9 Rekomendasi Universitas di Bandung yang Banyak Diminati

9 Rekomendasi Universitas di Bandung yang Banyak Diminati
Universitas di Bandung, Photo by Freepik‌ ‌

Bandung menjadi salah satu kota yang mempunyai banyak perguruan tinggi. Berbagai universitas di Bandung menjadi incaran banyak anak-anak lulusan SMA, baik universitas negeri maupun swasta. Tidak heran kalau mereka mengincar Bandung sebagai kota untuk melanjutkan pendidikan. Selain suasana kotanya yang menyenangkan, universitas di Bandung juga banyak yang memiliki kualitas bagus. Kalau kamu termasuk orang yang sedang mencari universitas di Bandung, ini dia 9 rekomendasi universitas di Bandung yang memiliki banyak peminat. Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung, Photo by itb.ac.id

Siapa yang tidak mengenal Institut Teknologi Bandung? Kampus ini menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia yang dibangun sejak zaman kolonial Belanda. Dulu, kampus ini bernama de Technische Hoogeschool te Bandung (TH). Lalu sempat beberapa kali berganti nama, sampai akhirnya nama Institut Teknologi Bandung atau disingkat ITB diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959.

Kawasan ini berada di tengah kota Bandung. Jadi, kalau kamu berkuliah di sini, akses ke mana pun cukup mudah. Berbagai tempat nongkrong atau tempat makan enak bisa dengan mudah kamu datangi. Selain itu, ITB juga sebenarnya memiliki kampus di tempat lain, yaitu Jatinangor, Sumedang.

ITB mempunyai program sarjana, magister, doktor, hingga profesi. Ada banyak fakultas di ITB yang bisa menjadi pilihan kamu. Mulai dari Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, sampai Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.

ITB sudah melahirkan banyak sekali orang sukses. Banyak lulusan ITB yang menjadi publik figur dan berjasa untuk Indonesia. Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno adalah alumnus dari kampus ini. Selain itu, ada juga BJ Habibie yang punya banyak jasa besar untuk negara ini. Bahkan gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwan Kamil juga lulusan dari kampus ini. Selanjutnya mungkin kamu yang akan jadi lulusan ITB.

Ranking Indonesia: 10

Alamat: Jl. Ganesha No. 10 Coblong, kota Bandung

Website: www.itb.ac.id.

Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran, Photo by Unpad.ac.id

Selanjutnya, universitas di Bandung yang tidak kalah banyak peminatnya adalah Universitas Padjadjaran atau disingkat Unpad. Unpad menjadi salah satu perguruan tinggi yang berhasil mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Berdiri pada 11 September 1957 di tengah kota Bandung.

Selain kualitas pendidikannya yang bagus, ada banyak orang terkenal yang pernah berkuliah di Unpad. Mulai dari pejabat sampai artis. Misalnya ada Achmad Roestandi, yang pernah menjabat sebagai hakim Mahkamah Konstitusi. Banyak pula entertainer alumni Unpad, seperti Ernest Prakasa, Ananda Omesh, dan lainnya. Tidak heran jika banyak orang yang mengincar Unpad sebagai kampus impian mereka. Unpad memiliki banyak cabang kampus yang tersebar di berbagai wilayah, bahkan kota.

Jika kamu berkuliah di kampus Jatinangor, tidak perlu khawatir untuk akses ke kota Bandung. Di depan Unpad terdapat Halte Damri yang akan beroperasi dari pagi sampai sore. Damri itu akan mengantarkanmu dari kampus Unpad Jatinangor ke kampus Dipatiukur dengan harga terjangkau.

Adapun untuk fakultas, Unpad memiliki 16 fakultas yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu. Semua terbagi menjadi dua rumpun, yaitu saintek dan soshum. Beberapa fakultas tersebut antara lain ada Fakultas Kedokteran, FMIPA, Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Geologi, dan yang lainnya.

Ranking Indonesia: 14

Alamat: Jl. Dipatiukur no, 35 kota Bandung dan  Jl. Bandung-Sumedang Km 21, Jatinangor, Sumedang.

Website: www.unpad.ac.id.

Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia, Photo by Fokusjabar.id

Kalau kamu mempunyai cita-cita menjadi seorang tenaga pendidik, Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Sebelum menjadi universitas seperti sekarang, UPI dulu bernama IKIP Bandung. Berdiri pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan saat itu, yakni Bapak Muhammad Yamin.

UPI menjadi peraih peringkat ke-19 di Indonesia dalam Webometrics, dan peringkat ke-2745 di tingkat dunia. Selain itu, UPI juga memiliki banyak prestasi. Misalnya meraih juara dalam kompetisi Nation Wide English Olympic NEO pada tahun 2010 lalu.

