10 Taman di Jakarta Selatan untuk Piknik Cantik

10 Taman di Jakarta Selatan untuk Piknik Cantik
Taman di Jakarta Selatan

Jakarta memang dikenal  sebagai kota metropolitan yang sibuk. Namun hal itu bukan berarti kamu tidak bisa bersantai dan menikmati waktu di Jakarta ya. Faktanya, ada banyak sekali tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi untuk piknik cantik, bermain, atau bersantai bersama teman atau keluarga. Misalnya kamu bisa pergi ke taman. Ada banyak taman di Jakarta Selatan yang bisa menjadi pilihan menarik untuk piknik cantik. Mau tahu di mana saja rekomendasi taman di Jakarta Selatan? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Tebet Eco Park

Tebet Eco Park, photo by metro.sindonews.com

Tebet Eco Park adalah taman baru yang diresmikan pada bulan April 2022. Di sini ada jembatan ikonik berbentuk angka delapan dan jembatan panjang berwarna oranye yang menghubungkan dua taman. Faktanya, warna oranye ini dipilih karena menjadi warna ciri khas klub sepak bola Persija Jakarta. Di sini juga ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung, seperti playground, area UMKM, dan ruang terbuka hijau.

Lokasi:Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan

Taman Langsat

Taman Langsat, photo by travelspromo.com

Taman ini populer menjadi tempat untuk jogging dan olahraga ringan. Tapi pemandangannya juga cantik untuk jadi tempat piknik, lho. Di tengahnya ada danau kecil yang sangat indah dan estetik. Cocok sekali untuk menjadi spot foto. Konon, kalau menjelang malam, di sini banyak cerita misteri juga. Tapi tenang, di siang hari banyak dikunjungi orang. Lokasinya juga cukup strategis karena dekat dengan stasiun MRT.

Lokasi: Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

Taman Literasi Martha Tiahahu

Taman Literasi Martha Tiahahu, photo by rukita.co

Ada lagi taman baru di daerah Jakarta Selatan. Dulunya tempat ini sempat terbengkalai. Tapi siapa sangka sekarang sudah direvitalisasi menjadi taman yang cantik untuk piknik. Tidak hanya itu, di sini juga menjadi pusat literasi, lho. Ada perpustakaan yang bisa dikunjungi semua kalangan. Kalau kamu ingin piknik sambil baca buku, bisa datang ke sini.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

Taman Ayodya

Taman Ayodya, photo by getlost.id

Taman di Jakarta Selatan yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Taman Ayodya. Di sini, pemandangannya sangat cantik, apalagi ada tambahan lampu taman yang menambah kecantikannya pada malam hari. Keunikan dari Taman Ayodya adalah di sini tersedia fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas, mulai dari toilet hingga kursi roda. Jadi semua orang bisa menikmati keindahan taman ini.

Lokasi: Jl. Lamandau III, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

Taman Spathodea

Taman Spathodea, photo by getlost.id

Taman cantik lain yang bisa kamu kunjungi di daerah Jakarta Selatan adalah Taman Spathodea. Di sini, tersedia sarana olahraga seperti outdoor gym dan jalur untuk jogging atau bersepeda. Selain itu, di taman ini juga disediakan playground untuk bermain anak-anak. Kalau kamu ingin piknik santai, kamu bisa melihat kolam ikan juga.

Lokasi: Gang Kriep No. 13, RT 013 RW 005, Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620.

Taman Tabebuya

Taman Tabebuya, photo by sinergijakarta.com

Kalau kamu ingin piknik cantik di taman yang bernuansa bunga-bunga, kamu bisa datang ke Taman Tabebuya. Di sini ditanami bunga tabebuya uang mirip dengan bunga sakura. Kamu bisa bermain, berolahraga, atau hanya sekadar bersantai. Sebagai tips, kalau kamu ingin melihat bunga tabebuya bermekaran, kamu bisa datang pada bulan Oktober. Itu adalah jadwal bunga-bunga tabebuya bermekaran. Gimana? Tertarik ke sini?

Lokasi: Jl. Muhammad Kafi No. 1, RT 001 RW 002, Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630.

Taman Mataram

Taman Mataram, photo by jakarta-tourism.go.id

Taman di Jakarta Selatan lain yang bisa kamu kunjungi untuk piknik adalah Tama Mataram. Selain itu, di sini juga bisa menjadi tempat jogging karena tersedia jogging track. Di sini juga sudah disediakan bangku-bangku taman dan toilet yang proper, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena fasilitasnya sudah lengkap. Tempatnya sangat teduh karena banyak pepohonan rindang. Ada pula perpustakaan mini. Dan yang paling ikonik adalah adanya patung Yuri Gagarin, seorang kosmonot asal Rusia.

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No.2, Selong, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

Taman Puring

Taman Puring, photo by travel.kompas.com

Kalau kamu ingin piknik bersama anak-anak, cocok banget pergi ke Taman Puring. Di sini, ada fasilitas bermain anak yang cukup besar. Anak-anak bisa main perosotan, panjat-panjatan, cargo net climbing, ayunan, rocking elephant, bahkan bermain di taman air mancur. Pokoknya sangat ramah anak. Anak-anak pasti senang bermain di sini.

Lokasi: Jl. Kyai Maja, RT.7/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

Taman Dadap Merah

Taman Dadap Merah, photo by ayoketaman.com

Selanjutnya, ada Taman Dadap Merah yang berbentuk seperti bukit nan hijau. Di sini juga tersedia track jogging untuk kamu yang hobi berolahraga. Selain itu, fasilitasnya juga sudah lengkap, mulai dari bangku-bangku taman, toilet, tempat ibadah, dan lainnya. Keunikan lain dari Taman Dadap Merah adalah adanya aliran sungai yang cukup deras. Kalau kamu datang membawa anak-anak, sebaiknya perhatikan jika bermain di dekat sungai, ya!

Lokasi: Jl. Kebagusan Dalam, RT.8/RW.4, Kebagusan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan

Taman Kebagusan

Taman Kebagusan, photo by ayoketaman.com

Terakhir, ada Taman Kebagusan yang bisa kamu datangi di sekitar Jakarta Selatan. Taman ini juga terbilang ramah anak karena ada tempat bermain untuk mereka. Selain itu, fasilitasnya juga terjaga dengan baik dan bersih. Kamu bisa bersantai di sini sambil mengawasi anak-anak bermain. Kalau mau piknik cantik bersama teman juga bisa.

Lokasi: Jl. Kebagusan I, RT.9/RW.7, Kebagusan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520

Nah, itulah 10 rekomendasi taman di Jakarta Selatan yang bisa kamu kunjungi. Lebih seru lagi kalau mengunjungi taman adalah karena gratis. Kamu tidak akan dikenai tiket masuk apapun karena taman merupakan salah satu fasilitas publik. Mungkin ada beberapa taman yang memiliki aturan seperti jam kunjungan atau lainnya. Tapi hal itu tidak menjadi masalah. Yuk, ke taman di Jakarta Selatan!