15 Rekomendasi Serial Netflix Terbaik Sepanjang Waktu

15 Rekomendasi Serial Netflix Terbaik Sepanjang Waktu
Rekomendasi Serial Netflix, photo by Pexels

Netflix adalah layanan streaming video berlangganan yang memungkinkan penggunanya menonton film atau serial kapan pun dan di mana pun. Layanan yang didirikan pada tahun 1997 oleh Reed Hastings dan Marc Randolph di Scotts Valley, California ini bermula dari mengirimkan DVD ke pelanggan melalui surat.

Kini, Netflix mengonsumsi lebih dari 15% bandwidth internet dunia dan memiliki pelanggan di lebih dari 190 negara, termasuk Indonesia. Banyaknya pilihan film dan serial membuat Netflix selalu digemari.

Buat kamu yang sedang mencari tontonan seru di Netflix, ada, nih, 15 rekomendasi serial Netflix terbaik sepanjang waktu. Yuk, simak!

Rekomendasi Serial Netflix Terbaik

Romance

1. Our Beloved Summer

Our Beloved Summer, photo by bhwclub.org

Dibintangi oleh Choi Woo-shik (Choi Woong) dan Kim Da-mi (Guk Yeon-su), Our Beloved Summer bercerita tentang pertemuan kembali sepasang mantan kekasih bertahun-tahun setelah putus. Saat film dokumenter yang mereka bintangi waktu SMA mendadak viral, keduanya terpaksa bertemu kembali untuk membuat sekuel.

Mengusung genre komedi romantis, K-Drama ini akan menghiburmu dengan alur cerita maju-mundur yang menarik dan akting berkualitas para pemain. Our Beloved Summer sendiri merupakan proyek kedua Choi Woo-shik dan Kim Da-mi setelah membintangi film action The Witch: Part 1: The Subversion pada tahun 2018 lalu.

Tahun Rilis: 2022
Jumlah Season: 1
Score Rotten Tomatoes: 85%

2. Twenty Five Twenty One

Twenty Five Twenty One, photo by allkpop

Merupakan drama comeback Kim Tae-ri setelah membintangi Mr. Sunshine (2018), Twenty Five Twenty One berkisah tentang percintaan antara Na Hee-do (Kim Tae-ri) dan Baek Yi-jin (Nam Joo-hyuk). Na Hee-do bermimpi menjaga atlet anggar sukses dan menjadi rival Ko Yu-rim (Bona), atlet anggar yang ia kagumi.

Kisah cinta masa muda yang berlatar tahun 90-an ini dibungkus hangat dengan berbagai tantangan. Selain ceritanya yang apik, pesona serial ini juga berasal dari Kim Tae-ri. Kini berusia 32 tahun, Kim Tae-ri memukau dengan aktingnya sebagai anak SMA yang realistis, hingga berhasil membawa pulang penghargaan Best Leading Actress in TV pada ajang Baeksang Arts Award.

Tahun Rilis: 2022
Jumlah Season: 1
Score Rotten Tomatoes: 96%

3. Bridgerton

Bridgerton, photo by Netflix

Bridgerton mengangkat kisah perjodohan bangsawan Inggris yang mengambil latar tahun 1800-an. Serial Netflix yang merupakan adaptasi novel best seller dengan judul yang sama ini merupakan karya Julia Quinn. Kamu akan dihibur dengan perjuangan 8 saudara dekat keluarga Bridgerton yang berusaha menemukan cinta.

Tahun Rilis: 2020
Jumlah Season: 2
Score Rotten Tomatoes: 82%
Kost Jakarta Pusat - 92 Kamar Tersedia di Cove
Kost Jakarta Pusat - Sewa kost bulanan di Jakarta Pusat dengan desain aesthetic, lokasi strategis dan fasilitas lengkap hanya di Cove!

Comedy

4. Friends

Friends, photo by Ultimagz online

Friends adalah sitkom asal Amerika buatan David Crane dan Marta Kauffman yang  dibintangi oleh Jennifer Aniston, Courteney Cox, Lisa Kudrow, Matt LeBlanc, Matthew Perry, dan David Schwimmer. Serial ini berkisah tentang enam teman berusia 20-an dan 30-an yang tinggal di Manhattan, New York City. Relatable dan mengingatkan pentingnya memiliki teman dekat yang selalu ada dalam suka dan duka, Friends akan menghiburmu dengan ceritanya yang hangat dan penuh tawa.

