10 Tempat Makan di Kemayoran yang Jadi Favorit Masyarakat

10 Tempat Makan di Kemayoran yang Jadi Favorit Masyarakat
Tempat Makan di Kemayoran, photo by freepik.com

Kalau kamu ingin mencoba hidangan berwisata kuliner dan mendatangi berbagai tempat makan di Jakarta Pusat, Kemayoran menjadi salah satu kawasan yang banyak sekali menyediakan tempat makanan legendaris. Di sini, beberapa tempat makan menjadi favorit masyarakat, sehingga tidak pernah sepi.

Penasaran tempat makan di Kemayoran mana saja yang jadi favorit masyarakat? Berikut ini adalah list yang harus kamu kunjungi!

RM Sop Sapi Bu Rum

RM Sop Sapi Bu Rum, photo by jendela360.com

Kalau kamu mencari tempat makan di Kemayoran yang pas untuk sarapan, kamu bisa datang ke RM Sop Sapi Bu Rum ini. Sudah 25 tahun berdiri dan menjadi andalan banyak orang. Rumah makan ini juga menjadi salah satu tempat kuliner tertua di wilayah Kemayoran. Dari citarasanya saja, kamu sudah bisa merasakan kualitas yang baik dari hidangan rumah makan ini. Rumah makan ini sudah buka dari pagi hingga siang, dengan menu sop sapi andalannya.

Satu porsi sop sapi di sini berisi daging yang melimpah. Olahan sop sapi di tempat makan ini memiliki citarasa yang khas. Tambahan perasan jeruk nipis dan sedikit sambal pada supnya menambah kesegaran rasanya.

Alamat: Jl. Garuda No.37, RT.10/RW.4, Gn. Sahari Sel., Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 07.00-20.00 WIB
Kisaran Harga: Rp20.000

TanSu Kemayoran

Tansu atau ketan susu Kemayoran juga menjadi salah satu kuliner legendaris di kawasan ini. Kedai Tansu kemayoran sudah sering diliput oleh media nasional. Menghidangkan ketan susu yang banyak disukai para pencinta kuliner. Harganya pun sangat murah dan dilengkapi gorengan yang bisa kita pilih sendiri. Tempat ini juga buka 24 jam. Jadi kamu bisa datang kapan saja ke Tansu Kemayoran untuk menikmati kelezatan ketan susu di sini.

Di sini ada Tansu, yaitu ketan yang ditambah kelapa parut dan susu kental manis. Rasanya enak, manis, dan gurih. Selain itu, ada juga tambahan tempe goreng dan pisang goreng yang disajikan selagi hangat dan langsung dari tungku. Keunikan di sini, bisa memadukan tempe goreng yang asin dengan gurih manis yang enak. Ada juga menu lain seperti singkong goreng, kopi, dan teh.

Alamat: Jl. Kemayoran Gempol Jl. Garuda No.11, RT.11/RW.8, Ujung, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 24 Jam
Kisaran Harga: Mulai dari Rp5.000

Zanas Indian Fusion Cuisine Kemayoran

Selanjutnya, ada rekomendasi tempat makan di Kemayoran yang menyuguhkan makanan khas India., yaitu Zanas Indian Fusion. Tempat ini memang khusus menyediakan makanan khas India yang terkenal dengan kekayaan rasanya. Berada di Taman Kemayoran Tower Eboni, membuat tempat ini cukup strategis. Kalau kamu penasaran sama makanan-makanan India yang lezat, bisa datang ke tempat makan yang satu ini.

Berikut ini beberapa rekomendasi menu yang bisa kamu coba.

