10 Kampus Swasta di Bandung yang Bagus dan Populer

10 Kampus Swasta di Bandung yang Bagus dan Populer
Universitas di Bandung, photo by freepik.com

Selain menjadi kota dengan banyak tempat wisata, Bandung juga dikenal sebagai kota yang memiliki banyak perguruan tinggi, lho! Universitas di Bandung tidak hanya kampus negeri, tetapi kampus swasta di Bandung pun banyak. Tidak heran jika kota Bandung menjadi tempat perantauan bagi banyak anak muda, terutama yang sedang melanjutkan pendidikan.

Kalau kamu salah satu orang yang ingin menjadi mahasiswa di Bandung, tidak perlu khawatir. Ada banyak perguruan tinggi berkualitas yang bisa menjadi pilihan. Tentu kamu harus menyesuaikan dengan minat pendidikan yang ingin ditempuh. Jika minat pendidikan kamu tidak ada di kampus negeri, bisa coba universitas swasta di Bandung. Nah, supaya tidak bingung, ini dia 10 pilihan kampus swasta di Bandung yang berkualitas bagus dan populer.

10 Kampus Swasta di Bandung

Telkom University

Telkom Uniiversity, photo by google.com/map

Pertama, ada kampus swasta di Bandung yang terkenal menjadi universitas terbaik nomor 1 di Indonesia menurut Times Higher Education (THE) Impact Ranking tahun 2021. Pertama kali dibangun pada tahun 1990, Telkom University atau yang lebih populer disebut Tel-U memiliki akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Ada banyak program studi yang disediakan oleh Tel-U, dan semuanya sudah terakreditasi dengan baik. Program studi tersebut terbagi ke dalam 7 fakultas, antara lain Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Terapan, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, dan Fakultas Industri Kreatif.

Untuk fasilitasnya sendiri, tidak perlu diragukan lagi. Tel-U memiliki fasilitas yang super lengkap dan baik. Selain ruangan perkuliahan yang memadai, Tel-U juga memiliki masjid yang begitu luas, book store, social room dan ruang terbuka untuk publik, layanan konseling, bahkan ada 7 kantin dengan kebersihan yang sudah terjamin. Semua warga kampusnya bebas memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia di Tel-U.

Alamat: Jl. Telekomunikasi. 1, Terusan Buahbatu - Bojongsoang, Telkom University, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung
Jurusan Unggulan: Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Teknik Industri, dan Teknik Informatika
Website: https://telkomuniversity.ac.id/

Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Unikom, photo by indonesiainside.id

Selanjutnya, ada UNIKOM yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berkecimpung di bidang komputer dan sejenisnya. Universitas swasta yang satu ini juga sudah memiliki akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT, sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Untuk fasilitas penunjang, UNIKOM memiliki dua lokasi kampus di kawasan Dago dan Dipatiukur. Kemudian ada kampus baru, yaitu Smart Digital Campus yang gedungnya sangat tinggi. Selain gedung untuk perkuliahan, ada pula UNIKOM TV, UNIKOM Radio, UNIKOM Klinik, hingga UNIKOM Kreasi Media. Semuanya untuk menunjang proses belajar para mahasiswanya agar terasah dengan baik. Tidak heran jika UNIKOM menjadi salah satu universitas swasta di Bandung yang banyak sekali peminatnya.

Alamat: Jl. Dipati Ukur No.112-116, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung
Jurusan Unggulan: Teknik Informatika, Sistem Komputer
Website: www.unikom.ac.id

Universitas Pasundan (Unpas)

Ingin tahu universitas swasta di Bandung yang umurnya sudah lama sekali? Inilah Universitas Pasundan atau yang sering disebut Unpas. Sudah ada sejak tahun 1960-an. Ada banyak sekali lulusan Unpas, tidak sedikit yang sudah sukses dan terkenal. Akreditasi Unpas dari BAN-PT sudah Unggul. Selain itu, Unpas juga mempunyai sertifikat ISO 9001:2015 dari Lloyd’s Register Quality Assurance (LRQA) dan The United Kingdom Accreditation Service (UKAS). Dari banyaknya sertifikat dan pengakuan ini, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas dari Unpas.

