Stasiun MRT Dukuh Atas: Lokasi dan Tempat Hangout di Sekitar

Stasiun MRT Dukuh Atas: Lokasi dan Tempat Hangout di Sekitar
Stasiun MRT Dukuh Atas, photo byMRT Jakarta

Stasiun MRT Dukuh Atas merupakan stasiun bawah tanah kelima yang berada di area bisnis Sudirman. Sebagai kawasan terintegrasi, Dukuh Atas menghubungkan lima moda transportasi publik di Jabodetabek lainnya, yakni MRT, LRT, Transjakarta, Commuterline, dan kereta bandara Soekarno Hatta.

Saat menggunakan Stasiun MRT Dukuh Atas, kamu akan menemukan nuansa alam hutan, terutama pohon-pohon besar. Yuk, simak info seputar lokasi dan tempat hangout di sekitarnya berikut ini!

Info Seputar Stasiun MRT Dukuh Atas

Lokasi Stasiun MRT Dukuh Atas

Lokasi Stasiun MRT Dukuh Atas, photo by MRT Jakarta

Stasiun MRT Dukuh Atas berlokasi di wilayah Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Stasiun yang dibangun di bawah Jalan Jenderal Sudirman ini juga dikenal dengan nama Stasiun MRT Dukuh Atas BNI.

Melayani jalur Utara-Selatan MRT Jakarta, stasiun moda raya terpadu ini juga merupakan bagian dari Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas. Karenanya, seperti yang disebutkan sebelumnya, stasiun ini terhubung dengan banyak layanan transportasi penghubung lainnya.

TOD sendiri adalah pola pembangunan tata kota yang terintegrasi dengan sistem transportasi guna menciptakan kota yang efisien. Tujuan utamanya adalah memberikan alternatif dan pemecahan masalah bagi pertumbuhan metropolitan yang cenderung punya pola pengembangan yang berorientasi.

Sebagai informasi, stasiun kereta api ini memiliki kedalaman 24 meter di bawah tanah. Hanya ada dua jalur kereta api yang dipisahkan oleh peron pulau di tengahnya.

Rute dan Harga Tiket Stasiun Dukuh Atas

Rute dan Harga Tiket Stasiun Dukuh Atas, photo by Tokopedia

Stasiun MRT Dukuh Atas yang dibangun mulai 10 Oktober 2013 hingga beroperasi pada 24 Maret 2019 ini punya total 13 stasiun pemberhentian. Rutenya dimulai dari Lebak Bulus-Bundaran HI dengan lintasan sepanjang 16 km.

Setelah rute Lebak Bulus-Bundaran HI selesai, rute Sarinah-Kota dengan tujuh stasiun pemberhentian sepanjang 8,1 km diperkirakan akan mulai beroperasi pada 2024.

Berikut informasi rute Stasiun MRT Dukuh Atas yang beroperasi pada dua jalur yang berbeda.

Jalur Layang (Stasiun Lebak Bulus – Stasiun ASEAN)

Jalur Bawah Tanah (Stasiun Senayan – Stasiun Bundaran HI)

  • Stasiun Lebak Bulus - Titik awal keberangkatan kereta MRT dan menjadi Dipo MRT atau tempat perawatan kereta.

  • Stasiun Senayan - Stasiun bawah tanah pertama yang terintegrasi langsung dengan halte Transjakarta Bundaran Senayan. 

  • Stasiun Fatmawati - Stasiun yang berada di area Cilandak, Jakarta Selatan. 

  • Stasiun Istora Senayan - Stasiun yang dibangun di bawah jalan utama Jenderal Sudirman  ini menjadi pemberhentian untuk menuju kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK)

  • Stasiun Cipete Raya - Berada di daerah Cilandak dan dibangun di atas Jalan Raya Fatmawati.

  • Stasiun Bendungan Hilir - Berada di bawah kawasan gedung perkantoran Sudirman.

  • Stasiun Blok A - Melintas di daerah Cipete Utara.

  • Stasiun Setiabudi Astra - Masih berada di kawasan Sudirman.

  • Stasiun Blok M - Berada dekat dengan bangunan Mal Blok M Plaza dan memiliki jembatan penghubung menuju langsung ke dalam mal. 

  • Stasiun Dukuh Atas - Terletak di daerah Kebon Melati  dan terintegrasi dengan beberapa layanan transportasi lainnya.

  • Stasiun ASEAN - Stasiun yang berlokasi persis di depan Gedung Kementerian Agraria  ini adalah jalur MRT layang terakhir sebelum masuk ke bawah tanah.

  • Stasiun Bundaran HI - Stasiun bawah tanah pemberhentian selanjutnya terletak di kawasan internasional Jakarta. 

  • Stasiun Haji Nawi - Berada di kawasan Gandaria Selatan.

 

Untuk harga, perjalanan terdekat dari Stasiun MRT Dukuh Atas adalah menuju Stasiun Bundaran HI dan Stasiun Setiabudi Astra dengan tarif Rp3.000. Sedangkan perjalanan terjauh adalah menuju Lebak Bulus Grab dengan tarif Rp14.000.

