Pantai Petitenget: Daya Tarik & Rekomendasi Tempat Hangout!

Pantai Petitenget: Daya Tarik & Rekomendasi Tempat Hangout!
Pantai Petitenget, photo from Urbanest Villa Inn

Saat sedang di Bali, belum lengkap rasanya jika kita tidak jalan-jalan ke pantai untuk sekadar melihat sunset atau bersantai di pinggir pantai. Tidak perlu jauh-jauh ke daerah Nusa Dua atau Uluwatu, Seminyak juga memiliki banyak pantai cantik untuk melihat sunset dan bersantai, salah satunya Pantai Petitenget.

Pantai Petitenget adalah salah satu pantai di Bali yang paling banyak digemari oleh turis lokal maupun mancanegara. Kalau kamu penasaran lokasi, daya tarik, serta tempat hangout di sekitar Pantai Petitenget, simak informasi lengkapnya di artikel ini, yuk!

Serba-serbi Pantai Petitenget

Sejarah, Lokasi dan Jam Buka

Photo from Kintamani.id

Sama seperti pantai lainnya di Bali, Pantai Petitenget memiliki sejarah tersendiri yang wajib kamu tau. Menurut informasi dari buku Virtual Reality karya Alta Pridi, Pantai Petitenget berasal dari kata peti angker, di mana konon pantai tersebut merupakan kawasan angker. Area hutan liar di sekitar Pantai Petitenget dipercaya dihuni oleh raksasa buto ijo, yang kemudian digantikan dengan Pura Petitenget. Sehingga, kawasan yang dulunya lekat dengan keangkeran menjadi tempat yang layak serta aman dikunjungi.

Pantai Petitenget berlokasi di Seminyak, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Tepatnya berada di desa Kerobokan, kecamatan Kuta Utara, dan berjarak hanya 15 menit menggunakan kendaraan dari Denpasar. Sama seperti pantai pada umumnya, pantai ini dibuka 24 jam, dan kamu hanya perlu membayar sebesar Rp5.000 saja untuk biaya parkir motor dan Rp10.000 untuk parkir mobil, jika membawa kendaraan.

Daya Tarik Pantai Petitenget

Photo from Befreetour

Pantai Petitenget memiliki banyak daya tarik bagi para pengunjung lokal maupun mancanegara. Berikut beberapa di antaranya:

Pemandangan Sunset

Daya tarik Pantai Petitenget yang paling terkenal adalah pemandangan matahari terbenamnya yang sangat indah. Di sini, kamu bisa melihat matahari terbenam dengan sempurna, perlahan menghilang di ufuk Barat. Di hari yang cerah, kamu bisa melihat kombinasi warna pink, ungu, dan oranye di waktu bersamaan, dilengkapi dengan suara deburan ombak dan kawanan burung yang terbang kembali ke sarangnya. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah ini, ya!

Pura Petitenget

Di pantai ini, kamu bisa mampir ke Pura Petitenget, tempat beribadah dan pemujaan warga setempat. Puranya yang megah dan terawat nggak heran menjadi daya tarik bagi turis, di mana para turis bisa sambil mempelajari kebudayaan Hindu Bali.

Ayunan

Pantai Petitenget memiliki ayunan di pinggir pantai, sebagai salah satu ikon Pantai Petitenget yang paling terkenal. Di ayunan ini, kamu bisa bermain, sambil berfoto selfie atau portrait dengan background pemandangan pantai yang indah.

Rekomendasi Kegiatan di Pantai Petitenget

Photo from Swell Bali

Dengan segala keindahan dan daya tariknya, kamu bisa melakukan banyak aktivitas di Pantai Petitenget. Apa saja?

Menyaksikan Sunset

Salah satu alasan Pantai Petitenget paling banyak dikunjungi pada sore hari adalah pemandangan sunset-nya yang sangat indah. Nggak heran, kalau menyaksikan sunset menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini. Kamu bisa sambil membeli snack yang dijual oleh pedagang kaki lima di sekitar pantai, membawa bekal, hingga mengajak anabul kesayangan untuk menyaksikan sunset bersama di pinggir pantai.

