8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Biar Hidup Lebih Sejahtera

8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Biar Hidup Lebih Sejahtera
Cara Menjaga Kesehatan Mental, photo by News Medical

Menjaga kesehatan mental yang baik sangat penting untuk menjalani kehidupan yang sejahtera. Kesehatan mental bukan hanya tentang tidak adanya penyakit mental, tapi juga mencakup kemampuan untuk mengatasi tantangan kehidupan sehari-hari, membangun hubungan yang bermakna, serta menemukan kegembiraan dan tujuan hidup. Nah, pada artikel ini, Cove sudah merangkum 8  cara menjaga kesehatan mental yang bisa kamu terapkan. Yuk, simak!

Cara Menjaga Kesehatan Mental

1. Olahraga Secara Rutin

Olahraga Secara Rutin, photo by Dynamic Motion Physiotherapy

Olahraga nggak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga untuk kesehatan mental. Olahraga melepaskan endorfin, bahan kimia alami yang membuat kamu merasa nyaman. Olahraga teratur bisa mengurangi gejala kecemasan dan depresi serta meningkatkan suasana hati.

Olahraga juga membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan ketahanan terhadap stres. Nggak harus latihan intensitas tinggi, kok, olahraga ringan, seperti jalan kaki atau yoga saja sudah cukup.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat, photo by Clean Food Crush

Diet sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan mental yang baik. Sebab, apa yang kamu makan dapat memengaruhi suasana hati, tingkat energi, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Makan makanan seimbang yang mencakup banyak buah, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat dapat membantu mendukung kesehatan mental yang baik. Menghindari makanan olahan, gula halus, kafein berlebih, dan alkohol juga bisa bantu menjaga kesehatan mental.

3. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup, photo by MyMind

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mental yang baik karena tidur memainkan peran penting dalam mengatur mood, emosi, dan fungsi kognitif. Kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol yang bikin kamu lebih mudah cemas dan depresi, serta menghasilkan emosi negatif seperti lekas marah dan sedih. Tidur juga bantu mengkonsolidasikan ingatan dan meningkatkan pembelajaran yang bisa meningkatkan fungsi kognitif dan kreativitas.

Perlu kamu catat, kurang tidur kronis merupakan faktor risiko berkembangnya masalah kesehatan mental, termasuk depresi, kecemasan, gangguan bipolar, dan skizofrenia. Jadi pastikan kamu memprioritaskan tidur untuk menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan. Orang dewasa disarankan untuk tidur antara 7-9 jam per malam. Untuk meningkatkan kualitas tidur, coba, deh, buat rutinitas tidur yang teratur, hindari screen time sebelum tidur, dan bikin kamar tidur yang nyaman.

4. Latih Mindfulness

Latih Mindfulness, photo by Real Simple

Mindfulness adalah praktik (being present) hadir pada saat ini dan mengamati pikiran dan perasaan kamu tanpa judgment (penilaian). Praktik ini dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi serta meningkatkan perasaan sejahtera. Mindfulness bisa dipraktikkan melalui meditasi, yoga, atau hanya dengan berfokus pada napas dan being present in the moment.

5. Terhubung dengan Orang Lain

Terhubung dengan Orang Lain, photo by Coach - Nine

Koneksi sosial sangat penting untuk kesehatan mental yang baik karena manusia adalah makhluk sosial, dan kita berkembang dalam interaksi sosial. Membangun dan mempertahankan hubungan yang bermakna bisa membantu mengurangi perasaan kesepian, kecemasan, dan depresi. Kamu bisa connect dengan orang sekitar dengan bergabung dengan komunitas atau grup yang kamu minati, menjadi sukarelawan di komunitas, atau sekadar ngobrol bersama teman dan keluarga.

6. Istirahat dan Rawat Diri

Istirahat dan Rawat Diri, photo by Stay Prepared

Sangat penting untuk beristirahat dan mempraktikkan perawatan diri untuk menjaga kesehatan mental yang baik. Cara setiap orang merawat diri bervariasi, tapi umumnya melibatkan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat kamu merasa baik, seperti mandi, membaca buku, atau berjalan-jalan. Penting juga untuk menetapkan boundaries dan mengatakan tidak pada hal-hal yang menguras energi.

7. Belajar Kelola Stres

Belajar Kelola Stres, photo by Harvard Health

Stres adalah bagian dari kehidupan, tapi penting untuk mempelajari cara mengelolanya untuk menjaga kesehatan mental yang baik. Stres kronis bisa menyebabkan kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya, lho. Coba terapkan beberapa teknik manajemen stres yang efektif seperti olahraga, mindfulness, manajemen waktu, dan mencari dukungan dari orang lain untuk kelola stres lebih baik.

8. Cari Bantuan Profesional Jika Dibutuhkan

Cari Bantuan Profesional Jika Diperlukan, photo by WECAN

Jika kamu terus-menerus mengalami perasaan cemas, depresi, atau masalah kesehatan mental lainnya, penting untuk mencari bantuan profesional segera. Profesional kesehatan mental, seperti terapis, psikolog, dan psikiater, bisa memberikan dukungan, bimbingan, dan pengobatan untuk membantu kamu mengelola gejala dan meningkatkan kesehatan mental.

Kesimpulannya, menjaga kesehatan mental yang baik sangat penting untuk menjalani kehidupan yang sejahtera. Dengan menerapkan 8 praktik yang disebutkan di atas ke dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa menjaga kesehatan mental dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.