8 Cara Berpenampilan Menarik Agar Lebih Percaya Diri

8 Cara Berpenampilan Menarik Agar Lebih Percaya Diri
Cara Berpenampilan Menarik, photo by Pexels

Don’t judge a book by its cover. Idiom dalam Bahasa Inggris ini pastinya sudah familiar di telinga kamu, kan? Maknanya berisi peringatan agar kita nggak menilai seseorang hanya dari penampilannya saja. Memang benar, penampilan bukan segalanya, tapi bukan berarti ini nggak penting, lho.

Faktanya, penampilan bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Dengan berpenampilan menarik, akan lebih gampang bagimu untuk membangun hubungan dengan orang lain di level apa pun, mulai dari hubungan pertemanan, pekerjaan, hingga percintaan. Dalam profesi tertentu, seperti modeling misalnya, penampilan menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan.

Apa pun tujuannya, berusaha berpenampilan menarik sama sekali nggak ada salahnya. Nggak harus untuk memberikan kesan yang baik di mata orang lain, kok, kamu bisa berpenampilan menarik untuk dirimu sendiri. Kalau kamu butuh sedikit dorongan eksternal untuk menjadi lebih percaya diri, yuk simak beberapa cara berpenampilan menarik berikut ini!

8 Cara Berpenampilan Menarik

1. Terapkan Rutinitas Perawatan Kulit

Rutinitas Perawatan Kulit, photo by Pexels

Memiliki kulit yang cantik dan terawat akan membantu kamu terlihat lebih menarik, khususnya saat kamu nggak memakai makeup. Karenanya, merawat kulit harus kamu jadikan prioritas utama, terutama seiring bertambahnya usia.

Kamu nggak boleh malas membersihkan wajah minimal 2x sehari, memakai sunscreen, dan rutin menggunakan pelembap. Menerapkan rangkaian rutinitas perawatan kulit yang baik akan memberikan kamu kulit yang lebih cantik, terawat, dan bercahaya.

Agar kulit tetap halus dan terbebas dari sel-sel kulit mati penyebab kusam, biasakan juga untuk melakukan pengelupasan kulit sekali hingga dua kali seminggu. Konsisten lah dalam menggunakan skincare, baik di pagi maupun di malam hari, serta jangan pernah pergi tidur tanpa menghapus makeup agar kulit wajah tetap sehat dan awet muda.

2. Miliki Gigi Putih dan Rapi

Gigi Putih dan Rapi, photo by Peels

Gigi putih dan rapi bisa membuat kamu terlihat lebih menarik bagi orang lain. Ini adalah salah satu indikator kesehatan dan kebersihan seseorang. Jika gigimu putih dan rapi, kamu pun akan lebih percaya diri untuk menebar senyum manis.

Kunjungi lah dokter gigi setiap enam bulan sekali dan terapkan rutinitas sehat seperti menyikat gigi dua kali sehari dan flossing setiap hari. Buat kamu yang punya gigi berantakan, kamu bisa pakai behel untuk merapikan gigi.

3. Kenakan Pakaian yang Fit

Kenakan Pakaian yang Pas, photo by Pexels

Pakaian yang kamu kenakan bisa membuat perbedaan besar pada daya tarikmu secara keseluruhan, lho. Daripada mengikuti tren yang silih-berganti, sebaiknya kamu selalu berpakaian sesuai dengan tipe tubuh.

Jangan kenakan pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil. Kalau kamu sudah menemukan beberapa item pakaian yang cocok di kamu, coba repurchase untuk membeli item yang sama, tapi dengan warna yang berbeda, misalnya.

Salah satu contoh clothing item yang harus kamu punya adalah little black dress. Pakaian klasik yang serbaguna ini bisa kamu mix and match dengan mudah dan selalu terlihat chic. Pilih juga jeans yang akan membuatmu merasa nyaman, jaket yang fashionable, dan sepasang sepatu terbaik untuk step up your look!

4. Bangun Postur Tubuh yang Baik

Postur Tubuh, photo by Pexels

Berdiri, duduk, dan berjalan dengan postur tubuh yang baik akan membuat kamu tampak lebih percaya diri dan menarik. Kamu juga bisa terlihat lebih tinggi dan lebih ramping jika memiliki postur seperti ini. Bahkan, postur tubuh yang baik juga bisa membuat perut tampak lebih rata, lho.

