LRT Jakarta 2024: Rute, Tarif & Cara Pembayaran

LRT Jakarta 2024: Rute, Tarif & Cara Pembayaran
LRT Jakarta, photo by: lrtjakarta.co.id

Light Rapid Transit (LRT) Jakarta merupakan sistem lintas rel terpadu yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta yang saat ini membentang dengan jalur sepanjang 5,8 km. Tujuan utama proyek milik dan hasil pengembangan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini adalah menyediakan layanan transportasi publik warga Jakarta yang aman dan nyaman. Penasaran sama serba-serbi LRT Jakarta, mulai dari apa bedanya dengan LRT Jabodetabek hingga rutenya? Yuk, simak artikel berikut!

Serba-serbi LRT Jakarta

Perbedaan LRT Jakarta dengan LRT Jabodetabek

Perbedaan LRT Jakarta, photo by: lrtjakarta.co.id

Berikut rangkuman perbedaan LRT Jakarta dengan LRT Jabodetabek:

1. Perbedaan rute

LRT Jakarta dan LRT Jabodebek memiliki perbedaan utama dalam rute perjalanannya. LRT Jakarta beroperasi di wilayah Jakarta, sedangkan LRT Jabodebek melayani wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. LRT Jakarta memulai pembangunannya pada 22 Juni 2016 dan mulai beroperasi secara komersial pada 1 Desember 2019. Sementara LRT Jabodebek baru resmi beroperasi pada tanggal 28 Agustus 2023.

2. Pembuatan dan teknologi

LRT Jakarta dibangun menggunakan kereta buatan Hyundai Rotem dari Korea Selatan. Keunggulan teknologinya terletak pada penggunaan sistem articulated bogie yang memungkinkan kereta melaju dengan aman mengikuti kontur jalur trek pada tikungan tajam. Teknologi ini menjadi inovasi baru dalam proyek transportasi Indonesia.

3. Stasiun

LRT Jakarta tahap 1 memiliki 6 stasiun dengan lintasan rel sepanjang 5,8 km. Stasiun-stasiun tersebut antara lain Pegangsaan Dua Depo Kelapa Gading, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome. LRT Jabodebek memiliki 18 stasiun dengan dua lintas perjalanan, yaitu lintas Cibubur dan lintas Bekasi, mencakup area seperti Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cawang, TMII, dan lainnya.

Tarif LRT Jakarta

Tarif LRT Jakarta, photo by: lrtjakarta.co.id

Tarif tiket LRT Jakarta telah ditetapkan pada tanggal 1 Desember 2019 sebesar Rp5.000 untuk satu kali perjalanan, berlaku seragam untuk semua stasiun tanpa memandang jarak. Kamu bisa menggunakan layanan LRT Jakarta mulai pukul 05.30-23.00 WIB setiap harinya.

Cara Pembayaran LRT Jakarta

Cara pembayaran LRT Jakarta, photo by: lrtjakarta.co.id

Berikut adalah empat cara pembayaran untuk LRT Jakarta:

1. Single Journey Trip (SJT)

Kartu SJT berlaku untuk satu kali perjalanan dan bisa diperoleh di loket pembayaran Passenger Agent Office (PAO) atau mesin tiket otomatis (Ticket Vending Machine) di seluruh stasiun LRT Jakarta. Harga satu kartu SJT adalah Rp20.000, dengan tarif perjalanan sebesar Rp5.000 dan deposit kartu Rp15.000. Deposit bisa dikembalikan di stasiun tujuan dalam 7 hari setelah tap out.

2. QRIS LinkAja

Akses aplikasi LinkAja, periksa saldo, dan buat kode tiket dengan menggoyangkan ponsel. Scan kode tiket di gerbang masuk LRT, dan lakukan hal yang sama di gerbang keluar di stasiun tujuan. Saldo LinkAja akan terpotong sesuai dengan biaya perjalanan.

3. Access by KAI

Metode ini memerlukan aplikasi Access by KAI dan KAIPay. Buka aplikasi, pilih menu LRT, pesan tiket dengan memilih stasiun keberangkatan dan tujuan. Rincian tarif dan masa berlaku tiket akan ditampilkan. Pastikan saldo KAIPay mencukupi, lalu bayar tiket dengan memasukkan PIN KAIPay. Setelah pembayaran berhasil, dapatkan barcode dan scan di pintu masuk stasiun.

4. Kartu Uang Elektronik (KUE)

Alternatif pembayaran lainnya adalah menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE). Contohnya seperti e-money (Bank Mandiri), Flazz (Bank BCA), Tap-Cash (Bank BNI), Brizzi (Bank BRI), Jakcard (Bank DKI), dan Jak Lingko (Bank DKI/BNI) dengan minimum saldo Rp8.500.

