8 Cafe di Kemayoran yang Kekinian untuk Nongkrong Seru

8 Cafe di Kemayoran yang Kekinian untuk Nongkrong Seru
Cafe di Kemayoran, photo by freepik/dcstudio

Kemayoran merupakan salah satu wilayah terpadat di Jakarta Pusat yang mana di dalamnya terdapat banyak sekali pemukiman penduduk, area bisnis, mall, hingga pusat wisata kuliner. Daerahnya yang sangat strategis membuat para pelaku usaha akhirnya terdorong untuk membuka tempat nongkrong kekinian, yang tidak hanya menyajikan aneka makanan dan minuman lezat saja, tetapi juga ramah kantong. Nah, berikut rekomendasi cafe di Kemayoran yang bisa kamu kunjungi untuk nongkrong ataupun kerja.

8 Cafe di Kemayoran

1. Kaizen Heritage

Kaizen Heritage, photo by Instagram @/anggie_arwini

Tepat di tepi Jl. Letjen Suprapto, kamu akan menemukan sebuah cafe serba putih berkonsep bohemian tropis yang benar-benar Instagramable, yaitu Kaizen Heritage. Bagaimana tidak? Cafe di Kemayoran ini menawarkan pengalaman bersantap layaknya di tengah Pulau Dewata. Tempatnya pun sangat luas yang didominasi oleh area outdoor dengan meja dan kursi yang ditata sedemikian rupa.

Kaizen Heritage buka selama 24 jam penuh, lho, cocok untuk kamu yang hobi nongkrong sampai dini hari. Tempat makan di Kemayoran ini menyajikan aneka lightmeal, main course, hingga dessert dengan harga ramah kantong, yakni sekitar Rp30 ribu sampai Rp40 ribuan saja. Terdapat pula suguhan live music dari para musisi lokal yang bisa kamu nikmati saat akhir pekan.

Pengalaman Makan di Kaizen Heritage:

Kalau kamu ingin duduk di luar ruangan, sangat direkomendasikan untuk datang minimum saat sore hari agar tidak terlalu panas. Kaizen Heritage juga didukung dengan toilet bersih, musholla, dan tempat parkir yang cukup luas. Menikmati Nasi Goreng Katsu sambil ditemani segelas Regal Ice Shaken benar-benar terasa menyenangkan.

Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.40, RT.12/RW.4, Cemp. Baru, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat 10640  
Jam Buka: 24 Jam  
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

2. Loca House

Loca House, photo by Instagram @/locahouse.id

Ada cafe di Kemayoran yang asyik untuk nongkrong dan begitu kental dengan nuansa industrial minimalis. Letaknya yang berada di tengah kawasan pemukiman penduduk membuat Loca House mampu menghadirkan suasana yang homey dan menenangkan. Cafe yang didominasi palet monokromatik ini berdiri di atas lahan yang sangat luas dan dapat menampung sekitar 100 pengunjung.

Terbagi menjadi area indoor dan outdoor, Loca House dilengkapi dengan banyak stop kontak, fasilitas internet, dan ruangan privat sehingga cocok untuk WFC. Pilihan makanan yang disajikan pun cukup bervariatif, mulai dari Dory & Egg Sambal Hijau, Nasi Capcay, Tomyam Soup, sampai Creamy Mushroom. Ada juga aneka kopi dan non kopi untuk jadi teman yang pas saat bersantap ria. Nggak ketinggalan dengan sajian live music yang diadakan hampir setiap weekend.

Rasa Makanan di Loca House:

  • Nasi Goreng Kampung: Menu paling favorit pengunjung di Loca House. Nasi goreng ini benar-benar punya perpaduan antara manis dan gurih yang nyata, semua bumbunya terasa pas di lidah. Sudah dapat 2 tusuk sate ayam yang empuk juga.
  • Chicken & Egg Sambal Matah Bowl: Sajian nasi, ayam kriuk, dan telur dadar yang dibubuhi sambal matah. Pedasnya terasa balance dengan topping sambal matah yang cukup banyak.
  • Iced Locacinno: Minuman signature latte yang dicampur dengan brown sugar. Rasa kopinya masih sangat terasa meskipun ada sentuhan manis dari komposisi gula aren. Teksturnya yang creamy juga menghadirkan kenikmatan tersendiri saat sampai di lidah.
Alamat: Jl. Cempaka Putih Tengah I No. 2A, Cempaka Putih, Jakarta Pusat Jam Buka: Senin - Kamis (08:00 - 22:00), Jumat - Sabtu (08:00 - 24:00), Minggu (08:00 - 22:00)
Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 per orang

3. Betty Bites

Betty Bites, photo by Instagram @/bettybites.id

Bagaimana dengan cafe di Kemayoran berkonsep kekinian yang menjual aneka jajanan pasar tempo dulu? Kamu bisa mengunjungi Betty Bites yang lokasinya ada di tepi Jl. Sunter Kemayoran ini. Desain interior yang modern dengan perpaduan warna biru tua pada bagian sofa mampu menghadirkan impresi nyaman dengan suasana yang berbeda.

