10 Cara Agar Tidak Bosan di Rumah, Yuk Catat!

10 Cara Agar Tidak Bosan di Rumah, Yuk Catat!
Photo from Hammock Universe

Siapa nih, yang seringkali merasa bosan ketika di rumah saat akhir pekan atau musim liburan? Nggak perlu selalu pergi ke mall atau nongkrong di cafe, kamu bisa kok melakukan berbagai kegiatan di rumah sehingga tidak bosan. Berikut beberapa cara agar tidak bosan di rumah, yang sudah Cove rangkum.

Membaca Buku

Photo from Unsplash

Membaca buku bisa menjadi salah satu cara agar tidak bosan di rumah yang bisa kamu lakukan, nih. Kamu bisa memilih buku yang sesuai dengan minat kamu, mulai dari fiksi atau pun nonfiksi. Selain dapat mengisi waktu kosong, dilansir dari Healthline, membaca buku dapat membantu meningkatkan keterampilan bahasa seperti kosakata, tata bahasa, dan gaya penulisan, merangsang otak dan meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan pengetahuan umum dan pemahaman tentang dunia, serta mendorong kreativitas dan daya imajinasi.

Mengikuti Course Online

Photo from Pacific College

Mengikuti course online juga bisa menjadi ide kegiatan di rumah supaya tidak bosan. Selain dapat mengisi waktu luang, mengikuti course online juga dapat menambah skill kamu yang dapat bermanfaat di dunia profesional. Saat ini, banyak course online yang bisa kamu ikuti mulai dari kelas menulis, kelas digital marketing, hingga kelas desain dan kelas teknologi informasi atau SEO. Banyak banget, ya?

Mengeksplorasi Hobi Baru

Photo from Freepix

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kebosanan adalah dengan mengeksplorasi hobi baru atau mengasah keterampilan yang sudah ada. Misalnya, kamu dapat belajar memasak resep baru, mencoba seni dan kerajinan tangan, belajar bermain alat musik, atau memperdalam kemampuan dalam bahasa asing. Aktivitas ini tidak hanya menghibur tetapi juga dapat memberikan kepuasan mendalam ketika kamu melihat perkembangan dan hasil karyamu. Sambil menyelam minum air, tidak hanya terhindar dari kebosanan, tapi kamu juga bisa menambah pengetahuan baru/mengasah skill!

Decluttering

Photo from Real Simple

Decluttering atau membersihkan dan merapikan rumah dapat menjadi kegiatan yang efektif untuk menghilangkan bosan. Ketika kamu merasa bosan di rumah, decluttering dapat memberikan fokus dan tujuan baru. Selain itu, decluttering juga membawa manfaat nyata bagi lingkungan sekitar kamu dan membantu menciptakan ruang yang lebih rapi dan menyenangkan untuk tinggal.Decluttering adalah proses menghilangkan barang-barang yang tidak lagi diperlukan atau diinginkan dari rumah atau ruangan tertentu. Ini termasuk mengatur ulang barang-barang, menyusun ulang, dan menyimpan barang-barang dengan lebih efisien. Tujuan utama dari decluttering adalah menciptakan ruang yang bersih, rapi, dan teratur, serta mengurangi kekacauan dan stres yang dapat disebabkan oleh keberadaan barang-barang yang tidak diperlukan.

Olahraga

Photo from Shutterstock

Olahraga bisa menjadi rekomendasi kegiatan yang bagus untuk menghindari kebosanan di rumah. Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk menjaga kesehatan fisik dan mental, meningkatkan mood, dan mengurangi stres. Selain itu, olahraga juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghibur. Setelah berolahraga, beberapa hormon penting dapat diproduksi oleh tubuh. Hormon-hormon ini berperan dalam berbagai fungsi fisiologis dan memberikan efek positif pada kesehatan dan kesejahteraan, beberapa di antaranya adalah Endorfin yang membantu meredakan rasa sakit dan meningkatkan mood, serta hormon Adrenalin (Epinefrin) yang dapat membantu meningkatkan aliran darah.

