5 Ukuran Kasur dan Tips Memilih untuk Tidur Lebih Nyenyak!

5 Ukuran Kasur dan Tips Memilih untuk Tidur Lebih Nyenyak!
Kamar Deluxe Cove Central, photo by Cove

Tidur di kasur yang nyaman setelah seharian beraktivitas dengan padat merupakan momen dambaan setiap orang. Kenyamanan kasur ini mempengaruhi kualitas tidur kamu hingga menjaga produktivitas keesokan harinya. Oleh karena itu, penting mengetahui perihal jenis dan ukuran kasur yang tepat untukmu.

Jangan sampai kesalahan memilih ukuran kasur malah merusak kenyamanan tidur kamu karena merasa terlalu sempit atau bahkan terlalu luas. Ditambah salah memilih ukuran kasur bisa berdampak pada kamar yang sempit sehingga tidak memiliki banyak space menaruh barang bahkan bergerak dengan leluasa.

Mungkin kamu sudah mengetahui beberapa ukuran kasur seperti single, double, dan king size atau bahkan kasur nomor 1, 2, 3, dan seterusnya. Namun, di Indonesia sendiri terdapat 5 ukuran kasur berbeda. Ukuran ini dapat kamu sesuaikan dengan luas kamar agar tidak terlalu banyak memakan tempat. Yuk ketahui jenis ukuran kasur yang sesuai untuk kamu serta tips memilihnya berikut ini.

Jenis Ukuran Kasur

1. Single Bed (90 cm x 200 cm)

Kamar Superior Cove Tripuri, photo by Cove

Kasur single merupakan ukuran kasur terkecil dengan panjang 90 cm x 200 cm. Kasur ini cocok untuk dipakai satu orang. Kebanyakan kasur ukuran single digunakan oleh anak-anak. Namun, ukuran kasur ini tetap bisa digunakan oleh satu orang dewasa.

Penggunaan kasur berukuran single sangat cocok untuk kamu yang tinggal sendiri atau memiliki luas kamar terbatas. Dengan begitu, kamu dapat memaksimalkan luas kamar terbatas dengan tempat tidur yang pas. Kasur dengan ukuran ini bisa kamu gunakan di apartemen atau kost.

Sebagai contoh penggunaan kasur single di tipe kamar superior unit Cove Tripuri. Dengan luas kamar terbatas yakni 14 meter persegi, Cove Tripuri tetap memiliki kesan luas karena menggunakan kasur berukuran single. Penggunaan kasur berukuran single pun bisa dikombinasikan dengan dipan sederhana atau dipan yang memiliki penyimpanan. Tujuannya agar lebih fungsional serta menambah estetika.

2. Double Bed (120 cm x 200 cm)

Kamar Premium Cove Pejaten, photo by Cove

Kasur dengan ukuran terkecil selanjutnya ialah double bed yang memiliki ukuran hampir mirip dengan kasur single. Kasur ini berukuran 120 cm x 200 cm, cocok menjadi alternatif apabila kamu merasa kasur single terlalu sempit. Masih dapat ditempatkan di kamar dengan luas terbatas seperti apartemen atau kost, double bed memberikan ruang tidur yang lebih luas dibandingkan single bed.

Meski ukurannya tidak jauh berbeda dari single bed, kasur dengan ukuran ini bisa muat hingga dua orang anak atau remaja. Namun, kasur ini lebih disarankan digunakan oleh satu orang saja agar tetap terasa lega. Kasur berukuran double pun sering terlihat di hotel dan dikenal dengan nama twin bed. Cove Pejaten memiliki tipe kamar premium dengan kasur berukuran double atau twin bed layaknya hotel berbintang yang bisa kamu huni berdua sahabat. Bikin ngekost kamu lebih seru!

Baca Juga: Catat! Ini Dia Standar Ukuran Jendela Kamar Tidur yang Ideal

3. Queen Bed (160 cm x 200 cm)

Kamar Premium Cove 2510 Urban Living, photo by Cove

Kamu mencari kasur dengan ukuran yang luas untuk sendiri serta tetap cukup luas untuk digunakan berdua? Pilihan yang paling pas ialah queen size bed. Kasur jenis ini berukuran 160 cm x 200 cm yang banyak diperuntukkan untuk dua orang dewasa. Ukurannya yang luas memberikan ruang tidur yang cukup besar.

