Kenali Ciri-ciri Kecanduan Gadget dan Tips Mengatasinya!

Kenali Ciri-ciri Kecanduan Gadget dan Tips Mengatasinya!
Ciri-ciri Kecanduan Gadget, photo by freepik

Seberapa sering kamu menghabiskan waktu dengan berselancar di dalam gawai atau gadget di luar masalah pekerjaan? Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka sudah terlalu sering membuka alat komunikasi yang dimiliki sehingga sangat sulit untuk lepas dari benda tersebut, bahkan sebagian lainnya rela untuk melewatkan kegiatan penting yang seharusnya menjadi prioritas utama. Seseorang dapat dikatakan masuk ke dalam ciri-ciri kecanduan gadget apabila sebagian besar waktunya telah tersita dengan menggunakan gawai tanpa memedulikan kondisi yang ada di sekitarnya, mulai dari ponsel, komputer, laptop, gaming device, dan lain-lain.

Kondisi seperti ini tentu akan berakibat buruk jika terus berlanjut. Kamu mungkin juga kerap merasa cemas apabila ponsel pintarmu tidak berada dalam jangkauan barang sedikit saja. Kondisi ini sering disebut sebagai nomophobia atau no mobile phobia, yang berarti rasa takut untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kehadiran perangkat ponsel di sekitarnya, bahkan seseorang yang mengalami fobia ini bisa merasakan cemas, stres, hingga panik berlebih. Nah, apa saja ciri-ciri kecanduan gadget dan tips mengatasinya? Ikuti pembahasan berikut ini, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Ciri-ciri Kecanduan Gadget

Kecanduan Gadget, photo by freepik

Ada sejumlah ciri-ciri kecanduan gadget yang sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu memiliki salah satu dari tanda-tanda ini, saatnya mulai waspada dan lakukan persiapan untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.

1. Memeriksa Ponsel Secara Terus-menerus

Meskipun sedang disibukkan dengan pekerjaan yang menumpuk, beberapa orang yang mengalami ciri-ciri kecanduan gadget selalu bisa mencuri kesempatan untuk memeriksa ponsel mereka, entah untuk berselancar di media sosial, membuka sejumlah aplikasi hiburan, ataupun sekedar mengecek notifikasi pesan instan, bahkan mereka bisa mengecek ponsel pribadi hingga beberapa kali untuk setiap jamnya. Tak peduli apakah hal tersebut berpotensi melanggar aturan atau tidak.

2. Sering Membawa Gadget Kemana-mana

Apakah kamu sering membawa ponsel ke tempat-tempat yang tidak semestinya, seperti toilet atau kondisi jalan yang sedang ramai? Atau, kamu lebih sering menggenggam ponsel hingga ke atas meja makan saat akan menyantap hidangan bersama keluarga? Saatnya untuk lebih berhati-hati karena kebiasaan buruk ini merupakan ciri-ciri kecanduan gadget yang kerap ditemui. Rasa takut akan ketertinggalan informasi terbaru bisa menyebabkan dampak negatif yang tidak diinginkan.

3. Mengisolasi Diri dari Kehidupan Nyata

Semakin sering kamu bermain gadget, tanpa sadar banyak sekali waktu yang akan terbuang sia-sia. Kamu cenderung akan merasa lebih nyaman bila bisa menghabiskan waktu sendirian di dalam kamar, selama perangkat gawai pribadi berupa ponsel ataupun laptop ada dalam genggamanmu. Jika hal ini terus dibiarkan, maka kesempatan untuk dapat melakukan interaksi dengan orang lain di kehidupan nyata tentu akan semakin menipis, mengingat kondisimu yang selalu mengisolasi diri dari dunia yang sebenarnya.

4. Marah Bila Diminta Menjauh dari Gadget

Bila seseorang meminta kamu untuk menyimpan gadget terlebih dahulu agar bisa fokus melakukan sebuah kegiatan, apa yang akan kamu lakukan? Mematuhi permohonan tersebut dan langsung memasukkan gadget ke dalam tas, atau justru malah tersinggung dan berusaha meminta pengertian mereka agar kamu bisa mengintip gawai sedikit lebih lama? Perasaan marah yang kamu alami sama sekali tidak termasuk dalam kategori wajar. Apalagi jika hal yang kamu lakukan dengan gadget-mu bukanlah sesuatu yang penting untuk dilakukan pada saat itu.

5. Kurang Melakukan Hal yang Produktif

Kamu yang sering membuang-buang waktu dengan bermain gawai sesungguhnya adalah orang-orang yang merugi. Sebab, dalam kurun waktu yang panjang itu, sangat mungkin untuk bisa memanfaatkannya dengan melakukan suatu kegiatan yang lebih produktif, entah itu mempelajari hal-hal baru, bekerja dengan efisien, menekuni hobi, hingga melakukan kegiatan olahraga. Terlalu lama berselancar di media sosial tidak akan memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan hidupmu. Mereka yang saat ini tengah fokus untuk meningkatkan kualitas diri mungkin akan meninggalkanmu jauh di belakang nantinya.

