Kenali 8 Kelebihan Kasur Lantai Jepang Dibanding Kasur Biasa

Kenali 8 Kelebihan Kasur Lantai Jepang Dibanding Kasur Biasa
Kasur Lantai Jepang | Cove Lenna Residence Premiere

Setiap orang tentu memiliki caranya masing-masing dalam menentukan bagaimana cara mereka tertidur. Kamar pribadi pun seolah menjadi lahan bereksplorasi untuk menciptakan ruang tidur yang nyaman. Namun, tahukah kamu? Salah satu kebiasaan yang masih banyak dilakukan oleh orang Jepang adalah dengan tidur beralaskan kasur lantai Jepang yang disebut sebagai futon. Jenis kasur lipat yang satu ini dikenal praktis karena dapat langsung disimpan atau diletakkan di mana saja.

Karakteristik dari kasur futon memang cenderung tebal lantaran umumnya sudah sepaket dengan selimut. Jadi, bisa dipastikan kalau kasur lipat yang satu ini nggak kalah nyamannya dengan kasur biasa yang memiliki ranjang atau dipan. Kamar pun akan terlihat lebih luas dan lapang karena tidak terlalu memakan banyak tempat. Nah, sebenarnya apa saja, sih, yang menjadi kelebihan kasur lantai Jepang dibanding kasur biasa? Ini dia sejumlah manfaatnya!

Kelebihan Kasur Lantai Jepang

1. Bisa Menghemat Ruangan yang Sempit

Bisa Menghemat Ruangan yang Sempit, photo by Linda Yuliana

Salah satu kelebihan dari kasur lantai Jepang adalah dapat menghemat ruangan yang sempit. Bila kamarmu memiliki ukuran yang cukup terbatas, maka penggunaan kasur lipat bisa dijadikan sebagai opsi alas tidur yang paling tepat. Hal ini dikarenakan karakteristik kasur lipat yang cenderung ringan membuat kamu mudah memindahkannya ataupun menyimpannya kembali ke dalam lemari apabila sedang tidak digunakan.

Kamar pun terasa lebih jauh lapang dan segala aktivitas yang kamu lakukan di dalam kamar akan terasa lebih maksimal, baik itu saat ingin bekerja, membersihkan kamar, berolahraga, ataupun sekedar melakukan rutinitas harian lainnya.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah Secara Menyeluruh

Meningkatkan Sirkulasi Darah Secara Menyeluruh, photo by freepik/tirachardz

Ternyata, jenis tempat tidur yang dipilih mempunyai korelasi yang cukup besar terhadap kesehatan, lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa permukaan kasur lantai Jepang yang relatif keras mampu memperlancar sirkulasi darah secara menyeluruh, sehingga dapat mengurangi risiko nyeri otot.

Apalagi, saat ini kebanyakan orang dewasa sering mengalami sakit punggung ataupun nyeri sendi pada bagian leher, yang tanpa disadari, salah satu faktor pemicunya adalah pemilihan tempat tidur yang kurang tepat.

Baca juga: Ini 9 Kelebihan Smart TV yang Bikin Makin Betah di Rumah!

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki Postur Tubuh, photo by freepik/tirachardz

Nah, karena letaknya yang berada di atas permukaan lantai, kasur lantai Jepang terbukti mampu menjaga keseluruhan postur tubuh agar tetap lurus sejajar, sehingga bisa mengurangi kemungkinan terjangkit skoliosis atau pembengkokan pada tulang belakang. Lain halnya dengan kasur biasa yang akan memberikan efek ‘tenggelam’ ke arah bawah saat tengah berbaring.

Bila kamu belum benar-benar terbiasa dengan kasur lipat, penggunaan bantal tipis di punggung bagian bawah sangatlah direkomendasikan untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang.

4. Kualitas Tidur yang Lebih Nyenyak

Kualitas Tidur yang Lebih Nyenyak, photo by japanobjects.com

Kasur lipat didesain khusus untuk kamu yang ingin meningkatkan kualitas tidur dengan baik. Lancarnya peredaran darah yang dipicu oleh bidang datar dari area lantai akan membuat tidurmu terasa semakin nyenyak, sekaligus mencegah gangguan tidur yang tak diinginkan.

Bahkan, melansir sleepingadvisor, berada dekat dengan lantai mampu memberikan akses ke udara yang jauh lebih sejuk, sehingga mencegah keluarnya keringat secara berlebih di malam hari. Sementara, peningkatan suhu tubuh yang terjadi saat sedang tidur bisa menyebabkan kamu lebih sering terbangun saat tengah malam.

