10 Tempat Belanja di Bandung yang Lengkap dan Populer

10 Tempat Belanja di Bandung yang Lengkap dan Populer
Tempat belanja di Bandung, photo by Atourin

Bandung adalah salah satu destinasi wisata favorit yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya memiliki pesona alam yang sangat indah, kota ini juga sangat cocok untuk kamu yang senang shopping. Ya, ada banyak sekali tempat belanja di Bandung yang bisa kamu coba kunjungi.

Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai toko yang menjual berbagai brand-brand internasional ternama,  hingga brand lokal dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan brand ternama tersebut. Berikut adalah rekomendasi tempat belanja di Bandung yang lengkap, populer dan wajib kamu kunjungi!

Heritage

Heritage, photo by Tempat Wisata Seru

Siapa sih disini yang tidak kenal Heritage? Tempat belanja di Bandung yang satu ini berada di sebuah bangunan heritage (peninggalan sejarah) yang didirikan sejak tahun 1895, lho. Beberapa ciri khas dari gedung dengan desain lawas ini adalah dominasi warna putih, pilar-pilar yang besar dan menjulang hingga plafon dan memiliki desain bangunan vintage ala kolonial Belanda.

Dibalik desainnya yang menarik, Heritage merupakan salah satu toko factory outlet yang menjual berbagai pakaian dan produk fesyen lainnya dengan kualitas yang sangat baik dan harga yang terjangkau. Tidak ayal, tempat belanja satu ini menjadi salah satu tujuan berbelanja yang sangat populer, terutama di akhir pekan.

Alamat: Jalan LLRE Martadinata No.63-65, Bandung, Jawa Barat.
Jam Buka: Senin - Jumat (24 jam)

Rumah Mode

Rumah Mode, photo by Atourin

Salah satu destinasi tempat belanja di Bandung lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Rumah Mode. Tempat ini seringkali disebut sebagai one-stop shopping place karena di dalamnya menjual berbagai jenis fesyen yang menarik. Mulai dari pakaian, sepatu, tas, hingga berbagai jenis aksesoris yang menarik bisa kamu dapatkan di Rumah Mode.

Tidak hanya itu saja, lho, di dalamnya juga terdapat sebuah area kuliner yang cukup besar, yang menawarkan berbagai jenis pilihan kuliner lezat dan terjangkau, lengkap dengan tempat makan yang memiliki pemandangan kolam yang indah.

Alamat: Jalan Dr. Setiabudi No.41, Pasteur, Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Minggu (09.30 - 20.30)

Blossom

Blossom, photo by Keepo

Berada di kawasan Dago, Blossom adalah salah satu tempat belanja di Bandung yang sangat populer, terutama di akhir pekan. Sesuai dengan namanya, factory outlet ini memiliki desain bunga matahari besar pada bagian eksteriornya yang sangat menarik perhatian.

Di dalam factory outlet Blossom kamu bisa menemukan berbagai jenis produk fashion, mulai dari pakaian, jaket, sepatu, tas, hingga sandal jepit. Tempat ini juga menjual berbagai brand-brand asli Bandung yang memiliki kualitas tinggi dan tidak kalah saing dengan brand mancanegara.

Alamat: Jalan Ir. H. Juanda No.112, Dago, Kota Bandung, Jawa Barat.
Jam Buka: Senin - Jumat (09.00 - 21.30)

Pasar Cibaduyut

Pasar Cibaduyut, photo by Pinhome

Berlibur ke Bandung belum lengkap apabila kamu belum berkunjung ke Pasar Cibaduyut. Tempat belanja di Bandung ini merupakan salah satu tempat favorit yang disukai oleh para pecinta kerajinan tangan kulit.

Ya, di Pasar Cibaduyut ini menawarkan berbagai pilihan kerajinan kulit homemade asli Cibaduyut. Beberapa produk yang bisa kamu beli di sini mulai dari sepatu, tas, dompet, hingga sepatu yang kualitasnya patut diacungi jempol. Produk-produk yang berasal dari pasar ini juga banyak yang diekspor ke mancanegara.

Alamat: Jalan Cibaduyut No.7, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)

Gasibu

Gasibu, photo by DPRD Kota Bandung

Nah, buat kamu yang mencari tempat belanja di Bandung yang murah meriah dan tidak menguras kantong, kamu bisa berkunjung ke Gasibu. Di tempat ini kamu bisa menemukan aneka jenis barang jualan, mulai dari baju, celana, sepatu, sandal, mainan, bahkan hingga jajanan kaki lima. Tempat yang sangat identik dengan pasar rakyat ini bisa kamu kunjungi setiap hari minggu di depan Gedung Sate.

