10 Portal Berita Online Paling Aktual dan Terpercaya

10 Portal Berita Online Paling Aktual dan Terpercaya
Portal Berita Online, photo by freepik

Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan pesat. Transformasi digital pun kian mendorong masyarakat untuk dapat memahami alur informasi yang tersebar dengan cepat melalui jaringan internet. Kegiatan membaca berita melalui gawai pribadi kini sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang kerap dilakukan oleh sebagian besar orang. Selain dapat memperoleh informasi terbaru, manfaat membaca berita lainnya yang akan kamu terima adalah menambah wawasan dalam berbagai bidang sekaligus terhindar dari hoax. Nah, apa saja situs portal berita online yang paling aktual dan terpercaya? Berikut rekomendasi yang telah Cove rangkum khusus untuk kamu yang gemar membaca berita!

10 Portal Berita Online

1. Detik.com

detik.com

Rekomendasi portal berita online pertama yang hingga kini masih tegak berdiri adalah detik.com. Situs berita ini dilahirkan pada pertengahan tahun 1998 oleh Budiono Darsono (mantan wartawan Tempo dan Tabloid detik), Yayan Sopyan (mantan wartawan Tabloid detik), Abdul Rahman (mantan wartawan SWA), dan Didi Nugrahadi. Kemudian pada 3 Agustus 2011, detikcom akhirnya resmi diakuisisi oleh Transmedia di bawah naungan perusahaan CT Corp. Detikcom merupakan salah satu media digital terpopuler dan terkemuka di Indonesia yang menyuguhkan informasi peristiwa terkini dan gaya hidup. Ragam kategori berita yang disajikan oleh detikcom meliputi peristiwa aktual, kriminal, finansial, olahraga, hiburan, kecantikan, teknologi, otomotif, kesehatan, kuliner, dan lain-lain.

2. CNNIndonesia.com

CNNIndonesia.com

CNNIndonesia.com mengawali eksistensinya di Indonesia sebagai portal berita online terpercaya pada 20 Oktober 2014 di bawah naungan PT Trans Digital Media. Mengadaptasi slogan “The News We Can Trust”, CNN Indonesia berkomitmen untuk terus menjunjung tinggi kode etik dengan menyajikan kualitas berita yang aktual sesuai dengan fakta di lapangan. Hingga saat ini, ada sekitar 8 buah kanal berita yang dicakup oleh CNNIndonesia.com, yaitu nasional, internasional, ekonomi, olahraga, teknologi, otomotif, hiburan, dan gaya hidup. CNN Indonesia juga memudahkan setiap pembacanya untuk dapat mengakses seluruh berita secara gratis melalui situs dan aplikasi resmi.

3. Kompas.com

Kompas.com

Selanjutnya, ada Kompas.com yang juga menjadi portal berita online terfavorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kompas.com pertama kali hadir pada 14 September 1995 dengan sebutan Kompas Online yang dahulu merupakan edisi internet dari harian Kompas. Barulah kemudian domain Kompas.com resmi melanglang buana pada 29 Mei 2008 sembari terus berkonsisten menayangkan kualitas jurnalisme terbaik. Sebagai situs berita online yang lengkap dan terpercaya, tentu saja Kompas.com didukung dengan ragam channel berita yang sangat bervariasi, sebut saja Kompas bola, travel, otomotif, sains, hiburan, properti, teknologi, edukasi, kesehatan, kuliner, hingga parapuan yang khusus membahas soal isu-isu perempuan.

4. Liputan6.com

Liputan6.com

Memiliki slogan “Aktual, Tajam, dan Terpercaya” membuat Liputan 6 bertekad untuk selalu menghadirkan informasi terbaru yang cepat dan presisi. Liputan6.com telah berdiri sebagai situs berita online sejak Agustus tahun 2000. Dari yang semula hanya menyajikan berita-berita yang sudah tayang dalam program Liputan6 SCTV, kini Liputan6.com sudah memisahkan diri dari SCTV dan berpayung di bawah perusahaan sendiri, yaitu PT Kreatif Media Karya (KMK). Berbagai macam kanal yang tersedia dalam website Liputan6.com, mulai dari politik, bisnis, olahraga, crypto, showbiz, saham, teknologi, kesehatan, gaya hidup, sampai Citizen6 yang mengakomodasi jurnalisme warga.

