11 Cara Menabung untuk Pelajar, Dijamin Efektif!

11 Cara Menabung untuk Pelajar, Dijamin Efektif!
Cara Menabung untuk Pelajar

Berbicara tentang keuangan tentu tidak lepas dari bagaimana cara menabung dengan baik. Menabung merupakan salah satu kebiasaan yang wajib dimiliki oleh semua orang sejak dini.  Selain penting untuk masa depan, menabung juga diperlukan untuk berjaga-jaga jika terdapat hal darurat yang bisa menimpa kapan saja, hingga dibutuhkan untuk berbagai hal lainnya mulai dari liburan, gadget impian, dan lainnya.

Tidak hanya dapat dilakukan oleh para pekerja yang sudah memiliki penghasilan, kebiasaan menabung juga bisa dilakukan oleh pelajar yang masih mengandalkan uang saku. Yuk intip bagaimana cara menabung untuk pelajar yang bisa dilakukan!

Kenapa Menabung Penting?

Menabung merupakan salah satu langkah penting untuk mempersiapkan segala hal di masa mendatang, tak terkecuali bagi generasi milenial dan generasi Z yang kini telah memasuki usia produktif. Berikut adalah beberapa jenis tabungan yang perlu disiapkan sejak dini:

  • Simpanan dana darurat, seperti biaya perawatan rumah sakit, biaya perawatan kendaran atau elektronik yang rusak, dan masih banyak lagi.
  • Persiapan dana pensiun untuk biaya hidup di masa tua setelah tidak lagi bekerja.
  • Persiapan dana ketika kehilangan pekerjaan yang bisa saja terjadi di masa-masa sulit seperti terjadinya pandemi, kantor yang bangkrut, dan lainnya.
  • Investasi jangka panjang yang bisa disimpan melalui deposito, reksadana, atau saham.
  • Self-reward berupa barang impian, atau liburan. Jenis tabungan ini memang nggak bersifat wajib, namun, tiada salahnya kamu memberikan self-reward pada dirimu sendiri setelah lelah dengan pekerjaan, kuliah, dan lainnya. Tapi ingat, jangan sering-sering dan perhatikan kondisi keuangan juga, ya!

11 Cara Menabung untuk Pelajar

Kebiasaan menabung memang bukanlah suatu habit yang mudah dilakukan oleh semua orang. Nggak jarang, hal ini hanya menjadi resolusi setiap tahun baru datang belaka. Nah, supaya nggak hanya semangat di awal, berikut 11 tips menabung untuk pelajar dari Cove!

Sisihkan Uang Terlebih Dahulu

Kebanyakan dari kita memiliki prinsip menabung uang dari sisa pengeluaran bulanan. Padahal, menggunakan uang sebagai kebutuhan kemudian menabungnya jika ada sisa dinilai kurang efektif, lho. Untuk itu, sebaiknya, sebelum kamu menggunakan uang kamu untuk berbagai kebutuhan, sisihkan sebanyak 10-20% dari uang yang kamu miliki untuk ditabung.

Tuliskan Target dan Tujuan Finansial

Menetapkan Tujuan Finansial, photo by Wiser Advisor

Menulis target tabungan serta tujuan menabung bisa memberimu motivasi agar lebih semangat dalam menabung. Hal ini juga bisa menjadi pengingat ketika kamu sudah mulai boros dan cenderung menghabiskan pengeluaran pada hal-hal yang bersifat konsumtif.

Terapkan Frugal Living

Pernahkah kamu mendengar gaya hidup frugal atau frugal living? Frugal living merupakan gaya hidup yang menjadikan seseorang sebisa mungkin menahan keinginan dan memprioritaskan kebutuhan. Pada dasarnya, gaya hidup ini sama dengan gaya hidup minimalis. Jadi, kamu akan cenderung menahan keinginan untuk selalu bersenang-senang dan menghabiskan uang untuk sifat yang konsumtif. Namun tetap ingat, menjalani gaya hidup ini bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang sama sekali, ya.

