Ini 9 Kelebihan Smart TV yang Bikin Makin Betah di Rumah!

Ini 9 Kelebihan Smart TV yang Bikin Makin Betah di Rumah!
Smart TV, photo by Pexels/Lisa Fotios

Santai di kamar emang paling asyik sambil nonton TV, apalagi sekarang sudah ada smart TV dengan berbagai fitur hiburan. Jadi, bisa bikin kamu lebih betah untuk leyeh-leyeh di kamar sambil nonton film favorit.

TV pintar atau smart TV dalam beberapa tahun terakhir sudah jadi incaran banyak orang terutama bagi kaum milenial dan generasi Z. Smart TV menawarkan pengalaman menonton TV dengan beberapa fitur yang lebih modern karena terkoneksi dengan internet. Sebenarnya, apa aja sih kelebihan dari smart TV ini? Tengok bareng yuk lewat artikel Cove berikut ini.

9 Kelebihan Smart TV

Fitur Smart TV, photo by aquajapanid.com

Banyak Hiburan

Smart TV menyimpan segudang hiburan buat kamu biar semakin enjoy apalagi kalau sudah tersambung ke internet. Kalau TV biasa hanya bisa dipakai untuk nonton channel lokal dan beberapa channel internasional, di smart TV kamu bisa streaming film online, lho!

Mau nonton Netflix, HBO, Viu, Youtube, dan platform streaming lainnya? Tenang aja, karena semuanya bisa kamu tonton di smart TV. Kamu tinggal pilih film dari platform favoritmu dan duduk santai sambil makan cemilan. Nonton jadi lebih asyik, ‘kan?

Terkoneksi dengan Smartphone

Salah satu fitur dari smart TV, bisa banget kamu pakai untuk disambungkan dengan layar ponsel pintar. Kamu bisa memindahkan layar handphone ke smart TV untuk tampilan lebih besar. Kelebihan dari smart TV satu ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur screen mirroring yang tersedia di gadget kamu. Tampilan layar otomatis akan berpindah.

Pencarian Bebas sesuai Keinginan

Sama seperti namanya, smart TV punya fitur pencarian yang memungkinkan kamu untuk menelusuri apapun seperti di handphone. Kamu bisa gunakan browser yang telah terpasang di dalam smart TV.

Bisa Pakai Google Assistant

Google Assistant Smart TV, photo by Harapan Rakyat

Malas buat cari film dengan ketik manual? Pakai suara kamu aja! Dengan smart TV ini kamu bisa loh gunakan fitur Google Assistant. Cukup katakan “Halo Google!” atau panggil saja Alexa. Hiburan yang kamu inginkan bisa langsung muncul di layar smart TV milikmu. Sangat gampang, bukan?

Desain Elegan Minimalis

Bentuk tipis pada smart TV menambah kesan elegan dan minimalis. Secara tampilan, smart TV sangat cantik berbeda dengan jenis TV lainnya. Selain itu, smart TV juga menampakkan kesan modern pada tampilan layarnya. Dengan begitu, smart TV bisa banget jadi double function sebagai hiburan kamu serta hiasan kamar sederhana. Keren!

Baca juga: 5 Cara menghemat tagihan listrik selama pandemi, wajib dicoba!

Resolusi Tinggi

Geser-geser antena saat nonton di smart TV? Gak perlu! Semut-semut di TV jadul gak akan muncul kalau kamu pakai smart TV. Resolusi tinggi jadi salah satu kelebihan smart TV yang patut diacungi jempol. Kamu bisa nonton atau main game secara nyaman dengan kualitas layar full HD sampai 4K.

Main Game

Saat kumpul bareng teman, kamu boleh banget untuk cobain ngegame sama teman se-geng lewat smart TV. Caranya gampang, kamu tinggal download game yang tersedia di smart TV atau melalui PC dengan sambungan HDMI. Sensasinya tentu beda dan lebih seru, dong! Jadi cocok banget untuk mengisi waktu luang.

Games di Smart TV, photo by itigic.com

Fitur Playback

Sebagian besar smart TV telah dilengkapi dengan fitur playback. Kalau pakai fitur ini, kamu bisa dengan mudah menonton ulang siaran TV yang sempat terlewat. Siaran akan disimpan pada decoder sehingga kamu bisa menontonnya kembali.

Terintegrasi dengan Smarthome

Apapun saat ini bisa dikontrol melalui ponsel pintar. Termasuk di dalamnya soal perabotan rumah. Hanya dengan ponsel di genggaman, kamu bisa menyalakan lampu, AC, sampai smart TV. Nah, kalau begini jadi enggak takut kehilangan remote TV.

Kekurangan Smart TV

Segudang kelebihan smart TV ternyata tidak luput dari kekurangan. Menengok kekurangan smart TV bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk membeli. Berikut ini beberapa kekurangan pada smart tv.

Bergantung Jaringan Internet

Sama seperti saat sedang streaming di gadget, ketika kamu menonton film via streaming di smart TV pun kualitas bergantung dengan kekuatan sinyal internet kamu. Kalau router internet kamu jauh dari smart TV, bisa mempengaruhi kualitas tampilan film yang sedang kamu tonton. Selain itu, untuk bisa menjalankannya smart TV harus terkoneksi terus-menerus ke jaringan internet.

Ancaman Hacker

Hacker, photo by viva.co.id

Keamanan dari smart TV perlu jadi bahan pertimbangan kamu, nih! Smart TV yang terkoneksi ke handphone, PC atau smart home ternyata berpotensi untuk diretas, lho. Kalau begini, kamu harus lebih hati-hati supaya data dan informasi penting milikmu enggak mudah dicuri sama hacker.

Baca juga: Kelebihan kost eksklusif dibanding kost biasa

Kapasitas Smart TV

Penyimpanan di smart TV mirip dengan handphone. Ketika sudah penuh, performanya pun bisa melambat. Penyimpanan bisa cepat penuh ketika kamu banyak mengunduh aplikasi seperti game.

Harganya Mahal

Dibandingkan dengan jenis TV lain, fiturnya yang canggih membuat harga dari smart TV ini lebih mahal. Kualitas teknologi dan tampilan serta kelebihan lain yang ditawarkan sebanding dengan harganya.

Kost dengan Fasilitas Smart TV

Tinggal di hunian dengan segudang fasilitas keren termasuk smart TV memang jadi idaman. Cove Prima menyediakan hunian dengan beragam fasilitas seperti area komunal, dapur bersama, wifi, keamanan, ruang gym, pembersihan kamar serta laundry. Masing-masing kamarnya fully furnished dan dilengkapi fasilitas pribadi berupa smart TV, kamar mandi dalam, dan mini pantry.

Smart TV di Cove Prima

Perpaduan desain minimalis modern di Cove Prima cocok buat kamu para profesional muda. Letak Cove Prima di kawasan Antasari sangat strategis hanya 5 menit ke MRT Haji Nawi dan Lippo Mall Kemang. Tersedia dalam dua jenis kamar yaitu Superior dan Deluxe. Mau tinggal di kost keren seperti Cove Prima? Book viewing segera, yuk!