200.000/orang 

Waroeng Spesial Sambal “SS”

Waroeng Spesial Sambal “SS”

Nggak ada yang bisa ngalahin lezatnya makanan nusantara, lengkap dengan berbagai sambal yang menantang lidah. Jika kamu penggemar berat masakan Indonesia seperti ikan goreng, tumis jamur, telur dadar, hingga berbagai olahan seafood, Waroeng Spesial Sambal “SS” jadi pilihan tepat untukmu memanjakan perut!

Waroeng Spesial Sambal “SS” menyediakan berbagai makanan nusantara lengkap dengan 31 pilihan sambal. Mulai dari sambal terasi, sambal mangga, sambal tempe, hingga sambal cumi dan sambal pecel, semua bisa kamu cicipi! Makanya jangan heran jika di jam tertentu, kamu harus masuk ke dalam waiting list untuk mencoba berbagai menu di tempat makan ini, karena peminatnya yang cukup banyak. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa lakukan reservasi terlebih dahulu, ya!  

Alamat: Jl. Tj. Duren Utara 4 No.224, RT.8/RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam buka: Selasa - Minggu, 15.00 - 20.00
Harga makanan: Rp35.000 - Rp75.000/orang

Daging Asap Sambal Sei Sapi

Daging Asap Sambal Sei Sapi via Zomato

Pernah mencoba Sei Sapi, makanan khas Nusa Tenggara Timur yang kaya aroma dan rasa? Kabar baik untukmu, kini tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke Nusa Tenggara Timur untuk mencoba makanan yang satu ini!

Di restoran bernama Daging Asap Sambal Sei Sapi, kamu bisa mencicipi lezatnya Sei Sapi lengkap dengan daun singkong, serta berbagai pilihan sambal sebagai cocolan seperti sambal luat pedas asam, sambal kecombrang, dan sambal matah. Oh ya, tidak hanya daging sapi saja, menu lidah sapi juga tersedia di restoran ini.

Alamat: Jl. Tj. Duren Utara 4 No.228, RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam buka: Senin - Minggu, 00.00 - 23.59
Harga makanan: Rp50.000 - Rp75.000/orang

Street Sushi

Siapa bilang menyantap sushi harus mahal? Di Street Sushi yang terletak di Tanjung Duren Utara ini, kamu bisa menyantap berbagai masakan khas Jepang dengan harga kaki lima, namun kualitas bintang lima! Street Sushi menyediakan berbagai menu sushi dengan topping salmon, kani stick, hingga tamago dan tuna lengkap dengan saus khas Jepang yang gurih. Kamu juga bisa mencoba menu fusion seperti Salmon Mentai Rice dan Salmon Mozza yang memiliki rasa unik!

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara IV No. 362B, Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Jakarta
Jam Buka: Senin - Minggu, 15.30 - 23.50
Harga makanan: Rp50.000 - Rp75.000/orang

Fish Streat

Fish Streat via instagram.com

Mau makan seafood yang ‘nggak itu-itu aja’, Fish Streat pilihannya! Seperti namanya, restoran ini menawarkan fish and chips dengan potongan ikan lembut yang bisa kamu nikmati bersama kentang goreng atau pasta dengan berbagai saus pilihan. Tidak hanya fish and chips, di Fish Streat juga kamu bisa menikmati berbagai seafood lainnya seperti Grilled Shrimp, udang segar yang dibakar dengan rasa gurih, atau Seafood Shack yang cocok untuk disantap bersama teman-temanmu karena porsinya yang cukup besar.

Oh ya, Fish Streat juga memiliki banyak cabang, salah satunya yang terletak di Tanjung Duren ini. Wajib banget coba!

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara 3 No.Kav.326, RT.7/RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 22.00
Harga makanan: Rp30.000 - Rp75.000/orang
Cove The Peak Garden | Cove
Cove The Peak Garden adalah kost eksklusif dengan harga terjangkau yang nyaman di Jakarta Barat. Semua kamar fully furnished dengan desain minimalis dan juga dilengkapi dengan fasilitas bersama seperti lounge, dapur bersama, dan rooftop. Berlokasi di dekat Mal Central Park dan Mal Taman Anggrek, lif…

Nasi Goreng Gila Gondrong Obama

Nasi Goreng Gila Gondrong Obama via Asian Food Network

Salah satu nasi goreng legend di kawasan Menteng ini juga punya cabang di Tanjung Duren, lho! Terkenal dengan menu Nasi Gila, tempat ini sudah berjualan sejak tahun 80-an. Adapun alasan mengapa dinamakan Nasi Goreng Gila Gondrong Obama karena cabang pertamanya terletak di Menteng, tepat di depan sekolah Obama dulu.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati Nasi Goreng Gila dan Nasi Gila dengan berbagai topping seperti pete, keju mozarella, dan lainnya.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara 3, RT.7/RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 00.00 - 23.59
Harga makanan: Rp25.000 - Rp40.000/orang

