Cipete Utara: Lokasi, Akses Transportasi & Tempat Hangout Menarik yang Wajib Dikunjungi

Cipete Utara: Lokasi, Akses Transportasi & Tempat Hangout Menarik yang Wajib Dikunjungi
Tempat Hangout Cipete Utara, photo by Kita Millenials

Jakarta Selatan punya banyak kawasan menarik untuk didatangi. Bahkan, sebagian besar kawasan di Jakarta Selatan jadi tempat hangout muda-mudi. Sebut saja Fatmawati, Senayan, Blok M, dan tentunya Cipete Utara yang juga punya banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Lewat artikel berikut, Cove bakal mengajak kamu untuk mengenal lebih dalam soal kawasan Cipete, khususnya Cipete Utara. Simak lanjutannya, ya!

Lokasi Cipete Utara

Mungkin kamu familiar dengan kawasan Cipete. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata Cipete terbagi atas dua kawasan berbeda, yakni Cipete Utara dan Cipete Selatan. Cipete Utara merupakan salah satu wilayah strategis di Jakarta Selatan. Lebih tepatnya, Cipete Utara menjadi kelurahan di wilayah kecamatan Kebayoran Baru.

Wilayah Cipete Utara ini meliputi Fatmawati, Dharmawangsa, Antasari, serta Taman Brawijaya. Kawasan-kawasan tersebut juga masuk ke dalam daftar tempat hangout yang sering banget dikunjungi anak muda.

Sarana Transportasi di Cipete Utara

Buat masuk ke kawasan Cipete Utara, kamu bisa menggunakan moda transportasi publik ataupun pribadi. Bagi kamu yang senang untuk menggunakan sarana transportasi publik, kamu dapat gunakan MRT, Jak-Lingko, atau ojek dan taksi online. Dengan moda transportasi berikut ini, kamu bisa mendatangi berbagai spot hangout di kawasan Cipete Utara. Biar lebih mudah, Cove akan beritahu kamu rute dari masing-masing sarana transportasi tersebut.

Apabila kamu menggunakan Moda Raya Terpadu (MRT) menuju Cipete Utara, kamu bisa turun di Stasiun Haji Nawi atau Stasiun Cipete Raya. Kemudian, kamu bisa melanjutkan dengan transportasi ojek online atau Jak-Lingko. Sementara itu, Jak-Lingko yang beroperasi di Cipete Utara ialah Jak-Lingko 31 dengan rute Pondok Labu - Blok M. Transportasi publik baik MRT ataupun Jak-Lingko pun sudah memiliki jadwal pasti dan terintegrasi yang bisa kamu akses melalui aplikasi Jak-Lingko.

Tempat Hangout Unik dan Menarik di Cipete Utara

Sedang berada di Cipete Utara? Kamu wajib datangi tempat hangout berikut ini untuk mendapatkan berbagai pengalaman baru. Tak hanya tempat makan dan cafe saja, ada galeri serta museum jika kamu mampir ke kawasan Cipete Utara. Berikut rekomendasi tempat hangout di Cipete Utara dari Cove!

Galeri Kollekan

Galeri Kollekan, photo by Whiteboard Journal

Mau mencoba sesuatu hal yang unik dan jarang ditemukan sebelumnya? Kamu bisa datangi Galeri Kolekan di Cipete Utara untuk merasakan pengalaman berbeda dengan membuat kerajinan tangan keramik sendiri. Kegiatan ini fun banget untuk dilakukan bersama teman-teman.

Di sini, kamu bisa mengikuti kelas membuat pottery dengan durasi 2 jam per sesinya, mulai dari mengolah tanah liat menjadi keramik hingga menghias menggunakan cat yang disediakan. Kamu juga akan mempelajari teknik-tekniknya, loh! Enaknya, kamu tidak perlu repot membawa peralatan karena semua alat sudah disediakan oleh Galeri Kollekan.