Alamat: Jalan Diponegoro, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: Minggu (05.30 - 12.00)

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung, photo by Pikiran Rakyat

Buat kamu yang ingin shopping tanpa harus takut mengeluarkan budget yang besar, coba mampir ke Pasar Baru Bandung, yuk! Tempat belanja di Bandung ini sangat terkenal di antara wisatawan mancanegara seperti dari Malaysia, Brunei, Timur Tengah, hingga Afrika! Wisatawan tersebut biasanya membeli produk-produk yang dijual dalam jumlah besar atau grosir, lalu dikirim kembali ke negara asalnya untuk dijual. Mereka percaya bahwa kualitas produk dan harga yang dijual di Pasar Baru Bandung ini bisa bersaing dengan produk mancanegara lainnya.

Alamat: Jalan Otto Iskandar Dinata No.152, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Jumat (08.00 - 18.00)

Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas, photo by Medcom

Jalan Cihampelas adalah salah satu destinasi tempat belanja di Bandung yang wajib kamu kunjungi. Tempat yang menjadi salah satu ikon di kota Bandung ini selalu ramai dikunjungi oleh turis dari luar kota dan tidak pernah satu hari pun terlihat sepi. Salah satu alasan Jalan Cihampelas selalu ramai adalah kamu bisa menemukan toko-toko yang menjual berbagai produk fesyen brand lokal hingga brand mancanegara. Tidak hanya itu juga, saat ini juga sudah ada Teras Cihampelas yang menyediakan berbagai jenis kuliner lokal hingga mancanegara. Menarik ya?

Alamat: Jalan Cihampelas, Cipaganti, Kota Bandung, Jawa Barat.
Jam Buka: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)

Paris Van Java

Paris Van Java, photo by Katadata

Paris Van Java Resort Lifestyle Place atau biasa dikenal sebagai Paris Van Java adalah salah satu tempat belanja di Bandung yang pertama kali diresmikan pada tahun 2006. Mal yang mengusung konsep semi-open air ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata sekaligus tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Bandung.

Bangunan mal yang kental sekali dengan nuansa Eropa menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Mal yang memiliki 4 lantai ini dipenuhi dengan berbagai jenis toko yang sangat lengkap. Mulai dari toko buku, toko baju, restoran hingga pasar swalayan.

Alamat: Jalan Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kota Bandung, Jawa Barat.
Jam Buka: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)

Pasar Sentra Rajut

Pasar Sentra Rajut, photo by Bisnis Tempo

Rekomendasi tempat belanja di Bandung yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Pasar Sentra Rajut yang berlokasi di kawasan Binong Jati. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa menemukan banyak pilihan baju rajutan yang berkualitas tinggi dengan kualitas yang tidak kalah dari brand-brand ternama. Harganya juga sangat terjangkau, jadi kamu bisa membeli banyak pakaian rajut tanpa harus takut menguras dompetmu!

Alamat: Gang Kurnia I, Binong, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat
Jam Buka: Senin - Jumat (07.00 - 22.00) Sabtu (07.00 - 17.00)

Pasar Palasari

Pasar Palasari, photo by Kompas

Buat kamu yang senang membaca buku, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pasar Palasari. Tempat belanja di Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 1980 ini menyediakan banyak sekali pilihan buku-buku bacaan lawas yang sangat ramah di kantong. Tidak jarang juga ada kios yang menyediakan buku-buku langka yang dijual dengan harga yang tinggi, lho! Supaya tidak tertipu dengan harga yang ditawarkan, pastikan kamu sudah mencari dan mengetahui harga pasaran dari buku yang kamu incar, ya!

Alamat: Bursa Buku Palasari, Jalan Palasari No.45, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.
Jam Buka: Senin - Jumat (09.00 -17.00)

Rekomendasi Kost Eksklusif yang Nyaman di Bandung

Apabila kamu memiliki rencana untuk berlibur atau pindah ke Bandung, kamu bisa mencoba untuk tinggal di kost ekslusif yang modern dan nyaman di Bandung. Desain kost yang memiliki sentuhan modern akan memberikan suasana yang nyaman layaknya tinggal di villa atau resort berkelas. Tidak hanya itu saja, kost eksklusif di Bandung ini memiliki banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan dan akan menunjang kenyamanan selama kamu tinggal.

Mulai dari Rp1.600.000/bulan

Selengkapnya tentang Kost Eksklusif di Bandung