Berikut info harga tiket dari Stasiun MRT Dukuh Atas menuju stasiun lain.

Lebak Bulus Grab

Rp 4.000

Fatmawati

Rp12.000

Cipete Raya

Rp10.000

Haji Nawi

Rp9.000

Blok A

Rp8.000

Blok M BCA

Rp7.000

ASEAN

Rp7.000

Senayan

Rp5.000

Istora Mandiri

Rp4.000

Bendungan Hilir

Rp3.000

Setiabudi Astra

Rp3.000

Bundaran HI

Rp3.000

Biar lebih gampang, kamu juga bisa mengunduh jadwal berangkat MRT Dukuh Atas lewat aplikasi resmi MRT Jakarta, lho. Dengan aplikasi ini, kamu bisa lebih mudah bepergian ke kantor, ke kampus, atau saat sekadar ingin berjalan-jalan mengitari kota Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi resmi MRT Jakarta untuk membayar tiket dengan uang elektronik yang sudah terhubung dengan aplikasi tersebut. Pembayaran juga bisa dilakukan menggunakan kartu JakLingko atau kartu elektronik bank seperti Flazz, E-Money, maupun BRIZZI.

Retail Stasiun MRT Dukuh Atas

Retail Stasiun MRT Dukuh Atas, photo by MRT Jakarta

Biar nggak bosan menunggu datangnya kereta di stasiun MRT Dukuh Atas, kamu bisa, lho, makan dan minum di berbagai tenant yang ada di stasiun ini. Beberapa jajanan hits yang patut kamu coba di stasiun MRT Dukuh Atas di antaranya Bakso Tusuk Pink, Auntie Anne’s, Family Mart, Bubur Ayam Sunda, J.CO Coffee, KOI, dll.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan sejumlah tenant UMKM seperti APIKMEN yang menjual produk fashion dalam negeri dan Restu Anggraini yang menjual produk fesyen muslim, khususnya perempuan.

Tempat Hangout di Sekitar Stasiun MRT Dukuh Atas

Tempat Hangout di Sekitar Stasiun MRT Dukuh Atas, photo by Pexels.com

Mampir ke tempat hangout di sekitar stasiun MRT Dukuh Atas menjadi salah satu opsi untuk rehat atau janjian dengan teman. Simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

1. Stumpy Coffee

Stumpy Coffee adalah kedai kopi mungil yang nyempil di antara ruko-ruko berjejer di depan Stasiun MRT Dukuh Atas dan terowongan Jalan Kendal. Meski tempatnya nggak luas, cafe ini menawarkan banyak menu minuman dingin yang cocok untuk melepas dahaga di siang hari. Salah satunya seperti jajanan viral Latte Zest yang mencampur espresso, susu segar, perasan lemon, dan parutan kulit lemon.

2. Kopinette

Indonesian cafe & eatery ini juga terletak di sekitar MRT Dukuh Atas. Kopinette menawarkan suasana yang cozy sehingga cocok untuk duduk ngobrol bareng teman atau bekerja. Di sini, kamu bisa pesan berbagai menu makanan dan minuman seperti Kopinette All Day Snacks seharga Rp25.000 yang sudah mencakup Pisang Goreng, Tahu Bakso, French Fries, and much more. Tentu saja, ada juga berbagai menu kopi (seperti Arabica dan Latte) seharga mulai dari Rp20.000-an saja!

3. Point Coffee

Kalau nggak mau ribet, kamu bisa mampir untuk beli kopi enak dan murah di Point Coffee. Coffee Shop dengan konsep "Grab & Go" untuk menyajikan Fresh Quality Coffee ini memakai biji kopi lokal asli tanah air yang di-brew oleh barista terlatih menggunakan mesin kopi berkualitas tinggi dan Standard International, lho!

4. Difabis Coffee & Tea

Tempat hangout di sekitar Stasiun MRT Dukuh Atas ini menarik perhatian karena semua pekerjanya merupakan penyandang disabilitas. Kedai kopi ini buka setiap hari Senin-Sabtu, mulai pukul 10.00-19.00 WIB. Di samping menjual minuman kopi dan non kopi, Difabis Coffee & Tea juga menawarkan berbagai cemilan seperti roti, kerupuk, kacang, keripik, kurma, dan semacamnya yang semuanya merupakan produk dari pelaku UMKM.

Kost Strategis Dekat Stasiun MRT Dukuh Atas

Buat kamu yang sedang mencari kost di kawasan Dukuh Atas, maka Cove Casa Spatia bisa menjadi opsi menarik. Hunian dari Cove yang berlokasi di Jalan Purwodadi Nomor 41, Dukuh Atas, Menteng, Jakarta Pusat ini memiliki ciri khas furnitur kayu Skandinavian yang akan membuatmu nyaman dan betah. Berjarak sekitar 6 menit jalan kaki untuk sampai ke MRT Dukuh Atas, kost ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti fasilitas gedung seperti dapur, ruang makan, lobi, ruang bersama, rooftop area, gym, dispenser, dan WiFi.

Harga mulai dari Rp3.500.000 per bulan.

Selengkapnya tentang Cove Casa Spatia