8 Cara Membangun Relasi yang Baik untuk Pengembangan Diri

8 Cara Membangun Relasi yang Baik untuk Pengembangan Diri
Cara Membangun Relasi, photo by Unsplash/Brooke Cagle

Seperti yang telah diketahui, manusia adalah makhluk sosial yang akan selalu bergantung dengan manusia yang lainnya. Ini berarti, manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Kita menjalani kehidupan sehari-hari dengan cara saling berinteraksi dengan individu yang lainnya demi bisa terus bertahan hidup. Itulah mengapa, relasi dinilai menjadi kebutuhan dasar setiap insan masyarakat. Cara membangun relasi yang baik sangat dibutuhkan supaya kamu bisa mendapatkan peluang yang menjanjikan di masa depan.

Memperbanyak jaringan relasi atau networking demi hubungan jangka panjang juga akan berdampak langsung terhadap kesuksesan profesional kamu, terutama dalam hal  pengembangan karir. Kamu bisa memulainya dengan menjaga hubungan yang baik bersama para kolega, teman, anggota keluarga, kelompok berbasis minat dan sosial, ataupun jaringan profesional di dunia digital yang ada saat ini. Berikut cara membangun relasi yang baik agar kamu bisa meningkatkan kualitas hidupmu.

8 Cara Membangun Relasi

1. Bergabung dalam Komunitas Sesuai Minat

Bergabung dalam Komunitas Sesuai Minat, photo by Pexels/SHVETS Production

Cara membangun relasi yang pertama adalah dengan bergabung dalam forum yang kamu minati. Jika kamu benar-benar ingin bertemu dan menjalin pertemanan dengan orang baru, melakukan interaksi dengan para ahli, serta memiliki kebebasan untuk mengemukakan pendapat dan menginspirasi orang lain, maka bergabunglah ke sebuah komunitas. Karena, kamu akan mendapat kesempatan emas untuk saling terhubung dengan orang-orang hebat dari berbagai latar belakang.

Sebagai contoh, jika kamu menyukai dunia literasi, kamu bisa coba bergabung ke dalam komunitas pecinta buku. Forum backpacker juga tersedia untuk kamu yang hobi traveling. Sayangnya, pilihan untuk bergabung dalam komunitas masih jarang diminati karena beberapa orang kerap merasa malu saat hendak bergabung. Padahal, dengan bergabung ke komunitas, kamu bisa memperluas networking ebanyak mungkin sekaligus menambah perspektif baru untuk mengembangkan karirmu.

2. Mengikuti Kegiatan Sosial

Mengikuti Kegiatan Sosial, photo by Pexels/Julia M Cameron

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti kegiatan sosial, mulai dari mampu melatih sifat emosional, menjanjikan lingkup pertemanan yang baru, hingga meningkatkan insting kepekaan terhadap orang-orang yang mungkin sedang membutuhkan bantuanmu. Terjun langsung dalam kegiatan sukarelawan artinya kamu harus siap untuk menghadapi orang-orang dari berbagai usia dan background pekerjaan.

Meski demikian, hal tersebut justru bisa membantumu untuk lebih mudah terkoneksi dengan teman baru. Ini adalah cara membangun relasi yang sangat disarankan jika kamu ingin merubah diri menjadi lebih baik, mengingat kemungkinan besar kamu tidak akan membuang-buang waktu lagi untuk hal yang nggak perlu. Waktu produktifmu akan lebih berguna dengan mengikuti kegiatan sosial yang bermanfaat bagi orang lain.

3. Gunakan Jejaring Sosial

Gunakan Jejaring Sosial, photo by Pexels/Tracy Le Blanc

Kesempatan untuk membangun relasi di media sosial memang terbentang dengan luas. Di sini, kamu bisa bertemu dengan lebih banyak orang potensial secara daring, sehingga memungkinkan kamu untuk bebas berinteraksi dan saling terhubung dengan siapa saja tanpa batas. Ada banyak sekali ilmu yang bisa kamu dapatkan dengan terkoneksi bersama para pengguna di media sosial—selama kamu pandai menggunakannya untuk hal-hal yang positif.

LinkedIn menjadi salah satu media sosial yang paling direkomendasikan jika kamu ingin terhubung dengan orang-orang hebat. Carilah jaringan profesional sebanyak mungkin dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada. Jangan lupa untuk bersikap aktif dan tetap menjaga etika dalam berinteraksi. Karena semua itu akan menentukan bagaimana kualitas dirimu dalam bermedia sosial.