UPI berlokasi di area yang strategis serta dekat ke berbagai tempat nongkrong maupun tempat wisata. Namun UPI juga memiliki berbagai cabang kampus yang tersebar di banyak tempat seperti Cibiru, Tasikmalaya, dan lainnya. Hal yang menjadi ciri khas dari UPI adalah gedung rektoratnya atau ISOLA yang merupakan bangunan peninggalan Belanda. Beberapa fakultas yang ada di UPI antara lain Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan lainnya.

Ranking Indonesia: 19

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No. 229 kota Bandung

Website: www.upi.edu.

Universitas Telkom

Universitas Telkom, Photo by Kompas.com
Baca juga: 11 Universitas di Tangerang yang Paling Diminati Calon Maba

Jika pada tiga poin sebelumnya kita membahas kampus negeri, kali ini kita akan membahas universitas swasta yang ada di Bandung. Telkom adalah salah satu universitas swasta yang terkenal di Bandung, bahkan di Indonesia. Universitas ini adalah milik perusahaan Telkom Indonesia. Di dalamnya ada fasilitas lengkap yang menunjang kebutuhan belajar para mahasiswanya, seperti laboratorium, perpustakaan, studio, bengkel, career center, dan sport center.

Banyak pakar telekomunikasi terkenal di Indonesia yang berasal dari Telkom. Selain itu, banyak juga prestasi yang telah dicapai Telkom. Beberapa di antaranya adalah juara satu ajang mandiri Young Entrepreneur tahun 2015 lalu serta peringkat satu di Asia dan peringkat enam di dunia untuk ajang Cyberlimpic di Barcelona pada tahun 2014.

Beberapa fakultas yang ada di Universitas Telkom antara lain Fakultas Komputer, Fakultas Komunikasi Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Ilmu Terapan, Fakultas Teknik Elektro, dan lainnya.

Ranking Indonesia: 9

Alamat: Jl. Telekomunikasi, Dayeuhkolot, Sukapura, Dayeuhkolot, Bandung

Website: smb.telkomuniversity.ac.id.

Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Parahyangan, Photo by unpar.ac.id

Selanjutnya, universitas di Bandung yang menjadi incaran banyak calon maba adalah Universitas Katolik Parahyangan atau biasa disingkat Unpar. Unpar menjadi universitas swasta tertua di Bandung dan menjadi universitas katolik pertama di Indonesia. Berdiri pada tahun 1955 dengan tujuan memenuhi kebutuhan SDM berpendidikan tinggi di Republik Indonesia pada awal masa kemerdekaan.

Kini, Unpar mempunyai 7 fakultas untuk program sarjana. Selain itu, Unpar juga memiliki program pascasarjana untuk magister dan doktor. Beberapa prestasi yang sudah dicapai oleh Unpar adalah sebagai pemenang 1st Prize dalam ajang The 51st International Chorwettbewerb di Austria pada tahun 2014 lalu dan mendapat penghargaan dari The Chiuxid International Design pada tahun 2016.

Unpar terletak di daerah yang cukup strategis di kota Bandung. Kamu akan memiliki akses ke berbagai sarana umum dengan mudah. Beberapa fakultas di Unpar yang mungkin cocok dengan kamu antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Filsafat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi, Informasi, dan Sains, dan lain-lain.

Ranking Indonesia: 54

Alamat: Jl. Ciumbuleuit No. 94, Hegarmanah, Cidadap, kota Bandung

Website: www.unpar.ac.id

Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung, Photo by Tribunjabar.com

Universitas Islam Bandung atau disingkat Unisba adalah salah satu universitas di Bandung yang bernuansa keislaman. Ada nilai-nilai keislaman yang didapatkan dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu Mujahid, Mujtahid, serta Mujaddid. Unisba menjadi salah satu universitas swasta yang mengalami perkembangan dengan pesat. Bahkan Unisba masuk ke dalam 10 universitas swasta terbaik di Indonesia menurut survei majalah Tempo.

Beberapa fakultas yang ditawarkan oleh Unisba antara lain Fakultas Dakwah, Fakultas Hukum, Fakulta Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas MIPA, dan yang lainnya. Untuk prestasi, Unisba juga patut diacungi jempol. Salah satu contohnya adalah tim softball  Unisba yang berhasil meraih juara I dalam event Partha Anniversary 2017 International Championship.

Selain itu, Unisba juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap untuk mahasiswanya, seperti perpustakaan, laboratorium, sistem informasi yang canggih, dan lainnya. Kalau kamu sedang mencari kampus bagus dengan nilai-nilai keislaman yang kental, Unisba bisa menjadi pilihan yang bagus.

Ranking Indonesia: 92

Alamat: Jl. Tamansari no. 1, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Website: www.unisba.ac.id.

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI)

Institut Seni Budaya Indonesia, Photo by Kumparan.com

Untuk kamu pencinta seni budaya dan ingin mendalaminya dengan serius melalui bangku perkuliahan, Institut Seni Budaya Indonesia atau ISBI bisa menjadi pilihan yang cocok untuk berkuliah. Berbagai macam program pendidikan ditawarkan oleh ISBI, antara lain program vokasi, sarjana, hingga pascasarjana.

