10 Manfaat Membaca Berita, Penting Banget!

10 Manfaat Membaca Berita, Penting Banget!
Ilustrasi Membaca Berita, photo from Flourish Australia

Berkembangnya teknologi pesat telah mengubah kebiasaan hidup kita. Misalnya saja, saat baru bangun tidur, kini kita tidak langsung beraktivitas seperti dulu. Kebanyakan dari kita, membiasakan diri untuk membuka handphone setelah bangun, entah scroll media sosial, atau membaca berita di situs berita online. Ya, kalau dulunya kita membaca berita dari koran, kini, kita bisa mendapatkan berita-berita dari seluruh dunia hanya dengan modal smartphone.

Tidak hanya memudahkan kita untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitar kita, kehadiran portal berita online juga membawa banyak manfaat bagi yang membacanya secara rutin, lho. Yuk simak apa saja manfaat membaca berita di artikel ini!

Menjaga Pengetahuan Informasi Terkini

Photo from Nieman Lab

Membaca berita memungkinkan kita untuk tetap up-to-date dengan peristiwa dan informasi terbaru di berbagai bidang, termasuk politik, ekonomi, teknologi, kesehatan, olahraga, dan lingkungan. Dengan informasi terkini, kita dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat ikut berpartisipasi dalam perdebatan dan diskusi yang berarti. Tentu saja, hal ini sangat bermanfaat.

Salah satu contoh yang paling baru adalah kejadian pandemi COVID-19 yang kita alami pada tahun 2020-2022 lalu. Melalui berita-berita yang disiarkan, kita bisa mengetahui apa saja tindakan preventif yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir risiko terpapar virus, hingga apa yang harus dilakukan jika kita melakukan kontak dengan seseorang yang terkonfirmasi positif. Dengan membaca berita, kita bisa mengetahui langkah yang harus dilakukan, serta tetap mendapatkan informasi terbaru sesuai dengan anjuran dari para ahli.

Meningkatkan Kesadaran Global

Photo from Management-Issues

Berbagai berita nasional maupun internasional dapat memberikan kita wawasan terhadap isu-isu global dan masalah yang mempengaruhi negara lain di seluruh dunia. Dengan membaca berita dari berbagai sumber terpercaya, kita dapat mengembangkan pemahaman tentang keragaman budaya, masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat lain, hingga mendukung upaya kerjasama antar negara atau antar pihak untuk menyelesaikan masalah tertentu secara bersama-sama.

Meningkatkan Cara Berpikir

Photo from Populix

Seringkali, berita yang disiarkan di berbagai media memiliki sudut pandang yang berbeda-beda, tergantung dari jurnalis atau editor yang mengulasnya. Membaca berita dari berbagai sumber dapat melatih kita untuk berpikir secara kritis, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang diberikan. Perbedaan sudut pandang ini juga dapat membantu kita untuk memahami bahwa tidak ada satu sumber berita yang sempurna, sehingga kita perlu melihat dari berbagai perspektif sebelum mencapai suatu kesimpulan.

Memahami Isu-isu Kompleks

Photo from BBC

Pernahkah kamu membaca isu yang sangat kompleks? Ya, beberapa isu yang dibahas memang seringkali memerlukan penjelasan yang mendalam. Dengan membaca berita secara konsisten, kita dapat memahami isu-isu tersebut secara lebih baik. Misalnya, ketika berbicara tentang masalah ekonomi global atau perubahan iklim, membaca berita secara teratur akan membantu kita untuk memahami akar masalah, dampaknya, serta upaya yang harus dilakukan secara bersama.

Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Photo from Days of the Year

Tidak hanya isu global saja, banyak berita yang mencakup kisah-kisah inspiratif, penemuan ilmiah, kisah sukses, dan masih banyak lagi yang dapat menstimulasi pikiran dan imajinasi kita. Hal ini tentu dapat membantu kita untuk meningkatkan kreativitas, melihat dunia dengan cara lebih positif dan kreatif, serta membantu kita mengatasi stress dan kecemasan dalam kehidupan sehari-hari.

Menghindari Penyebaran Disinformasi/Hoax

Photo from Shutterstock

Di era modern ini, informasi dapat beredar secara cepat dan luas. Hal ini memang baik, tapi juga membawa salah satu dampak buruk, yaitu menyebarnya informasi yang tidak benar atau bisa juga disebut dengan hoax. Membaca berita dari sumber yang kredibel dan dapat dipercaya dapat membantu kita untuk memverifikasi informasi yang tersebar sebelum mempercayainya atau menyebarkannya lebih jauh.

Mengembangkan Empati

Photo from Inc Magazine

Berita seringkali mencakup kisah-kisah tentang penderitaan manusia, keberhasilan, dan perjuangan. Dengan membaca berita ini, kita dapat mengembangkan rasa empati terhadap orang lain yang menghadapi kesulitan atau merayakan kebahagiaan. Memiliki empati tentu penting bagi kita sebagai mahluk sosial, mulai dari dapat membantu menyelesaikan konflik, meningkatkan kualitas komunikasi, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Keterampilan Bahasa dan Pengetahuan Umum

Photo from Inc GovOS

Membaca berita dari berbagai sumber secara rutin dapat membantu kita untuk meningkatkan keterampilan bahasa dan kosakata kita. Seringkali, kita menemukan istilah baru yang sebelumnya asing didengar, sehingga pengetahuan kita terhadap suatu bahasa dapat lebih luas. Hal ini tentu sangat bermanfaat terutama bagi kamu yang bekerja di bidang tulis-menulis dan bahasa. Selain itu, berita seringkali membahas topik-topik yang beragam, sehingga memperluas pengetahuan umm kita tentang berbagai hal, mulai dari ilmu pengetahuan hingga budaya dan seni.

Meningkatkan Konsentrasi

Photo from Inc iStock

Membaca berita dapat meningkatkan konsentrasi. Ketika kita membaca berita, kita harus fokus dan memusatkan perhatian pada teks yang sedang kita baca. Aktivitas membaca membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk memahami informasi yang disajikan, mengenali kata-kata, dan menghubungkan konteks yang berbeda. Oh ya, membaca berita yang beragam tentang topik-topik yang menarik juga dapat membantu melatih daya ingat, di mana untuk mengingat berbagai informasi yang dibaca, kita perlu memiliki konsentrasi yang baik.

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Photo from Counseling Directory

Aktivitas membaca berita membawa sejumlah manfaat bagi kemampuan menulis seseorang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Membaca berita dari berbagai sumber memperkenalkan kita pada berbagai kata dan frasa. Semakin banyak kita terpapar pada kata-kata yang berbeda, semakin kaya kosakata yang kita miliki untuk digunakan dalam tulisan kita. Oh ya, tentu kamu sadar bukan, kalau setiap sumber berita sering memiliki gaya penulisan yang unik? Dengan membaca berita dari berbagai media, kita dapat memahami bagaimana para jurnalis dan penulis menggunakan gaya bahasa dan teknik penulisan tertentu untuk menyampaikan informasi dan pesan.

Demikian berbagai manfaat membaca berita yang bisa kamu dapatkan. Banyak banget, ya? Mulai sekarang, yuk lebih rajin membaca berita!