Untuk program belajar yang tersedia di Unpas, ada sekitar 7 Fakultas, 25 Program Studi S1, 7 Program Studi Pascasarjana (S2) dan 3 Program Doktor (S3). Sedangkan untuk fasilitas yang bisa dimanfaatkan warga kampus Unpas selain untuk keperluan pendidikan, ada pula fasilitas kesehatan berupa klinik dengan layanan kesehatan gratis.

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No.193, Gegerkalong, Kec. Sukasari, Kota Bandung
Jurusan Unggulan: Akuntansi, Teknik Informatika
Website: www.unpas.ac.id

Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha, photo by gramedia.com

Ini dia salah satu universitas swasta di Bandung yang berhasil masuk jajaran 50 universitas terbaik Indonesia menurut daftar Webometrics Ranking of World Universities 2023. Universitas Kristen Maranatha adalah research-based teaching yang juga masuk dalam 10 besar kampus keagamaan Kristen terbaik di tahun yang sama. Untuk akreditasinya sendiri, BAN-PT memberikan predikat Baik Sekali.

Universitas Kristen Maranatha ini memiliki visi untuk menciptakan SDM yang unggul dan mempunyai karakter yang kuat pada nilai kepedulian, integritas, dan keprimaannya. Untuk mencapai hal tersebut, Maranatha sudah memiliki 9 fakultas dengan 28 program studi. Selain itu, ada juga berbagai fasilitas yang sangat memadai, mulai dari perpustakaan pusat yang lengkap, auditorium, laboratorium, galeri Maranatha, food center, gedung workshop, pelayanan kesehatan, laboratorium di setiap fakultas, ruang teater, bahkan rumah sakit gigi dan mulut.

Alamat: Jl. Surya Sumantri No.65, Sukawarna, Kec. Sukajadi, Kota Bandung
Jurusan Unggulan: Kedokteran, Teknik Sipil, Teknik Elektro
Website: www.maranatha.edu

Universitas Islam Bandung (Unisba)

Unisba, photo by tribunnews.com

Selanjutnya, ada Universitas Islam Bandung atau sering disingkat Unisba. Ini adalah kampus swasta di Bandung yang banyak bekerjasama dengan lembaga pemerintahan, misalnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sekarang, Unisba memiliki 18 program studi untuk tingkat sarjana, 8 program studi magister, dan 1 program studi doktor.

Selain itu, Unisba juga banyak menjalin kerjasama dengan kampus terkenal di luar negeri seperti Universitat de Girona, Management & Science University, Kyungdong University, National University of Malaysia, dan masih banyak lagi. Dengan kerjasama ini, Unisba pun banyak menyediakan beasiswa luar negeri untuk para mahasiswanya terus berkembang. Untuk akreditasinya sendiri, Unisba sudah memiliki akreditasi Unggul dari BAN-PT.

Alamat: Jl. Tamansari No.1, Tamansari, Bandung Wetan, Bandung City
Jurusan Unggulan: Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Hukum
Website: www.unisba.ac.id

Institut Teknologi Nasional (Itenas)

Itenas, photo by campus.quipper.com

Satu lagi universitas swasta di Bandung yang umurnya sudah puluhan tahun yaitu Institut Teknologi Nasional atau Itenas. Sudah ada sejak tahun 1972, Itenas didirikan oleh Yayasan Dayang Sumbi. Dulu, kampus ini bernama Akademi Teknologi Nasional. Namun pada tahun 1984, berubah menjadi Institut Teknologi Nasional Bandung.

Terdapat tiga pilihan fakultas, antara lain Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Arsitektur dan Desain, serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Kampus swasta yang satu ini terus meningkatkan kualitas pendidikannya untuk menjadi kampus yang unggul di bidang seni teknologi, maupun ilmu pengetahuan.

Alamat: Jl. Phh. Mustofa No.23, Neglasari, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung
Jurusan Unggulan: Informatika, Teknik Mesin
Website: www.itenas.ac.id

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

Unpar, photo by unpar.ac.id

Kampus swasta tua selanjutnya yang berdiri di Bandung dan sampai saat ini masih eksis adalah Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan sebutan Unpar. Sudah ada sejak tahun 1955 dan telah melahirkan banyak orang terkenal. Saat ini, Unpar memiliki akreditasi Unggul dari BAN-PT.