Tahun Rilis: 1994
Jumlah Season: 10
Score Rotten Tomatoes: 79%

5. Business Proposal

Business Proposal, photo by Netflix

Serial berdasarkan webtoon dengan judul sama yang ditulis oleh HaeHwa dan diilustrasikan oleh Narak ini memang sangat cliché. Tapi, akting para pemainnya yang luar biasa, yaitu Ahn Hyo-seop, Kim Se-jeong, Kim Min-kyu, dan Seol In-ah bikin alur ceritanya yang pasaran jadi fresh dan menarik.

Business Proposal bercerita tentang kisah cinta Kang Tae-moo (Ahn Hyo-seop) dan Shin Ha-ri (Kim Se-jeong) yang dimulai sebagai hubungan palsu. Selain romansa pemeran utama, kamu juga akan dihibur dengan hubungan Jin Young-seo (Seol In-ah) dan Cha Sung-hoon (Kim Min-kyu) yang nggak kalah sweet.

Tahun Rilis: 2022
Jumlah Season: 1
Score Rotten Tomatoes: 92%

6. Man vs. Bee

Man vs. Bee, photo by Netflix

Serial komedi Inggris yang dibuat dan ditulis oleh Rowan Atkinson dan William Davies ini mengisahkan Trevor Bingley (Rowan Atkinson), seorang pria kikuk yang bekerja sebagai penjaga rumah. Kamu akan terhibur dengan lucunya perjuangan Trevor dalam menjaga rumah mewah sembari harus melawan seekor lebah. Berkarier lebih dari 40 tahun sebagai aktor, penulis, dan komedian, akting apik Rowan Atkinson nggak perlu diragukan lagi, deh.

Tahun Rilis: 2022
Jumlah Season: 1
Score Rotten Tomatoes: 71%

Drama

7. Sex Education

Sex Education, photo by ReelRundown

Dibintangi oleh Asa Butterfield, Gillian Anderson, Ncuti Gatwa, dan Emma Mackey, Sex Education mengisahkan kehidupan para siswa, staf, dan orang tua dari Sekolah Menengah Moordale saat mereka menghadapi berbagai dilema pribadi, khususnya terkait keintiman seksual. Serial Netflix satu ini penuh tawa, tapi juga bisa membuat penonton menangis dalam sekejap lewat momen para karakternya.

Tahun Rilis: 2019
Jumlah Season: 3
Score Rotten Tomatoes: 95%

8. The Crown

The Crown, photo by The Tiger Online

Diadaptasi dari The Audience karya showrunner Peter Morgan, serial orisinal Netflix, The Crown, menceritakan kehidupan Ratu Elizabeth II dari tahun 1940-an hingga zaman modern. Serial ini dimulai dari kisah awal pemerintahan ratu, yang naik takhta pada usia 25 setelah kematian ayahnya, Raja George VI.

Kamu akan disuguhkan cerita menarik seputar intrik pribadi, romansa, dan persaingan politik. Berkat cerita dan kualitas akting para pemainnya, The Crown sukses menyabet berbagai piala penghargaan, seperti Outstanding Single-Camera Picture Editing for a Drama Series, Outstanding Guest Actress in a Drama Series, dan Outstanding Casting for a Drama Series.

Tahun Rilis: 2016
Jumlah Season: 5
Score Rotten Tomatoes: 90%

9. Peaky Blinders

Peaky Blinders, photo by Netflix

Peaky Blinders adalah serial drama kriminal Inggris yang dibuat oleh Steven Knight. Bertempat di Birmingham, Inggris, serial ini mengisahkan Tommy Shelby (Cillian Murphy) yang memimpin geng kejahatan Peaky Blinders setelah Perang Dunia I. Peaky Blinders tidak hanya menyuguhkan karakter laki-laki macho, tapi juga menggabungkan banyak karakter wanita yang kuat.

