5 Rekomendasi Perpustakaan di Bandung yang Bikin Betah

5 Rekomendasi Perpustakaan di Bandung yang Bikin Betah
Photo from ArchDaily

Bandung, kota yang identik dengan sejuknya udara pegunungan dan keindahan alamnya, juga memiliki daya tarik literasi yang tak kalah menarik. Di balik banyaknya kafe dan kebisingan jalan, Bandung juga menyimpan keberagaman perpustakaan yang memikat hati para pecinta buku. Dari perpustakaan kota yang megah hingga perpustakaan yang tersembunyi dengan desain arsitektur yang keren, perpustakaan di Bandung menjadi ruang inspirasi, pembelajaran, dan pertemuan bagi beragam komunitas literasi. Melalui artikel ini, yuk jelajahi dunia literasi yang terbuka lebar di tengah kesejukan dan keindahan Bandung!

Perpustakaan Gasibu

Photo from SCRAPTERRA

Sedang mencari perpustakaan yang terletak di pusat kota?

Coba kunjungi Perpustakaan Gasibu Jawa Barat, yang menawarkan lokasi ideal tepat di sekitar Lapangan Gasibu. Sebagai bagian dari Perpustakaan Kota Bandung, tempat ini sangat nyaman bagi mereka yang suka berjalan-jalan atau melakukan kegiatan kecil di fasilitas publik tersebut.

Meskipun ukurannya terbilang kecil dan koleksinya tidak sebanyak perpustakaan lain, namun Perpustakaan Gasibu tetap menyediakan kenyamanan yang tak terbatas. Pengunjung dapat menikmati banyak kursi untuk membaca, serta colokan listrik yang memudahkan untuk mengisi daya perangkat elektronik selama berada di sana. Inilah tempat yang tepat untuk menikmati suasana tenang sambil mengeksplorasi dunia literasi di tengah hiruk-pikuk pusat kota Bandung.

Alamat: 4J29+58G, Jl. Majapahit, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Jam Buka: Senin - Minggu, 08.00 - 12.00 WIB

Kineruku

Photo from Uncov 

Berikutnya dalam daftar rekomendasi perpustakaan Kota Bandung adalah Kineruku. Tempat ini tidak hanya menawarkan berbagai referensi buku, musik, dan film, tetapi juga sering menjadi tuan rumah untuk acara komunitas pecinta buku, lokakarya, hingga pertunjukan musik.

Kineruku tidak hanya dikenal karena koleksi bukunya yang beragam, tetapi juga karena fasilitas tambahan yang membuat pengunjung betah. Selain menyediakan banyak buku, perpustakaan ini juga menawarkan pilihan makanan dan minuman, menciptakan lingkungan yang sempurna untuk menikmati bacaan.

Kelebihan lain dari Kineruku adalah suasana yang tenang dan jauh dari kebisingan kota. Tempat ini menjadi destinasi yang sangat dianjurkan bagi mereka yang mencari konsentrasi penuh dan ketenangan selama menjelajahi dunia literasi.

Alamat: Jl. Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141
Jam Buka: Selasa - Minggu, 11.30 - 17.30 WIB

Microlibrary Bima

Photo from ArchDaily

Microlibrary Bima, sebuah perpustakaan di Kota Bandung, memiliki pendekatan yang sangat unik dengan menggunakan sekitar 2.000 ember es krim bekas sebagai sebagian material bangunan. Diresmikan pada tahun 2015, perpustakaan yang terletak di Jalan Bima, Cicendo, Kota Bandung ini meraih penghargaan tingkat dunia sebagai Architizer Project of The Day pada tahun 2016 dan menerima Silver Award Lafarge Holcim Awards 2017 Asia Pasifik.

Oh ya, Microlibrary Bima dirancang dengan tujuan menjadi perpustakaan mini yang memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat. Rangkaian ember yang membentuk gambaran biner di dinding memberikan pesan bahwa buku adalah jendela dunia, menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik bagi masyarakat. Sebagai fasilitas publik yang dapat diakses secara gratis, perpustakaan ini menyediakan koleksi sekitar 2000 judul buku yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat berkunjung. Banyak banget, ya?

Alamat: Jl. Bima No.103, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172
Jam Buka: Senin - Minggu, 8.30 - 17.00 AM

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung

Photo from Jejak Akhi

Tiap kota di Indonesia umumnya menyediakan perpustakaan umum yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat, dan hal ini berlaku juga di Kota Bandung.

Warga Bandung memiliki akses ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung yang terletak di pusat kota, memudahkan aksesibilitas bagi pengunjung.

Tidak hanya itu, fasilitas publik ini memiliki area yang rindang dengan banyak pepohonan, menciptakan suasana yang nyaman dan menyegarkan.

Untuk menikmati beragam bacaan, cukup mendaftar sebagai anggota dengan menggunakan KTP saja. Jadi, kunjungi saja alamatnya di Jalan Seram No. 2, Bandung, pada hari Senin hingga Jumat.

Alamat: Jl. Kawaluyaan Indah II No.4, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286
Jam Buka: Senin - Sabtu, 08.00 - 16.00 WIB

Perpustakaan Museum Asia Afrika

Photo from Info Bandung

Jika sedang mengelilingi Museum Asia Afrika, kesempatan untuk memperluas pengetahuan bisa didapatkan dengan mengunjungi Perpustakaan Museum Asia Afrika. Di sini, tersedia koleksi buku yang melibatkan berbagai topik, termasuk sejarah, sosial, politik, dan budaya dari negara-negara di kawasan Asia Afrika dan lebih jauh. Selain itu, perpustakaan ini juga menyimpan dokumen-dokumen yang terkait dengan Konferensi Asia-Afrika beserta konferensi sebelumnya.

Tak hanya itu, Perpustakaan Museum Asia Afrika menjalankan berbagai program kerja sama dengan pihak seperti Yayasan Mata Hati Indonesia, Rotary, dan Abiyoso Braille Publishing House. Kolaborasi ini didedikasikan untuk mendukung museum dalam memberikan pelayanan yang inklusif kepada penyandang disabilitas, sehingga semua individu dapat mengakses perpustakaan tanpa kendala.

Alamat: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
Jam Buka: Selasa, Kamis, Jumat, dan Sabtu, 09.00 - 15.00 WIB

Ternyata banyak banget ya, yang bisa dijelajahi di kota Bandung? Nggak cuma wisata malam atau berbagai taman, kamu juga bisa bersantai sambil membaca buku. Buat kamu wargi Bandung, yuk eksplor Bandung lebih dalam lagi! Atau buat kamu yang nggak tinggal di Bandung, segera book penginapan di Bandung buat hunting berbagai tempat seru! Hihi.