Baca juga: 10 Cara Beristirahat yang Baik untuk Gaya Hidup Lebih Sehat!

5. Cocok Dipakai oleh Siapa Saja

Cocok Dipakai Oleh Siapa Saja, photo by questionjapan.com

Jenis kasur lantai dinilai baik untuk menjadi alas tidur bagi segala usia, baik itu balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua sekalipun. Terlebih lagi, rata-rata dari anak usia dini cenderung mudah terjatuh dari atas tempat tidur berukuran tinggi. Nah, keberadaan kasur lantai Jepang tentu bisa menjadi pertimbangan yang tepat untuk diterapkan di area kamar tidur. Beberapa variasi dari kasur lipat ini bahkan bisa berfungsi ganda sebagai kursi malas dan area bekerja.

6. Harga yang Lebih Terjangkau

Harga yang Lebih Terjangkau, photo by nytimes.com

Ingin lebih menghemat anggaran? Kasur lantai Jepang umumnya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau dibanding kasur biasa. Hal ini disebabkan kasur lantai tidak membutuhkan dipan dan headboard sebagai penyangga, sehingga kamu tidak perlu lagi merogoh kocek yang jauh lebih banyak untuk bisa mendapatkannya.

7. Memberikan Tampilan Modern dan Minimalis

Memberikan Tampilan Modern dan Minimalis, photo by Pexels/Dmitry Zvolskiy

Nggak bisa dipungkiri, keberadaan kasur lantai futon memang bisa memberikan ‘nafas segar’ dengan suasana yang berbeda di dalam kamar, mengingat kasur ini mampu memberikan impresi ruangan yang jauh lebih lega. Apalagi bila kamu pandai dalam mengatur tata letak perabotan yang tersebar di sekitarnya.

Nah, agar tidak terlalu ‘sepi’, kamu bisa menambahkan beberapa elemen dekoratif dengan warna-warna yang senada, mulai dari bantal duduk, lukisan dinding berukuran sedang, hingga aneka tumbuhan hijau untuk membuatnya lebih hidup.

Baca juga: 5 Ukuran Kasur dan Tips Memilih untuk Tidur Lebih Nyenyak!

8. Sebagai Kasur Tambahan untuk Tamu

Sebagai Kasur Tambahan untuk Tamu, photo by japanobjects.com

Ketimbang menggunakan karpet yang terasa kurang nyaman, mengapa tidak membeli kasur lantai Jepang sebagai cadangan tempat beristirahat jika sewaktu-waktu ada tamu atau keluarga besar yang berencana menginap di rumahmu? Selain bisa memberikan tempat beristirahat yang layak, kamu juga tidak perlu lagi merasa kebingungan saat harus memutuskan di mana tempat mereka akan tidur. Kamu hanya perlu mengambil kasur lipat dari dalam lemari, untuk kemudian digelar di sebuah ruangan yang paling memadai.

Bagaimana? Sudah mengetahui apa saja kelebihan kasur lantai Jepang? Saatnya untuk memberikan sentuhan yang baru pada kamar tidurmu. Nah, bila kamu sedang mencari kost eksklusif yang menawarkan pengalaman serupa, intip rekomendasi di bawah ini, yuk!

Cove Lenna Residence Premiere: Kost Bergaya Jepang dengan Kasur Lantai

Cove-Lenna-Residence-Premiere

Perkenalkan Cove Lenna Residence Premiere, kost eksklusif bergaya Jepang yang menawarkan tipe kamar dengan kasur lantai tatami! Cocok untuk kamu yang ingin merasakan tinggal di sebuah hunian dengan atmosfer berbeda layaknya di Negeri Sakura. Cove Lenna berlokasi strategis di Jl. Simprug Golf 2 No.Kel, RT.7/RW.8, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sebuah tempat tinggal dengan fasilitas terlengkap yang nyaman, bersih, dan menenangkan.

Deretan fasilitas gedung yang tersedia, meliputi area lobi, ruang bersama, internet, dapur, ruang makan, dispenser, dan dukungan sistem keamanan selama 24 jam penuh. Pastinya membuat kamu betah untuk terus menghuni unit Cove yang satu ini. Ditambah lagi, seluruh kamar dari Cove Lenna juga sudah tersedia dalam bentuk fully furnished, mulai dari kasur, AC, meja kerja, kulkas, TV, dan lemari pakaian. Terdapat juga kamar mandi pribadi dan jendela lebar berpemandangan indah.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera book Cove Lenna Residence Premiere dengan menghubungi tim sales Cove melalui WhatsApp sebelum kehabisan!


Temukan kost eksklusif di Jakarta Selatan lainnya hanya di Cove!