Kamarmu Berantakan? Ini 10 Cara Agar Kamar Terlihat Rapi!

Kamarmu Berantakan? Ini 10 Cara Agar Kamar Terlihat Rapi!
Cara Agar Kamar Terlihat Rapi

Kalau bicara tentang kenyamanan kamar, tentu kamu akan berpikir suasana dan ruangan yang rapi bukan? Bayangkan kamu pulang, masuk kamar setelah seharian beraktivitas, dan beristirahat di kamar yang rapi. Pasti terasa tenang dan nyaman sekali, bukan? Lalu, sekarang coba bayangkan suasana sebaliknya, suasana kamar yang kotor dan berantakan. Ugh, pasti rasanya udah capek duluan!

Untuk mendapatkan kamar yang nyaman dan damai, nggak susah kok! Kamu hanya perlu menyisihkan dan mendedikasikan sedikit dari waktu untuk menerapkan cara agar kamar terlihat rapi di berikut ini.

Rapikan tempat tidur setiap pagi

Cove Proklamasi

Pagi hari memang menjadi tantangan tersendiri untuk bisa disiplin merapikan tempat tidur. Setuju? Namun, poin positif dari kedisiplinan itu merupakan cara agar kamar terlihat rapi yang paling dasar. Di minggu pertama mungkin terasa berat, tapi apabila itu dilakukan terus-menerus, kamu pasti akan terbiasa dan merasa bersemangat untuk tetap konsisten merapikannya. Sehingga, kondisi kamar pun jadi tetap rapi.

Aplikasikan konsep minimalis

Kamar Minimalis via Pexels

Kalau kalian berpikir yang dimaksud dari mengaplikasikan konsep minimalis adalah menata kamar dengan gaya desain minimalis, nope, itu keliru! Konsep minimalis yang dimaksud ialah menempatkan dan memilih furnitur dan barang esensial untuk kamarmu. Coba mulai dengan memilah furnitur apa saja yang memang kamu perlukan saat ini di kamar? Contohnya, perlengkapan tidur, meja belajar/kerja, lemari, drawer, dan sebagainya.

Sortir dan pilah barang yang sudah nggak terpakai

Penting juga untuk memilah barang-barang berlebih yang selama ini ada. Mulailah dengan memberikan pertanyaan kepada dirimu sendiri, apakah barang ini masih bisa digunakan atau perlu ada di kamarmu saat ini? Apabila kamu masih merasa kesulitan dalam memilah, mungkin kamu bisa menerapkan cara yang paling simple dari salah satu konsultan Jepang yang terkenal dengan metode merapikan barang, yaitu Marie Kondo. Ia menyarankan setiap orang yang kesulitan untuk memutuskan barang mana yang disimpan dan dibuang dengan memegang barang tersebut dengan menanyakan, “does this spark joy?

Dengan begitu, perlahan barang-barang akan terpilah dan kamar pun akan tampak lebih rapi. Yay!

Baca juga: 5 Tips dekorasi kamar ala content creator yang unik dan kreatif

Simpan barang yang jarang digunakan

Menyimpan barang yang jarang digunakan via Pexels

Setelah memilah barang, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyimpan barang-barang yang jarang digunakan di tempat khusus. Setelah selesai menggunakan suatu barang, langsung masukkan ke dalam tempat penyimpanan, seperti kontainer, kotak, drawer, dan letakkan di tempat lain. Supaya barang-barang tersebut nggak berserakan dan memenuhi kamar.

Fungsikan space di bawah tempat tidur

Memanfaatkan space di bawah tempat tidur via The Organized Home

Nah, bagi kamu yang punya area under-bed atau ruang kosong di bagian bawah tempat tidur, manfaatkanlah! Area ini bisa dibilang sebagai tempat yang tidak terlihat, tapi sangat mudah diakses dan bermanfaat.

Kamu dapat menyiapkan kabinet khusus dan menempatkan barang-barang, seperti buku-buku, selimut, sprei, mainan, dan sebagainya. Pastikan masing-masing item kamu pisahkan sesuai dengan klasifikasinya. Sehingga, kamar akan tetap rapi, sekaligus efisien!