Rute dan Tempat Menarik di Sekitar LRT Jakarta

Rute LRT Jakarta, photo by: lrtjakarta.co.id

Semenjak beroperasi 1 Desember 2019, LRT Jakarta memiliki enam stasiun untuk perjalanannya, yaitu:

  • Stasiun Pegangsaan Dua Depo Kelapa Gading
  • Stasiun Boulevard Utara
  • Stasiun Boulevard Selatan
  • Stasiun Pulomas
  • Stasiun Equestrian
  • Stasiun Velodrome

1. Stasiun Pegangsaan Dua Depo Kelapa Gading

Stasiun Pegangsaan Dua Depo Kelapa Gading merupakan pusat keberangkatan yang strategis untuk perjalanan dengan LRT Jakarta. Sebagai stasiun terbesar dalam jaringan LRT, stasiun ini tidak hanya berfungsi sebagai titik awal perjalanan tapi juga sebagai depo gerbong kereta. Lokasinya yang berdekatan dengan Mall Of Indonesia (MOI) dan layanan feeder TransJakarta yang tersedia memudahkan aksesibilitas penumpang.

Tempat di Sekitar Stasiun Pegangsaan Dua Depo Kelapa Gading:

  • Mall Of Indonesia (MOI)
  • La Piazza Kelapa Gading
  • Taman Impian Jaya Ancol

2. Stasiun Boulevard Utara

Stasiun Boulevard Utara, terletak secara strategis di depan Mall Kelapa Gading (MKG), merupakan pintu gerbang untuk pengalaman belanja yang menyenangkan. Stasiun ini terhubung langsung dengan pintu masuk pejalan kaki ke MKG, memudahkan akses bagi para pengunjung.

Tempat di Sekitar Boulevard Utara:

  • Mall Kelapa Gading (MKG)
  • Bakmi GM Boulevard Raya
  • Gading Walk

3. Stasiun Boulevard Selatan

Stasiun LRT Jakarta Boulevard Selatan menjadi gerbang kuliner di kawasan Kelapa Gading. Dengan akses yang mudah, stasiun ini memungkinkan penumpang untuk menikmati berbagai pilihan makanan di sekitarnya.

Tempat di Sekitar Boulevard Selatan:

  • Kelapa Gading Food Court
  • Gading Serpong Seafood
  • Dapoer Kita Boulevard

4. Stasiun Pulomas

Stasiun Pulomas, berlokasi di persimpangan antara jalan raya Kelapa Gading, Cempaka Mas, Rawamangun, dan Pulo Gadung, memberikan akses mudah ke Bella Terra Lifestyle Center yang terintegrasi dengan halte TransJakarta Pulomas.

Tempat di Sekitar Stasiun Pulomas:

  • Bella Terra Lifestyle Center
  • GOR Popki Cibubur
  • Rawamangun Golf & Driving Range

5. Stasiun Equestrian

Stasiun Equestrian adalah salah satu stasiun kereta ringan di Jalur 1 LRT Jakarta, terletak di Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Nama stasiun ini diambil dari keberadaannya yang dekat dengan Jakarta International Equestrian Park. Sebagai stasiun yang strategis, Equestrian Station memberikan akses yang nyaman bagi penumpang yang ingin mengunjungi area tersebut.

Tempat di Sekitar Stasiun Equestrian:

  • Jakarta Internasional Equestrian Park (JIEP)
  • Artha Gading Mall
  • Taman Honda Tebet

6. Stasiun Velodrome

Stasiun Velodrome adalah salah satu stasiun utama di Jalur 1 LRT Jakarta, terletak di Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Sebagai stasiun kereta ringan, Velodrome Station menjadi pusat penting bagi para penumpang di wilayah Rawamangun,  menjadi titik akses ke berbagai destinasi menarik di sekitarnya.

Tempat di Sekitar Stasiun Velodrome:

  • Arion Mall
  • Jakarta Internasional Velodrome
  • Jalan Rawamangun

Itu tadi informasi mengenai serba-serbi LRT Jakarta, mulai dari perbedaannya dengan LRT Jabodebek hingga rute dan tempat di sekitarnya yang bisa kamu kunjungi. Dengan LRT Jakarta, kamu bisa bepergian dengan lebih mudah menggunakan transportasi umum yang aman dan nyaman. Yuk, gunakan transportasi umum seperti LRT Jakarta mulai dari sekarang!