Beberapa olahraga untuk pemula yang bisa kamu lakukan di rumah di antaranya adalah yoga, aerobik, zumba, jogging di sekitar rumah atau treadmill, dan masih banyak lagi.

Menonton Film atau Serial

Photo from Shutterstock

Buat kamu yang hobi menonton, kamu bisa mencoba menonton film atau serial baru di rumah untuk menghilangkan bosan. Mulai dari drama, action, hingga dokumenter, semua bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi kamu untuk menghilangkan bosan. Supaya lebih asyik, jangan lupa sediakan snack favorit kamu, ya!

Photo from Ruang Guru

Ingin melatih kemampuan menulis? Kamu bisa mencoba menulis jurnal, kegiatan mencatat pengalaman pribadi, perasaan, pemikiran, dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seseorang. Jurnal seringkali dianggap sebagai bentuk catatan pribadi yang tidak terstruktur, di mana kamu dapat merekam apa pun yang ingin kamu ungkapkan, mulai dari refleksi harian, pengalaman emosional, pencapaian, tantangan, dan pemikiran mendalam tentang berbagai topik.Beberapa manfaat menulis jurnal di antaranya adalah refleksi pemahanan diri, meningkatkan kemampuan untuk mengelola emosi, meningkatkan kreativitas, hingga melepaskan beban pikiran.

Meditasi

Photo from UC Health

Saat pikiran sedang tak karuan, kamu bisa mencoba meditasi di rumah untuk menghilangkan rasa bosan. Meditasi adalah praktik yang bertujuan untuk menciptakan ketenangan pikiran, konsentrasi, dan kesadaran diri. Kegiatan ini merupakan teknik kuno yang telah digunakan dalam berbagai budaya dan agama di seluruh dunia, dan seringkali dilakukan untuk mencapai keadaan mental yang lebih tenang, mengurangi stres, meningkatkan fokus, serta mendukung kesejahteraan fisik dan emosional.Berikut adalah beberapa jenis meditasi yang bisa kamu coba di rumah:

  1. Meditasi pernapasan: Fokus pada pernapasan untuk membantu meredakan stres dan mengalihkan perhatian dari pikiran yang gelisah.
  2. Meditasi Vipassana: Mengembangkan kesadaran diri melalui pengamatan mendalam terhadap pikiran, emosi, dan sensasi fisik tanpa ikut terlibat dalamnya.
  3. Meditasi Mantra: Mengulangi mantra atau kata-kata tertentu berulang-ulang untuk mencapai konsentrasi dan ketenangan.

Mendengarkan Musik atau Podcast

Photo from Shutterstock

Cara yang satu ini tentunya menjadi salah satu cara yang paling populer untuk menghilangkan rasa bosan di rumah. Kamu bisa mendengarkan musik favorit kamu, atau podcast dengan tema/pembahasan yang kamu minati. Selain menghilangkan rasa bosan, cara ini juga bisa meningkatkan mood serta pengetahuan kamu, lho.

Berkebun

Photo from Gardeners World

Jika kamu memiliki area taman atau kebun di rumah, cobalah menghabiskan waktu dengan berkebun. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat seperti mengurangi tingkat stres dan kecemasan, menjaga lingkungan agar tetap lestari, meningkatkan wawasan tentang proses tumbuh-kembang tanaman, sistem ekologi, dan interaksi antara organisme hidup, dan masih banyak lagi. Psst..kamu juga bisa menamam tumbuhan sayur atau buah, supaya bisa dikonsumsi langsung oleh kamu dan keluarga. Selain hemat, tentunya lebih sehat, bukan?

Jadi, aktivitas apa nih, yang akan kamu coba untuk mencegah rasa bosan di rumah? Perlu diingat, berkegiatan di rumah aja di hari libur juga bisa menyenangkan, kok! Kamu juga bisa mengundang teman-teman atau mengajak keluarga kamu untuk melakukan aktivitas yang seru bersama-sama. Jadi makin happy, deh. Hihi.