Bukti bahwa Unpar sangat mendukung pendidikan tinggi bagi masyarakat adalah adanya beasiswa yang disediakan untuk para mahasiswa yang memenuhi persyaratan. Setiap tahunnya, ada dana sekitar Rp8 miliar untuk beasiswa tersebut.

Adapun fakultas di Unpar saat ini berjumlah 7 untuk program sarjana, 1 untuk program diploma, dan 9 untuk program pascasarjana. Dari semua fakultas, ada total 19 program studi yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat.

Alamat: Jl. Ciumbuleuit No.94, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung
Jurusan Unggulan: Teknik Sipil, Arsitektur, Ilmu Filsafat, Teknik Industri, Teknik Kimia, dan Matematika
Website: https://unpar.ac.id

Universitas Sangga Buana

Universitas Sangga Buana, photo by ayobandung.com

Tidak kalah bagus dari universitas swasta lainnya, ada Universitas Sangga Buana Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan (USB YPKP). Kampus ini pertama kali didirikan pada tahun 2006. Kini, USB YPKP sudah memiliki akreditasi yang Baik Sekali dari BAN-PT.

Ada tiga fakultas yang dimiliki Universitas Sangga Buana untuk program sarjana. Di dalamnya terakumulasi 11 program studi. Sedangkan program pascasarjana dan vokasi ada tiga program studi.

Adapun fasilitas yang dimiliki pun tidak kalah saing dari kampus lainnya. Ada sekitar 20 laboratorium dengan isi yang lengkap, mulai dari laboratorium bahasa, komputer, multimedia, bahkan galeri investasi. Meskipun begitu, fasilitas yang lengkap tidak membuat masuk ke USB YPKP ini sulit atau mahal. Biaya kuliahnya masih dibilang terjangkau, bahkan bisa dicicil.

Alamat: Jl. Phh. Mustofa No.68, Cikutra, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung
Jurusan Unggulan: Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Administrasi Bisnis
Website: https://sanggabuana.ac.id/

Universitas Widyatama

Universitas Widyatama, photo by widyatama.ac.id

Kali ini, universitas swasta yang ada di bawah naungan Yayasan Widyatama, yaitu Universitas Widyatama. Kampus swasta ini pertama kali berdiri pada tahun 1073. Sekarang, Universitas Widyatama sudah memiliki standar ISO 9001:2000, 9001: 2008, dan sudah upgrade ke 9001:2015. Dari sini, sudah jelas sekali kualitas pendidikan di Universitas Widyatama yang terjamin.

Universitas Widyatama memiliki 3 program tingkat pendidikan dengan 15 program studi di dalamnya. Beberapa program studi sudah mendapat akreditasi Unggul dari BAN-PT, sehingga kualitasnya sudah terjamin.

Alamat: Jl. Cikutra No.204A, Sukapada, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung
Jurusan Unggulan: Manajemen (akreditasi Unggul)
Website: www.widyatama.ac.id

Universitas Advent Indonesia

Universitas Advent Indonesia, photo by campus.quipper.com

Terakhir, ada Universitas Advent Indonesia. Kampus yang satu ini terbilang unik karena dibangun di area dataran tinggi dengan pemandangan indah. Universitas Advent Indonesia berdiri tepat di antara Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Parahu. Tidak heran jika suasananya sangat sejuk dan menenangkan. Cocok untuk menjadi tempat belajar karena jauh dari kebisingan kota.

Terdapat 7 fakultas di Universitas Advent Indonesia, antara lain Fakultas Filsafat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan, Alam, hingga Fakultas Teknologi Informasi.

Universitas Advent Indonesia terakreditasi B dari BAN-PT. Keunikan lain dari kampus yang satu ini adalah adanya jembatan yang disebut friendship bridge, yaitu penghubung antara kampus dengan area olahraga serta perumahan para dosennya. Menarik sekali, bukan?

Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.288, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
Jurusan Unggulan: Filsafat (Akreditasi Baik)
Website: unai.edu

Nah, itulah 10 rekomendasi kampus swasta di Bandung yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam melanjutkan pendidikan. Kuliah di Bandung salah impian dari banyak anak muda. Selain kotanya yang nyaman menjadi tempat tinggal, kampus-kampus yang ada di sana juga memiliki kualitas yang bagus. Jadi, apakah salah satu rekomendasi di atas ada yang menjadi kampus impian kamu?