7 Strategi Bisnis Kos-Kosan yang Menguntungkan

7 Strategi Bisnis Kos-Kosan yang Menguntungkan
Strategi Bisnis Kos-Kosan

Memulai bisnis kos-kosan merupakan salah satu kesempatan bisnis menarik dan bisa menjadi lahan investasi jangka panjang. Kos-kosan juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti, asalkan kamu dapat menetapkan strategi bisnis kos-kosan.

Seperti yang kita ketahui, kos-kosan adalah salah satu kebutuhan yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa atau pekerja dari luar daerah. Meski terlihat menarik dan memiliki keuntungan yang cukup besar, bisnis kos-kosan sekarang sudah cukup kompetitif. Sekarang ini, sudah ada 2000 kost di kota Jakarta sendiri.

Makanya, kalau kamu ingin menjalani bisnis ini, kamu harus memastikan bisnis ini akan berjalan dengan baik dan memikirkan strategi bisnis kos-kosan dengan matang, supaya kamu dapat untung.

7 Tips Strategi Bisnis Kos-Kosan

1. Kenali properti anda

Apabila kamu memiliki properti yang luas seperti rumah atau tanah, sebaiknya kamu pahami dan kenali terlebih dahulu properti tersebut untuk memastikan bahwa properti tersebut cocok untuk dijadikan kosan.

Misalnya, kamu memiliki rumah dengan tanah belakang yang cukup luas, kamu dapat melakukan renovasi pada bangunan agar rumah tersebut menjadi lebih luas, sehingga dapat menampung lebih banyak orang untuk dijadikan kos-kosan.

Selain itu, untuk membuat kos-kosan, kamu harus mengetahui ukuran standar kamar kosan. Supaya kamu dapat mengetahui rumah kamu cocok atau tidak, kamu dapat menghitung luas seluruh rumah dibagi dengan luas standar kamar.

Dengan hasil hitung-hitungan tersebut, kamu akan mendapat berapa jumlah kamar yang bisa kamu buat nantinya

2. Pilih bangunan yang tepat

Kalau kamu tidak memiliki properti pribadi, kamu bisa membeli bangunan kosan yang sudah jadi. Sekarang ini, kamu dapat menemukan banyak pilihan info jual kos yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan untuk membeli bangunan baru atau membeli bangunan lama.

Jika kamu memilih untuk membeli bangunan baru, sebaiknya kamu memperhatikan sertifikat properti yang kamu dapatkan. Sedangkan untuk bangunan lama, selain memperhatikan sertifikat, kamu juga harus memperhatikan kondisi bangunannya.

Kalau kamu tidak mengecek kondisi bangunan, bisa-bisa kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk renovasi bangunan ke kondisi optimalnya.

3. Pilih lokasi yang ramai

Semakin ramai lokasi kos-kosan kamu, maka semakin tinggi passive income yang kamu dapatkan setiap bulannya. Memiliki properti kosan dengan lokasi yang strategis sangat berperan penting dalam menetapkan harga sewa kos-kosan.

Lokasi yang strategis dan dekat dengan fasilitas publik seperti perkantoran, kampus, sekolah hingga pusat transportasi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat kos-kosan. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mencari kosan dengan lokasi dekat dimana mereka banyak beraktivitas.

Sebaliknya, membangun kos-kosan dengan jarak dan lokasi yang dekat dengan fasilitas publik justru membuat modal cenderung sedikit dan kadang tidak berputar dengan baik.

4. Desain kos yang fungsional dan estetik

Akhir-akhir ini, kamu dapat menemukan banyak kos-kosan yang menawarkan desain kamar kosan dengan konsep yang unik dan kekinian. Maka dari itu, kalau kamu ingin kosan kamu menjadi incaran banyak calon penghuni, sebaiknya kamu merenovasi kosan kamu dengan tema tertentu yang estetik.

Selain estetik, kamu juga harus memastikan bahwa ruang kosan kamu dilengkapi dengan furnitur fungsional seperti lemari pakaian, meja kerja, tempat tidur, dan furnitur lainnya yang dapat meningkatkan estetika serta ruang penyimpanan.

