11 Tempat Sarapan di Bali yang Nikmat dan Mengenyangkan

11 Tempat Sarapan di Bali yang Nikmat dan Mengenyangkan
11 Tempat Sarapan di Bali, photo by pegipegi.com

Sebagai surganya Indonesia, Bali menjadi tempat yang banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai keindahan alam dan budaya yang bisa dieksplorasi dan dinikmati, tentunya memanjakan mata dan membuat fresh pikiran. Tapi sebelum berkeliling ke banyak tempat indah dan menarik di Bali, ada baiknya kamu sarapan lebih dahulu. Tidak hanya mengisi perut yang kosong, sarapan di Bali juga bisa menjadi pengalaman menarik dan memanjakan lidah. Kamu bisa sekaligus berwisata kuliner sambil menikmati suasana Bali pada pagi hari.

Ada banyak restoran di Bali yang bisa kamu kunjungi dengan beragam jenis makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Selain rasanya yang lezat dan khas, kamu juga akan menemukan berbagai makanan dengan penamaan yang unik. Nah, berikut ini 11 rekomendasi sarapan di Bali yang enak yang bisa jadi opsi ketika kamu liburan.

1. Warung Nasi Ayam Bu Oki

Warung Nasi Ayam Bu Oki, photo by water-sport-bali.com

Bagi orang Indonesia, nasi menjadi kebutuhan makanan pokok yang perlu disantap setiap hari, termasuk sebagai menu untuk sarapan. Jika kamu sedang berada di Nusa Dua, tidak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan berkunjung ke Warung Nasi Ayam Bu Oki. Sesuai Namanya, menu utama yang dihidangkan di warung ini adalah nasi ayam. Selain itu, ada beberapa lauk-pauk yang disediakan, seperti urap, telur bacem, nasi sayur, dan sate lilit khas Bali.

Rasa Makanan Nasi Warung Ayam Bu Oki

Warung Nasi Ayam Bu Oki memiliki rekomendasi nasi ayam yang sangat lezat. Menu makanan yang disediakan di sini adalah makanan-makanan yang halal. Nasi ayam atau nasi campur menjadi hidangan favorit yang ditawarkan. Kamu bisa memilih level pedasnya, sedang atau pedas. Jangan lupa untuk mencicipi sate lilit kebanggaan warga Bali. Kamu bisa memilih air kelapa sebagai minuman segar setelah menyantap hidangan yang disediakan.

Alamat: Jl. Raya Tuban No.3, Tuban, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 07.00-21.00 WITA
Kisaran Harga: mulai dari Rp30.000

2. Bubur Ayam Pak Lik

Bubur Ayam Pak Lik, photo by palingbali.com

Selain nasi, bubur ayam menjadi makanan favorit pilihan banyak orang untuk disantap pada pagi hari. Bubur Ayam Pak Lik ini menjadi salah satu tempat sarapan di Bali yang populer dan banyak dikunjungi. Hal yang membuatnya istimewa adalah rasa kuah bubur yang gurih dan begitu lezat. Oleh karena itu, tempat ini menjadi rekomendasi tempat sarapan enak yang tak boleh kamu lewatkan.

Deskripsi Rasa Makanan

Dengan kuahnya yang nikmat dan gurih, bubur ayam menjadi hidangan favorit yang bisa kamu coba. Namun, jika kamu sedang tidak ingin sarapan bubur ayam, di sini juga disediakan hidangan yang lain, seperti lontong sayur dan rawon sapi. Tidak perlu khawatir karena kuahnya pun sama terasa lezat.

Alamat: Jalan Kepundung no. 1, Denpasar, Bali.
Jam Buka: 05.00-20.00 WITA
Kisaran Harga: Rp2.000-Rp31.000

3. Warung Bunana Seminyak

Warung Bunana Seminyak, photo by chasingplate.com

Jika tadi adalah rekomendasi sarapan dengan nasi dan bubur, kali ini adalah rekomendasi sarapan dengan roti canai. Salah satu tempat makan populer yang menyediakan roti canai lezat adalah Warung Bunana Seminyak. Namun, tak hanya itu. Warung timur tengah ini juga menyediakan beragam hidangan lain yang bisa kamu santap saat sarapan, seperti nasi kuning, martabak, dan kari. Masakan yang ada di sini pun cocok untuk muslim karena halal. Selain itu, beberapa menu juga bisa sesuai untuk para vegetarian.