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

Mengatasi Kecanduan Gadget, photo by freepik

Kamu sudah mengenal sejumlah ciri-ciri kecanduan gadget yang biasa ditemui dari banyak orang. Sekarang, mari pelajari tips untuk mengatasi kecanduan gadget dengan cara-cara sederhana berikut ini.

1. Batasi Waktu Penggunaan Gadget

Ini tidak akan berhasil jika kamu tidak memiliki dorongan motivasi yang kuat untuk dapat mengubah kebiasan buruk saat terlalu aktif menggunakan gadget. Sebisa mungkin, belajarlah untuk membatasi waktu penggunaan gawai secara perlahan. Misalnya, kamu hanya boleh membuka ponsel pribadi maksimal selama 2 - 3 jam saja per harinya. Ini akan membantu kamu untuk meredam keinginan dalam menggenggam ponsel.

Kemudian, cobalah isi waktu yang tersisa dengan melakukan aktivitas lain yang mampu memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri. Dijamin, kamu akan merasakan perbedaan yang signifikan bila hal tersebut dilakukan secara rutin.

2. Bersosialisasi di Luar Rumah

Orang yang termasuk dalam golongan kecanduan gadget cenderung menyukai tempat yang cukup sepi, seperti kediaman pribadi, agar bisa lebih leluasa saat ingin bermain ponsel. Mereka juga terkesan acuh dengan apa pun yang sedang terjadi di sekitar mereka. Ini adalah kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari. Karena bila dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak teman baru.

Memiliki aktivitas di luar ruangan sangatlah disarankan agar kamu bisa melupakan sejenak keberadaan ponsel yang biasanya kamu genggam seharian penuh jika sedang berada di dalam kamar. Saatnya untuk menghirup udara luar sambil menyesap secangkir kopi dan bersosialisasi bersama para sahabat untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasimu.

3. Hindari Gadget pada Waktu Tidur

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah ketidakmampuan untuk tidur cepat jika tidak memainkan ponsel terlebih dahulu, bahkan ponsel tersebut hampir selalu diletakkan di sisi kepala ataupun bantal tidur. Alasannya adalah agar jika sewaktu-waktu ponsel tersebut menampilkan notifikasi, maka mereka bisa langsung mengetahuinya. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang memiliki kebiasaan buruk ini?

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh Frontiers in Psychiatry, menunjukkan bahwa kecanduan smartphone dapat mengganggu kualitas tidur. Para ahli bahkan menyarankan untuk tidak melihat layar ponsel di atas tempat tidur atau setidaknya satu jam sebelum tidur.

Akan lebih baik jika kamu mulai belajar meletakkan ponsel jauh dari jangkauan saat malam hari. Bagaimanapun, waktu beristirahat tidak boleh terganggu oleh apa pun yang berpotensi merusak kualitas tidurmu, terutama jika kamu benar-benar ingin mengutamakan kesehatan.

4. Menekuni Hobi Baru

Fokus kepada pada kegiatan yang kamu sukai bisa menjadi salah satu cara menyenangkan untuk ‘membunuh waktu’, entah itu memasak, berkebun, olahraga, membaca buku, ataupun membuat kerajinan tangan, semuanya dipercaya mampu mendorong adanya distraksi yang cukup agar fokusmu tidak hanya kepada ponsel secara terus-menerus. Kamu tidak hanya akan menjadi lebih produktif, tetapi juga bisa mendapatkan banyak manfaat untuk mengasah keterampilanmu. Ajak teman-teman untuk ikut bergabung demi bisa menciptakan suasana yang lebih menyenangkan.

5. Buat Ketentuan Pemakaian Gadget

Ada saat-saat di mana kamu harus benar-benar menyingkirkan gawaimu untuk menghargai situasi dan kondisi yang ada di sekitar. Misalnya, saat sedang menyetir, kamu dilarang keras untuk berkutat dengan ponsel agar tidak membahayakan diri sendiri.

Sebisa mungkin, berhentilah di tepi jalan yang memungkinkan agar konsentrasimu tidak terbagi dua. Contoh lainnya, saat sedang berbicara empat mata dengan orang lain, usahakan untuk menyimpan ponselmu ke dalam tas atau tempat-tempat yang sekiranya tidak mudah dijangkau oleh mata.

Ini adalah salah satu etika dalam berkomunikasi yang penting untuk dilakukan agar kamu bisa lebih menghargai kehadiran orang lain di hadapanmu. Hindari pula membawa-bawa ponsel hingga ke dalam toilet jika informasi yang sedang kamu tunggu bukanlah sesuatu yang sifatnya penting. Hargai dirimu sendiri dengan tetap berfokus pada kepentingan lain yang ingin kamu lakukan di dalam toilet.

Itulah pembahasan mengenai ciri-ciri kecanduan gadget dan tips mengatasinya. Bila kamu termasuk orang yang juga tidak mudah lepas dari gadget, pastikan untuk menerapkannya dengan segera sebelum terlambat.