  • Assorted Naans, sebuah roti naan yang terdiri atas plain, butter, dan garlic. Bentuknya lebar dan banyak. Satu porsi bisa untuk sharing.
  • Chicken Tikka Makanwala, kari ayam dengan bumbu yang lebih kuning dan rasa lebih gurih. Di dalamnya terdapat daging kambing.
  • Fusion Roll, sushi dengan bumbu rempah khas India dan daging ayam.
Alamat: Jl. Haji Benyamin Sueb, Kebon Kosong, Kemayoran, RT.13/RW.6, Kb. Kosong, Kec. Kemayoran
Jam Buka: 12.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp50.000-Rp100.000

Catappa Restaurant

Catappa Restaurant, photo by tripadvisor.co.id

Catappa Restaurant menyediakan menu-menu kuliner internasional seperti Asia dan Western, namun ada pula menu lokal.. Di sini tersedia dining area yang luas, cukup menampung sampai 250 orang. Mengusung interior yang cozy sehingga siapa saja akan betah makan di sini. Area yang luas membuat Catappa Restaurant cocok untuk menjadi tempat makan bareng keluarga besar.

Ada banyak pilihan menu yang bisa kamu coba di sini, mulai dari sushi, cawan mushi, pickles, pancake & waffle, salad station, dimsum, chicken noodle, assorted bread, dan masih banyak lagi. Menu-menu makanan khas Jepang, China, dan lokal menjadi ciri khas dari tempat makan ini. Semuanya memanjakan lidah dan membuat perut kenyang para pengunjungnya.

Alamat: Hotel Grand Mercure Kemayoran, Lobby, Jl. Benyamin Sueb Kav. B6 (Superblok Mega Kemayoran), Kemayoran, Jakarta Pusat
Jam Buka: 06.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Rp200.000

Bakmi Ksu

Bakmi Ksu, photo by pergikuliner.com

Ada restoran bakmi halal yang kelezatannya tidak boleh dilewatkan di kawasan KEmayoran, yaitu Bakmi Ksu. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak, membuat bakmi ini banyak disukai oleh masyarakat. Kalau kamu mau coba bakmi dengan citarasa yang lezat, bisa coba datang ke sini. Memakai mie yang tebal dengan tekstur kenyal, bakmi ini juga dilengkapi oleh banyak toping tambahan yang nikmat.

Bakmi Ksu memiliki citarasa yang pas. Racikan bumbunya meresap dengan ayam rebus yang dipotong kotak-kotak kecil dan ayam kecap. Bakminya halus dan harumnya langsung tercium ketika diaduk. Suikiaw disini renyah, dan ada pula pangsit goreng yang kriuk. Kalau kesini, jangan lupa pesan bakso goreng dadakan yang rasanya hangat dan garing.

Alamat:  Jl. Garuda No.40, RT.1/RW.4, Kemayoran, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat
Jam Buka: 10.00-20.00 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Pempek Garuda

Pempek Garuda, photo by jendela360.com

Masih di kawasan Jalan Garuda, ada juga kedai pempek yang legendaris. Bagi pencinta kuliner, pempek Garuda harus jadi salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Menyajikan pempek khas Palembang yang sudah terkenal sejak tahun 1980-an. Kualitas dan rasa pempek di sini sudah terjamin keasliannya. Kamu harus coba.

Pempek Garuda memiliki menu kapal selam yang berisi telur full. Di luarnya garing namun dalamnya tetap empuk. Baunya tidak amis meskipun terbuat dari ikan. Rasa cuko asam segar dengan sedikit rasa manis. Ada pula tunu panggang yang berbentuk bulat dengan remahan ebi di dalamnya. Ada pula pempek tahu mini dengan memakai tahu China.

Alamat: Jl. Garuda No.38, RT.2/RW.4, Kemayoran, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam Buka: 10.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Tongseng Pak Didi

Tongseng Pak Didi, photo by jendela360.com

Di kawasan Kemayoran, ada juga tongseng yang terkenal lezat, yaitu Tongseng Khas Solo Pak Didi. Sudah berdiri selama 10 tahun dan menjadi tempat makan yang tidak pernah sepi. Banyak olahan tongseng yang ditawarkan di sini, mulai dari kambing, ayam, sapi, hingga menu lainnya. Harganya standar dan buka setiap hari. Kalau kamu senang dengan olahan tongseng, wajib berkunjung ke sini, dijamin akan ketagihan.