Deskripsi Rasa Makanan

Menu favorit andalan Warung Bunana Seminyak adalah roti canai. Kamu bisa mencoba roti canai original dan roti canai keju susu. Untuk camilan yang lain, martabak india juga bisa menjadi pilihan selanjutnya yang patut kamu coba. Minuman yang jadi favorit para pengunjung di sini adalah teh tarik.

Alamat: Jalan Sunset Road, Seminyak, Bali.
Jam Buka: 10.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: mulai dari Rp8.000

4. Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, photo by water-sport-bali.com

Tempat sarapan nasi campur dengan daging ayam yang bisa kamu cicipi selanjutnya adalah Warung nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Di sini, nasi campur menjadi sebuah menu special yang patut kamu coba. Nasi campur yang dihidangkan dilengkapi dengan sate lilit daging ayam, sayur kacang Panjang, dan kacang tanah goreng. Menu makanan di Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini juga halal sehingga cocok dikunjungi bagi para muslim.

Deskripsi Rasa Makanan

Dengan bumbu khas Bali, nasi campur di sini terasa enak dan lezat. Kamu juga perlu mencoba untuk mencicipi ayam betutu yang banyak digemari oleh para pengunjung.

Alamat:Jl. Kayu Jati No. 12, Patitenget, Seminyak, Kuta, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
Jam Buka: 07.00-18.00 WITA
Kisaran Harga: mulai dari Rp16.000

5. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng, photo by denpasarkota.go.id

Jika kamu sedang berlibur ke Sanur, jangan lewatkan untuk berkunjung dan sarapan di Warung Mak Beng. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1941 ini menghidangkan beragam menu yang terbuat dari ikan segar. Dengan bahan yang segar dan bumbu yang pas, dan sambal yang menjadi pelengkap, makanan yang disantap pun terasa nikmat dan lezat.

Deskripsi Rasa Makanan

Sebagai pencinta ikan, kamu harus mencoba berbagai jenis olahan ikan segar yang disediakan oleh Warung Mak Beng. Beberapa menu yang banyak dipilih oleh para pengunjung di antaranya sup ikan, sup kepala ikan, dan ikan goreng.

Alamat: Jalan Hang Tuah no. 45, Sanur, Denpasar, Bali.
Jam Buka: 08.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: mulai dari Rp55.000/1 paket

6. Warung Bu Mi Canggu

Warung Bu Mi Canggu, photo by villa-bali.com

Untuk yang berniat jalan-jalan ke Pantai Batu Bolong di Canggu, kamu bisa pergi lebih pagi dan sarapan di Warung Bu Mi. Menu makanan yang ditawarkan cukup lengkap dan ramah bagi kamu yang sedang melaksanakan program diet. Menu utamanya adalah nasi putih, nasi kuning, dan nasi merah. Lauk-pauk yang disediakan pun beragam dan terjangkau.

Deskripsi Rasa Makanan

Kamu bisa memilih beberapa menu nasi sesuai selera dan kebutuhan. Bagi kamu yang sedang diet, bisa memilih nasi merah. Semua lauk di sini tidak ada yang gagal. Rasanya ingin makan sebanyak apa pun yang bisa dimakan. Bumbunya begitu meresap dan bercampur dengan sempurna di lidah.

Alamat: Jalan Raya Batu Bolong no. 52, Canggu, Bali.
Jam Buka: 07.00-22.00 WITA
Kisaran Harga: Rp3.000-Rp30.000

7. Warung Nasi Ayam Men Weti

Nasi Ayam Men Weti, photo by denpasarkota.go.id

Tempat sarapan yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Warung Nasi Ayam Men Weti. Tempat legendaris ini menawarkan nasi campur khas Bali yang patut kamu coba. Selain dengan rasanya yang lezat, kamu juga bisa sarapan dengan harga yang terjangkau.

