10 Tempat Makan Sate Enak di Bandung yang Wajib Kamu Coba!

10 Tempat Makan Sate Enak di Bandung yang Wajib Kamu Coba!
Sate Enak di Bandung

Wisata kuliner di Bandung memang seperti tiada habisnya. Ada banyak sekali makanan enak yang bisa kamu coba. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern, semua ada di kota ini. Salah satu makanan yang disukai semua kalangan adalah sate. Tempat makan sate enak di Bandung jumlahnya banyak sekali. Kalau kamu datang ke kota ini, tidak ada salahnya kamu makan sate di sini. Dijamin pasti ketagihan. Mau tahu rekomendasi tempat makan sate enak di Bandung? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Sate HM Harris

Sate HM Harris, photo by tripadvisor.com

Pertama, untuk kamu pecinta sate dan gulai kambing, kamu harus coba makan di Sate & Gule Kambing H.M. Harris ini. Tempat ini sudah terkenal dari dulu. Berdiri dari tahun 1974 dan sampai sekarang tidak pernah sepi. Berada di lokasi yang strategis, yaitu jalan Asia-Afrika, membuat kamu bisa datang ke lokasi dengan mudah. Keunikan dari tempat ini adalah menyajikan sate di atas hot plate, sehingga kehangatannya tetap terjaga. Daging kambingnya juga sangat juicy, empuk, dan tidak ada aroma prengus. Sangat nikmat menikmati sajian daging kambing di sini dengan bumbu kacang atau kecap ditambah nasi putih.

Alamat: Jl. Asia Afrika No. 155 (Simpang Lima), Asia Afrika, Bandung.
Jam Buka: 24 jam
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000

Sate Gandapura

Sate Gandapura, photo by pergikuliner.com

Selanjutnya, ada tempat makan sate di kawasan Gandapura, Sumur Bandung. Tempat makan sate ini berbentuk tenda. Tempatnya selalu penuh lho!. Seperti pada umumnya sate khas Madura, berbumbu kacang yang gurih dan manis. Menu paling laris di sini adalah sate ayam. Tapi kalau kamu ingin menu lain, ada pula sate kambing dan sapi. Bumbu kacangnya agak pekat dengan perpaduan manis dan gurih yang medok. Nikmat sekali.

Alamat: Jl. Gandapura, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.
Jam Buka: 16.00-23.00 WIB
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000

Sate Tegal Marem

Sate Tegal Marem, photo by qraved.com

Kali ini ada rekomendasi sate enak di sekitar Jl. Setiabudi. Sate Tegal Marem juga sudah tidak asing lagi di kawasan ini. Di sini ada banyak menu sate yang enak, mulai dari sate kambing muda, sate ayam, sate ati atau ginjal, bahkan ada gulai dan tongseng. Di sini juga ada kambing guling lho! Kamu juga bisa coba ste buntel kalau mau puas menikmati olahan kambing yang nikmat.

Alamat: Jl. Dr. Setiabudhi No. 136, Setiabudhi, Bandung.
Jam Buka: 10.00-23.00 WIB
Kisaran Harga: Di bawah Rp100.000

Sate Maulana Yusuf

Sate Maulana Yusuf, photo by pergikuliner.com

Selanjutnya, ada rekomendasi sate enak di kawasan Dago, yaitu Sate Maulana Yusuf. Seperti namanya, tempat makan sate ini terletak di kawasan jalan Maulana Yusuf. Tempatnya cukup luas dengan area indoor dan outdoor. Kamu bisa menikmati berbagai macam menu sate mulai dari sate ayam, sate kambing, sate sapi, sampai sate ati ampela dan kulit ayam. Bumbu yang dipakai di sini adalah bumbu kacang yang kental dan tidak terlalu halus. Bumbu disajikan secara terpisah dari sate. Sangat cocok makan di sini bersama keluarga.

Alamat: Jl. Maulana Yusuf No. 21, Trunojoyo, Bandung.
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp50.000-Rp100.000

Sate Jando Ibu Ayu

Sate Jando Ibu Ayu, photo by elshinta.com

Kalau kamu sedang main di kawasan sekitar Gedung Sate, jangan sampai melewatkan makan di Sate Jando Ibu Ayu. Sate di sini cukup unik karena tidak hanya menyediakan daging. Ada juga tetelan lemak dan bagian susu sapi. Teksturnya kenyal dan empuk, membuat Sate Jando Ibu Ayu berbeda dari sate yang lain. Tidak heran kalau banyak pengunjung yang ketagihan makan di sini. Selain itu, di sini juga ada dua macam sate yang bisa kamu cicipi, yaitu sate ayam dan sate sapi.