Ada berbagai macam olahan tongseng yang bisa kamu coba di sini, mulai dari kambing, ayam, sapi, sop iga, sate, sop sumsum, hingga nasi goreng. Semuanya memiliki citarasa khas dengan rempah yang kaya.

Alamat: Jalan Garuda no. 40, Kemayoran, Jakarta Pusat
Jam Buka: 10.00-21.00 WIB
Kisaran Harga: Mulai dari Rp17.000-Rp37.000

Bakso Pak Pur

Bakso Pak Pur, photo by pergikuliner.com

Kemayoran juga memiliki tempat makan bakso yang legendaris. Sebut saja Bakso Pak Pur. Menyediakan bakso urat dengan rasa yang khas dan sangat nikmat. Restorannya selalu ramai karena memang sudah terkenal akan kelezatannya. Kalau kamu ke sini, jangan lupa juga untuk mencoba es alpukat sebagai pencuci mulut.

Bakso spesial di sini berisi iga. Ada pula bakso urat atau halus yang lebih murah. Satu porsi lumayan banyak dengan kuah yang gurih. Ada tambahan mie, bihun, dan sayuran di dalamnya. Kamu juga bisa menambah kerupuk dengan mengambilnya sendiri sesuai selera.

Alamat: Jl. Apron Timur Raya, Kemayoran, Jakarta
Jam buka: 10.00-22.00 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

RM Ampera 2 Tak

RM Ampera 2 Tak, photo by pergikuliner.com

Bagi para pencari hidangan khas Sunda, kamu bisa datang ke RM Ampera 2 Tak yang ada di kawasan Kemayoran ini. Di sini menyediakan berbagai masakan Sunda dalam sebuah etalase yang bisa kamu lihat ketika memasuki rumah makan ini. Kamu hanya perlu menunjuk menu yang ingin dicoba, maka makanan pun akan segera dipersiapkan khusus untukmu. Hidangan hangat dan segar membuat restoran ini sangat recommended.

Tempat yang sangat cocok untuk menikmati makanan khas Sunda di Jakarta. Ada banyak sekali pilihan menu di sini dan bisa ambil sendiri. Digoreng dadakan, sehingga rasanya gurih dan hangat. Kamu juga bebas mengambil nasi sesuai selera. Ada dua pilihan sambal, yang tidak terlalu pedas dan yang pedas. Tersedia ayam, ikan, limpa, paru, usus, berbagai macam pepes, lalapan, sayur asem, dan tempe tahu.

Alamat: Jl. Letjen R. Suprapto No. 80A, Kemayoran, Jakarta PusatJam buka: 08.00-00.00 WIB
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Bakso Rusuk Joss Kemayoran

Bakso Rusuk Joss, photo by sikidang.com

Selanjutnya, ada lagi tempat makan bakso enak di Kemayoran, yaitu Bakso Rusuk Joss. Di sini, kamu bisa menikmati bakso yang ukurannya besar. Satu porsi bahkan bisa sharing dengan teman atau keluarga, saking besarnya. Ada banyak varian menu bakso yang bisa kamu coba di sini. Lokasinya juga strategis. Tidak heran kalau tempat ini banyak didatangi masyarakat, terutama para penikmat bakso.

Di sini ada bakso urat yang gurih dan enak. Sedangkan bakso kecil, tidak terlalu terasa micinnya, sehingga cocok buat golongan anti micin. Ada pula bakso lava yang tebal dengan isian cabai yang banyak. Di dalamnya ada sedikit kuah dengan campuran saus. Untuk akso pizza, rasanya tidak membuat enek dengan mozarella yang berlimpah.

Alamat: Jl. Kemayoran Timur II No.10, RT.11/RW.8, Kemayoran, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat
Jam buka: 24 jam
Kisaran Harga: Under Rp50.000

Itulah 10 rekomendasi tempat makan di Kemayoran yang bisa kamu coba. Kalau kamu pencinta kuliner, pasti kamu akan merasa puas dengan berbagai hidangannya. Kemayoran memang memiliki banyak tempat makan menarik dan unik yang tidak boleh dilewatkan. Jadi, kamu mau coba makan di mana?