Kasur dengan ukuran queen bed cocok digunakan oleh pasangan yang memiliki luas kamar terbatas. Jadi, pasangan tetap bisa memanfaatkan kasur yang nyaman tanpa mempersempit ruangan yang ada. Tidak hanya itu, kasur berukuran queen bed juga cocok untuk kamu yang tidur sendiri dengan kebiasaan berubah posisi. Kamu bisa dengan leluasa tidur tanpa merasa kesempitan.

Sebagai contoh, kamar tipe premium dari unit Cove 2510 Urban Living yang memberikan kamu kenyamanan tinggal lewat ukuran kasur queen yang cukup besar serta kamar berukuran luas dengan suasanya yang tenang. Bikin kamu betah seharian beraktivitas di dalam kamar.

4. King Bed (180 cm x 200 cm)

Kamar Premium Cove 8AM, photo by Cove

King bed merupakan ukuran kasur yang sering digunakan pasangan dengan luas kamar cukup besar. Apabila menggunakan queen size bed dirasa masih belum mencukupi kebutuhan, kamu bisa upgrade ke ukuran yang lebih besar yakni king size bed. Ukuran kasur king ialah 180 cm x 200 cm.

Kebanyakan ukuran kasur king ditempatkan di kamar utama. Selain bisa digunakan oleh dua orang dewasa, kasur berukuran king pun bisa digunakan dengan tambahan satu anak. Penggunaannya yang bisa dipakai hingga tiga orang membuat kasur ini sering menjadi pilihan bagi keluarga kecil. Sayangnya, agar ruangan tidak sempit kamu perlu menyiapkan space kamar yang cukup besar untuk menempatkan king size bed di dalamnya.

Kamu mencari kost kamar luas dan ukuran kasur yang besar? Tipe kamar premium Cove 8AM bisa menjadi pilihan karena menyediakan kasur berukurang king yang bisa kamu tempati hingga dua orang. Tidur lebih nyaman dan enggak bakal bikin kamu merasa kesempitan!

5. Super King Bed (200 cm x 200 cm)

Luxury Super King Size Bed, photo by Bar Sauvage

Super king size bed merupakan ukuran kasur terbesar di Indonesia. Kasur jenis ini memerlukan kamar yang sangat luas karena ukurannya cukup menyita ruang, yakni 200 cm x 200 cm. Sama seperti king dan queen bed, kasur jenis super king biasa digunakan oleh pasangan. Bedanya, kasur super king ini mampu menampung 2 orang dewasa serta 2 anak.

Penggunaan kasur berukuran super king diidentikkan dengan rumah yang besar dan mewah. Maka dari itu, tak jarang kasur ini juga digunakan pada hotel berbintang dengan tipe kamar Suite atau President, villa, serta rumah mewah.

Tips Memilih Kasur yang Tepat dan Nyaman

1. Sesuaikan Luas Kamar dengan Ukuran Kasur

Kamar Superior Cove Nefrie, photo by Cove

Kasur merupakan benda yang berpotensi paling besar dalam memakan tempat di ruangan tidur kamu. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikan luas kamar dengan ukuran kasur agar tetap memiliki space untuk bergerak dengan leluasa serta menaruh barang lain seperti lemari atau meja kerja. Di samping space, saat memilih ukuran kasur kamu pun perlu memikirkan akses keluar masuk agar tidak terblokir.

Sebagai contoh, kamu dapat memilih kasur berukuran single untuk luas kamar 10m2 - 15m2. Ukuran kasur ini ideal untuk kamu yang memiliki ruang terbatas karena kamu tetap bisa menaruh perabot lain di kamar.

2. Sesuaikan Dengan Penghuni Kamar

Kamar Standar Cove Sky untuk Dua Orang, photo by Cove 

Ukuran kasur single tidak memungkinkan digunakan oleh dua orang sekaligus. Apabila kamu tidak menyesuaikan ukuran kasur dengan jumlah penghuni kamar, hal ini akan mengganggu kenyamanan tidur karena merasa sempit. Ada baiknya, kamu mempertimbangkan ukuran kasur sesuai kapasitas penghuni. Untuk digunakan oleh dua orang, kasur yang lebih baik dipilih yakni kasur dengan tipe queen bed dengan ukuran 160 cm x 200 cm atau dua kasur berukuran double sehingga tidur tetap nyaman.