Kamu bisa menemukan berbagai jajanan tradisional seperti Kue Cucur, Pisang Goreng Malaka, Kue Pukis, Singkong Coconut, sampai Mango Sticky Rice, yang dibanderol mulai dari Rp13 ribu - Rp22 ribuan saja. Ada juga sajian Kopi Tubruk khas Jawa dan Toraja yang pastinya punya cita rasa otentik yang khas.

Rasa Makanan di Betty Bites:

  • Pisang Goreng Kipas: Menu yang satu ini disajikan selagi hangat saat sampai ke meja. Teksturnya pun crunchy dan punya rasa manis yang lembut di saat yang bersamaan. Wajib kamu pesan!
  • Singkong Coconut: Sebelum dinikmati, balur dahulu potongan singkong dengan santan yang tersedia. Rasa singkong di sini cenderung empuk, manis, dan ada sedikit sentuhan gurih dari santannya.
  • Cucur: Cucur versi Betty Bites sangat kenyal dan empuk, manisnya pas dengan aroma gula Jawa yang dominan.
Alamat: RVX5+746, Pademangan Tim., Kec. Kemayoran, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10630
Jam Buka: Senin - Kamis (06:00 - 02:00), Jumat - Minggu (24 Jam)
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per orang

4. Kopi Kecil

Kopi Kecil, photo by Dunia Agustiano

Kocil atau Kopi Kecil menjadi salah satu cafe Instagramable di Jakarta Pusat yang menyajikan variasi minuman kopi bercita rasa nikmat. Meski bernama Kopi Kecil, namun sebenarnya ukuran dari bangunan ini terbilang luas dengan teras bagian belakang yang dibuat berundak. Penerangan coffee shop dibuat lebih temaram untuk menciptakan suasana nongkrong yang lebih privat. Uniknya, desain interior Kopi Kecil mengadaptasi pattern tile hitam putih hampir di setiap sudutnya. Kamu bisa menemukan sajian kopi premium, seperti Affogato, Cappuccino, Kopi Eskrim, Choco Hazelnut, sampai Manual Brew.

Rasa Makanan di Kopi Kecil:

  • Hot Latte: Kopinya enak dengan latte art yang cantik dan tidak begitu pahit. Ada rasa manisnya juga sehingga masih cocok untuk kamu yang tidak begitu suka kopi.
  • Red Velvet: Suguhan cupcake yang pas untuk teman minum kopi. Rasanya tidak terlalu manis, sedikit mirip dengan coklat dan punya sensasi lembut.
  • Hazelnut Chocolate: Cenderung pekat dengan rasa manis yang pas.
Alamat: Jl. Howitzer Raya No. 15A, Kemayoran, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin - Minggu (07:00 - 22:00)
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per orang

5. North Blue

North Blue, photo by Instagram @/northblue.id

North Blue Bakery and Pastry merupakan sebuah cafe di Kemayoran yang menyuguhkan berbagai kreasi kue, e-clairs, croissant, cookies, hingga roti dengan presentasi rasa yang unik dan bervariatif. Cafe ini mempunyai tempat yang cukup mungil lantaran berada di kawasan Apartemen The Mansion Jasmine. Meski begitu, kenikmatan rasa yang otentik dari menu-menu North Blue tetap direkomendasikan untuk kamu para pecinta dessert.

Pengalaman Makan di North Blue:

Seluruh kue dan pastry yang dihidangkan dalam etalase North Blue selalu disajikan fresh setiap harinya tanpa bahan pengawet. Staf yang ada di sini juga sangat ramah dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk yang mereka jual. Saya memesan rangkaian e-clairs North Blue, mulai dari magnum, rocher, cream brulee, dan tiramisu. Semuanya memiliki tekstur yang renyah dan lembut. Rasa manis topping dengan isian di dalamnya sangat lumer di mulut. Perfect!