Alamat: Galeri Kollekan Jln. H. Abdul Majid Raya No. 15, Cipete Utara, Jakarta Selatan
Jam Operasional: Senin - Sabtu (09.00 - 17.00)
Harga: Mulai dari Rp150.000 per orang, per sesi

Shokuya Gyubar

Menu Shokuya Gyubar, photo by GoFood

Tempat hangout dengan menu autentik ala Jepang di Shokuya Gyubar. Meski memiliki tempat sederhana, Shokuya Gyubar mampu membawa vibes Jepang ke kawasan Cipete Utara. Di sini kamu bisa dine-in. Pendiri dari Shokuya Gyubar sendiri memang terinspirasi dengan kedai-kedai gang di Jepang. Oleh karena itu, Shokuya Gyubar dibuat sedikit casual dan sederhana untuk hangout.

Menu andalan di Shokuya Gyubar ialah aneka Gyudon seperti Yakinimu Gyudon, Curry Gyudon, Gyudon Kimchi, dan sebagainya. Di sini pun terdapat gorengan dan side dish yang dapat kamu jadikan pendamping makan Gyudon. Uniknya, bar ala Jepang ini tetap menyediakan makanan Western seperti burger yang dipadukan yakiniku.

Alamat: Jl. Abdul Majid Raya No.7, Cipete Utara, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 20.00)
Harga: Mulai dari Rp65.000 per orang

Kroma

Interior Kroma, photo by Facebook

Kroma bisa kamu jadikan tempat pilihan untuk hangout atau bersantai sendiri. Cafe ini berada di kawasan Cipete Utara dan memiliki desain minimalis industrial. Nuansa dari Kroma mengedepankan warna putih dengan sedikit sentuhan putih pada dinding-dindingnya. Tersedia ruangan indoor dan outdoor sehingga kamu dengan mudahnya tinggal memilih saja tempat ternyaman.

Tempat ini boleh banget untuk digunakan sebagai tempat work from cafe kalau kamu bosan bekerja di rumah atau di kantor. Nah, kamu juga bisa gunakan sebagai tempat gathering karena cafe ini terbilang luas meski tampak depannya sederhana. Menu andalan Kroma yang dapat kamu pesan ialah Es Kopi Susu. Untuk makanannya, di sini terdapat snacks dan makanan berat yang bisa kamu pilih.

Alamat: Jl. Darmawangsa-X No.A20, RT.9/RW.4, Cipete Utara, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam Operasional: Senin - Minggu (08.00 - 21.00)
Harga: Mulai dari Rp60.000 per orang

Baca Juga: MRT Haji Nawi: Rute, Harga, dan Tempat Kuliner di Sekitarnya

Sama Dengan Coffee

Spot di Sama Dengan, photo by Manual

Tempat ngopi sekaligus hangout yang cukup terkenal dibilangan Jakarta Selatan ialah Sama Dengan Coffee. Cafe ini tak hanya ada di Cipete Utara, tetapi juga di beberapa wilayah Jabodetabek lain. Suasana sejuk dari Sama Dengan Coffee bikin kamu nyaman, seperti jauh dari hiruk pikuk kehidupan kota. Kesan homey pada cafe ini sangat kental lewat bangunan rumahnya.

Halaman belakang cafe ini memiliki kolam renang dan taman, cocok banget dijadikan tempat chit-chat dengan teman lama. Selain menyediakan kopi, Sama Dengan pun punya menu makanan mulai dari tradisional hingga western yang bisa kamu nikmati.

Alamat: Jl. Putih Melati No.10B, Cipete Utara, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Operasional: Senin - Minggu (10.00 - 22.00)
Harga: Rp75.000 per orang

Warung Fotkop

Warung Fotkop, photo by Twitter

Sederhana dan punya interior menarik, kamu bisa datangi salah satu tempat nongkrong di Cipete Utara bernama Warung Fotkop. Interiornya banyak menggunakan ciri khas dari fotografer. Di sini kamu bisa memilih ingin duduk di area indoor atau outdoor karena Warung Fotkop punya keduanya.