5. Kumparan.com

Kumparan.com

Diluncurkan pada 2017, Kumparan hadir dengan konsep terbaru sebagai media kolaboratif pertama di Indonesia yang memadukan jurnalisme berbasis teknologi dengan adanya interaksi antarpengguna. Sebagai situs media online kredibel yang terjamin oleh Dewan Pers, Kumparan.com mampu memproduksi hingga lebih dari 1000 konten berita per harinya yang secara aktif dikonsumsi oleh jutaan pembaca. Aneka ragam kanal yang bisa kamu temukan dalam situs Kumparan.com, yaitu politik, hiburan, bisnis, olahraga, otomotif, sains, kuliner, travel, perempuan, hingga kategori ibu yang berisi seputar panduan parenting untuk para ibu di Indonesia.

6. IDN Times

IDN Times

Dibentuk pada 8 Juni 2014, IDN Media telah berkembang sebagai perusahaan media online independen yang menyajikan konten-konten yang sedang tren, relevan, dan bermanfaat bagi para generasi muda, khususnya Milenial dan Gen Z.. Berdasarkan situs IDNTimes.com, portal berita online yang satu ini memiliki banyak sekali kanal yang memungkinan pembacanya bisa menemukan kategori berita yang diinginkan dengan mudah, di antaranya ada berita umum, bisnis, olahraga, teknologi, hype, gaya hidup, kesehatan, travel, otomotif, kuliner, dan lain-lain.

7. Tempo.co

Tempo.co

Portal berita online Tempo.co pada awalnya hadir dengan alamat situs www.tempointeraktif.com di tahun 1995 sebagai pelengkap dari majalah berita mingguan yang kerap membahas soal politik. Kemudian barulah di kuartal terakhir 2011, nama website tersebut bertransformasi menjadi domain yang kita kenal hingga saat ini, yaitu Tempo.co. Mengangkat slogan “Bicara Fakta”, Tempo.co berkomitmen untuk terus menampilkan sajian berita yang berkualitas dalam hasil liputan yang cerdas, faktual, dan berimbang. Meski begitu kental dengan pemberitaan dunia politik, nyatanya Tempo.co juga memiliki beragam kanal yang sangat bervariasi, sebut saja otomotif, teknologi, bisnis, olahraga, selebriti, travel, hingga gaya hidup.

8. CNBC Indonesia

CNBCIndonesia

Berbeda dari rekomendasi portal berita online yang sudah disebutkan di atas, CNBC Indonesia adalah sumber pemberitaan yang berfokus pada kaidah seputar keuangan, pasar modal, investasi, entrepreneur, gaya hidup, dan teknologi. Cocok untuk setiap orang yang ingin mengetahui informasi terbaru seputar ekonomi dan bisnis. CNBC Indonesia media massa online yang terafiliasi langsung dengan CNBC Internasional dan berpayung di bawah Transmedia.

9. Okezone.com

Okezone.com

Okezone.com resmi diluncurkan sebagai portal berita online pertama milik PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) pada 1 Maret 2007. Tagline Okezone.com yang berbunyi “Lengkap Cepat Beritanya” benar-benar direalisasikan tanpa cela dengan cara menghadirkan konsep hiburan keluarga yang dinamis dan menjadi sumber informasi terpercaya di Indonesia. Kategori konten yang disuguhkan meliputi berita umum, internasional, ekonomi, peristiwa, politik, olahraga, bola, gaya hidup, selebriti, travel, otomotif, kuliner, teknologi, dan muslim.

10. KapanLagi.com

Kapanlagi.com

Berkat kepiawaian Steve Christian dan Eka Wiharto dalam memanfaatkan teknologi yang ada, portal berita online KapanLagi.com berhasil terbentuk pada tahun 2003 dan mampu bertahan hingga saat ini dengan jumlah pembaca lebih dari 40 juta per bulan. KapanLagi juga begitu digandrungi oleh para generasi muda lantaran selalu mengemas berita-berita dari dunia hiburan dengan cara yang menyenangkan, kanal hiburan tersebut mencakup hollywood, film, musik, dangdut, hingga selebriti Korea.

Demikian kesepuluh portal berita online yang bisa kamu andalkan untuk mencari informasi ter-update, baik yang ada di Indonesia maupun dari berbagai belahan dunia. Pastikan untuk terus mengasah kemampuan berpikir dengan cara membaca berita dari sumber yang kredibel agar kamu terhindar dari hoax.