9 Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi Agar Teratur!

Yang ngakunya mahasiswa "kura-kura" wajib baca dan catat tips di artikel ini!

9 Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi Agar Teratur!
College, photo by DIY College Rankings


Tugas kuliah yang menumpuk tak jarang sudah membuat kita kewalahan, terlebih lagi kalau ditambah dengan segudang aktivitas organisasi, beserta tugasnya juga. Apabila tidak diatur sebaik mungkin, segala tugas tersebut bisa-bisa jadi terbengkalai atau malah tidak maksimal. Nggak mau, kan?

Tak perlu khawatir, Cove telah merangkum 9 cara membagi waktu kuliah dan organisasi agar bisa berjalan lancar dan teratur. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Buat Skala Prioritas

Thinking, photo by Yoh

Cara membagi waktu kuliah dan organisasi yang paling pertama ialah, membuat skala prioritas. Kamu bisa membuat skala prioritas dengan mengklasifikasikan suatu hal berdasarkan tingkat urgensi atau kepentingan. Untuk memulainya, bisa dengan mengetahui bahwa kamu sedang berkuliah, artinya tugas dan hal-hal lainnya yang berkaitan langsung dengn kuliah bisa kamu jadikan prioritas pertama. Selanjutnya, bisa kegiatan organisasi, UKM, dan lainnya.

Misalnya, amit-amitnya, kamu memiliki tugas kuliah dan tugas organisasi yang memiliki tenggat waktu yang sama. Lalu, mana yang harus dikerjakan duluan? Nah, untuk hal ini, dari segi urgensi sudah jelas sama-sama penting dan waktunya dekat. Sekarang, tinggal pertimbangkan dari tingkat kesulitannya. Kalau kamu merasa lebih mudah mengerjakan tugas organisasi, bisa mulai dengan itu terlebih dahulu. Sehingga, salah satu tugas setidaknya sudah selesai duluan dengan durasi cepat. Lalu, lanjutkan tugas kuliah yang membutuhkan waktu dan fokus lebih banyak karena lebih sulit.

Tuliskan To-Do-List

To-do list, photo by Forbes

Nah, lanjutan dari membuat skala prioritas adalah menulis to-do-list. Setelah kamu mengatur skala prioritas, sekarang saatnya kamu mengerucutkan lagi tugas yang perlu dikerjakan. Contohnya, tugas organisasi yang kamu hendak kamu kerjakan adalah membuat essay. Mulai tulis to-do list sederhana dan mudah dimengerti untuk tugas kuliah tersebut di kertas memo atau dalam laptop, seperti:

  • Kelas (pkl. 08.00 - 15.00)
  • Meeting kepanitiaan media kampus (pkl. 16.00 - 17.30)
  • Jadwal latihan UKM  (pkl. 18.00 - 19.30)

Dengan begitu, tugas yang dikerjakan bisa lebih teratur, pengerjaannya pun produktif, dan tentunya cepat terselesaikan dengan baik satu persatu. Lalu, bisa lanjutkan juga menuliskan untuk tugas kuliah setelahnya.

Manajemen Waktu

Time Management, photo by Forbes

Agar kuliah dan organisasi bisa berjalan bersamaan dan lancar, penting banget untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Kenapa? Karena di saat kamu mulai mendaftarkan diri untuk berkuliah dan berorganisasi, artinya kamu juga telah berkomitmen untuk menjalani dan menyelesaikannya dengan baik. Untuk itu, gunakan waktu yang ada sebaik mungkin dengan mengaturnya dengan apik.

Disiplin adalah kunci kelancaran dari melaksanakan keduanya tanpa ada kendala. Pastikan kamu tidak mudah dan tidak sering tergoda melakukan hal-hal lain yang bukan menjadi prioritas, seperti bermain game, marathon film/serial di Netflix, atau hiburan lainnya secara berlebihan. Nggak mau kan kalau sampai tugasmu terbengkalai, lalu diomeli dosen atau teman kelompok organisasimu?

Jangan Menunda

Chilling, photo by Pexels

“Ah, tugas ini bisa nanti aja deh dikerjainnya, toh gampang tinggal….”

Hayoo, siapa yang nggak jarang mikir atau mengucapkan hal di atas? Kalau iya, ini tandanya kamu harus menghentikannya, ya! Karena itu merupakan salah satu sikap atau kebiasaan menunda, yang tak baik untuk diteruskan. Terlebih lagi, kalau kamu berkuliah dan sedang tergabung dalam suatu organisasi. Percayalah, kebiasaan menunda ini bakal bikin pekerjaanmu tak kunjung selesai atau membuatmu ngos-ngosan mengejar deadline, yang ujung-ujungnya tidak menghasilkan kinerja yang optimal. lakukan.