4. Menghadiri Acara yang Dibuka untuk Umum

Menghadiri Acara yang Dibuka untuk Umum, photo by Pexels/Fauxels

Pernahkah kamu mengikuti acara talk show atau seminar yang terbuka untuk umum? Menghadiri acara networking seperti ini akan membantu kamu untuk berjumpa dengan teman-teman baru yang mungkin juga memiliki satu kegemaran yang sama denganmu. Kebanyakan orang yang sering hadir dalam acara seminar biasanya juga datang dari berbagai profesi yang ingin memperdalam wawasan dari beragam bidang. Mereka begitu antusias untuk bisa saling berbagi dan diskusi dengan pakar ternama.

Kamu juga bisa mulai membuat kartu nama profesional yang berisi nama lengkap, nomor telepon, hingga alamat e-mail agar bisa memudahkan sesi perkenalanmu saat ingin terkoneksi dengan orang-orang baru pasca usainya acara. Selain membicarakan soal topik seminar, percakapan awal akan lebih baik bila membahas tentang pengalaman karir ataupun minat masing-masing.

5. Ketahui Informasi Terkini

Ketahui Informasi Terkini, photo by Pexels/Ketut Subiyanto

Seseorang akan lebih disenangi apabila terlihat up-to-date tentang berbagai informasi terkini. Kamu pun niscaya tidak akan kehabisan topik untuk terus membuka pembicaraan dengan teman-teman relasimu. Mengikuti perkembangan terbaru dari bidang yang kamu kuasai juga secara tidak langsung akan mampu meningkatkan pengetahuan. Nah, dengan memanfaatkan era teknologi saat ini, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi terkini dengan mudah.

Dengan mengikuti isu-isu tertentu, kamu bisa mengasah kemampuan untuk berpikir kritis. Bahkan, kamu juga bisa menarik lebih banyak orang untuk ikut membaur ke dalam percakapan. Ini menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap apa saja yang sedang terjadi di berbagai belahan dunia. Tak hanya itu saja, mengetahui informasi terkini juga akan membantu kamu untuk menemukan ide dan inovasi terbaru.

6. Bersikap Ramah dan Tawarkan Bantuan

Bersikap Ramah dan Tawarkan Bantuan, photo by Pexels/Fauxels

Keramahan adalah nomor satu. Ini akan memengaruhi kesan pertamamu saat berkenalan dengan orang baru. Dengan mengedepankan sikap yang ramah, kamu akan terlihat lebih terbuka dengan orang-orang di sekitarmu, sehingga orang lain juga tidak akan sungkan untuk menyapa dan membuka obrolan ringan. Tidak perlu pula berlebihan dalam menanggapi pembicaraan dengan mereka, yang terpenting adalah tetap percaya diri saat bersosialisasi dan pertajam kepekaan dengan mengetahui bagaimana situasi sekitar.

Jangan lupa untuk menawarkan bantuan bila ada temanmu yang merasa kesulitan. Kamu tidak harus terjun secara langsung. Berikan saja beberapa opsi terbaik yang sekiranya dapat menjadi solusi atau jawaban. Jika kamu sering membantu orang lain, mereka pun dengan senang hati bersedia untuk membantu kamu saat membutuhkan bantuan di masa depan.

7. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi Pendengar yang Baik, photo by Unsplash/Linedin Sales Solutions

Menjadi pendengar yang baik bagi orang lain memang bukanlah perkara mudah, mengingat sering kali beberapa orang tanpa sadar memotong pembicaraan di tengah percakapan. Hal ini jelas bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan, boleh jadi mereka akan menganggap bahwa kamu tidak menyimak dengan benar apa yang tengah mereka sampaikan.

Selama menjadi pendengar, kamu juga harus melakukan kontak mata dan menunjukkan gestur tubuh yang baik untuk menghargai mereka. Kemudian, setelah mendengarkan masalah yang mereka hadapi, pastikan kamu melakukan follow up tentang hal tersebut, apakah semua masalah itu sudah terselesaikan dengan baik atau belum.

8. Jagalah Kualitas Hubungan

Jagalah Kualitas Hubungan, photo by Pexels/Andrea Piacquadio

Cara membangun relasi yang terakhir adalah dengan tetap menjaga kualitas hubungan. Inilah yang sering dilupakan oleh banyak orang karena mayoritas dari mereka hanya terfokus dengan bagaimana cara melakukan perkenalan di fase awal. Penting untuk tetap memelihara hubungan yang baik jika kamu benar-benar ingin menganggap relasimu sebagai seorang teman. Jadi, tak ada salahnya untuk membuka percakapan alami dengan berbagi informasi terbaru seputar bidang yang kalian minati, dunia kerja, atau obrolan ringan tentang hobi. Eratkan selalu hubungan dengan relasimu dengan berbagai cara.

Itulah pembahasan mengenai delapan cara membangun relasi yang baik. Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat yang berguna melalui networking. Berinteraksi dengan orang lain dari berbagai bidang bisa memberi kamu perspektif baru.