11 Rekomendasi Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah!

11 Rekomendasi Pekerjaan yang Bisa Dilakukan di Rumah!
Freelance, photo by Pexels

Siapa bilang semua pekerjaan harus dilakukan di kantor? Faktanya, ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, lho. Terlebih lagi, semenjak pandemi Covid-19 lalu, yang semakin mengharuskan kita bekerja dari rumah agar terhindar dari paparan dan penyebaran virus tersebut. Lalu, ada apa saja dan bagaimana pekerjaan itu dilakukan? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Desain Grafis

Graphic Designer, photo by Pexels

Pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah yang pertama adalah desain grafis. Profesi ini bisa dibilang tak lekang oleh waktu, mulai dari zaman non-digital hingga sekarang zaman serba digital, skill desainer grafis selalu dibutuhkan.

Alasannya, karena segala bentuk barang atau jasa yang hendak ditawarkan baik dari perusahaan kecil sampai perusahaan besar, semuanya dapat tersampaikan dan dipromosikan melalui visual yang diciptakan oleh desainer grafis. Terlebih lagi di mana semakin beragamnya platform media sosial dan majunya teknologi, semakin banyak juga orang yang membutuhkan jasa seorang desainer grafis untuk menciptakan visual apik. Sehingga, bisa menarik customer baik melalui poster, spanduk, atau secara digital di sosial media, e-commerce, maupun website.

Yang diperlukan untuk menjalani pekerjaan ini biasanya, laptop/komputer/tab/ smartphone sekalipun. Asal kamu sudah memiliki gadget dan skill, kamu bisa mengerjakannya secara remote dari rumah atau dari manapun tanpa harus datang secara fisik ke kantor.

Content Creator

Nah, untuk pekerjaan ini pasti kalian sudah tak asing lagi, ya. Kalau kalian pernah dengar, WOM atau word of mouth marketing, yaitu salah satu teknik pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Nah, salah satu bentuk marketing itu adalah apa yang dilakukan oleh par content creator. Di mana seorang content creator merupakan seseorang yang membuat konten untuk menyampaikan sebuah informasi dan sekaligus melakukan persuasi untuk melakukan atau menggunakan sesuatu.

Dengan adanya kemajuan teknologi, pembuatan konten pun jadi bisa dilakukan secara fleksibel di manapun dan kapanpun kamu mau. Terlebih sekarang baik TikTok, Instagram, dan Youtube menjadi platform media sosial yang lagi populer dan juga berfokus pada konten video. Masalah penghasilan, rasanya sudah tak diragukan lagi, sudah banyak sekali content creator yang menghasilkan banyak rupiah, salah satunya dengan menerima berbagai sponsor ataupun endorsement menarik.

Baca juga: 7 Tips Menata Meja Kerja Supaya Bikin Lebih Produktif!

Social Media Officer

Pekerjaan yang satu ini bisa dibilang jadi salah satu hal yang lagi hits dilakukan, yang bisa terlihat dari sisi demand dan supply pasar. Di mana faktanya, sekarang banyak perusahaan yang melakukan shifting ke dunia digital, dan media sosial menjadi platform utama pemasarannya. Dengan adanya kejadian tersebut, banyak perusahaan pun otomatis memerlukan seseorang untuk mengelola akun media sosial mereka, yang tidak lain dan tidak bukan social media officer.

Pekerjaan yang dilakukan dalam mengelola media sosial biasanya mulai dari membuat konten, bekerjasama dengan tim desain grafis, menjadwalkan konten, dan merespon audiens, guna meningkatkan dan menjaga engagement pada akun tersebut. Well, kabar baiknya seluruh aktivitas pengelolaan tersebut bisa dilakukan di manapun, khususnya di rumah.

Copywriter

Masih dalam lingkup tulis-menulis, profesi sebagai copywriter juga bisa menjadi pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, nih.  Sebab, aktivitas copywriting juga dapat dilakukan secara remote alias dari mana saja. Profesi ini masih berkaitan erat dengan aktivitas marketing di berbagai platform, seperti website, media sosial, poster, billboard, dan lain sebagainya.

Serupa dengan social media officer, profesi copywriter juga diperlukan oleh banyak perusahaan masa kini untuk memasarkan produk dan jasanya. Sehingga, tak jarang kamu akan menemukan banyak lowongan untuk profesi ini di internet. Jadi, bagi kalian yang memiliki passion menulis, kualitas tata bahasa yang baik, dan detail, bisa banget menjadikan copywriter menjadi pekerjaan utama atau sampinganmu.

SEO Specialist

Working from Home, photo by Pexels

Ketika kamu sedang mencari suatu hal dengan keyword sederhana, seperti “pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah”, biasanya Google pasti langsung menyuguhkan topik yang berkaitan dengan apa yang kamu cari di halaman pertama. Betul?

Kira-kira seperti itulah hasil yang dikerjakan dari seorang SEO specialist. Seseorang yang bekerja dengan profesi ini sederhananya, memiliki tujuan memaksimalkan sebuah situs web agar bisa dikunjungi banyak orang dari search engine. Ia akan menganalisa kompetitor, meninjau apa yang sedang trending, dan mencetuskan strategi yang dapat diterapkan. Pekerjaan ini juga dapat dilakukan kapanpun dan di manapun, karena pada dasarnya hanya memerlukan keahlian, laptop/PC, dan juga koneksi internet yang apik.

