8 Pilihan Kolam Renang di Tangerang untuk Refreshing

8 Pilihan Kolam Renang di Tangerang untuk Refreshing
Kolam Renang di Tangerang, photo by wisatahits

Tangerang menjadi salah satu kota di Provinsi Banten yang punya banyak pilihan tempat wisata super keren dan cocok untuk refreshing, salah satunya adalah rekreasi wisata air. Dari kolam renang yang begitu kaya akan wahana air melimpah hingga dukungan fasilitas modern terlengkap, berikut rekomendasi kolam renang di Tangerang yang tidak hanya mampu memanjakan tubuh saja, tetapi juga memberikan ketenangan pikiran bagi kamu yang ingin sekedar melepas penat di kala padatnya pekerjaan. Yuk, simak ulasan berikut ini.

8 Kolam Renang di Tangerang

1. Tirtamas Modern

Tirtamas Modern, photo by wisatamantul

Berbicara tentang rekomendasi kolam renang di Tangerang, belum lengkap rasanya kalau tidak memasukkan Tirtamas Modern Swimming Pool ke dalam daftar. Hal tersebut dikarenakan kolam renang yang satu ini sudah menjadi salah satu taman rekreasi air yang cukup lama keberadaannya di Kota Tangerang. Sebagian besar dari kamu yang kini sudah memasuki usia dewasa, mungkin punya kenangan masa kecil di mana kamu harus mengikuti penilaian olahraga renang dari sekolah, dan Tirtamas Modern menjadi pilihan yang paling favorit kala itu.

Kolam renang yang berlokasi di area perumahan Modernland ini menawarkan setidaknya lima jenis kolam yang berbeda, mulai dari tiga buah kolam untuk anak-anak yang dilengkapi dengan seluncuran dan ember tumpah, kolam arus yang mengitari area kolam renang, hingga kolam khusus dewasa yang memiliki kedalaman sekitar 1,2 - 1,5 meter. Tidak hanya itu saja, fasilitas yang tersedia di sini juga cukup lengkap, yaitu meliputi loker penitipan barang, toilet umum, kamar bilas, ruang ganti, food court, hingga gazebo.

Alamat: Jl. Pulau Putri Raya, RT.004/RW.004, Klp. Indah, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15117
Tiket masuk: Rp40.000 weekdays, Rp45.000 weekend
Jam buka: Setiap hari (07.00 - 18.00)

2. Puri Beta Swimming Pool

Puri Beta Swimming Pool, photo by Puribeta

Bergeser ke wilayah Ciledug, ada sebuah tempat kolam renang di Tangerang yang cukup legendaris lantaran sudah berdiri sejal awal tahun 2000-an, yaitu Puri Beta Swimming Pool. Kawasan ini terletak di dalam Perumahan Puri Beta yang terbuka untuk umum dan juga mencakup fasilitas jogging untuk berolahraga santai. Kamu bisa menikmati beragam petualangan air yang tersedia, seperti water slide, kolam arus, tube slide, hingga ember tumpah yang akan membuat pengalaman berenangmu menjadi semakin menyenangkan.

Puri Beta Swimming Pool menyuguhkan sejumlah variasi kolam renang, mulai dari kolam dengan kedalaman dangkal untuk anak-anak, kolam arus berkualitas jernih, dan kolam olimpiade dengan dimensi panjang 50 meter dan lebar 15 meter yang dikhususkan untuk orang dewasa. Fasilitas umum yang bisa dinikmati oleh pengunjung meliputi ruang ganti, kamar bilas, loker pribadi, area parkir yang luas, hingga pelatih renang bersertifikat.

Alamat: UFit Waterpark Puri Beta Jalan Puri Beta Town Center Lot 2 No. 52, Ciledug Tangerang 15151  
Tiket masuk: Rp35.000 weekdays, Rp50.000 weekend
Jam buka: Setiap hari (07.00 - 19.00)

3. Ocean Park

Ocean Park, photo by Instagram @/oceanparkbsd

Berlokasi di kawasan BSD City, Ocean Park menjadi tempat rekreasi keluarga seluas 8,6 hektar yang paling favorit lantaran menawarkan wisata air dengan segudang wahana menarik. Salah satu yang menjadi highlight adalah keberadaan kolam ombak atau ‘Pacific Wave’ berukuran besar. Pada wahana ini, ombak buatan akan muncul setiap satu jam sekali selama 15 menit dengan ketinggian mencapai 1,5 meter. Ada juga papan seluncur ‘Slide N Fun’ yang memungkinkan kamu untuk merasakan sensasi meluncur bebas dengan ketinggian sekitar 15 meter dan panjang lintasan mencapai 96 meter.