Kedai Pisang Ijo Pemuda

Kedai Pisang Ijo Pemuda via Kumparan

Setelah kenyang menyantap berbagai menu utama dari 8 rekomendasi tempat di atas, kini saatnya kamu memanjakan lidah dengan kudapan manis yang menyegarkan! Salah satunya mencoba Es Pisang Ijo, makanan khas Makassar, di Kedai Pisang Ijo Pemuda. Selain Es Pisang Ijo, kamu juga bisa menyantap menu lain seperti Es Kacang Merah, Es Pisang Kacang, dan Es Segar Ceria.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara IV. Blok. O No. 468 a-b RT 011 / RW. 003 RT.11, RT.11/RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 22.00
Harga makanan: Rp25.000 - Rp50.000/orang

Sop Duren 88

Sop Duren 88 via Instagram

Jika kamu gemar menyantap durian, maka Sop Duren 88 bisa jadi tempat yang cocok nih untukmu. Di tempat makan ini, tersedia berbagai olahan durian mulai dari Es Krim Durian, Sop Durian, Pancake Durian, Jus Durian, dan masih banyak lagi. Tidak hanya durian, kamu juga bisa melengkapinya dengan topping sesuai selera, seperti: ketan hitam, grass jelly, almon, dan masih banyak lagi!

Alamat : Jl. Tanjung Duren Raya No.60, RT.1/RW.4, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 12.00 - 22.00
Harga makanan: Rp30.000 - Rp50.000/orang

ONNI House

ONNI House, photo by Manual Jakarta

Ingin menyantap hidangan lezat dengan desain tempat yang kekinian? Kamu bisa datang ke ONNI House, cafe yang menyediakan beragam menu mulai dari pasta, steak, opor, hingga berbagai dessert. Nah, jika kamu menyukai makanan manis, kamu bisa mencoba panacotta dan cheese cake ONNI House yang terkenal.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara V No.242, RW.3, Tj. Duren Utara, V, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.30 - 21.00
Harga makanan: Rp50.000 - Rp100.000/orang

Mr. Robak

Mr. Robak, photo by Grab

Kalau kamu mencari tempat nongkrong di sekitar Tanjung Duren dengan hidangan yang lezat, Mr. Robak merupakan pilihan yang pas. Cafe yang satu ini menawarkan berbagai cemilan seperti roti bakar, indomie, pisang bakar, dan lainnya dengan beragam topping dengan harga yang cukup terjangkau. Jika kamu menginginkan makanan berat, kamu bisa memesan nasi ayam sambal matah dan nasi gila yang pedasnya bisa disesuaikan dengan selera kamu.

Alamat: Jl. Taman Daan Mogot Raya No.32, RW.1, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 02.00
Harga makanan: Rp30.000 - Rp50.000/orang

Soto dan Sop Bang Nawi

Soto dan Sop Bang Nawi, photo by Traveloka Eats

Kuliner Tanjung Duren ini cukup populer dan terkenal, sehingga tak heran jika kamu ingin mencoba makan di tempat, kamu harus rela antri hingga berjam-jam. Soto dan Sop Bang Nawi menyajikan soto khas Betawi dengan kuah yang sangat gurih menggunakan susu sapi dan santan, untuk menghasilkan kuah yang creamy. Tidak hanya kuahnya yang bikin nagih, potongan dagingnya pun cukup banyak dan melimpah. Oh ya, kamu juga bisa memilih metu soto atau sop kikil, buntut, hingga jeroan. Pokoknya, lengkap banget!

Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No.362, RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 11.00 - 21.00
Harga makanan: Rp50.000 - Rp70.000/orang

Nasi Uduk dan Ayam Goreng Lahap

Nasi Uduk dan Ayam Goreng Lahap, photo by Kompas

Seperti namanya, ayam goreng dan nasi uduk di tempat ini bisa membuat kamu makin lahap menyantap, karena rasanya yang terkenal enak. Selain nasinya yang pulen dan ayamnya yang super renyah, kamu juga bisa tambah nasi sepuasnya, termasuk juga lalapan, sambal, dan juga teh.

Oh ya, kamu juga tidak perlu merogoh kocek karena menu makanan di Nasi Uduk dan Ayam Goreng Lahap sangat terjangkau. Untuk seporsi nasi uduk, kamu hanya perlu membayar Rp8.000, sepotong ayam goreng Rp22.000. Kamu juga bisa memesan menu lainnya seperti semur, acar kuning, serundeng, orek tempe, sayur kangkung, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No.66, RT.1/RW.4, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 11.30
Harga makanan: Rp30.000 - Rp50.000/orang

Dapur Vegetarian

Dapur Vegetarian, photo by Qraved

Siapa bilang vegetarian tak bisa menyantap makanan seperti ayam dan bakso? Di Dapur Vegetarian, kamu bisa mencicipi berbagai hidangan yang terbuat dari sayur-mayur dan jamur seperti pepes tahu, ayam goreng, bakso, hingga lampah jagung dan sate yang tak kalah enak dengan protein hewani. Menarik banget, kan?

Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No.74, RT.1/RW.4, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 19.00
Harga makanan: Rp30.000 - Rp50.000/orang

Bakso Boedjangan

Bakso Boedjangan, photo by Makanlagi

Menyantap bakso daging sapi dengan kuah hangat yang segar sudah biasa, namun, apakah kamu pernah menyantap bakso yang dikombinasikan dengan keju mozarella? Well, kamu bisa menemukannya di Bakso Boedjangan!

Kedai bakso yang satu ini memiliki menu bakso sapi lembut yang diisi dengan keju mozarella yang gurih dan creamy. Tak hanya itu, kamu juga tetap bisa mencampur bakso dengan berbagai topping seperti tauge, mie kuning, bihun, hingga sayuran. Selain memesan bakso mozzarella, kamu juga wajib mencoba bakso daging wagyu yang super empuk dan juicy!

Alamat: Jl. Tanjung Duren Barat Raya No.360 C, RT.7/RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 20.00
Harga makanan: Rp30.000 - Rp50.000/orang

Bakmi Krekot

Bakmi Krekot, photo from Zomato

Bisa dibilang, Jakarta Barat memang surganya bakmi dan chinese food. Nah, jika kamu salah satu penggemar bakmi yang nikmat, kamu bisa mampir ke Bakmi Krekot. Di sini, kamu bisa menikmati bakmi karet yang gurih dipadukan dengan potongan cakwe yang crispy dan tasty sebagai topping. Jangan takut, harganya juga terjangkau, kok! Mulai dari Rp33.000 saja permangkoknya, dan kamu juga bisa menambah topping seperti pangsit rebus dan bakso goreng.

Alamat: Komplek Aldiron, Jl. Raya Daan Mogot No.119, RT.6/RW.5, Kedoya Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520
Jam Buka: Senin - Minggu, 06.00 - 02.00
Harga makanan: Rp33.000 - Rp50.000/orang

Kwetiau Sapi Mangga Besar 78

Kwetiaw Sapi Mangga Besar, photo from Detik Food

Buat kamu pecinta kwetiau, pasti udah nggak asing deh dengan Kwetiau Sapi Mangga Besar 78! Ya, kedai ini memang sudah terkenal sejak tahun 1973, dan masih mempertahankan cita rasa otentik dan kelezatannya. Kamu wajib banget mencoba kwetiau sapi siram, yaitu kwetiau empuk yang dipadu dengan potongan daging sapi yang gurih, juicy, dan tentunya melimpah. Harganya juga cukup terjangkau, lho!

Alamat: Jl. Mangga Raya Green Ville No.2, RT.1/RW.9, Duri Kepa, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510
Jam Buka: Senin - Minggu, 09.00 - 21.00
Harga makanan: Rp40.000 - Rp50.000/orang

Bakmi Ayam Asui

Bakmi Ayam Asui, photo from Rinnai Indonesia

Satu lagi bakmi chinese di daerah Tanjung Duren yang wajib kamu coba, Bakmi Ayam Asui! Bakmi ini memiliki tekstur karet yang lebar, dilengkapi dengan potongan ayam yang besar, telor puyuh, serta ati ampela yang akan memperkaya tekstur di setiap gigitan. Jangan lupakan juga kuahnya yang hangat dan gurih, cocok dipadupadankan dengan sambal yang pedas. Dijamin deh, sekali coba, pasti kamu akan ketagihan lagi dan lagi.

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara IIIA No.337, RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 06.00 - 01.00
Harga makanan: Rp30.000 - Rp40.000/orang

Martabak Bangka Akim

Martabak Akim, photo by Kumparan

Sudah puas makan yang asin, gurih, hingga pedas, kini saatnya memanjakan lidah kamu dengan yang manis-manis. Kamu bisa mampir ke Martabak Bangka Akim, yang terkenal dengan topping-nya yang super tebal dan nggak pelit. Jangan lupa untuk memesan menu andalannya, yaitu martabak gulung pangan dengan isian berupa cokelt, keju, dan wijen.

Alamat: 4, Jl. Tanjung Duren Raya No.45, RT.2/RW.3, Tj. Duren Utara, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Jam Buka: Senin - Minggu, 10.00 - 22.00
Harga makanan: Rp50.000 - Rp60.000/orang

Kost Aesthetic di Tanjung Duren

Miliki hunian nyaman di daerah Tanjung Duren dengan tinggal di Cove The Peak Garden! Coliving yang satu ini memiliki fasilitas lengkap serta desain kamar yang tidak hanya nyaman dan tenang, namun juga memiliki desain yang aesthetic. Yuk, tinggal di Cove The Peak Garden sekarang!

Harga mulai Rp2.500.000/bulan

Selengkapnya tentang Cove The Peak Garden

Temukan Kost Terbaik di Jakarta Barat: