Cara Mengetahui Love Language yang Punya Banyak Manfaat

Cara Mengetahui Love Language yang Punya Banyak Manfaat
Cara Mengetahui Love Language, photo by FTD

Belakangan, istilah love language (bahasa cinta) ramai diperbincangkan di media sosial. Ada yang menebak-nebak, bahkan menjalani tes untuk mengetahui tipe love language diri sendiri maupun pasangan. Istilah love language sendiri mengacu pada cara yang disukai seseorang untuk mengungkapkan dan menerimanya cinta dari orang lain.

Saat kamu merasa disconnect dari orang yang kamu sayangi, hidup akan terasa sepi. Memahami love language adalah cara yang sederhana dan efektif untuk memperkuat koneksi dengan orang-orang tersayang, serta meningkatkan kebahagiaan dan keharmonisan. Lantas, apa saja, sih, tipe-tipe love language dan bagaimana cara mengetahuinya?

Cara Mengetahui Love Language

Kenapa Love Language Penting?

Pentingnya Love Language, photo by Medium

Love language berkembang dari masa kanak-kanak dan menentukan bagaimana kamu mengungkapkan cinta dan jenis cinta yang kamu butuhkan. Saat kamu memahami love language diri sendiri, kamu bisa mengomunikasikan dengan lebih baik apa yang kamu butuhkan untuk merasakan cinta, apresiasi, dan stabilitas. Sedangkan memahami love language orang lain bisa membantumu memberikan mereka rasa aman dan support yang mereka butuhkan.

Penting untuk diingat bahwa love language-mu mungkin berbeda dengan love language orang yang kamu cintai. Artinya, kamu perlu memahami dan menggunakan love language mereka jika kamu ingin membuat orang-orang yang kamu kasihi merasa dicintai. Meskipun memakan waktu dan energi, memahami love language akan membuat hubunganmu dengan orang lain lebih harmonis.

Tipe-tipe Love Language

1. Quality Time

Quality Time, photo by Parade

Quality time adalah tentang menghabiskan waktu dan menikmati kebersamaan dengan orang yang dicintai. Orang-orang dengan tipe love language ini mendambakan waktu khusus dengan orang yang mereka cintai dan ingin catch up secara face-to-face. Berikut beberapa contoh hal yang bisa kamu lakukan untuk orang-orang yang bahasa cintanya adalah quality time:

  • Untuk pasangan, beri surprise dengan ajakan jalan-jalan malam (night out).
  • Untuk anak, cobalah menikmati salah satu hobinya bersama-sama.
  • Untuk teman, ajak untuk minum kopi atau makan siang bersama.

2. Gift-giving

Gift-giving, photo by ASK Training

Secara umum, jika love language-mu adalah gift-giving, maka itu berarti kamu suka memberi dan menerima hadiah. Kamu mengungkapkan cinta dengan memberikan hadiah kepada orang lain. Hadiah itu adalah bukti dari rasa cinta yang kamu miliki dan apresiasi kepada orang yang menerimanya.

Orang dengan tipe love language ini nggak peduli dengan besar, kecil, mahal, atau murahnya sebuah hadiah. Sebab, mereka menghargai effort dan niat seseorang yang menyiapkan hadiah tersebut. Berikut beberapa contoh hal yang bisa kamu lakukan untuk orang-orang yang bahasa cintanya adalah gift-giving:

  • Untuk pasangan, cobalah beri surprise dengan hadiah sepulang kerja.
  • Untuk anak, bawa pulang camilan favoritnya.
  • Untuk teman, datanglah dengan secangkir kopi lain kali saat meet up.

3. Physical Touch

Physical Touch, photo by Media Magelang

Tipe love language ini menunjukkan cinta lewat pelukan, pijatan, duduk berdekatan, dan sentuhan fisik lainnya. Orang dengan bahasa cinta ini suka dipeluk dan menunjukkan "PDA" di depan umum untuk merasa dicintai dan menunjukkan cinta kepada orang yang disayangi. Berikut beberapa contoh hal yang bisa kamu lakukan untuk orang-orang yang bahasa cintanya adalah physical touch:

  • Untuk pasangan, beri pelukan saat pasangan tidak menduganya.
  • Untuk anak, buatlah rutinitas waktu berpelukan setiap malam.
  • Untuk teman, beri sentuhan lembut saat dia curhat.