Bijak Pilih Organisasi

 College Student, photo by CNBC

Cara membagi waktu kuliah dan organisasi juga bisa dilakukan dengan cara memilih dan memilah kegiatan yang hendak dijalani. Mengikuti organisasi di kampus merupakan hal yang baik. Namun, tidak semua organisasi tepat untuk kamu jalani di saat tertentu, ada organisasi yang memerlukan durasi waktu dan tenaga lebih untuk dicurahkan, ada juga yang jauh lebih singkat dan ringan. Nah, apabila sedang menjalani kuliah di semester yang kamu rasa padat jadwalnya, kamu perlu lebih bijak dalam memilih untuk bergabung ke suatu organisasi. Dengan begitu, baik dari tugas kuliah dan tugas organisasi tidak terbengkalai.

Bangun Komunikasi yang Baik

Hanging Out, photo by CNBC

Yes, komunikasi yang baik adalah hal yang juga nggak kalah penting untuk dikuasai. Dengan membangun komunikasi yang baik, tentu kamu akan bertemu dengan banyak teman dan kenalan dari sesama fakultas, lintas fakultas, kakak tingkat, hingga dosen. Sehingga, kamu bisa bertukar informasi yang diperlukan untuk membantumu, khususnya saat membutuhkan informasi yang tepat untuk mengerjakan tugas kuliah/organisasi. Sehingga, proses pengerjaannya pun bisa menjadi lebih cepat dan kamu bisa memakai waktu lebih untuk mengerjakan hal lainnya.

Buat Target Pencapaian

Happy Girl, photo by Barefoot Writer

Mungkin kamu agak bertanya-tanya, kenapa membuat target pencapaian termasuk dalam cara membagi waktu kuliah dan organisasi. Jawabannya, dengan memiliki sebuah target yang hendak dicapai, kamu pasti akan menjalaninya lebih baik, fokus, dan membuatmu berpikir untuk melakukannya dengan optimal. Setuju?

Mulai tentukan apa targetmu dalam jangka pendek dan juga jangka panjang dari sekarang, seperti mengerjakan tugas tepat waktu dan mendapat nilai baik, lolos beasiswa, dan lain-lain. Ketika sudah mengetahui target yang kamu ingin capai, otomatis kamu pasti akan mencari cara bagaimana untuk bisa memenuhinya dalam waktu singkat.

Ingat Tujuan Kuliah

Graduate, photo by Adobe Stock

Nah, kalau sebelumnya tentang membuat target pencapaian, sekarang waktunya kamu mengingat kembali tujuan kamu berkuliah. Misalnya, ingatkan dirimu kembali bahwa kuliah merupakan wadah untuk menimba ilmu pengetahuan untuk bisa mempraktekkannya di kemudian hari. Atau mungkin, kuliah merupakan hasil perjuangan dari orang tuamu dan kamu ingin membuat mereka bangga dengan menjalani kuliah dengan hasil yang terbaik. Supaya mendapatkan masa depan yang lebih baik dari sebelumnya.

Contohnya saja, untuk bisa membuat bangga orang tua, kamu bisa lulus kuliah dalam 3,5 tahun dan selama berkuliah kamu juga ingin memenuhi portofoliomu dengan suatu bidang di dalam organisasi.

Setelah tau tujuanmu, yakinkan dan disiplinkan dirimu untuk bisa on track dalam mencapainya.

Beristirahat

Rest, photo by Henry Ford Health

Last, but not least, beristirahat. Yes, kamu nggak salah baca. Beristirahat merupakan salah satu cara membagi waktu kuliah dan organisasi. Setelah lelah beraktivitas baik dalam berkuliah, maupun organisasi, kamu perlu mengistirahatkan badanmu. Istirahat yang dimaksud di sini bisa dalam banyak hal, seperti tidur atau “me-time” dengan jalan-jalan bersama yang tersayang/sahabat/keluarga, nonton serial/film favorit, dan lain sebagainya.

Karena pada dasarnya kamu bukanlah robot yang bisa on terus, sehingga penting banget untuk mengambil istirahat cukup untuk mengembalikan energimu. Apabila istirahatmu cukup, percayalah kamu pasti akan merasa lebih bertenaga secara fisik, mood akan baik, dan badan pun terasa ringan.

Gimana? Semoga kamu bisa lebih tercerahkan dengan 8 cara membagi waktu kuliah dan organisasi agar jadi lebih teratur, ya. Apapun kegiatan yang hendak dilakukan, baik itu studi kuliah, maupun organisasi, yang terpenting adalah disiplin supaya bisa menjalaninya dengan baik dan optimal, ya. Selain itu, untuk mendukung segudang aktivitasmu, kost eksklusif Cove bisa menjadi pilihan tempat untuk kamu beristirahat. Di mana Cove menyediakan suasana kost yang nyaman dan aman, kamar yang leluasa, fasilitas yang lengkap, dan juga lokasi yang strategis untuk ke mana-mana.