Di samping desain unfinished dari Warung Fotkop, sajian mereka pun tak kalah unik. Es Kopi Fotkop memang jadi best seller-nya, tetapi yang patut kamu coba ialah sajian Mangut Lele dan Ikan Pari. Kalau kamu pecinta makanan tradisional yang unik, coba aja datang ke Warung Fotkop di Cipete Utara.

Alamat: Jl. Nangka I No.6, RT.2/RW.5, Cipete Utara, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam Operasional: Senin - Minggu (09.00 - 21.00)
Harga: Rp50.000 per orang

Baca Juga: 10 Pilihan Cafe di Fatmawati, Pas untuk Nongkrong atau Kerja!

SIKU Dharmawangsa

Playground SIKU, photo by SIKU Dharmawangsa

Cafe yang cocok sekali untuk kamu berkumpul bersama keluarga dan keponakan ialah SIKU Dharmawangsa. Cafe ini merupakan salah satu tempat nongkrong yang kids friendly sehingga kamu bisa mengajak keponakan atau adik yang masih kecil untuk bermain di sini karena disediakan semacam playground kecil.

Dengan dominasi warna hijau dan kuning, SIKU Dharmawangsa punya pilihan tempat outdoor atau indoor yang bisa kamu tempati. Nah, untuk menunya tersedia menu khas Jepang dan Italia. Harga makanan pun cukup bervariasi mulai dari Rp18.000 - Rp128.000. Mau coba datang ke sini?

Alamat:  Jl. Darmawangsa-X No.120a, RW.4, Cipete Utara, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Jam Operasional: Senin - Kamis (10.00 - 20.00), Jumat - Minggu (10.00 - 22.00)
Harga: Rp80.000 per orang

Museum Harry Darsono

Museum Harry Darsono, photo by Sampai Jauh

Melipir sedikit dengan melihat sekitaran Cipete Utara, kamu bisa mengunjungi Museum Harry Darsono, perancang busana ternama. Bagi kamu yang senang dengan fashion pasti akan sangat menikmati datang dan berkeliling di museum pribadi ini. Harry Darsono ialah fashion designer yang pernah merancang baju untuk Ratu Elizabeth II, Lady Diana, Putri Sirikit dari Thailand, hingga Ratu Rania dari Yordania. Sangat mengagumkan, bukan?

Di museum ini kamu bisa menikmati berbagai koleksi dari Harry Darsono yang sangat unik, otentik, dan penuh dengan nilai seni. Tak hanya pada pakaian yang dirancang, arsitektur dari bangunannya pun menganggumkan. Namun, sebelum kamu mengunjungi Museum Harry Darsono, jangan lupa untuk membuat janji kedatangan ya agar namamu bisa masuk ke dalam list turnya!

Alamat: Jl. Cilandak Tengah Raya No.71, RT.2/RW.13, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.
Jam Operasional: Senin - Jumat (10.00 - 12.30 dan 14.00 - 16.30)
Harga: Rp185.000 per orang

Kost Eksklusif di Cipete Utara

Cove Maple, photo by Cove

Cipete Utara punya banyak tempat hangout seru dan unik untuk didatangi. Tak hanya itu, kalau kamu mencari tempat tinggal dengan akses mudah di Cipete Utara, Cove punya rekomendasinya, nih! Cove Maple dengan desain unik dan bangunan yang memaksimalkan pencahayaan sehingga termasuk ke dalam kost sehat yang bisa kamu tempati.

Cove Maple punya sedikit sentuhan kayu yang bisa bikin suasana kost terasa hangat dan nyaman. Di kost ini, kamu bisa mendapatkan fasilitas lengkap seperti kamar fully furnished dengan dapur bersama, ruang makan, lounge, tempat parkir, listrik, air, wifi, hingga keamanan yang terjamin. Gak sabar untuk tinggal di Cove Maple? Kamu bisa cek website Cove untuk book viewing segera.

Temukan kost eksklusif di Jakarta Selatan lainnya, hanya di Cove!