Youtuber

Nggak hanya social media officer, Youtuber juga termasuk salah satu pekerjaan yang hits saat ini. Saking populernya, percayalah, bahkan beberapa anak kecil pun sekarang kalau ditanya ingin menjadi apa ketika dewasa kelak, ia ingin menjadi Youtuber. Yang terpenting untuk menjalani profesi ini adalah kemampuan bicara, penulisan dan ide storyline yang menarik, gear, gadget, keahlian mengedit video, dan koneksi internet. Di mana semua hal tersebut bisa dilakukan di mana saja, sehingga menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah.

Apabila channel Youtube-mu dikenal banyak orang dan memiliki traffic yang tinggi, maka uang yang dihasilkan dari situ bisa sangat besar. Utamanya, kamu bisa mendapatkan pasokkan dana dari AdSense dan juga endorsement dari berbagai brand yang ingin masuk ke dalam videomu. Pro tip, all you need to do is be creative to your content and be authentic to make an engaging content!

Editor Video

Melanjutkan profesi Youtuber, untuk bisa mendapatkan hasil konten video yang apik, kamu  juga diperlukan jasa editor video yang ciamik. Jadi, nggak usah khawatir bagi kamu yang  pandai dalam berbicara di depan kamera, tapi kurang ahli dalam mengedit videonya. Karena editor video siap membantumu!

Oh iya, untuk menjalani profesi sebagai editor video juga sangat fleksibel. Di mana kamu hanya perlu meminta aset video dari client melalui platform penyedia penyimpanan file. Proses untuk menjelaskan objektif video juga bisa dilakukan secara online, sehingga editing video merupakan pekerjaan yang bisa dilakukan dri rumah.

Animator

Serupa tapi tak sama dengan editor video, seorang animator juga berada di ranah editing, hanya saja hasil yang dikeluarkan berupa animasi. Pekerjaan animator secara umum ialah membuat animasi dan efek visual untuk film, video games, program televisi, iklan, dan media lainnya. Di beberapa perusahaan, memang mengharuskan untuk datang ke kantor. Namun, kamu juga bisa melakukan pekerjaan ini dari rumah sebagai freelance animator.

Baca juga: 15 Inspirasi Desain Kamar Kost Minimalis, Dijamin Cozy!

Penerjemah

Translator, photo by Pexels

Apakah kamu mengerti banyak bahasa atau mahir dalam salah satu bahasa asing? Kalau iya, artinya penerjemah adalah profesi yang bisa kamu geluti! Untuk masalah lokasi atau teknis pekerjaan ini, seringkali memang memerlukan kehadiran fisik. Namun, sebenarnya balik lagi ke masing-masing perusahaan tempat kamu bekerja. Karena profesi penerjemah sangatlah fleksibel, pilihlah perusahaan yang memungkinkanmu menerjemahkan suatu bahasa melalui rekaman atau justru secara tulisan.

Pengajar Online

Semenjak pandemi terjadi, rasanya sudah banyak sekali institusi pembelajaran melakukan aktivitasnya secara online. Jika tidak segera beradaptasi, maka proses pembelajaran pun akan tersendat. Hal inipun juga membuat banyak pengajar mau tidak mau harus belajar dan secara tidak langsung membuka kesempatan baru bagi mereka yang hanya bisa mengajar dari jauh.

Seiring berjalannya waktu, profesi sebagai pengajar online menjadi banyak. Para pengajar bisa membagikan ilmunya melalui internet dengan waktu dan tempat yang fleksibel, termasuk dari rumah.

Product Reviewer

Melihat banyaknya perusahaan yang masuk ke dalam dunia digital, khususnya media sosial dan e-commerce, rasanya jejak product reviewer bisa banyak kita temukan. Bahkan kita sendiri pun bisa dikatakan seorang product reviewer bila melakukan review atas suatu produk berdasarkan pengalaman kita.

Nah, bedanya, seorang product reviewer biasanya akan menuliskan ulasan, react, menonton, dan sebagainya atas sebuah produk/jasa dan mempublikasikannya lewat berbagai platform sesuai permintaan dari perusahaan terkait. Terlebih lagi, hasil ulasan itu sangat mudah untuk kita akses dari smartphone, yang otomatis menjadikan profesi product reviewer sebagai pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah juga.

Nah, itu dia sejumlah rekomendasi pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Dari 11 pilihan tersebut, semoga bisa jadi inspirasi kamu, ya! Oh iya, ngomong-ngomong soal pekerjaan yang bisa dilakukan secara fleksibel, untuk melengkapi proses kerja-mu, Cove menyediakan kost eksklusif yang nyaman dan tentunya meningkatkan produktivitas kerja yang bisa kamu pilih! Terlebih lagi, semua lokasinya terletak di area strategis di Jakarta. Yuk, cari kost impianmu di Cove dan book viewing sekarang juga!



   Temukan kost eksklusif di Jakarta lainnya hanya di Cove!