Pilih Tinggal di Kost atau Apartemen? Yuk Ketahui Perbandingannya!

Pilih Tinggal di Kost atau Apartemen? Yuk Ketahui Perbandingannya!
Kost atau Apartemen, photo by Cove

Kost atau apartemen pasti sering kamu dengar sebagai hunian di kawasan kota. Keduanya memang cukup populer, apalagi di kalangan perantau yang membutuhkan hunian tinggal sementara, seperti mahasiswa dan para pekerja. Jika dilihat dari bentuk bangunannya, kost dan apartemen jelas berbeda. Kost punya bangunan seperti rumah dengan banyak kamar, terdiri dari 1 hingga 5 lantai. Sementara itu, apartemen merupakan hunian vertikal yang menjulang tinggi dan terdiri atas puluhan lantai.

Untuk dijadikan hunian tinggal sementara, keduanya tentu punya plus minus masing-masing. Nah, kalau kamu masih bingung, sebelum memutuskan pilih tinggal di kost atau apartemen, ketahui dulu yuk plus minusnya lewat artikel berikut ini!

Perbandingan Tinggal di Kost atau Apartemen

Lokasi dan akses strategis

Cove LA Hub, photo by Cove

Setiap orang pasti memasukkan lokasi sebagai pertimbangan utama mereka dalam memilih tempat tinggal. Siapa yang setuju kalau tinggal di hunian yang dekat dengan kampus atau kantor bikin kamu menghemat pengeluaran transportasi? Apalagi di kota yang terkenal macet, tidak hanya menghemat pengeluaran, memilih tempat tinggal dekat dengan kampus atau kantor bisa memangkas waktu pergi dan pulang.

Apartemen:

Secara umum, apartemen dibangun di lokasi strategis, akses jalan lebar, serta dekat dengan transportasi umum, mall, supermarket, dan sebagainya. Kelebihan inilah yang sering ditonjolkan di apartemen.

Kost:

Berbeda dengan apartemen, kost memiliki lokasi dan akses yang cukup beragam. Ada yang di jalan besar ataupun gang kecil. Namun, kamu gak perlu khawatir karena kost pun punya lokasi strategis yang variatif. Kamu tetap bisa mendapatkan kost yang dekat dengan kampus atau kantor.

Kelengkapan fasilitas bersama

Cove LA Hub, photo by Cove

Fasilitas akan menunjang kegiatanmu selama tinggal di hunian tersebut. Secara umum, tempat tinggal yang memiliki fasilitas lengkap akan lebih diminati oleh banyak orang. Namun, kebutuhan masing-masing orang yang berbeda membuat fasilitas yang diinginkan pun berbeda.

Apartemen:

Apartemen memiliki fasilitas cukup lengkap untuk digunakan para penghuninya. Setidaknya ada fasilitas dasar yang harus dimiliki seperti kolam renang, gym, area parking, jogging track, dan taman. Salah satu properti Cove LA Hub yang memiliki fasilitas berupa area kolam renang serta lounge untuk bersantai.

Kost:

Fasilitas kost secara umum menyesuaikan harga sewa. Untuk fasilitas bersama yang ada di kost biasanya berupa dapur, ruang tamu, dan ruang makan sebagai fasilitas esensial untuk sehari-hari. Namun, tak menutup kemungkinan kost punya fasilitas kolam renang dan gym setara apartemen.

Privasi saat tinggal di kost atau apartemen

Lounge Area Cove Central One, photo by Cove

Bagi beberapa orang privasi masuk ke pertimbangan dalam memilih tempat tinggal. Ada perbedaan, nih antara kost dan apartemen.

Apartemen:

Penggunaan alat-alat akan lebih privat karena kamu tinggal di unit sendiri lengkap dengan dapur dan ruang tamunya. Kamu akan lebih leluasa menggunakan barang-barang karena tidak sharing dengan penghuni lainnya.

Kost:

Ada beberapa bagian kost yang harus kamu bagi bersama penghuni lain seperti dapur dan ruang tamu. Jadi, harus lebih bertanggung jawab ya dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama. Meski begitu, kamu gak perlu khawatir karena privasi area kamar akan tetap terjaga saat kamu tinggal di kost layaknya apartemen.

Biaya sewa dan perawatan kost atau apartemen

Cove Perfekta, photo by Cove

Lokasi, fasilitas, ditambah harga sewa memang kombinasi pas saat memilih kost atau apartemen. Kalau dari harga sewa, apa bedanya kost dan apartemen?