Alamat: Bandar Baru, Spring Hill Kemayoran. Apartemen The Mansion Jasmine, Jl. Trembesi, Pademangan Timur, DKI Jakarta 10610
Jam Buka: Senin - Jumat (08:00 - 20:00), Sabtu - Minggu (07:00 - 20:00)  
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per orang

6. Daerah Kopi

Daerah Kopi, photo by Daerah Kopi

Daerah Kopi menjadi salah satu coffee shop di daerah Kemayoran yang kini tengah digandrungi oleh anak muda. Kendati memiliki tempat yang tidak terlalu besar, namun Daerah Kopi menjamin ambience yang nyaman untuk jadi tempat nongkrong dalam jangka waktu lama. Pelayanannya juga dikenal sangat ramah dengan pilihan kopi nikmat yang cukup banyak, mulai dari Banana Coffee, Kopi Aren, Vanilla Latte, sampai Americano, semuanya ada di sini.

Rasa Makanan di Daerah Kopi:

  • Kopi Gula Aren: Racikan kopinya sangat terukur dan tidak kemanisan. Kopi Gula Aren ini mampu menimbulkan sensasi lembut saat diminum. Overall, cukup enak.
  • Shaken Espresso: Meski menggunakan base espresso, tetapi minuman ini ternyata tidak terlalu strong. Semua komposisinya terasa balance. Wajib dicoba!
Alamat: Jl. Kepu Selatan No. 9, Kemayoran, Jakarta Pusat
Jam Buka: Senin - Kamis (10:00 - 23:00), Jumat - Sabtu (11:00 - 01:00), Minggu (10:00 - 23:00)
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per orang

7. Teras Senja

Teras Senja, photo by Instagram @/teras.senja

Berada tepat di tengah pemukiman penduduk membuat Teras Senja menjadi coffee shop yang dirasa tepat untuk bersantai sejenak tanpa harus terinterupsi dengan suara bising dari segala arah. Desain interior dari bangunan ini mungkin terbilang sangat sederhana, tetapi Teras Senja mampu menjanjikan kenyamanan ekstra lewat konsep kediaman yang memiliki taman belakang dengan bukaan lebar. Kamu bisa mengajak kerabat dekat untuk nongkrong sejenak sambil mencicipi espresso based, seperti Mochaccino, Caramel Latte, Cappuccino, ataupun Long Black.

Pengalaman Makan di Teras Senja:

Teras Senja mempunyai ambience yang sangat homey dan jauh dari kesan bising. Mengambil tempat duduk di area teras belakang sambil menikmati semilir angin yang berhembus menjadi opsi yang sangat menyenangkan di sini. Saya mencoba coffee mocktail bernama Samantha, yang merupakan kreasi minuman dari buah strawberry dengan rasa asam manis yang pas. Sangat segar saat disesap di mulut, wajib dipesan!

Alamat: Jl. F No.2, RT.12/RW.10, Cemp. Baru, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat  
Jam Buka: Senin - Minggu (12:00 - 24:00)
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per orang

8. Amuya Cafe

Amuya Cafe, photo by Diyah Deviyanti

Ada coffee shop hits yang terletak di Gedung Graha Kana, Kemayoran dan cocok untuk ngumpul seru, namanya Amuya Coffee & Snacks. Keunggulan dari cafe ini adalah sajian kopinya yang terbuat dari campuran biji kopi arabica dan robusta berkualitas. Tersedia pula pilihan snack dan roti hangat yang diproduksi fresh from the oven setiap harinya, sebut saja Croissant, Cheese Muffin, Hot Dog, hingga Truffle Fries, yang dibanderol dengan harga Rp6 ribu - Rp15 ribuan saja. Tempatnya pun sangat nyaman, bersih, dan cenderung tenang. Ada pula suguhan live music menarik pada momen-momen tertentu.

Pengalaman Makan di Amuya Cafe:

Seluruh pelayan di Amuya Cafe benar-benar ramah dan mampu memberikan servis terbaiknya sehingga terlihat sudah melalui training yang sangat matang. Poin plus lain, fasilitas toilet di sini sangat luas dan bersih. Terdapat pula ruangan privat yang bisa digunakan untuk sesi meeting. Semua menunya enak dengan harga murah meriah.

Alamat: Graha Kana JL. Angkasa Blok B-16 Kav. 4 Gunung Sahari Selatan, Kemayoran Jakarta Pusat 10720
Jam Buka: Senin - Sabtu (08:00 - 20:00), Minggu Tutup  
Kisaran Harga: Di bawah Rp50.000 per orang

Itulah daftar cafe di Kemayoran yang bisa jadi tujuan untuk berkumpul bersama para sahabat. Murah meriah sekali, bukan? Jangan lupa untuk mencoba rekomendasi menu-menu di atas, ya!