4. Acts of Service

Acts of Service, photo by Kedu Today

Seseorang dengan love language ini mendemonstrasikan kasih sayang lewat tindakan. Tindakan ini bisa berupa membersihkan, memasak, mengemudi, atau bahkan melakukan tugas untuk orang yang disayangi. Tipe acts of service ingin orang lain merasakan cinta atau menunjukkan cinta dengan tindakan nyata.

Orang dengan love language ini terkadang akan meminta bantuan dari orang yang mereka cintai, bukan untuk membuat tugasnya lebih mudah, melainkan karena membutuhkan afirmasi kasih sayang. Berikut beberapa contoh hal yang bisa kamu lakukan untuk orang-orang yang bahasa cintanya adalah acts of service:

  • Untuk pasangan, bantu kerjakan proyek yang ia jalankan.
  • Untuk anak, lakukan sesuatu yang menyenangkan baginya.
  • Untuk teman, beri bantuan mengerjakan tugas atau beri dukungan.

5. Words of Affirmation

Words of Affirmation, photo by Kudoboard Blog

Action speaks louder than words, kecuali jika love language orang yang kamu sayangi adalah words of affirmation. Untuk orang dengan tipe love language ini, kata-kata adalah segalanya. Baik secara tertulis maupun lisan, seseorang yang bahasa cinta utamanya adalah words of affirmation akan sangat mementingkan apa yang kamu katakan kepada mereka.

Orang dengan bahasa cinta ini sangat menghargai pujian, ucapan terima kasih yang tulus, catatan tulisan tangan, dan pendapat orang yang dikasihi. Love language-mu adalah words of affirmation jika kamu terus-menerus menginginkan orang yang kamu cintai mengungkapkan kasih sayangnya.

Terkadang kamu mungkin juga memancing pujian karena ini adalah caramu merasa paling dicintai. Berikut beberapa contoh hal yang bisa kamu lakukan untuk orang-orang yang bahasa cintanya adalah words of affirmation:

  • Untuk pasangan, ungkapkan terima kasih secara verbal.
  • Untuk anak, beritahu apa yang membuatnya unik dan istimewa.
  • Untuk teman, beri kata-kata penyemangat sebelum event penting.

Cara Mengetahui Love Language

Love Language , photo by seruni.id

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui love language, salah satunya  dengan mengunjungi website yang menyediakan quiz love language. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui love language dirimu atau orang lain dengan mencocokan aksi dan ciri masing-masing tipe. Simak tabel di bawah ini:

Love language

Aksi

Ciri pada diri sendiri

Ciri pada orang lain

Quality time

Meluangkan waktu untuk bertemu orang yang disayangi dan memberikan perhatian penuh saat menghabiskan waktu bersama.

Suka menghabiskan waktu dengan orang yang disayangi, bahkan tanpa melakukan aktivitas spesifik dan merasa disconnect jika tidak punya cukup waktu untuk bertemu tatap muka. 

Lebih suka nge-date dengan duduk bersama dan berbagi cerita, serta akan mematikan smartphone untuk memberikan perhatian penuh kepada pasangan.

Gift-giving

Menyatakan kasih sayang lewat memberikan hadiah.

Merasa paling dicintai saat seseorang memberikan hadiah.

Suka memberikan hadiah tanpa momen khusus dan mengingat apa yang diinginkan pasangan kemudian membelinya.

Physical touch

Memberikan sentuhan fisik baik secara non seksual maupun seksual. 

Merasa paling dicintai saat orang yang disayangi memeluk atau melakukan sentuhan fisik lainnya.

Suka memamerkan PDA di depan umum seperti memeluk, pegangan tangan, dll.

Acts of service

Bertindak tanpa pamrih untuk membantu dan meringankan beban orang yang disayangi.

Menganggap tindakan jauh lebih penting daripada kata-kata dan senang saat seseorang melakukan sesuatu tanpa diminta.

Senang menawarkan bantuan tanpa diminta dan suka melakukan pekerjaan untuk pasangan, seperti memasak dan sebagainya.

Words of affirmation

Ekspresi verbal yang diungkapkan lewat kata-kata, seperti pujian, apresiasi, dll.

Suka mendapatkan pujian dari orang yang disayangi dan merasa termotivasi dengan kata-kata semangat orang lain.

Kerap mengungkapkan kata-kata yang affectionate seperti “aku sayang kamu” dan sejenisnya.

Beberapa cara mengetahui love language di atas akan membantumu membangun hubungan yang lebih long-lasting dan harmonis. Semoga bermanfaat!