Perlu diingat, kos-kosan yang memiliki desain estetik serta fungsional akan menguntungkan karena banyak dicari orang. Tentunya, ketika seseorang tinggal di suatu kosan, mereka akan membawa banyak barang dan membutuhkan tempat penyimpanan yang banyak.

5. Memiliki branding dan online presence yang kuat


Setelah mempersiapkan bangunan kos-kosan kamu, tentunya kamu juga harus mempromosikan bisnis kamu. Coba mulai dengan mempromosikan melalui social media atau dengan menempelkan brosur di tempat-tempat yang biasa dikunjungi target market kamu.

Kamu juga bisa memberikan promosi atau diskon untuk beberapa penghuni pertama, karena langkah ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kos-kosan kamu. Selain itu, kamu juga bisa menonjolkan nilai-nilai lebih dari kosan kamu, seperti dekorasi kamar, fasilitas, dan lain-lain.

6. Memberikan pelayanan terbaik


Selain menyediakan tempat tinggal, sebagai pemilik kos-kosan, kamu harus memastikan penghuni kos kamu merasa nyaman selama mereka berada di kosan.

Sekarang ini, hampir semua kos-kosan menyediakan layanan WiFi gratis karena kebutuhan penghuni kos-kosannya. Makanya, kalau kos-kosan kamu tidak memiliki fasilitas tambahan, akan sulit bagi kamu untuk menarik calon penghuni kos.

Kamu dapat bersaing dengan menambahkan bukan hanya layanan WiFi gratis, tapi juga menambahkan fasilitas seperti layanan laundry, layanan bersih-bersih, dan juga layanan katering untuk penghuni kos.

7. Berikan harga kompetitif

Setelah mempertimbangkan semua faktor di atas, pada akhirnya, calon penghuni akan memutuskan untuk tinggal di kos-kosan kamu berdasarkan harga yang kamu berikan. Agar kos-kosan kamu selalu ramai dan penuh, coba untuk berikan harga sewa yang sesuai dengan target serta fasilitas yang dimiliki oleh properti kos-kosan milik kamu.

Kamu juga bisa melakukan survey kecil-kecilan terhadap harga kos yang ada di sekitar lokasi untuk memberikan harga yang bersaing. Tidak lupa, kamu harus menyesuaikan harga yang kamu berikan dengan fasilitas yang kamu berikan, serta memfaktorkan lokasi properti kamu sendiri.

8. Bergabung dengan Cove

Kalau kamu merasa kewalahan dengan mengurus kos-kosan seorang diri, kamu bisa banget bergabung dengan Cove, lho.

Bersama Cove, kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan sebagai pemilik kos-kosan. Di antaranya adalah:

  • Mendapatkan kosan dengan desain yang fungsional dan estetik yang menarik calon penghuni untuk tinggal bersama Cove.
  • Memiliki branding dan online presence yang kuat, sehingga properti kosan kamu akan mendapatkan online exposure yang lebih luas.
  • Kenyamanan penghuni kosan yang terjamin karena pelayanan berstandar tinggi dari Cove dari hari pertama penghuni datang sampai mereka pergi.

Nah, itu dia beberapa tips strategi bisnis kos-kosan yang mendalam dan dapat membantu kamu apabila kamu ingin memulai bisnis kos-kosan.

Memulai bisnis ini tentunya tidak mudah dan dapat memakan modal yang cukup besar, namun, kalau kamu bergabung dengan Cove, kamu pastinya tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal. Soalnya, Cove dapat membantu kamu dalam mengatur properti kamu!

Untuk cara bergabung bersama Cove juga cukup mudah, lho. Kamu cukup menghubungi team Cove yang akan menilai properti kamu dan memprediksikan keuntungan kamu.

Nantinya, Team Cove juga akan memberikan berbagai pilihan untuk membuat properti kamu menjadi semakin menarik untuk meningkatkan pendapatan, kemudian, kamu tinggal duduk manis dan melihat properti kosan kamu upgrade, semakin ramai, dan dikelola secara efisien bersama Cove.
Tunggu apa lagi? Ayo mulai bisnis kos-kosan bersama Cove!