Hindari menaruh banyak barang di atas meja

Mengurangi barang di atas meja via Pexels

Hal ini nggak kalah penting untuk diperhatikan, nih! Apabila kamu sampai sekarang masih suka menyimpan dan menaruh benda-benda di atas meja, stop sekarang juga! Walau benda yang kamu miliki berukuran kecil, tetap saja akan tampak nggak rapi apabila bertebaran di atas meja. Sebaiknya, taruh benda-benda penting dan sering dibutuhkan saja agar tidak terlalu banyak.

Atau kamu bisa siapkan drawer di bawah meja atau di samping tempat tidurmu untuk menaruh benda-benda penting, seperti smartphone, charger, laptop, buku tisu, dan sebagainya.

Sediakan tempat khusus untuk baju kotor

Tempat khusus baju kotor via Pexels

Mungkin hal ini dianggap sepele untuk sebagian orang, tapi menyediakan tempat khusus untuk baju kotor menjadi cara agar kamar terlihat rapi yang perlu dilakukan, lho! Karena, nggak jarang baju kotor atau baju yang telah dipakai hanya diletakkan begitu saja di area kamar secara acak. Alhasil, kamar pun jadi penuh dengan baju kotor yang berserakan dan tampak berantakan. Tentunya, nggak mau, kan?

Yuk, sediakan tempat khusus yang estetik untuk baju kotormu! Sehingga, kamu lebih semangat untuk menaruhnya dan menjadi dekorasi agar tampilan kamar jadi lebih apik.

Baca juga: WFH jadi lebih nyaman dengan 4 tips menata area kerja ini

Gunakan Pegboard

Pegboard via Little House On The Corner

Selain bagian bawah tempat tidur, dinding di atas meja belajar/kerja sangat bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan barang. Misal, kamu bisa menggantung pegboard di atas meja belajar/kerjamu untuk menaruh kunci, foto-foto, tanaman, jam, buku, dan barang lainnya. Selain pegboard, agar nggak memakan ruang pada kamar, kamu juga bisa menaruh tas dan sepatumu di rak gantung khusus di salah satu dinding atau belakang pintu kamar.

Pajang artwork atau hiasan dinding

Hiasan dinding via Pexels

Masih di area dinding, memaksimalkan area tersebut di kamarmu untuk meletakkan rak dan beragam hiasan dinding nggak hanya bisa membantu tampilan kamar tidurmu jadi rapi, tapi juga kekinian! Keluarkan hiasan atau dekorasi kamar yang sudah lama kamu simpan dan atur untuk dipajang di dindingmu.

Contohnya, gambar, lukisan, miniatur, miniatur atau lego, macrame, atau tumbuhan kecil, seperti kaktus bisa banget kamu letakkan agar memberikan vibes natural nan estetik. Selain itu, kamu bisa menempelkan rak portable pada dinding yang bisa digunakan untuk menggantung baju, scarf, topi, kalung, atau pernak-pernikmu yang lain.

Bersihkan kamar secara berkala

Bersihkan kamar secara berkala via Pexels

Last, but not least! Furnitur sudah minimalis, barang sudah dipilah dan disimpan dengan baik, sekarang saatnya menerapkan cara agar kamar terlihat rapi selanjutnya, yaitu membersihkannya secara berkala. Contohnya, sisihkan -+15menit untuk sapu kamar setiap hari, pel setiap 3-7 hari sekali, dan lap semua barang yang ada di kamar setiap 2 minggu atau sebulan sekali.

Karena pada akhirnya, sebaik dan serapi apapun kamu menata barang-barangmu, kalau kamar nggak dibersihkan akan tampak berantakan dan nggak bersih juga.

Kost dengan Housekeeping Mingguan

Cove W Suites

Kenyamanan dan kebutuhan penghuni adalah hal paling penting bagi Cove. Karena itu, Cove selalu menyiapkan segala fasilitas dengan baik, terutama menjaga kebersihkan ruangan dan kamar kost eksklusif Cove dengan adanya housekeeping mingguan. Sehingga, kamarmu akan selalu bersih dan terlihat rapi.

Lokasi Cove sendiri sudah tersedia di berbagai area di Jabodetabek, seperti Karawaci, Bintaro, SCBD, Kemang, Setiabudi, Cipete, Tebet, Menteng, Kebon Jeruk, Tomang, dan lain sebagainya yang bisa kamu cek dan booking langsung berdasarkan areanya!