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Industrial, Unik dan Dinamis

3. Pertimbangkan Bahan Kasur yang Digunakan

Kasur Berkualitas Terbaik, photo by Cove

Bahan pembuat kasur sama pentingnya dengan ukuran kasur di kamarmu. Pasalnya, masing-masing bahan memberikan kenyamanan yang berbeda. Bahan ini pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu dalam beristirahat. Saat ini terdapat berbagai bahan dasar kasur, seperti busa, latex, memory foam, spring bed (pegas), hingga kapuk. Masing-masing bahan tersebut memiliki kenyamanan yang berbeda. Untuk itu, kamu perlu mencoba kasur terlebih dahulu sebelum membelinya.

Sebagai contoh, kasur berbahan dasar latex dan memory foam sangat cocok untuk digunakan oleh orang yang memiliki riwayat sakit punggung karena mampu mengikuti postur tubuh. Sementara itu, kasur yang paling banyak digunakan yakni berbahan dasar busa dan spring bed (pegas). Keduanya memberikan kenyamanan tidur yang cukup baik untuk digunakan sehari-hari karena tidak terlalu keras ataupun terlalu empuk sehingga tetap bisa menopang tubuh.

4. Perhatikan Perawatan dan Kebersihan Kasur

Kasur Single Cove The Peak, photo by Cove

Merawat kasur yang kita gunakan sehari-hari merupakan keharusan. Ini karena perawatan kasur berpengaruh pada kebersihan dan kesehatan penggunanya. Apabila kamu tidur sendiri, kamu bisa pertimbangan menggunakan kasur berukuran single atau double agar lebih mudah saat membersihkannya. Terlebih jika kamu tidak mempunyai banyak waktu untuk membersihkan kasur setiap hari. Semakin kecil ukuran kasur akan semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya, begitu pun sebaliknya.

Berbagai Pilihan Kost Dengan Fasilitas Kasur Nyaman di Cove

Fasilitas Kasur dan Kamar Luas Cove Central One, photo by Cove

Pilihan kasur yang tepat mampu menunjang kenyamanan kamu beristirahat serta menjaga kualitas tidur. Manfaatnya bisa lebih produktif lagi di pagi hari karena kualitas tidurnya terjaga. Selain beberapa contoh unit Cove di atas dengan tipe kasur berbeda, unit Cove lain pun memiliki fasilitas serupa.

Kamu bisa merasakan kenyamanan tinggal dan beristirahat lewat berbagai unit Cove yang tersebar di area Jabodetabek. Cove telah menyediakan fasilitas kamar kost fully furnished salah satunya tempat tidur yang nyaman dengan berbagai ukuran. Kamu bisa sesuaikan ukuran kasur tersebut dengan kebutuhan mulai dari single bed, double bed, queen bed, hingga king size bed. Sehingga kamu bisa langsung beristirahat dengan nyaman setelah seharian lelah beraktivitas.

Lounge Area Cove Hillcrest, photo by Cove

Seluruh unit properti Cove pun menyediakan fasilitas pribadi lain seperti lemari, kamar mandi dalam, meja kerja, AC, TV, hingga kulkas. Selain itu, terdapat fasilitas penunjang lain seperti lounge, area makan, lobby, dapur bersama, area parkir, keamanan, laundry, dan pembersihan kamar secara berkala. Fasilitas terbaik diberikan Cove untuk menunjang segala kebutuhan harian kamu.

Nah, bagi kamu yang ingin tinggal di Cove, cek berbagai unit kost eksklusif dari Cove yang dekat dengan area kerja, kampus, ataupun area strategis lain di Jabodetabek. Kamu juga bisa sesuaikan dengan kebutuhan harianmu. Jangan sampai ketinggalan dan kehabisan, kamu bisa cek update mengenai ketersediaan unit Cove melalui Cove Listing atau hubungi Whatsapp. Tunggu apa lagi? Yuk pindah ke Cove sekarang untuk mendapatkan kenyamanan tinggal dengan fasilitas lengkap!

Temukan kost eksklusif di Jakarta lainnya hanya di Cove!