Tahun Rilis: 2013
Jumlah Season: 6
Score Rotten Tomatoes: 93%

Action

10. Vikings

Vikings, photo by Marca

Vikings adalah drama sejarah yang dibuat dan ditulis oleh Michael Hirst. Serial ini mengisahkan Ragnar Lothbrok (Travis Fimmel), seorang petani biasa yang bangkit menjadi pejuang tak kenal takut dan pemimpin suku Viking dengan dukungan dari keluarganya. Vikings juga dibintangi oleh Alexander Ludwig (Bjorn Lothbrok), Georgia Hirst (Torvi), Alex Høgh Andersen (Ivar), dan Clive Standen (Rollo).

Tahun Rilis: 2013
Jumlah Season: 6
Score Rotten Tomatoes: 93%

11. Squid Game

Squid Game, photo by Pinkvilla

Squid Game asal Korea Selatan adalah serial terbesar yang pernah diluncurkan Netflix. Beda dari serial ber-genre action lainnya, Squid Game mengangkat kisah sekumpulan orang yang sangat membutuhkan uang dalam memainkan permainan anak-anak yang mematikan untuk memenangkan hadiah uang tunai.

Squid Game mencatat total 1,65 miliar jam penayangan dalam 4 minggu pertama, menjadikannya serial hit terbesar dalam sejarah Netflix. Serial yang dibintangi Lee Jung-jae, Park Hae-soo, Jung Ho-yeon, dan Wi Ha-joon ini juga mencatatkan prestasi sebagai serial Korea pertama yang menduduki No. 1 di chart streaming Amerika.

Tahun Rilis: 2021
Jumlah Season: 1
Score Rotten Tomatoes: 95%

12. Kingdom

Kingdom, photo by Rotten Tomatoes

Kingdom adalah serial Korea Selatan asli pertama Netflix yang dibintangi oleh Ju Ji-hoon, Ryu Seung-ryong, Bae Doo-na, Kim Sang-ho, Kim Sung-kyu, dan Kim Hye-jun. Mengambil latar abad ke-16 dan 3 tahun setelah berakhirnya Perang Imjin, Kingdom memadukan thriller politik dan elemen-elemen dari horor zombie.

Tahun Rilis: 2019
Jumlah Season: 2
Score Rotten Tomatoes: 97%

Thriller

13. Stranger Things

Stranger Things, photo by Netflix

Mengambil latar tahun 1980-an, Stranger Things berkisah tentang sekelompok anak yang menyaksikan kekuatan supernatural dan eksploitasi rahasia pemerintah. Saat mencari jawaban, mereka mengungkap serangkaian misteri yang luar biasa.

Meskipun karakter utamanya anak-anak, serial ini cukup dewasa dengan cerita apik dan pemeran yang sangat baik. Salah satunya Millie Bobby Brown yang tampil memukau sebagai Eleven, gadis dengan kemampuan psikokinetik misterius.

Tahun Rilis: 2016
Jumlah Season: 4
Score Rotten Tomatoes: 92%

14. Money Heist

Money Heist, photo by Netflix Junkie

Seorang dalang kriminal yang menyebut dirinya "The Professor" memiliki rencana melakukan pencurian terbesar dalam sejarah, mencetak miliaran euro di Royal Mint of Spain. Ia merekrut 8 orang dengan kemampuan tertentu untuk membantunya menjalankan rencana ambisius tersebut. Dialog, pengeditan, dan segala macam plot twist menjadikan Money Heist salah satu serial Netflix terbaik sepanjang waktu.

Tahun Rilis: 2017
Jumlah Season: 5
Score Rotten Tomatoes: 94%

15. You

You, photo by Heaven of Horror

Dibintangi oleh Penn Badgley sebagai Joe Goldberg, You adalah serial thriller yang diangkat dari novel berjudul sama karya Caroline Kepnes. Pada season pertama, kamu akan disuguhkan kisah Joe Goldberg, manajer toko buku sosiopat yang jatuh cinta dan mengembangkan obsesi ekstrem. Cerita dikisahkan lewat sudut pandang Joe yang lumayan creepy, tapi entah mengapa agak sexy.

Tahun Rilis: 2018
Jumlah Season: 4
Score Rotten Tomatoes: 91%

Menonton beberapa rekomendasi serial Netflix terbaik sepanjang waktu di atas akan memberikan hiburan dalam menghabiskan waktu luang. Jadi, series mana, nih, yang mau kamu tonton duluan?