Deskripsi Rasa Makanan

Dengan bumbu rempah khas Bali, kamu bisa menyantap nasi campur dengan daging ayam suwir, telur, sate lilit, kacang, dan kerupuk kulit. Tidak heran jika tempatnya selalu penuh. Semua orang yang mencoba nasi ayam Men Weti, pasti jatuh cinta dengan rasanya yang kaya akan bumbu rempah.

Alamat: Jalan Segara Ayu, Denpasar, Bali.
Jam Buka: 06.00-21.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp25.000

8. Nasi Pecel Bu Tinuk Tuban

Nasi Pecel Bu Tinuk, photo by water-sport-bali.com

Meskipun sedang di Bali, kamu bisa menyantap sarapan dengan hidangan dan cita rasa khas Jawa Timur. Nasi Pecel Bu Tinuk Tuban ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi lokasinya strategis, yakni di dekat Bandara Ngurah Rai.

Deskripsi Rasa Makanan

Menu andalan yang bisa kamu coba di sini adalah nasi pecel, bebek goreng, dan ayam kalasan. Rasanya yang otentik dan khas dari sambalnya yang pedas akan membuat kamu ingin datang lagi ke tempat yang sama untuk sarapan.

Alamat: Jalan Raya Kuta, Badung, Bali.
Jam Buka: 07.00-24.00 WITA
Kisaran Harga: Rp16.000-Rp40.000

9. Warung Nikmat Kuta

Warung Nikmat Kuta, photo by thebalibible.com

Warung Nikmat Kuta menyediakan beragam pilihan makanan halal yang bisa kamu coba. Selain nasi campur, ada pula beberapa pilihan makanan sebagai opsi terbaik untuk sarapan. Bumbu yang digunakan pun bumbu khas yang cocok untuk lidah orang Indonesia ataupun bahkan lidah turis mancanegara.

Deskripsi Rasa Makanan

Beberapa menu yang bisa kamu coba di sini adalah daging sapi, sop buntut, rawon, nasi campur, dan ayam bakar atau ayam goreng. Setiap makanan memiliki citarasa bumbu yang kaya. Pada daging dan ayam, bumbunya meresap dan teksturnya empuk. Seperti namanya, makanannya pun memberikan kenikmatan kepada para pembeli.

Alamat: Gg. Buduri, No. 6A, Kuta, Bali.
Jam Buka: 08.00-21.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp17.000

10. Warung Ayam Betutu Tu Nonk

Warung Ayam Betutu Tu Nonk, photo by gofood.co.id

Warung Ayam Betutu Tu Nonk menjadi tempat sarapan yang sayang kamu lewatkan. Ayam betutu sendiri merupakan makanan khas Bali dengan bumbu rempah yang khas pula. Tempat ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan saat ingin mencoba sedapnya ayam betutu.

Deskripsi Rasa Makanan

Dengan daging yang empuk dan gurih, dicampur sambal matah, ayam suwir bumbu merah, dan sayur urap, kamu bisa mencicipi lezatnya ayam betutu. kamu juga bisa memesan es temulawak sebagai minumannya.

Alamat: Jalan Akasia no. 9, Denpasar, Bali.
Jam Buka: 07.00-15.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp15.000

11. Warung Wardani Denpasar

Nasi Campur Wardani, photo by water-sport-bali.com

Ada banyak tempat sarapan nasi campur yang tersedia di Bali. Jika kamu sedang berada di Denpasar, kamu bisa melipir ke Warung Wardani Denpasar untuk mencicipi lezatnya beragam makanan yang disediakan. Menu makanan yang dihidangkan pun adalah makanan halal.

Deskripsi Rasa Makanan

Kamu bisa mencoba menyantap nasi campur sebagai menu andalan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba nasi kari, soto ayam, soto babat, dan gado-gado. Kuah kari di sini memiliki aroma yang menggoda dan rasa rempah yang kaya.

Alamat: Jalan Yudistira no. 2, Denpasar Utara, Bali.
Jam Buka: 08.00-16.00 WITA
Kisaran Harga: Mulai dari Rp30.000

Nah, itulah 10 tempat sarapan enak yang bisa kamu kunjungi saat di Bali. Rekomendasi ini juga bisa menjadi tempat sarapan yang cocok untuk kamu selaku muslim. Selain menikmati indahnya pemandangan Bali, kamu juga menikmati lezatnya makanan khas Bali.