Hindari Melakukan Hutang Konsumtif

Menghindari Hutang Konsumtif, photo by Merchant Maverick

Untuk mencapai target menabung, sebaiknya hindari melakukan hutang untuk membeli barang-barang atau hal yang bersifat konsumtif seperti liburan, pakaian, dan lainnya. Sebaiknya, gunakan kartu kredit atau metode pembayaran cicilan secara bijak, seperti hal-hal yang benar-benar penting dan dapat menunjang produktivitas kamu.

Tentukan Frekuensi Menabung Serta Nominal

Untuk mencapai tabungan misalnya senilai Rp5 juta dalam 3 bulan setidaknya kamu perlu menyisihkan uang tabungan minimal sebesar Rp1,6 juta per bulan. Supaya lebih ringan, kamu bisa menentukan frekuensi menabung dan nominalnya sesuai dengan preferensi kamu, misalnya menabung seminggu satu kali sebesar Rp400.000 atau seminggu dua kali sebesar Rp800.000. Oh ya, nilai yang disebutkan hanyalah contoh, jadi kamu bisa tentukan juga dengan nominal target menabung kamu, ya!

Baca juga: 10 Ide Part Time untuk Mahasiswa yang Bisa Kamu Coba!

Catat Setiap Pengeluaran

Mencatat Setiap Pengeluaran, photo by Detik

Mencatat uang yang digunakan untuk kebutuhan dan lainnya juga bisa membantu kamu untuk tahu berapa persen uang yang kamu butuhkan setiap bulannya untuk tagihan, akomodasi, dan keperluan lainnya.

Pada awalnya, hal ini memang terasa berat. Kamu perlu mencatat segala pengeluaran yang kamu lakukan setiap hari. Namun percaya deh, jika sudah terbiasa, kebiasaan ini akan menjadi hal yang mudah, kok.

Siapkan Rekening Khusus

Jika kamu mudah tergoda menggunakan uang tabungan sebelum mencapai target, kamu bisa menyiapkan rekening yang dikhususkan untuk menyimpan uang tabungan kamu. Dengan demikian, uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tidak akan tercampur dengan tabunganmu.

Sebagai tips, kamu bisa memilih banyak bank digital yang kini menawarkan bunga bank lebih tinggi!

Terapkan 30 Days Rule

30 Days Rule, photo by SoFi

30 Days Rule merupakan salah satu trik finansial yang bisa membantu kamu sehingga terhindar dari sifat yang impulsif. Apa itu 30 Days Rule?

Peraturan ini diterapkan jika kamu ingin membeli sesuatu yang bersifat konsumtif; mulai dari liburan, tas dan sepatu impian, hingga barang elektronik untuk bersenang-senang, kamu bisa menundanya selama 30 hari. Jika setelah 30 hari kamu tidak lagi menginginkan barang tersebut, kamu bisa menyimpan uangmu sebagai tabungan tambahan.

Belajar Investasi

Menabung secara konvensional memang mampu menyimpan dan mengumpulkan uang yang kamu miliki. Namun, kamu juga bisa mempelajari berbagai instrumen investasi sehingga uang yang kamu miliki bisa bertumbuh dan tidak tergerus oleh inflasi.

Pilih Instrumen Investasi yang Tepat

Kamu bisa menabung menggunakan instrumen investasi yang tepat. Saat ini, banyak pilihan produk untuk diinvestasikan mulai dari reksadana, pasar uang, saham, hingga investasi emas. Untuk menghindari terjebak ke dalam investasi bodong, pastikan kamu melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu, ya!

Oh ya, jika kamu bingung menentukan instrumen investasi yang tepat, kamu bisa kok mencari banyak informasi mulai dari website, akun Instagram, atau buku yang khusus membahas investasi.

Habit

Kebiasaan Menabung, photo by Simplicity Habit

Memulai kebiasaan untuk menyisihkan uang sebagai tabungan masa depan memang kerap kali berat untuk dijalani. Namun, jika kamu berusaha dan tidak tergoda membeli barang-barang secara impulsif, hal ini akan menjadi habit atau kebiasaan sehingga ke depannya kamu dapat lebih mudah menyisihkan uang yang kamu miliki untuk menabung.

Gimana? Itu dia 11 cara menabung untuk pelajar yang bisa kamu lakukan. Ingat, yang paling penting bukanlah jumlah nominalnya, tapi bagaimana kamu membangun kebiasaan menabung itu sendiri, ya!