Alamat: Jl. Hayam Wuruk (Belakang Gedung Sate), Gedung Sate, Bandung.
Jam Buka: 07.00-16.00 WIB
Kisaran Harga: Rp25.000-Rp30.000

Sate DJ

Sate DJ, photo by pergikuliner.com

Kali ini adalah tempat makan yang jadi favorit para anak muda Bandung. Apalagi kalau kamu senang nongkrong malam-malam, kamu bisa datang ke Sate DJ. Keunikan dari sate DJ adalah penyajiannya yang lebih menonjolkan tekstur kering dan pedas. Di sini kamu bisa mencoba rasa asin yang polos dengan bumbu garam, rasa pedas, dan rasa super pedas yang dimarinasi dengan kuah cabai sebelum dibakar. Untuk pilihan daging, di sini ada daging ayam, kambing, maupun sapi.

Alamat: Jl. Jendral Sudirman No. 297, Sudirman, Bandung.
Jam Buka: 16.00-24.00 WIB
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000

Sate Anggrek H. Ahmad Nawawi

Sate Anggrek H. Ahmad Nawawi, photo by lampung.trubunnews.com

Di Bandung, ada tempat makan sate yang sudah ada sejak zaman Indonesia merdeka, lho! SAte Anggrek H. Ahmad Nawawi yang berdiri sejak tahun 1945. Tempat ini terkenal karena menyediakan sate dengan potongan daging yang super tebal. Bumbu kacangnya juga sangat nikmat. Di sini, kamu bisa memilih sate ayam, sapi, kambing, atau telur muda. Kalau kamu mau makan di sini, siap-siap untuk antre ya, karena memang selalu ramai.

Alamat: Jl. Anggrek No.35, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.
Jam Buka: 15.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Di bawah Rp30.000

Warung Sate Sidareja Pak Gino

Warung Sate Sidareja Pak Gino, photo by food.detik.com

Warung sate ini sudah ada sejak tahun 1978. Dengan sajian nikmatnya sate kambing khas Sidareja, Cilacap. Daging yang dipakai untuk olahan sate adalah daging kambing muda, sehingga teksturnya sangat empuk dan bumbu cepat sekali meresap. Di sini ada bumbu kacang dan kecap. Daging satenya juga disajikan di atas hot plate, jadi kehangatannya akan selalu terjaga.

Alamat: Jl. Sunda No. 76, Sunda, Bandung.
Jam Buka: 09.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Rp25.000-Rp45.000

Sate Hadori

Sate Hadori, photo by lampung.tribunnews.com

Selanjutnya, ada juga sate yang legendaris di Bandung. Sate Hadori ini sudah ada sejak tahun 1940-an. Bahkan usianya lebih tua daripada Indonesia, tapi Sate Hadori tetap eksis sampai sekarang. Berada di dekat stasiun Bandung. Di sini, kamu bisa menikmati sate kambing istimewa dengan potongan daging dan lemak yang besar-besar. Teksturnya sangat empuk karena memakai bagian paha belakang kambing betina. Nikmat sekali makan sate kambing Hadori dengan taburan acar, irisan bawang merah, serta siraman bumbu kacang dan kecap.

Alamat: Jl. Stasion Selatan Jl. Kebon Jati No.11-12, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp35.000-Rp45.000

Warung Sate Kardjan

Warung Sate Kardjan, photo by travel.tribunnews.com

Terakhir, kamu tidak boleh melewatkan Warung Sate Kardjan yang sudah ada tahun 1960 di Bandung. Meskipun menu aslinya berasal dari Klaten sejak tahun 1925. Keotentikan rasanya masih terjaga dengan baik sampai sekarang. Menu andalan di sini adalah sate buntel kambing yang berisi cincangan daging kambing, dibungkus oleh lemaknya. Sebagaimana sate dengan khas Klaten, di Warung Sate Kardjan kamu bisa memesan sate kambing biasa, sate ayam, gulai, tengkleng, dan tongseng.

Alamat: Jl. Pasir Kaliki No.32, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.
Jam Buka: 11.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000

Nah, itulah 10 rekomendasi sate enak di Bandung yang bisa kamu coba. Sate memang salah satu makanan yang disukai banyak orang. Tidak heran kalau makanan satu ini selalu eksis melintasi berbagai zaman. Dengan tampilan yang lebih modern, tidak lantas membuat cita rasanya berubah.