Pada awalnya, ISBI bernama Konservatori Tari atau KORI. Kemudian berubah menjadi Akademi Seni Tari Indonesia. Lalu kembali mengalami perubahan menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia. Hingga pada tahun 2014, STSI berubah lagi menjadi Institut Seni Budaya Indonesia seperti yang kita kenal sekarang. Artinya, kampus ini mengalami perkembangan yang signifikan.

Untuk fakultas yang bisa menjadi pilihan kamu, antara lain ada Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa dan Desain, serta Fakultas Budaya dan Media. Sejak tahun 2017, ISBI membuka penerimaan mahasiswa melalui jalur SBMPTN. Artinya, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk masuk universitas ini. Ada banyak orang terkenal, khususnya yang berkecimpung di bidang seni, lulusan ISBI. Contohnya Rina Nose, Ferry Curtis, Mawang, dan lainnya. Mungkin kamu juga akan masuk ke dalam deretan orang terkenal lulusan ISBI suatu hari nanti.

Ranking Indonesia: 199

Alamat: Jl. Buahbatu No. 212, Cijagra, Kec. Lengkong, kota Bandung

Website: www.isbi.ac.id.

Universitas Pasundan

Universitas Pasundan, Photo by Unpas.ac.id
Baca juga: 5 Fasilitas Kost Wajib untuk Mahasiswa yang Memudahkan Kehidupan Ngekost!

Selanjutnya, ada Universitas Pasundan atau sering disingkat Unpas. Unpas juga merupakan salah satu universitas swasta tertua di Bandung yang berdiri pada tanggal 14 November 1960. Universitas swasta ini sudah meraih akreditasi A dari BAN-PT dan berada di ranking delapan perguruan tinggi swasta terbaik versi 4lcu.

Ada sekitar 25 program studi dari 7 fakultas di Unpas. Selain itu, ada juga 7 program studi untuk pascasarjana dan 2 program doktor. Unpas juga menjalin kerjasama dengan berbagai kampus di luar negeri seperti Korea Selatan, Kroasia, dan Jepang. Kampus Unpas tersebar di berbagai tempat di kota Bandung.

Ranking Indonesia: 195

Alamat: Jl. Tamansari no. 6, Jl. Lengkong Besar no. 68, Jl. Wartawan IV no. 22

Website: www.unpas.ac.id.

Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha, Photo by Gramedia.com

Terakhir, ada Universitas Kristen Maranatha yang tidak kalah terkenal di kalangan calon mahasiswa. Universitas ini juga sudah berdiri sejak tahun 1965, yang diawali dengan Fakultas Kedokteran. Sekarang, Maranatha mempunyai 9 fakultas dan 28 program studi untuk tingkat diploma, sarjana. profesi, hingga magister. Semua fakultas tersebut sudah terakreditasi oleh BAN-PT.

Ada banyak orang terkenal yang pernah berkuliah di universitas ini. Misalnya Nana Mirdad, Rafael Tan, Kevin Liliana, dan lainnya. Mungkin kamu juga akan jadi lulusan Maranatha yang berperan penting untuk negeri ini.

Maranatha berlokasi di tempat yang sangat strategis karena terletak di tengah kota Bandung dan dekat dengan berbagai akses seperti tempat nongkrong, cafe, perpustakaan, dan berbagai hunian untuk para mahasiswa. Kalau kamu menjadi mahasiswa Maranatha, akan sangat mudah dalam menjalani hari-hari sebagai perantau.

Ranking Indonesia: 43

Alamat: Jl. Surya Sumantri no. 65, Sukawarna, Kec. Sukajadi, kota Bandung

Website: www.maranatha.edu

Kost Nyaman Dekat Universitas Kristen Maranatha

Cove Cherry Homes

Kamu tidak perlu khawatir atau bingung jika berkuliah di Maranatha. Kalau kamu mencari hunian yang nyaman dan fasilitas lengkap, Cove Cherry Homes bisa menjadi pilihan yang bagus. Cove Cherry Homes berlokasi di Sukajadi, hanya 7 menit berkendara dari gerbang tol Pasteur dan Universitas Maranatha. Selain itu, hunian nyaman ini juga dekat dengan berbagai spot kuliner lokal yang memudahkan kamu ketika mencari makan.

Desain dari Cove Cherry Homes didominasi dengan warna netral serta konsep bangunan yang terbuka, sehingga sinar matahari bisa masuk dengan baik. Selain itu, fasilitas seperti lobi, ruang makan, dapur, ruang bersama, keamanan, dan layanan housekeeping mingguan pun sudah tersedia. Sangat cocok untuk mahasiswa karena bisa mengobati penat setelah seharian berkuliah.

Ingin merasakan suasana kosan yang nyaman? Tertarik dengan Cove Cerry Homes? Yuk langsung saja lakukan book viewing untuk survei kamar yang tersedia!


Temukan kost di Bandung lainnya hanya di Cove!