Ingin mencoba sesuatu yang mampu menantang adrenalin? Kamu bisa mencoba Flying Fox setinggi 15 meter dengan panjang lintasan sekitar 120 meter yang akan membawamu meluncur melewati kolam renang. Sementara bagi kamu yang ingin lebih santai, bisa menghabiskan waktu di atas ban pelampung sambil menikmati kolam arus yang membentang sepanjang 500 meter, mengelilingi area waterpark. Ocean Park BSD dilengkapi dengan fasilitas pendukung, seperti loker penyimpanan, ruang ganti, toilet bersih, internet, food court, gazebo, penyewaan ban, dan kursi santai.

Alamat: CBD Area, Jl. Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15322  
Tiket masuk: Rp65.000 weekdays, Rp100.000 weekend
Jam buka: Senin - Jumat (11.00 - 16.00), Sabtu & Minggu (09.00 - 16.00)

4. Palem Tirta Ganda

Palem Tirta Ganda, photo by Palem Tirta Ganda

Mencari rekomendasi kolam renang di Tangerang yang cocok untuk berlatih olahraga renang secara intensif? Kamu bisa langsung mengunjungi Palem Tirta Ganda yang letaknya ada di daerah Karang Tengah ini. Alasannya adalah karena Palem Tirta Ganda memiliki daya tarik berupa kolam renang tipe olimpik dengan kedalaman hampir 4 meter, jauh lebih besar dan luas ketimbang kolam olimpik lainnya. Itulah mengapa tempat wisata air ini juga membuka layanan kursus renang yang dapat diikuti mulai dari golongan pemula hingga kelas prestasi.

Selain kolam renang tipe olimpik yang kerap digunakan untuk beragam perlombaan, Palem Tirta Ganda juga dilengkapi kolam tipe biasa dengan kedalaman 1 - 1,5 meter dan kolam renang khusus anak yang berukuran dangkal tanpa wahana. Keunggulan lainnya terletak pada keberadaan staf lifeguard yang dikenal ramah dan selalu sigap untuk menjaga keamanan serta keselamatan pengunjung di sekitar area kolam renang. Tak ketinggalan dengan fasilitas loker, kamar mandi, tempat bilas, sewa peralatan renang, hingga kursi tribun.

Alamat: Jl. Raden Saleh No.11, RT.001/RW.001, Karang Tengah, Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang, Banten 15157
Tiket masuk: Rp10.000 (anak) & Rp15.000 (dewasa) saat weekdays, Rp15.000 (anak) & Rp18.000 (dewasa) saat weekend
Jam buka: Setiap hari (08.00 - 17.30)

5. Damai Indah Golf

Damai Indah Golf, photo by Damai Indah Golf

Pilihan kolam renang di Tangerang selanjutnya adalah Damai Indah Golf yang sudah dikenal lama dengan kolam berstandar olimpiade terbaiknya. Suasana di sini memang cukup asri dan cenderung tenang bila dibandingkan dengan tempat kolam renang lainnya, sangat ideal untuk kamu yang ingin berlatih renang tanpa terlalu banyak gangguan dari pengunjung lain. Kualitas air kolamnya pun sangat bersih, minim bau kaporit, dan memiliki ukuran yang luas.

Ditambah lagi, Damai Indah Golf juga menyediakan lifeguard yang selalu siap siaga untuk mengawasi pengunjung di sekitar kolam. Ingin membersihkan tubuh dengan air hangat selepas berenang? Kamu bisa menikmati fasilitas water heater yang berfungsi dengan baik di kamar mandi. Satu hal yang perlu diingat, jika kamu berencana berkunjung ke sini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi pribadi, ya. Karena Damai Indah Golf tidak menyediakan amenities berupa shampo, sabun, ataupun handuk di dalam kamar mandi.

Alamat: Jl. Bukit Golf I No.17 Blok P, Lengkong Karya, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310  
Tiket masuk: Rp42.000 (anak) & Rp59.000 (dewasa) saat weekdays, Rp52.000 (anak) & Rp67.000 (dewasa) saat weekend
Jam buka: Senin (12.00 - 19.00), Selasa - Jumat (07.00 - 19.00), Sabtu & Minggu (06.00 - 20.00)

6. Sport Club Palem Semi

Sport Club Palem Semi, photo by goldlandkarawaci

Sport Club Palem Semi juga menyediakan fasilitas waterpark bernama Goldland Karawaci yang bisa digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa. Terdapat tiga jenis kolam renang yang tersedia di sini, yaitu kolam anak, kolam arus, dan kolam khusus dewasa. Sementara pada area kolam anak terdapat wahana menarik berupa tiga buah perosotan melingkar, ember tumpah, hingga air mancur. Kamu yang tidak membawa perlengkapan renang juga bisa menyewa ban dan pakaian renang secara langsung di lokasi.