Apartemen:

Kelengkapan fasilitas serta lokasinya yang lebih terjamin menjadikan harga sewa apartemen terbilang lebih pricey sebagai hunian. Biaya sewa ini pun belum termasuk perawatan dan Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) yang perlu dibayar dalam kurun waktu sebulan, tiga bulan, atau enam bulan tergantung dengan kebijakan dari apartemen.

Kost:

Biaya sewa kost jauh lebih beragam dan bisa disesuaikan dengan budget kamu. Kost terjangkau atau mahal semua tergantung dengan kebutuhan. Tentu saja biaya sewa ini setara dengan fasilitas yang didapatkan ya dan kamu tidak perlu memikirkan biaya IPL karena harga sewa umumnya sudah include biaya perawatan.

Furniture yang ada di kost atau apartemen

Kamar Full Furnished Cove Prima, photo by Cove

Menyewa hunian sementara bukan cuma mempertimbangkan biaya sewa. Ada hal lain yang bisa dikatakan cukup esensial, yakni furniture di dalam tempat tinggalmu. Ini dia beda furniture di apartemen dan kost.

Apartemen:

Tidak semua apartemen menyediakan unit sewa full furnished. Dengan kata lain, kamu perlu menyiapkan budget lebih untuk membeli furniture yang akan digunakan setiap hari. Kalau kamu ingin lebih praktis, pastikan kamu memilih apartemen yang sudah fully furnished. Eits, kalau kamu senang berkreasi dan mendekorasi kamar supaya estetik, gak ada salahnya loh memilih apartemen non-furnished. Jadi, kamu bisa memilih furniture sendiri sesuai dengan kebutuhan & keinginan.

Kost:

Furniture kost umumnya sudah include di dalam biaya sewa. Beberapa furniture basic yang disediakan di kost, seperti kasur, lemari, dan meja kerja. Bahkan, kost eksklusif menambahkan fasilitas lain seperti AC, TV, dan kulkas. Contohnya Cove Prima yang menyediakan kamar berukuran luas dan fully furnished, dilengkapi dengan kasur, sofa, lemari, meja kerja, TV, AC, kamar mandi dalam, serta mini pantry.

Keamanan 24 jam di kost atau apartemen

Cove 2510 Urban Living, photo by Cove

Kemanan penting juga, nih! Gak mau kan kamu kehilangan barang berharga di kost atau apartemen. Ini dia bedanya keamanan kost dan apartemen.

Apartemen:

Keamanan apartemen lebih advance dibandingkan dengan kost. Apartemen punya security yang standby 24 jam. Kemudian, tersedia CCTV yang berada hampir di seluruh bagian gedung apartemen untuk menjaga keamanan penghuni. Tidak sembarang orang bisa masuk ke apartemen karena adanya kartu akses untuk parkir, naik lift, ataupun masuk ke unit kamar.

Kost:

Jangan meragukan keamanan kost, saat ini sudah banyak juga kost dengan keamanan CCTV 24 jam beserta penjaga. Dengan begitu, seluruh aktivitas yang terjadi di sekitar area kost akan terpantau CCTV.

Mana yang cocok untukmu, kost atau apartemen?

Cove Uma Terra, photo by Cove

Dari beberapa pertimbangan di atas, kamu sudah bisa memilih belum ingin tinggal di kost atau apartemen? Menentukan tempat tinggal memang bukan hal yang mudah. Berikut rangkuman dari Cove yang bisa jadi pertimbangan kamu:

Kamu Cocok Tinggal di Kost Kalau:

  • Mencari tempat tinggal dengan biaya lebih terjangkau
  • Tidak membutuhkan level privasi tertinggi
  • Cukup nyaman dengan fasilitas & lokasi yang ditawarkan oleh penyedia kost
  • Tidak keberatan sharing dapur dan ruang makan dengan penghuni lain dan suka bersosialisasi dengan tetangga
  • Membutuhkan kamar dengan furniture lengkap

Kamu Cocok Tinggal di Apartemen Kalau:

  • Ingin memiliki hunian yang memiliki level privasi & keamanan yang lebih tinggi
  • Tidak keberatan dengan biaya-biaya tambahan seperti IPL, listrik & air
  • Membutuhkan akses jalan luas & parkir yang lebih terjamin
  • Membutuhkan fasilitas yang lebih lengkap daripada kost