Nggak hanya baik untuk meningkatkan penampilan, menjaga postur tubuh juga bisa meningkatkan kesehatan tulang belakang. Kebiasaan duduk dan berdiri yang tepat meningkatkan aliran darah, membantu menjaga saraf dan pembuluh darah tetap sehat, serta menopang otot, ligamen, dan tendon. Kalau postur tubuhmu baik, kamu juga bakal terhindar dari nyeri punggung dan sakit leher.

5. Tambahkan Volume ke Rambut

Rambut Bervolume, photo by Pexels

Rambut yang lebih bervolume terlihat lebih tebal dan lebih subur, sehingga kamu bisa tampil lebih menarik. Tampilan rambut bervolume juga membuat kamu terlihat lebih tinggi dan ramping. Kebanyakan pria lebih menyukai rambut wanita yang panjang dan bervolume karena terlihat lebih feminin.

Rambut panjang dan bervolume juga memberikan lebih banyak variasi hair styling daripada rambut pendek. Kamu bisa menata rambut jadi lurus, bergelombang, kepang, dan sebagainya.

Jika rambutmu menipis seiring bertambahnya usia atau menipis secara alami, menggunakan produk penebal rambut bisa meningkatkan penampilanmu secara keseluruhan. Kalau di hari-hari sibuk kamu nggak punya waktu ekstra untuk menata rambut pada penampilan terbaiknya, kamu bisa gunakan dry shampoo untuk menyerap minyak dan menciptakan ilusi rambut lebih bervolume.

6. Hindari Makeup Tebal

Hindari Makeup Tebal, photo by rd.com

Tebal atau tidaknya makeup yang kamu aplikasikan ke wajah bisa memengaruhi kesan terhadap orang lain. Wajah dengan makeup alami terlihat lebih cantik, sedangkan wajah dengan makeup tebal dianggap kurang menarik. Dengan mengaplikasikan makeup ringan, kamu bisa menonjolkan daya tarik fitur wajahmu, sedangkan makeup tebal menekankan daya tarik makeup itu sendiri.

Tidak hanya soal kesan yang kamu berikan ke orang lain, memakai makeup terlalu tebal juga tidak baik untuk kesehatan kulit wajah, lho. Penggunaan makeup yang berlebihan, terutama foundation, bisa menyebabkan iritasi kulit atau jerawat.

Jadi, lebih baik kamu menggunakan makeup yang natural saja, ya. Kalau bisa, hindari juga memakai makeup setiap hari agar kulit punya waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri.

7. Lebih Sering Tersenyum

Lebih Sering Tersenyum, photo by Pexels

Kamu tahu nggak, sih, sebagian besar ilmu tentang ketertarikan berakar pada biologi? Jadi, kalau kamu mau menjadi lebih menarik, kamu bisa memanfaatkan apa yang dicari lawan jenis. Untuk wanita, ada baiknya lebih sering tersenyum karena ini adalah ekspresi yang lebih menarik daripada ekspresi lainnya.

Tersenyum membuat wanita terlihat ramah dan menyenangkan. Saat orang lain melihat kamu tersenyum, itu merangsang korteks orbitofrontal (bagian otak sensorik) yang meningkatkan perasaan positif. Tersenyum juga menstimulasi otot senyum untuk melepaskan endorfin sehingga membuat kamu merasa lebih baik.

8. Berhenti Memikirkan Pendapat Orang Lain

Berhenti Memikirkan Pendapat Orang Lain, photo by Pexels

Cara berpenampilan menarik yang terakhir adalah berhenti memikirkan pendapat orang lain. Jika kamu saat ini masih kurang percaya diri, kamu biasanya sulit menunjukkan ke orang lain siapa diri kamu yang sebenarnya karena selalu khawatir tentang bagaimana orang lain akan menilaimu.

Sebenarnya, kamu nggak pernah bisa benar-benar tahu, lho, apa yang orang lain pikirkan tentang kamu. Jadi, daripada mengkhawatirkan hal-hal yang nggak perlu, lebih baik kamu berkonsentrasi pada apa yang kamu inginkan.

Orang yang terlihat menarik dari luar merasa lebih menarik dari dalam. Yuk, coba 8 cara berpenampilan menarik di atas agar kamu lebih percaya diri sekarang!