Tersedia pula fasilitas umum berupa kamar bilas, kafeteria, hingga area loker untuk penyimpanan barang. Meski kolam renang di Tangerang ini sudah berumur cukup lama, namun pemeliharaan fasilitas pendukung dan kebersihan air kolam selalu dilakukan secara rutin demi kepuasan pengunjung. Letaknya yang berada di tengah area perumahan cluster pun menjamin suasana yang lebih privat. Itulah sebabnya Goldland Waterpark selalu menjadi primadona bagi sebagian besar warga Karawaci dan sekitarnya.

Alamat: U Fit Club House, Jl. Palem Raja Raya No.1-2, RT.002/RW.004, Karawaci, Tangerang Regency, Banten
Tiket masuk: Rp35.000 weekdays, Rp45.000 weekend
Jam buka: Setiap hari (07.00 - 18.00)

7. Fun Park Water Boom Permata

Fun Park Water Boom, photo by Nancy Silitonga

Selain dikenal dengan harga tiket masuknya yang murah meriah, Fun Park Waterboom Permata juga memiliki area yang sangat luas dengan wahana permainan melimpah. Kamu bisa mencoba berseluncur di atas water slide spiral setinggi 10 meter, bersantai di atas ban dengan memanfaatkan kolam arus yang akan membawamu mengelilingi area waterboom, hingga menikmati atraksi berupa ember tumpah yang menyenangkan. Setidaknya, ada sekitar 6 jenis perosotan pada kolam khusus anak dan 3 jenis perosotan yang menegangkan pada kolam dewasa.

Uniknya lagi, Fun Park juga menawarkan kolam mandi busa yang mampu menambah kenikmatan sensorik selama berenang, terutama untuk anak-anak. Memiliki banyak pilihan petualangan air membuat Fun Park terbilang ramah bagi segala usia. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, mulai dari kamar bilas, toilet bersih, mushola, area kantin, dan loker penitipan barang. Berkunjung saat hari kerja sangatlah disarankan agar suasananya tidak terlalu ramai.

Alamat: Jalan Raya Regency II Blok BG, Kuta Jaya, Kec. Ps. Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten 15560  
Tiket masuk: Rp20.000 weekdays, Rp25.000 weekend
Jam buka: Setiap hari (08.00 - 16.00)

8. Citra Raya Water World

Citra Raya Water World, photo by citra raya

Citra Raya Water World menjadi salah satu kolam renang di Tangerang yang kini sangat digandrungi oleh berbagai kalangan. Pasalnya, taman rekreasi air yang satu ini menyajikan konsep tematik yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Terdapat sekitar 12 jenis wahana seru yang bisa kamu coba di sini. Beberapa di antaranya yaitu ‘Wave Pool’ atau kolam ombak yang akan membuatmu terombang-ambing dengan kencang, ‘Power Slider’ berbentuk spiral setinggi 10 meter yang mampu membawamu meluncur dengan bebas, hingga ‘Lazy River’ yang merupakan kolam berarus deras dengan pemandangan indah di sekitarnya

Tidak sampai di sana, kamu juga bisa menikmati kolam renang olympic berstandar nasional dengan kedalaman yang bervariasi, mulai dari 1 meter hingga 2 meter, sehingga dapat menjadi penunjang untuk meningkatkan kemampuan berenang kamu. Sementara itu, ragam fasilitas utama yang tersedia di Citra Raya Water World meliputi panggung hiburan, gazebo, lifeguard, mushola, loker, rental ban, sampai pilihan cafe dan restoran untuk bersantap siang.

Ingin berenang setiap hari? Waterpark ini juga menawarkan Annual Pass senilai Rp575 ribu per orang dan 6 Months Pass sebesar Rp360 ribu per orang, lho, cocok bagi kamu yang suka berenang secara rutin, tapi tetap ingin berhemat.

Alamat: Jl. Citra Raya Utama Timur, Mekar Bakti, Kec. Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten 15710
Tiket masuk: Rp55.000 weekdays, Rp65.000 weekend, Rp75.000 musim liburan
Jam buka: Setiap hari (08.00 - 18.00)

Dengan beragam pilihan kolam renang di Tangerang tadi, kamu bisa dengan mudah menemukan lokasi yang dirasa sesuai untuk kebutuhan olahraga ataupun mengisi momentum liburan bersama keluarga. Nah, jika kamu sedang mencari kost eksklusif dengan desain aesthetic, berfasilitas lengkap, serta memiliki lokasi yang strategis, kamu bisa langsung mengunjungi laman kost di Tangerang untuk cek rekomendasi properti Cove yang cocok untuk kamu. Tersedia mulai dari area Karawaci, Bintaro hingga BSD!