Surfing

Pantai Petitenget memiliki ombak yang cukup besar, sehingga cocok menjadi spot para surfer kelas menengah-professional. Bagi kamu yang hobi berselancar, Pantai Petitenget bisa menjadi lokasi tepat untuk kamu! Oh ya, jika kamu pemula dan ingin belajar surfing, di sini, banyak kok yang menawarkan jasa les surfing dengan harga mulai dari Rp200.000 per sesi.

Berjemur

Sama seperti area pantai lainnya di Bali, Pantai Petitenget memiliki cuaca yang cukup terik di siang hari. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk berjemur, bagi kamu yang ingin tanning selagi bersantai.

Berenang

Kamu bisa kok, berenang di Pantai Petitenget! Namun, karena ombaknya yang cukup besar, pastikan kamu bermain atau berenang hanya di pinggirannya saja, demi keselamatan bersama, ya.

Membawa Anabul

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan mengajak anjing peliharaan bermain di area pantai. Di sini, kamu bisa bebas membawa anjing peliharaan kamu untuk bermain, berlari, dan berinteraksi dengan anjing lainnya.

Menyantap Makanan

Area Pantai Petitenget dikelilingi oleh banyak penjual makanan ringan dan juga restoran sekitar Seminyak dengan menu makanan yang beragam. Kamu bisa bersantai melihat pemandangan pantai, sambil menyantap makanan yang lezat.

Tempat Hangout di Sekitar Pantai Petitenget

Tidak hanya bersantai di pantai saja, kamu bisa kok hangout di berbagai tempat menarik sekitar Pantai Petitenget. Berikut list-nya!

Mano Beach House

Mano Beach House, photo from Leon Design Agency

Mano Beach House terletak di depan Pantai Petitenget, menghadirkan beach house dengan desain bohemian yang nyaman. Di sini, kamu bisa memesan berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari makanan khas Indonesia sampai internasional. Mano Beach House juga memiliki pool kecil yang bisa kamu gunakan untuk bersantai.

Alamat: Jl. Pantai Pura Petitenget Kerobokan Kelod, Seminyak, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 11.00 - 23.00 WITA
Harga: Rp50.000 - Rp150.000/orang

Ku De Ta Beach Club

Ku De Ta Beach Club, photo from Bali Comfy Villas 

Ingin menikmati infinity pool di pinggir pantai? Kamu bisa mampir ke Ku De Ta Beach Club yang ada di Pantai Petitenget. Beach club ini menawarkan berbagai makanan dan minuman, di mana kamu bisa menyantapnya sambil bersantai di kolam atau jejeran kursi yang sudah disediakan. Pas banget untuk chill sambil menunggu sunset!

Alamat: Jl. Kayu Aya No.9, Seminyak, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 08.00 - 00.00 WITA
Harga: Rp100.000 - Rp200.000/orang

Potato Head Beach Club

Potato Head Beach Club, photo from Batu Karang Lembongan Resort & Spa 

Siapa sih, yang nggak tau Potato Head Beach Club? Beach Club satu ini sudah berdiri sejak lama, dan mengusung konsep sustainable. Di sini, kamu bisa menikmati minuman alkohol dan non-alkohol, serta berbagai makanan dan cemilan sambil bersantai di kolam. Kamu juga bisa mampir ke Sunset Park, rooftop bar yang ada di Potato Head Beach Club untuk menyaksikan sunset dari atas.

Nggak hanya itu, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari mampir ke library-nya yang super kece, mencoba layanan spa untuk membuat tubuh rileks, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jl. Petitenget No.51B, Seminyak, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam Buka: 09.00 - 00.00 WITA
Harga: Rp100.000 - Rp200.000/orang


Itu dia fakta seputar Pantai Petitenget, serta berbagai rekomendasi aktivitas dan tempat hangout di sekitarnya. Yuk, langsung rencanakan liburanmu ke Bali dan jangan lupa untuk menginap di Cove Bali, demi staycation yang super seru!